6 Contoh Lamaran Kerja via Email yang Baik dan Benar [DOC], Auto Dilirik HR!

Menulis surat lamaran menjadi langkah awal untuk mendapatkan pekerjaan impian. Jika dulu job seeker mengantarkan berkas lamaran ke lokasi perusahaan, namun di era digital ini, lamaran kerja hanya perlu dikirim melalui email. Sudah tahu contoh lamaran kerja via email yang benar? 

Perlu Anda pahami, dalam mengirim lamaran kerja via email, meskipun terdengar simpel dan tidak perlu ribet ke lokasi perusahaan, namun justru memiliki tantangannya tersendiri. 

Ada beberapa kriteria lamaran kerja via email yang perlu Anda pahami agar berkas Anda menarik perhatian HR dan meloloskan Anda pada tahap seleksi berkah.

Artikel ini akan menginformasikan kaidah lamaran kerja via email yang baik dan benar, serta berbagai contohnya yang bisa Anda jadikan referensi untuk mengirim berkas lamaran. 

Baca juga: 14 Tips Wawancara Kerja yang Bisa Diikuti, Dijamin Lolos! 

Tiga Bagian Utama Email untuk Kirim Lamaran Kerja 

contoh lamaran kerja via email
Sumber: freepik.com

Saat Anda mengirim lamaran kerja via email, email tersebut biasanya terdiri dari tiga bagian utama: header, body, dan signature. Berikut penjelasan singkatnya. 

1. Header Email 

Bagian ini mencakup alamat email penerima, subjek, dan alamat email pengirim. Pada subjek email, cantumkan posisi yang Anda lamar dan nama Anda untuk memudahkan penerima mengenali tujuan email Anda. 

Contoh: “Lamaran Kerja [Posisi] – [Nama Anda]”.

2. Body Email 

Bagian isi email (body) umumnya terdiri dari tiga sub-bagian, yaitu pendahuluan, isi utama, dan penutup. Bagian ini merupakan poin yang sangat penting untuk pelamar kerja perhatikan. 

Pada isi email, biasanya terdapat penjelasan singkat mengenai tujuan melamar, isi utama mengenai diri Anda dan alasan melamar, serta rangkaian kalimat penutup. 

Untuk tahu lebih lanjut mengenai body email yang baik dan benar serta berbagai contohnya, Anda bisa cek informasi berikut ini

3. Signature Email 

Signature email juga biasa disebut sebagai bagian penutup dari email. Umumnya, bagian ini berisi sapaan penutup dan diikuti oleh nama dari pelamar kerja. Anda juga bisa menyertakan informasi kontak seperti nomor telepon atau Linkedin apabila perusahaan memerlukannya.

Selain ketiga bagian utama di atas, elemen penting lainnya pada email lamaran kerja adalah lampiran. 

Di bagian lampiran, pelamar kerja perlu melampirkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan seperti CV, surat lamaran, dan dokumen pendukung lainnya (sertifikat, ijazah, dll) sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Dengan menerapkan pengiriman lamaran kerja via email sesuai dengan tiga bagian di atas beserta lampirannya, maka email yang Anda kirim akan memberikan kesan pertama yang positif kepada perusahaan. 

Baca juga:  Contoh Body Email Lamaran Kerja yang Profesional, Baik, dan Benar.

Kumpulan Contoh Lamaran Kerja via Email

Selanjutnya, mari simak berbagai contoh lamaran kerja via email berikut ini, yang juga dapat Anda unduh berkasnya melalui tautan yang tertera.

1. Contoh Surat Lamaran Kerja via Email yang Menarik

contoh lamaran kerja via email
Sumber: pexels.com

Berikut adalah contoh surat lamaran kerja via email yang menarik dan profesional. Sebagai contoh, surat lamaran di bawah ini dengan tujuan posisi sebagai Web Designer. Anda bisa menyesuaikan bagian posisi tersebut dengan posisi yang akan Anda lamar. 

Subjek: Lamaran Kerja Posisi Web Designer – [Nama Anda]

Hormat saya, 

Nama saya [Nama Anda], lulusan baru dari [Nama Universitas/Institusi Pendidikan Anda] di bidang [Nama Bidang Studi Anda]. Informasi tentang lowongan kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saya ketahui melalui situs resmi perusahaan dan saya sangat tertarik untuk melamar posisi Web Designer.

Selama masa studi dan melalui pengalaman magang di [Nama Perusahaan Magang], saya telah memperoleh berbagai keterampilan penting dalam desain web, termasuk pemahaman yang baik tentang HTML, dan berbagai tools design. Selain itu, saya juga telah menunjukkan kemampuan saya untuk bekerja dalam tim, memenuhi tenggat waktu, dan memberikan hasil kerja yang berkualitas.


Yuk, Subscribe Sekarang Juga!
Yuk, Subscribe Sekarang Juga!
Category Apa yang Paling Anda Sukai?

Dengan keterampilan dan pengalaman yang saya miliki, saya yakin bisa memberikan kontribusi yang berarti untuk tim Web Designer di perusahaan Anda. Adapaun saya juga sangat menghargai budaya perusahaan Anda yang mendukung inovasi dan pertumbuhan profesional.

Selanjutnya, saya yakin bahwa lingkungan tersebut akan memberikan ruang yang ideal bagi saya untuk mengembangkan dan memperdalam keterampilan saya.

Berikut saya turut melampirkan portofolio saya untuk referensi lebih lanjut, serta dokumen-dokumen pendukung lainnya seperti scan ijazah, sertifikat pelatihan, hingga referensi kerja.

Saya berharap bisa mendapatkan kesempatan untuk membahas lebih lanjut tentang kualifikasi saya dalam sebuah wawancara. Bapak/Ibu dapat menghubungi saya melalui email ini atau nomor telepon [Nomor Telepon Anda]. 

Terima kasih atas pertimbangan dan waktu Anda, dan saya menantikan kesempatan untuk berdiskusi lebih lanjut.

Hormat saya,

[Nama Anda, nomor telepon, dan alamat Linkedin (opsional)]

Lampiran:

  • Curriculum Vitae
  • Portofolio
  • Scan Ijazah
  • Sertifikat Pelatihan
  • Referensi Kerja

Anda dapat mengunduh contoh di atas dengan klik tombol di bawah ini.

LINK DOWNLOAD 

2. Contoh Lamaran Kerja via Email yang Baik dan Benar

contoh lamaran lewat email di hp
Sumber: pexels.com

Selain contoh di atas, berikut ini adalah contoh template lamaran kerja via email yang baik dan benar lainnya yang bisa Anda jadikan referensi untuk melamar kerja. 

Subject: Lamaran Kerja – [Nama Posisi] – [Nama Anda]

Hormat saya,

Nama saya [Nama Anda], seorang lulusan [Bidang Studi] dari [Nama Institusi Pendidikan]. Informasi lowongan kerja untuk posisi [Nama Posisi] ini saya dapatkan dari pengumuman oleh [sumber informasi lowongan] dan saya tertarik untuk melamar posisi tersebut.

Selama masa studi saya, saya telah mempelajari dan mempraktekkan berbagai keterampilan yang relevan dengan posisi [Nama Posisi]. Selain itu, saya juga telah memperoleh pengalaman praktis melalui [kerja paruh waktu/magang/proyek sekolah] di bidang [Bidang yang relevan].

Keterampilan dan pengalaman saya, termasuk [sebutkan keterampilan atau pencapaian khusus], membuat saya merasa dapat menjadi kandidat yang ideal untuk posisi ini. Sehingga, saya sangat bersemangat untuk memiliki kesempatan memperlihatkan kontribusi yang bisa saya berikan untuk [Nama Perusahaan].

CV pribadi turut saya lampirkan sebagai bahan untuk peninjauan Anda, bersama dengan [dokumen lain yang diminta, seperti scan ijazah, sertifikat pelatihan, atau portofolio kerja]. Besar harapan bisa mendiskusikan lebih lanjut tentang kualifikasi dan potensi saya dalam wawancara.

Terima kasih atas pertimbangan dan waktu Anda. Saya berharap untuk mendengar kabar dari Anda.

Hormat saya,

[Nama Anda]

[Nomor Telepon]

[Alamat Email]

[Alamat LinkedIn – opsional]

Lampiran:

  • Curriculum Vitae
  • [Dokumen lainnya]

Ingatlah untuk menyesuaikan template ini dengan kebutuhan spesifik Anda dan lowongan kerja yang Anda lamar.

Personalisasi dan detail akan membuat lamaran kerja Anda lebih menonjol. Selalu cek dan pastikan bahwa email Anda bebas dari kesalahan tata bahasa atau ejaan sebelum Anda mengirimkannya.

Template lamaran kerja ini dapat anda unduh pada tautan berikut.

LINK DOWNLOAD

3. Contoh Kata-kata Kirim CV Lewat Email 

contoh lamaran kerja via email pdf
Sumber: pexels.com

Merangkai kata-kata untuk mengirim lamaran kerja melalui email memang tidak mudah. Apalagi dengan harapan melalui email tersebut perusahaan dapat melirik berkas Anda di antara berbagai berkas pelamar lainnya.

Berikut adalah contoh kata-kata yang dapat Anda gunakan saat mengirim CV melalui email:

Subject: Lamaran Kerja untuk Posisi [Nama Posisi] – [Nama Anda]

Hormat saya,

Nama saya [Nama Anda], dan saya mengirimkan email ini sebagai bagian dari lamaran saya untuk posisi [Nama Posisi] di [Nama Perusahaan], seperti yang diumumkan di [sumber lowongan kerja].

Saya adalah seorang fresh graduate dari [Nama Universitas/Institusi Pendidikan Anda], jurusan [Nama Jurusan]. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang telah saya peroleh selama studi dan pengalaman kerja saya sebelumnya, saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi yang berarti untuk perusahaan Anda.

CV pribadi telah saya lampirkan yang mencakup informasi lebih detail tentang latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja saya. CV ini mencakup sejumlah proyek yang telah saya selesaikan, yang menunjukkan keahlian dan keterampilan yang saya miliki yang relevan dengan posisi ini.

Saya berharap dapat mendiskusikan kualifikasi saya lebih lanjut dalam wawancara. Saya bisa dihubungi melalui email ini atau nomor telepon [Nomor Telepon Anda]. 

Terima kasih atas pertimbangan dan waktu Anda. Saya menantikan kesempatan untuk berkontribusi di perusahaan Anda.

Hormat saya,

[Nama Anda]

[Nomor Telepon Anda]

[Alamat Email Anda]

[Alamat LinkedIn – opsional]

Lampiran:

Curriculum Vitae

Selalu ingat saat mengirimkan CV, pastikan Anda gunakan bahasa yang sopan, profesional, dan jelas. Jangan lupa untuk selalu menyesuaikan kata-kata Anda dengan kebutuhan spesifik posisi dan perusahaan yang Anda lamar.

Jangan lupa unduh template di atas pada tautan berikut ini untuk mempermudah Anda membuat surat lamaran yang baik dan benar.

LINK DOWNLOAD 

4. Contoh Surat Lamaran Kerja via Email dalam Bahasa Inggris

Sumber: freepik.com

Apabila Anda ingin mengirim email lamaran kerja ke perusahaan multinasional yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi utamanya, Anda bisa gunakan conroh berikut ini. 

Subject: Job Application – [Job Position] – [Your Name]

Dear [Recipient’s Name],

My name is [Your Name], a recent graduate from [Your Institution’s Name] in [Your Field of Study]. I learned about the job vacancy for the position of [Job Position] at your esteemed company from [source of job vacancy], and I am eager to apply for the role.

Throughout my academic years, I have learned and practiced various skills relevant to the [Job Position] position. Additionally, I have gained practical experience through my [part-time job/internship/school project] in the field of [Relevant Field].

I believe my skills and experiences, including [mention a specific skill or achievement], make me a strong candidate for this position. I am extremely excited at the prospect of contributing to [Company’s Name].

I have attached my CV for your perusal, along with [other requested documents, such as scan of degree certificate, training certificates, or work portfolio]. Look forward to the opportunity of discussing my application further in an interview setting.

Thank you for considering my application. I look forward to the possibility of contributing to [Company’s Name].

Yours sincerely,

[Your Name]

[Your Phone Number]

[Your Email Address]

[Your LinkedIn Address – optional]

Attachments:

  1. Curriculum Vitae
  2. [Other Documents]

LINK DOWNLOAD

Selain contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris di atas, Anda juga dapat menemukan berbagai contoh lamaran kerja bahasa Inggris lainnya di tautan ini.

5. Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Magang via Email 

contoh lamaran kerja via email
Sumber: pexels.com

Surat lamaran kerja biasanya tidak hanya bertujuan untuk melamar pada posisi karyawan tetap, namun juga untuk mendaftar posisi magang. Biasany, prosedur seleksi karyawan magang tidak jauh berbeda dengan karyawan tetap di suatu perusahaan.

Jika Anda ingin melamar sebagi karyawan magang di suatu perusahaan, berikut adalah contoh surat lamaran kerja untuk magang yang bisa Anda kirim melalui email:

Subjek: Lamaran Magang untuk Posisi [Nama Posisi] – [Nama Anda]

Hormat saya,

Nama saya [Nama Anda], seorang mahasiswa semester [Nomor Semester Anda] dari [Nama Universitas/Institusi Pendidikan Anda], jurusan [Nama Jurusan Anda]. Saya menemukan informasi mengenai program magang untuk posisi [Nama Posisi] di [Nama Perusahaan] melalui [sumber informasi lowongan], dan saya sangat berminat untuk menjadi bagian dari program tersebut.

Sejauh ini, saya telah mempelajari berbagai topik dan keterampilan yang relevan dengan posisi [Nama Posisi] ini dalam kursus saya. Beberapa keterampilan ini termasuk [sebutkan keterampilan-keterampilan yang telah Anda pelajari]. Saya juga telah mendapatkan pengalaman praktis melalui proyek-proyek kelas dan [sebutkan pengalaman-pengalaman lain, jika ada].

Saya percaya bahwa magang di [Nama Perusahaan] akan memberikan saya kesempatan untuk menerapkan dan memperluas pengetahuan dan keterampilan yang telah saya pelajari, sekaligus mendapatkan pengalaman kerja di industri yang saya minati.

Berikut saya lampirkan CV pribadi untuk referensi lebih lanjut. Besar harapan saya untuk mendapatkan kesempatan untuk membahas lebih lanjut tentang kualifikasi saya dalam sebuah wawancara. Saya bisa dihubungi melalui email ini atau nomor telepon [Nomor Telepon Anda]. 

Terima kasih atas pertimbangan dan waktu Anda. Saya berharap bisa mendengar kabar dari Anda segera.

Hormat saya,

[Nama Anda]

[Nomor Telepon Anda]

[Alamat Email Anda]

[Alamat LinkedIn – opsional]

Lampiran:

Curriculum Vitae

Salah satu aspek yang perlu Anda pahami bahwa dalam lamaran magang, yang terpenting adalah menunjukkan antusiasme Anda untuk belajar dan berkontribusi, serta keterampilan dan pengetahuan apa yang dapat Anda bawa.

Selalu cek dan pastikan bahwa email Anda bebas dari kesalahan tata bahasa atau ejaan sebelum Anda mengirimkannya.

LINK DOWNLOAD

6. Contoh Surat Lamaran Kerja via Email untuk Shifting Career 

Sumber: pexels.com

Shifting career merupakan keadaan yang mana seseorang ingin berpindah haluan pada fokus karirnya. Biasanya, orang yang ingin shifting career jarang memiliki pengalaman pada bidang yang ingin ia lamar.

Berikut adalah contoh surat lamaran kerja via email untuk melakukan perubahan karir atau shifting career:

Subject: Lamaran Kerja Posisi [Nama Posisi] – [Nama Anda]

Hormat saya,

Nama saya [Nama Anda], dan saat ini saya sedang mencari peluang baru di bidang [Nama Bidang Pekerjaan Baru]. Saya menemukan lowongan kerja di perusahaan Anda untuk posisi [Nama Posisi] melalui [sumber informasi lowongan], dan saya merasa sangat tertarik untuk melamar posisi tersebut.

Saya memahami bahwa latar belakang kerja saya sebelumnya di bidang [Nama Bidang Pekerjaan Lama] mungkin tidak secara langsung terkait dengan posisi [Nama Posisi]. Meskipun demikian, saya yakin bahwa keterampilan dan pengalaman yang saya miliki dapat diaplikasikan dan memberikan nilai tambah bagi posisi dan perusahaan ini.

Selama karir saya di [Nama Bidang Pekerjaan Lama], saya telah mengembangkan berbagai keterampilan seperti [sebutkan keterampilan], yang saya percaya juga sangat penting dalam posisi [Nama Posisi]. Saya juga telah dikenal sebagai seorang yang [sebutkan karakter positif Anda, misalnya: memiliki motivasi tinggi, mampu bekerja di bawah tekanan, dll].

Saya melampirkan CV saya untuk peninjauan Anda, yang mencakup secara lebih detail mengenai latar belakang dan pengalaman kerja saya. Harapan saya dapat membahas lebih lanjut tentang bagaimana saya bisa berkontribusi untuk perusahaan Anda dalam sebuah wawancara.

Terima kasih atas pertimbangan dan waktu Anda. Saya berharap bisa mendengar kabar dari Anda.

Hormat saya,

[Nama Anda]

[Nomor Telepon Anda]

[Alamat Email Anda]

[Alamat LinkedIn – opsional]

Lampiran:

Curriculum Vitae

Perlu Anda pahami, dalam situasi perubahan karir, penekanan dalam surat lamaran kerja Anda harus pada keterampilan transferable, yaitu keterampilan yang dapat diterapkan di berbagai bidang kerja.

Tipsnya adalah selalu sertakan contoh konkret tentang bagaimana keterampilan dan pengalaman Anda dapat diaplikasikan dan membantu dalam posisi yang Anda lamar.

LINK DOWNLOAD

Contoh Subjek Email Lamaran Kerja

Seperti pembahasa sebelumnya, bahwa subjek email menjadi salah satu elemen penting dalam mengirim lamaran kerja via email.Berikut adalah beberapa contoh subjek email yang dapat Anda gunakan saat mengirimkan lamaran kerja:

  • Lamaran Kerja untuk Posisi [Nama Posisi] – [Nama Anda]
  • [Nama Anda]: Lamaran Kerja [Nama Posisi]
  • [Nama Anda]: Pelamar [Nama Posisi] di [Nama Perusahaan]
  • Lamaran Kerja: [Nama Anda] untuk Posisi [Nama Posisi] di [Nama Perusahaan]
  • [Nama Anda] – Lamaran [Nama Posisi]
  • [Nama Anda]: Fresh Graduate Melamar Posisi [Nama Posisi]
  • Lamaran Kerja [Nama Posisi] – Referensi dari [Nama]
  • [Nama Anda] – Lamaran Magang untuk Posisi [Nama Posisi]

Subjek email yang baik adalah yang singkat, jelas, dan langsung ke poin. Tujuannya adalah untuk segera memberi tahu penerima tentang tujuan email Anda.

Pastikan untuk selalu mencantumkan posisi yang Anda lamar dan nama Anda di subjek email, agar penerima mudah mengidentifikasi dan mencarinya. 

Coba Peluang Bisnis ini Tanpa Perlu Melamar Kerja via Email 

Demikianlah contoh-contoh dan panduan lengkap mengenai penulisan surat lamaran kerja via email yang efektif dan menarik. Seiring berkembangnya teknologi, kemampuan untuk beradaptasi dan memanfaatkan media digital dalam proses lamaran kerja menjadi semakin penting.

Kami harap dengan contoh dan tips di atas, Anda dapat merancang lamaran kerja via email yang mampu mencuri perhatian dan meningkatkan peluang Anda untuk sukses.

Namun, satu hal yang perlu diingat, bahwa surat lamaran kerja hanyalah langkah awal dalam proses pencarian kerja. Meskipun surat lamaran kerja yang baik sangat penting, Anda juga perlu mempersiapkan diri untuk tahapan selanjutnya seperti wawancara dan tes lainnya.

Untuk itu, kami merekomendasikan Anda untuk mempertimbangkan Evermos, platform digital yang menawarkan Anda bekerja tanpa perlu mengirim lamaran email, yaitu dengan menjadi reseller atau dropshipper tanpa modal awal. 

Apabila Anda tertarik, silakan langsung daftar gratis dengan klik tombol di bawah ini. Semoga sukses!

YUK, GABUNG DISINI!