8 Cara Menyimpan Uang Agar Tidak Hilang Menurut Islam, Insya Allah Aman!

Sebagian besar kita mungkin pernah merasa bingung dan bertanya-tanya kenapa uang sering hilang padahal kita ingat telah menyimpan uang tersebut di tempat yang aman. Jika Anda juga mengalami ini, Anda perlu tahu cara menyimpan uang agar tidak hilang menurut Islam. 

Berhati-hati dalam menyimpan uang adalah hal yang sangat penting, apalagi jika uang tersebut dalam jumlah yang besar. Sehingga, beberapa orang memutuskan untuk menyimpan uangnya di bank, di celengan, atau di tempat-tempat tertentu yang hanya diketahui oleh si pemilik uang.

Namun, meskipun sudah berhati-hati dan bijak dalam menyimpan uang, di beberapa situasi kita kerap merasa bahwa jumlah uang yang kita simpan berkurang dari jumlah sebelumnya tanpa tahu penyebabnya. 

Oleh karena itu, artikel ini akan mengulas mengenai uang sering hilang di rumah menurut islam hingga bagaimana cara menyimpan uang agar tidak hilang menurut Islam. 

Baca juga: 6 Doa Menemukan Barang yang Hilang, Amalkan agar Lekas Ketemu!

Jika Uang Sering Hilang Menurut Islam

cara menyimpan uang agar tidak hilang menurut islam
Sumber: freepik.com

Dalam Islam, uang sering hilang di rumah menurut Islam adalah bentuk musibah yang Allah berikan kepada hambanya. Sehingga, manusia harus selalu bersyukur terhadap rahmat yang ia dapatkan, dan menyadari bahwa uang yang ia miliki hanyalah sebuah titipan. 

Kehilangan uang seperti lupa dimana menaruhnya, diambil oleh orang lain, hingga tercecer di jalan adalah kehilangan yang bisa kita pahami dan sudah jelas penyebabnya. Namun, pernahkah Anda kehilangan uang secara misterius? 

Misalnya, Anda menabung di celengan dan menyimpannya di tempat rahasia, namun setelah membuka celengannya, uang di dalamnya berkurang dengan nominal yang tidak sesuai prediksimu. Atau uang di dompetmu menghilang secara tiba-tiba tanpa tahu penyebabnya. 

Jika menghadapi situasi tersebut, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengingat dan kilas balik lagi, barangkali Anda pernah mengambil uang tersebut dengan sengaja namun tidak mengingatnya. 



Namun, jika Anda merasa tidak pernah mengambil uang tersebut, dalam Islam terdapat penjelasan mengenai uang yang hilang secara misterius. 

Melansir dari DeskJabar, Ustadz Khalid Basalamah berceramah mengenai kehilangan uang secara misterius serta keterlibatan jin di dalamnya. Beliau menjelaskan bahwa ada berbagai macam jin yang mengganggu manusia, bergantung pada kesepakatannya dengan penyihir. 

Salah satu jin yang mengganggu manusia adalah jin yang mencuri. Di Indonesia sendiri, jin ini kerap disebut sebagai tuyul oleh masyarakat. Jika menghadapi situasi seperti ini, yang perlu Anda lakukan hanyalah berdoa dan memohon pertolongan dari Allah SWT. 

Cara Menyimpan Uang Agar Tidak Hilang Menurut Islam

cara menyimpan uang agar tidak hilang menurut islam
Sumber: freepik.com

1. Menyimpan Uang di Tempat yang Aman

Cara menyimpan uang yang aman di rumah yaitu simpanlah uang Anda di tempat yang aman dari pencuri, kebakaran, dan kerusakan lainnya. Apalagi jika nominal dari uang tersebut yang besar, maka Anda harus lebih ekstra memperhatikan tempat penyimpanannya. 

Selain itu, meskipun tempat penyimpanannya aman, namun tetap perhatikan kemudahan akses Anda untuk mengambil uang tersebut. Misalnya, Anda bisa menyimpannya di brankas, lemari besi, kotak rahasia dengan gembok, hingga tempat lainnya yang tidak mudah diakses orang lain. 

Namun, jika sewaktu-waktu Anda lupa menaruh uang Anda, maka amalkan doa berikut ini: 8 Doa Ketika Lupa Menaruh Barang agar Dapat Ditemukan!

2. Menyebut Nama Allah saat Menyimpan Uang

Cara kedua yaitu, tanamkan pada diri Anda bahwa uang yang Anda miliki saat ini hanyalah titipan dari Allah SWT yang sewaktu-waktu dapat Allah ambil kembali. Sehingga, Anda akan menganggap bahwa uang tersebut milik Allah. 

Maka, sebutlah nama Allah Sang Pemberi Rezeki ketika Anda menyimpan uang tersebut. Anda bisa menyebutkan kalimat bismillah, ayat kursi, surat-surat pendek, dan nama-nama Allah SWT lainnya. 

Seperti sabda Rasulullah SAW dalam Hadits Bukhari dan Muslim, yang artinya, “Apabila seseorang menyimpan uangnya dan menyebut nama Allah, maka malaikat akan menjaga uang itu.”

3. Melaksanakan Kewajiban Membayar Zakat 

Ketika Anda menyimpan uang dan berharap uang tersebut tidak hilang, maka Anda juga harus pastikan bahwa Anda juga sudah melakukan kewajiban bagi setiap muslim yang mampu, yaitu membayar zakat

Zakat merupakan salah satu kewajiban yang harus setiap umat Muslim tunaikan. Dengan membayar zakat, maka secara tidak langsung itu akan membersihkan hartamu dari hal-hal buruk. Selain itu, juga memberikan manfaat kepada orang lain yang membutuhkan, seperti fakir miskin. 

Dengan membayar zakat yang menjadi keharusan, maka harta atau uang yang Anda miliki tersebut akan Allah SWT berkahi dan jaga keamanannya. 

4. Rajin Bersedekah dan Membantu Sesama

Islam sangat menganjurkan umat Muslim untuk bersedekah atau membantu sesama manusia dan makhluk hidup lainnya. Selain memberi uang, sedekah juga bisa lakukan dengan berbagi makanan, pakaian, dan bantuan lainnya kepada orang yang membutuhkan. 

Dengan Anda bersedekah, Allah akan merahmati uang yang Anda miliki dan memberikan keberkahan pada harta tersebut. Selain itu, pastinya Anda juga akan mendapatkan pahala atas sedekah tersebut. 

5. Meminta Perlindungan Allah SWT

Cara menyimpan uang agar tidak hilang menurut Islam yaitu dengan memohon perlindungan kepada Allah SWT. Memohonlah kepada Allah SWT agar uang yang Anda simpan terlindungi dari berbagai macam bahaya.

Bahaya dan musibah tersebut seperti pencurian, kebakaran, kehilangan, hingga kerusakan lainnya. Rasulullah mengajarkan umatnya untuk membaca salah satu doa berikut: 

“Ya Allah, aku titipkan hartaku kepada-Mu. Peliharalah hartaku dari segala macam bahaya dan musibah. Berikanlah aku rezeki yang halal dan berkah. Amin.”

6. Membaca Doa Agar Uang Tidak Hilang 

Selain meminta perlindungan Allah SWT pada penjelasan diatas, ada doa khusus untuk cara menyimpan uang agar tidak hilang menurut Islam. Anda bisa mengamalkan doa dari  ini bersama doa-doa lainnya. 

اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْتَحْفِظُكَ وَنَسْتَوْدِعُكَ دِيْنَنَا وَأَنْفُسَنَا وَأَهْلَنَا وَأَوْلَادَنَا وَأَمْوَالَنَا وَكُلَّ شَيْءٍ أَعْطَيْتَنَا، اَللَّهُمَّ اجْعَلْنَا فِي كَنَفِكَ وَأَمَانِكَ وَجِوَارِكَ ,وَعِيَاذِكَ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ مَرِيْدٍ وَجَبَّارٍ عَنِيْدٍوَذِيْ عَيْنٍ وَذِيْ بَغْيٍ وَمِنْ شَرِّ كُلِّ ذِيْ شَرٍّ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Allahumma inna nastahfidhuka wa nastaudi‘uka dinana wa anfusana wa ahlana wa auladana wa amwalana wa kulla syai’in a‘thaitana. Allahummaj ‘alna fi kanfika wa amanika wa jiwarika wa ‘iyadzika min kulli syaithanim marid wa jabbarin ‘anid wa dzi ‘ainin wa dzi baghyin wa min syarri kulli dzi syarrin innaka ‘ala kulli syai’in qadir.

Artinya: “Ya Allah, kami memohon penjagaan kepada-Mu dan kami menitipkan kepada-Mu agama kami, diri kami, keluarga kami, anak-anak kami, harta kami, dan segala sesuatu yang Engkau berikan kepada kami,

“Ya Allah, jadikanlah kami dalam penjagaan-Mu, tanggungan-Mu, kedekatan-Mu, dan perlindungan-Mu dari gangguan setan yang menggoda, dari orang yang kejam, dari mata orang yang berniat jahat, dari orang yang bermaksud zalim, dan dari keburukan apa pun yang membawa keburukan. Sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang maha kuasa atas segala sesuatu.”

Cara Menyimpan Uang di Celengan Agar Tidak Hilang dalam Islam

cara menyimpan uang agar tidak hilang menurut islam
Sumber: freepik.com

Apabila Anda menyimpan uang di celengan, maka selain melakukan keenam cara di atas, maka ada beberapa hal lainnya yang perlu Anda lakukan. Berikut cara menyimpan uang di celengan agar tidak hilang menurut Islam.

1. Gunakan Celengan yang Terbuat dari Bahan yang Kuat 

Jika menyimpan uang di celengan, hindari menggunakan bahan celengan dari kertas, ataupun botol dan keramik yang mudah pecah. Celengan dengan bahan yang kuat akan lebih sulit untuk dibuka ataupun dipecahkan.

Anda bisa menggunakan celengan berbahan besi seperti kaleng, dan lebih bagus lagi jika celengan tersebut dilengkapi dengan gembok.

2. Rahasiakan Tempat Penyimpanan Celengan dari Siapapun

Selain bahan celengan yang aman, Anda juga harus menyimpan celengan di tempat yang aman. Rahasiakan tempat Andamenyimpan celengan dari siapapun untuk menghindari pencurian ataupun kehilangan.

Apabila Anda khawatir lupa dengan tempat Anda menyimpan celengannya, kamu bisa percayakan kepada orang-orang terdekat seperti orang tua atau saudara.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu menyebut nama Allah setiap kali Anda memasukkan uang ke celengan tersebut agar uang Anda aman dari berbagai gangguan jin dan mahkluk ghaib.

Demikianlah ulasan mengenai cara menyimpan uang agar tidak hilang menurut Islam. Semoga penjelasan di atas bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam menjaga harta yang Allah SWT titipkan.

Jika ingin mengetahui informasi menarik lainnya silakan kunjungi blog Evermos.

Selain itu, Anda bisa mengunjungi Evermos untuk mendapatkan informasi seputar peluang bisnis menjanjikan sebagai reseller tanpa modal. Temukan berbagai kemudahan berbisnis yang menguntungkan dengan klik tombol di bawah ini!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)