Panduan Body Email Lamaran Kerja yang Benar dan 3 Contohnya

Melamar kerja saat ini semakin mudah melalui platform Email, cari tahu contoh dan cara menulis body email lamaran kerja yang tepat agar besar peluang diterima di perusahaan!

Di zaman serba modern saat ini memungkinkan adanya penggunaan internet termasuk dalam hal melamar pekerjaan.

Berdasarkan riset yang dilakukan dailysocial.id, tentang survei situs & layanan pekerjaan 2017 mengenai gambaran masyarakat Indonesia melamar kerja di era media sosial saat ini.

Hasil riset menunjukkan bahwa masyarakat banyak melamar pekerjaan lewat platform media sosial, dimana Email menjadi salah satu media sosial yang wajib dimiliki.

Ada perbedaan yang terdapat ketika kita melamar kerja secara langsung dan melamar secara online. 

Jika sebelumnya untuk melamar pekerjaan kita membutuhkan sejumlah dokumen persyaratan serta menulis surat dalam bentuk fisik, sekarang hanya perlu melalui alamat email.

Cara Menulis Body Email Lamaran Kerja

body email lamaran kerja
Sumber: pexels.com

Ketika hendak mengirim surat lamaran kerja melalui email, ada etika yang perlu diperhatikan.

Hal ini penting dilakukan untuk meminimalisir kesalahan pelamar serta dapat menyampaikan maksud lamaran kerja secara jelas dan terstruktur.

Di bawah ini adalah format yang harus ada dalam cara menulis body email lamaran kerja.

1. Cantumkan Tujuan Surat di Pembuka

Pelamar dapat menuliskan surat seperti surat pada umumnya, terdapat pembuka, isi dan penutup.

Namun, hal yang perlu diperhatikan oleh pelamar pada bagian pembuka yaitu mencantumkan kepada siapa mengirim lamaran. 

Biasanya jika ingin mengirim surat lamaran kerja maka tujuan surat kepada HRD atau nama perusahaan.

2. Pelamar Menceritakan Saat Menemukan Informasi Lowongan Kerja

Dalam paragraf pertama pelamar harus menjelaskan alasan mengapa ia melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.

Jelaskan kapan dan dimana pelamar mendapatkan informasi lowongan tersebut serta menceritakan bagaimana pelamar menemukannya.

3. Jelaskan Alasan Melamar Pekerjaan dan Mempromosikan Diri 

Pada bagian selanjutnya tulislah kalimat mengenai lamaran kerja tersebut.

Jelaskan juga alasan mengapa pelamar cocok dengan pekerjaan yang dilamar, kontribusi apa yang dapat diberikan kepada perusahaan dan posisi tanggung jawab pekerjaan yang relevan dengan pencapaian.

Promosikan diri dengan menceritakan pengalaman dari pekerjaan yang sebelumnya serta prestasi yang berhasil dicapai.

Bagi pelamar yang masih fresh graduate tidak perlu khawatir karena tidak memiliki pengalaman kerja.

Pelamar dapat menceritakan pengalaman berorganisasi semasa di kampus, yang relevan dengan posisi pekerjaan yang dilamarnya.

4. Ucapkan Terima Kasih Pada Paragraf Akhir Surat

Pada bagian penutup body email lamaran kerja, ucapkan rasa terima kasih kepada perekrut karena sudah membaca surat lamaran.

Jangan lupa untuk melampirkan CV pada surat email tersebut sehingga perekrut dapat mengecek CV pelamar.

5. Berikan Salam Penutup di Body Email Lamaran Kerja

Pada bagian akhir surat body email lamaran kerja sertakan salam penutup.

Contoh salam penutup surat yaitu ‘best regards,’ apabila surat berbahasa Inggris.

Sementara kata ‘Hormat Saya’ bisa dicantumkan dalam surat bahasa Indonesia.

Cantumkan juga nama lengkap di bawahnya.

Contoh Body Email Lamaran Kerja

body email lamaran kerja
Sumber: pexels.com

#1

Yth. HRD Coffee & Eatery

Brazidha Yulia

Perkenalkan saya Rizky Farrel. Saya mendapat informasi lowongan kerja dari akun Instagram Coffee & Eatery pada tanggal 22 Desember 2022. Dengan ini saya tertarik untuk melamar posisi barista di Coffee & Eatery karena sesuai dengan pengalaman dan pendidikan saya.

Sebelumnya saya pernah bekerja sebagai barista di Eunoia Cafe selama 2 tahun. Selain itu, saya juga pernah mengikuti berbagai pelatihan barista yang mampu menambah ilmu dan pengalaman saya. Oleh karena itu, saya yakin bisa memenuhi kriteria barista di Coffee & Eatery dan bisa ikut berkembang bersama Coffee & Eatery melalui posisi barista yang ingin saya lamar. Selama saya bekerja di tempat sebelumnya saya mampu beradaptasi dengan baik dengan lingkungan kerja dan bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri.

Dengan ini saya juga melampirkan CV dan persyaratan lain yang dibutuhkan. Besar harapan saya untuk bisa menjadi bagian dari  Coffee & Eatery. Atas perhatian Anda, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya

Rizky Farrel

Contoh Body Email Lamaran Kerja Fresh Graduate

#2

Yth. HRD Coffee & Eatery

Brazidha Yulia

Perkenalkan saya Alda Sherin. Saya mendapat informasi lowongan kerja dari akun Instagram Coffee & Eatery pada tanggal 22 Desember 2022. Melalui e-mail ini saya bermaksud untuk melamar di posisi admin.

Saya merupakan lulusan dari Universitas Islam Negeri Bandung jurusan Administrasi Publik dengan pengalaman magang sebagai administrator di kantor perusahaan PT. Pos Indonesia selama 6 bulan.

Selama menjalani magang, saya bertanggung jawab untuk melakukan input data dan administrasi sesuai dengan target yang diberikan dari kantor dari hasil laporan penjualan di lapangan. Saya mampu mengoperasikan perangkat Microsoft Office, memperhatikan detail dan ketelitisan saat melakukan input data serta mahir dalam perencanaan anggaran. Saya dapat membuat perusahaan ini lebih profit dalam melakukan penjualan. 

Bersama dengan e-mail ini saya melampirkan CV dan portfolio yang dibutuhkan. Besar harapan saya untuk bisa menjadi bagian dari  Coffee & Eatery. Atas perhatian Anda, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya

Alda Sherin

Contoh Body Email Lamaran Kerja Bahasa Inggris

#3

Dear Brazidha Yulia

My name is Muthia Aziza,  bachelor of financial accounting at University of Padjajaran. I was interested in reading job postings for the Financial Accountant position at Berkah Accountancy Services.

I am seeking the opportunity to consolidate strong academic qualifications and sound professional capabilities within a large corporate environtment. Your accountancy position seems an ideal prospect. Since I have previously built up a diverse and strong project management background to work for the mutual benefit of both the company and the client.

I feel that I can be asset to your firm as my experience in accounting and administrative functions spans 4 years, with the large majority of my experience as an Accounting Manager with Capital Accountancy Services. My expertise lies in an ability to effectively interact with clients and vendor, identify and resolve complex accounting issues and develop innovative solutions to achieve financial management objectives.

My additional abilities are listed in the enclosed CV. As you can see from my resume, my professional experience has given me the capability to provide comprehensive and thorough Financial and accounting solutions. I would appreciate the opportunity to interview for this position, as I am certain that a face- to-face meeting would mere fully reveal! my positive attitude and ability to meet your expectations. Thank you fo you time and consideration

Yours sincerely,

Muthia Aziza

Referensi di atas dapat menjadi contoh body email lamaran kerja sebagai panduan dalam melamar kerja.

Semoga bisa bermanfaat serta membantu pelamar dalam mewujudkan pekerjaan impiannya.

Mau coba penghasilan tambahan yang halal, mudah dan praktis hanya lewat smartphone saja?

Coba peluang usaha reseller di Evermos yang bisa dikerjakan tanpa modal dan raih berbagai keuntungan berikhtiar.

Klik tombol di bawah ini untuk mendaftar secara GRATIS.

DAFTAR DISINI SEKARANG