4 Contoh Laporan Keuangan 17 Agustus yang Lengkap dan Singkat [DOC]

Tanggal 17 Agustus 2023 sudah semakin dekat, tandanya pelaksanaan upacara, perlombaan, dan kegiatan Agustusan lainnya sudah harus dipersiapkan dari sekarang, mulai dari konsep hingga rencana keuangannya. Sudah tahu contoh laporan keuangan 17 Agustus yang benar? 

Artikel ini akan mengulas mengenai pentingnya laporan keuangan untuk 17 Agustus, hingga berbagai contoh laporan keuangan 17 Agustus yang lengkap, singkat, dan menarik. Anda juga bisa mengunduh contoh yang ada di artikel ini dalam bentuk dokumen (DOC). Jadi, pastikan Anda simak artikel ini sampai akhir ya!

Sebelum itu, sudahkah Anda melaksanakan rapat diskusi perencanaan kegiatan 17 Agustus? Jika belum, Anda bisa membuat undangan rapat untuk seluruh anggota panitia. Jika ingin contoh undangan rapat 17 Agustus, Anda bisa cek disini: 4 Contoh Undangan Rapat 17 Agustus untuk Panitia HUT RI.

Apa itu Laporan Keuangan 17 Agustus?

contoh laporan keuangan 17 agustus
Sumber: freepik.com

Laporan keuangan merupakan sebuah pencatatan yang dibuat oleh suatu organisasi, komunitas, instansi, ataupun lembaga mengenai perencanaan anggaran, pengeluaran, pemasukan, hingga status transaksi lainnya pada periode tertentu. 

Dalam konteks kegiatan 17 Agustus, laporan keuangan berkaitan dengan kebutuhan dana atau anggaran yang direncanakan hingga pengeluaran dari keberlangsungan suatu kegiatan dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI).  

Karena pastinya setiap kegiatan yang dilaksanakan untuk merayakan 17 Agustus, mulai dari perlombaan 17 Agustus, upacara bendera, rapat panitia pelaksana, dan kegiatan lainnya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Adapun dana tersebut biasanya bersumber dari berbagai pihak, sehingga memerlukan pencatatan yang jelas sebagai bentuk pertanggung jawaban. 

Baca juga: 5 Contoh Undangan 17 Agustus untuk Warga dalam Perayaan HUT RI 

Sistematika Laporan Keuangan 17 Agustus yang Lengkap dan Singkat

contoh laporan keuangan 17 agustus
Sumber: freepik.com

Dalam membuat sebuah laporan keuangan, tentu Anda harus mengetahui sistematika, susunan, ataupun kerangka dari laporan tersebut. Berikut ini adalah sistematika umum untuk menyusun laporan keuangan kegiatan 17 Agustusan:

1. Judul Laporan Keuangan

Setiap laporan keuangan pasti harus memuat judul laporan. Ini bertujan agar maksud dari pembuatan laporan tersebut tersampaikan dengan jelas.

Apabila laporan keuangan berkaitan dengan anggaran kegiatan 17 Agustus di OSIS, Anda bisa membuat judul dengan mencantumkan nama organisasi. Begitu pula jika laporan keuangan bertujuan untuk pencatatan keuangan upacara bendera, serta kegiatan perlombaan.

Selain itu, judul pada laporan keuangan, harus jelas dan to the point agar pembaca mudah memahaminya.

Baca juga: 18 Ide Hiasan Dinding 17 Agustus Dekorasi Kelas yang Menarik dan Murah

2. Pendahuluan atau Latar Belakang

Pada bagian ini, Anda bisa menjelaskan secara singkat maksud dari penyusunan laporan keuangan tersebut. Misalnya, laporan tersebut bertujuan untuk memberikan informasi secara rinci mengenai anggaran pemasukan dan pengeluaran selama kegiatan 17 Agustus 2013 berlangsung.

Pastikan untuk membuat pendahuluan yang tidak terlalu panjang yang akan membuat pembaca jenuh. Cukup berikan pesan-pesan penting yang ingin Anda sampaikan.

3. Maksud dan Tujuan 

Bagian ketiga, yaitu sampaikan maksud dari pelaksanaan kegiatan 17 Agustus beserta tujuan dari pembuatan laporan keuangan tersebut.

Misalnya, Anda melaksanakan kegiatan perlombaan 17 Agustus di SMA dengan tujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air bagi seluruh pelajar di SMA. Adapun laporan keuangan tersebut bertujuan untuk memberikan transparansi dana yang panitia kelola.

4. Jenis Kegiatan 

Selanjutnya, sampaikan juga jenis kegiatan yang terlaksana. Misalnya, perlombaan 17 Agustus, dengan berbagai jenis lomba. Nah, Anda juga perlu menjelaskan secara rinci namun cukup hanya berupa poin saja mengenai jenis-jenis lomba yang akan terlaksana.

5. Peserta 

Siapakah peserta yang akan memeriahkan kegiatan tersebut? Apakah warga desa, pelajar di sekolah, ataupun karyawan di kantor? Berikan penjelasan singkatnya di pengantar laporan keuangan ini.

6. Waktu dan Tempat Kegiatan 

Waktu dan tempat kegiatan juga penting untuk Anda sampaikan di laporan keuangan. Tuliskan secara ringkas kapan kegiatan akan terlaksana, dan lokasi dari pelaksanaan kegiatan tersebut.  Selain itu, cantumkan juga jam mulai hingga berakhirnya kegiatan.

7. Laporan Keuangan Kegiatan

Sub bab laporan keuangan kegiatan merupakan bagian yang sangat penting dalam laporan keuangan. Bagian ini menjadi inti dari laporan yang menjelaskan secara rinci mengenai anggaran yang masuk, keluar, ringkasan secara umum, hingga sisa dana apabila ada.

Biasanya, laporan keuangan akan berbentuk tabel. Tujuannya yaitu agar mempermudah orang lain untuk membaca dan memahami perputaran anggaran yang masuk dan keluar selama kegiatan berlangsung.

Adapun laporan keuangan pada umumnya harus mencakup poin berikut ini.

  • Laporan Pemasukan
  • Laporan Laporan Pengeluaran
  • Rekapitulasi Pengeluaran
  • Sisa Uang

8. Kesimpulan dan Penutup

Terakhir, tutup laporan keuangan dengan kesimpulan dan kalimat penutup. Jelaskan secara singkat pengelolaan anggaran pada kegiatan 17 Agustus yang telah terlaksana. Selain itu, jangan lupa untuk bertima kasih kepada pihak-pihak yang menyukseskan kegiatan tersebut.

Setelah bagian penutup, akhiri laporan keuangan dengan tanda tangan panitia inti pelaksana kegiatan seperti ketua pelaksana dan bendahara.

Contoh Laporan Keuangan Kegiatan 17 Agustusan 

Berikut ini adalah contoh laporan keuangan kegiatan 17 Agustus yang bisa Anda jadikan referensi. Anda bisa menyesuaikan contoh berikut ini dengan jenis kegiatan yang Anda laksanakan.

contoh laporan keuangan 17 agustus
Sumber: blog.evermos.com

DOWNLOAD DOC

Selain membuat laporan keuangan untuk 17 Agustus, Anda juga bisa menemukan contoh laporan keuangan sederhana untuk berbagai kegiatan lainnya. Jika ingin mengetahui lebih lanjut, silakan simak disini: Contoh Laporan Keuangan Sederhana, Cara Membuat dan Fungsinya.

Contoh Laporan Keuangan Lomba 17 Agustus Tabel

Di bawah ini adalah laporan keuangan untuk lomba 17 Agustus dalam bentuk tabel. Berbeda dengan contoh di atas, tabel di bawah ini memisahkan laporan pemasukan dan pengeluaran kegiatan. Namun, kedua contoh tersebut masih relevan dan benar dari segi penulisan laporan.

contoh laporan keuangan 17 agustus
Sumber: blog.evermos.com

Untuk mempermudah Anda membuat laporan keuangan dengan cepat, Anda bisa mengunduh versi DOC nya melalui tautan di bawah ini.

DOWNLOAD DOC

Contoh Rancangan Anggaran Biaya (RAB) 17 Agustus 

Selanjutnya, selain contoh laporan keuangan 17 Agustus, juga terdapat Rancangan Anggaran Biaya (RAB) yang harus panitia khususnya bendahara kegiatan pahami. RAB adalah laporan keuangan yang berfokus pada rencana pengeluaran dan kebutuhan dana kegiatan.

RAB ini dirancang bersamaan dengan proposal pelaksanaan kegiatan 17 Agustus. Biasanya, anggaran yang ditulis dalam RAB adalah perkiraan kebutuhan selama pelaksanana kegiatan.

Berikut ini contoh dari laporan RAB yang bisa Anda contoh dengan mengunduh versi DOC nya.

contoh laporan keuangan 17 agustus
Sumber: blog.evermos.com

DOWNLOAD DOC

Contoh Laporan Keuangan 17 Agustus Karang Taruna

Apabila Anda memerlukan contoh laporan keuangan dengan pengantar surat, Anda bisa menggunakan contoh laporan keuangan 17 Agustus di bawah ini. Anda bisa menyesuaikan organisasi ataupun komunitas dengan mengedit dokumen yang ada.

contoh laporan keuangan 17 agustus
Sumber: blog.evermos.com

Contoh laporan keuangan di atas juga mencantumkan tabel laporan keuangan yang jelas dan rinci, Anda bisa mengunduh dokumen melalui tautan di bawah ini untuk mendapatkan versi lengkapnya.

DOWNLOAD DOC

Demikianlah ulasan mengenai contoh-contoh laporan keuangan 17 Agustus yang lengkap dan singkat. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda dalam merancang laporan keuangan pada kegiatan 17 Agustus nanti.

Apabila Anda ingin membaca informasi menarik lainnya, Anda bisa mengunjungi blog Evermos. Selain itu, Anda juga bisa berkunjung ke Evermos untuk melihat dan mencoba pelung mendapatkan penghasilan tanpa modal sebagai reseller Evermos, atau klik tombol di bawah ini!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)