14 Tips Wawancara Kerja yang Bisa Diikuti, Dijamin Lolos!

tips wawancara kerja

Tips Wawancara Kerja – Kesan yang telah Anda buat kepada seorang HRD sering kali dapat melebihi kredensial yang sebenarnya.

Ketenangan, sikap, keterampilan sosial dasar, dan kemampuan dalam berkomunikasi akan dievaluasi bersamaan dengan pengalaman dan pendidikan yang telah ditempuh.

Anda dan seorang HRD harus terlibat dalam percakapan. Hanya melalui dialog , Anda berdua dapat menentukan apakah Anda, organisasi, dan pekerjaan cocok.

Tips Lolos Wawancara Kerja

tips wawancara kerja

Sumber: pexels.com

1. Mulailah dengan Meneliti Perusahaan dan HRD Anda

Tips Wawancara Kerja yang satu ini adalah Anda memahami informasi penting tentang perusahaan yang Anda lamar dan dapat membantu Anda menjalani wawancara dengan percaya diri.

Menggunakan situs web perusahaan, media sosial, dan siaran pers terbaru akan memberikan pemahaman kuat tentang tujuan perusahaan dan bagaimana latar belakang Anda membuat Anda sangat cocok.

2. Latih Jawaban Anda Atas Pertanyaan Wawancara Umum

Persiapkan jawaban Anda untuk menjawab beberapa pertanyaan umum: “Ceritakan tentang diri Anda, dan mengapa Anda tidak tertarik dengan peran ini di perusahaan kami?”

Idenya adalah untuk dengan cepat mengomunikasikan siapa diri Anda sebenarnya dan nilai apa saja yang akan Anda bawa kedalam sebuah perusahaan dan peran itu adalah promosi sebuah pribadi dari diri Anda.

Baca kembali deskripsi dari pekerjaan. Anda mungkin ingin segera mencetaknya dan mulai untuk menggaris bawahi sebuah keterampilan khusus yang dicari oleh pemilik perusahaan.

Pikirkan tentang contoh dari pekerjaan Anda sebelumnya dan saat ini yang sesuai dengan persyaratan ini.

3. Siapkan Daftar Referensi

HRD Anda mungkin meminta Anda untuk mengirimkan daftar referensi sebelum atau sesudah wawancara Anda.

Memiliki daftar referensi yang Anda persiapkan sebelumnya dapat membantu Anda menyelesaikan langkah ini dengan cepat untuk bergerak maju dalam proses perekrutan.

4. Bersiaplah dengan Contoh Pekerjaan Anda

Selama wawancara, Anda kemungkinan HRD akan menannyakan tentang pekerjaan spesifik yang telah Anda selesaikan terkait dengan posisi tersebut.

Setelah meninjau deskripsi pekerjaan, pikirkan pekerjaan yang telah Anda lakukan di pekerjaan sebelumnya, klub, atau posisi sukarelawan yang menunjukkan bahwa Anda memiliki pengalaman dan keberhasilan melakukan pekerjaan yang mereka butuhkan.

Apa Saja Tips Wawancara Kerja yang Sangat Penting untuk Diikuti?

tips wawancara kerja

Sumber: pexels.com

5. Siapkan Pertanyaan Cerdas untuk HRD Anda

Wawancara adalah jalan dua arah. Majikan mengharapkan Anda untuk mengajukan pertanyaan: mereka ingin tahu bahwa Anda berpikir serius tentang bagaimana rasanya bekerja di sana.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang mungkin ingin Anda pertimbangkan untuk ditanyakan kepada HRD:

  • Bisakah Anda menjelaskan beberapa tanggung jawab sehari-hari yang diemban oleh pekerjaan ini?
  • Bagaimana Anda menggambarkan beberapa karakteristik orang lain yang akan berhasil dalam peran ini?
  • Jika saya akan berada di posisi yang satu ini, lalu bagaimana kinerja saya akan diukur? Seberapa sering?
  • Departemen apa yang bekerja sama dengan tim ini secara teratur?
  • Bagaimana departemen-departemen ini biasanya berkolaborasi?

6. Bawa Salinan Resume Anda, Buku Catatan, dan Pena

Ambil setidaknya lima salinan resume tercetak Anda di atas kertas bersih jika ada banyak sekali HRD. Soroti pencapaian spesifik pada salinan Anda yang dapat dengan mudah Anda rujuk dan diskusikan.

Bawalah pena dan buku catatan kecil. Bersiaplah untuk membuat catatan, tetapi tidak pada ponsel cerdas Anda atau perangkat elektronik lainnya.

Tuliskan informasi sehingga Anda dapat merujuk ke rincian ini dalam catatan terima kasih tindak lanjut Anda. Pertahankan kontak mata sebanyak mungkin.

Rencanakan jadwal sehingga Anda bisa tiba 10–15 menit lebih awal. Petakan rute ke lokasi wawancara sehingga bisa yakin untuk tiba tepat waktu.

Pertimbangkan untuk melakukan latihan lari. Jika Anda menggunakan transportasi umum, tentukan rencana cadangan jika ada penundaan atau penutupan.

Tips: Saat Anda datang lebih awal, gunakan menit ekstra untuk mengamati dinamika tempat kerja.

7. Buatlah Kesan Pertama yang Baik

Jangan pernah melupakan hal-hal yang sangat kecil seperti semir sepatu Anda, pastikan kuku Anda tetap bersih dan rapi, dan periksa pakaian Anda dari lubang, noda, bulu hewan peliharaan, dan benang yang lepas.

Tunjukkan bahasa tubuh yang percaya diri dan senyum sepanjang waktu.

8. Perlakukan Semua Orang yang Ada Disekitar dengan Sangat Hormat

Ini juga termasuk orang-orang di jalan dan di tempat parkir, penjaga keamanan dan koki yang ada di perusahaan yang Anda lamar.

Perlakukan semua orang yang tidak Anda kenal seperti manajer perekrutan. Bahkan jika tidak, calon atasan Anda mungkin meminta umpan balik dari mereka.

Seperti apa Tips Wawancara Kerja yang Sangat Penting untuk Diikuti?

tips wawancara kerja

Sumber: pexels.com

9. Berlatih Sopan Santun dan Bahasa Tubuh

Latih bahasa tubuh agar bisa percaya diri dan mudah dipahami sejak memasuki gedung. Duduklah atau berdiri secara tegak dengan bahu ke belakang.

Tarik napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan untuk mengelola perasaan cemas dan meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Seorang HRD pertama-tama harus mengulurkan tangannya untuk memulai sebuah jabat tangan.

Berdirilah, tatap matamu dan tersenyumlah. Jabat tangan yang baik dan harus tegas akan tetapi jangan terlalu keras.

10. Menanggapi dengan Jujur ​​Pertanyaan yang Diajukan

Meskipun tampak menggoda untuk memperindah keterampilan dan prestasi Anda, HRD akan menganggap kejujuran menyegarkan dan terhormat.

Fokus pada kekuatan utama Anda dan mengapa latar belakang Anda membuat Anda secara unik memenuhi syarat untuk posisi tersebut.

11. Ikat Jawaban Anda Kembali ke Keterampilan dan Prestasi Anda

Dengan setiap pertanyaan yang Anda jawab, penting untuk mengaitkan latar belakang Anda dengan pekerjaan tersebut dengan memberikan contoh solusi dan hasil yang telah dicapai.

Gunakan setiap kesempatan yang ada agar bisa memenuhi persyaratan yang tercantum dalam deskripsi pekerjaan.

12. Jangan Berbicara Negatif Tentang Pimpinan Anda Sebelumnya

Perusahaan ingin mempekerjakan seseorang dengan kemampuan pemecah masalah yang bisa mengatasi situasi sulit.

Jika Anda merasa putus asa tentang pekerjaan saat ini, fokuslah untuk berbicara tentang apa yang telah Anda peroleh dari pengalaman itu dan apa yang ingin Anda lakukan selanjutnya.

13. Tanyakan Tentang Langkah Selanjutnya

Setelah wawancara Anda, adalah tepat untuk bertanya kepada HRD, manajer perekrutan, atau perekrut tentang apa yang harus Anda harapkan selanjutnya.

Ini akan menjadi email tindak lanjut dengan hasil wawancara Anda, persyaratan tambahan seperti tugas atau daftar referensi atau wawancara lain.

14. Kirim Surat Terima Kasih yang Dipersonalisasi Setelah Wawancara

tips wawancara kerja

Sumber: pexels.com

Mintalah kartu nama setiap orang yang telah Anda ajak bicara selama proses wawancara sehingga Anda dapat menindaklanjutinya satu per satu dengan email terima kasih yang terpisah.

Jika Anda melakukan wawancara di pagi hari, kirimkan email tindak lanjut Anda pada hari yang sama.

Jika Anda mewawancarai di sore hari, keesokan paginya baik-baik saja. Pastikan bahwa setiap email berbeda dari yang lain, menggunakan catatan yang Anda buat selama percakapan.

Itulah ulasan tentang Tips Wawancara Kerja yang sangat penting untuk diikuti. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Untuk membaca artikel menarik lainnya, silahkan kunjungi situs blog Evermos. 

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×