6 Doa Menemukan Barang yang Hilang, Amalkan agar Lekas Ketemu!

Apakah Anda pernah atau sedang kehilangan barang namun belum kunjung menemukannya? Jangan panik, dalam Islam ada doa menemukan barang yang hilang yang bisa Anda amalkan.

Sebagai umat Muslim, segala sesuatu yang kita miliki sudah diatur sedemikian rupa sebagai titipan Allah kepada kita hambanya. Sehingga kita perlu menjaganya sedemikian baik sekalipun itu hanyalah suatu barang.

Namun, sebagai manusia tentu kita tidak luput dari sifat lupa ataupun ceroboh, sehingga seringkali kehilangan barang dan sulit untuk menemukannya.

Tapi Islam selalu memiliki solusi dari setiap masalah, termasuk ketika kita kehilangan barang. Salah satu solusinya adalah dengan berdoa kepada Allah agar kita dapat menemukan barang yang hilang tersebut. 

Lalu apa saja doa menemukan barang yang hilang? Berikut ulasannya untuk Anda.

Rangkaian Doa Menemukan Barang yang Hilang dan Artinya 

1. Doa Menurut Hadist Ibnu Abi Syaibah 

Doa Menemukan Barang yang Hilang
Sumber: pexels.com

Jika Anda memiliki barang berharga yang hilang dan sangat ingin menemukannya kembali, misalnya motor, smartphone, hingga barang berharga lainnya, cobalah membaca doa mencari barang hilang menurut hadist riwayat Ibnu Abi Syaibah. 

Namun sebelum itu, Ibnu Umar RA meriwayatkan dari Rasulullah SAW bersabda mengenai doa ketika kita kehilangan barang, “barangsiapa kehilangan sesuatu hendaknya berwudhu lalu shalatlah dua rakaat kemudian ucapkan kalimat syahadat dan kemudian ucapkanlah doa berikut ini:”

بسم الله يا هادي الضلال وراد الضالة اردد علي ضالتي بعزتك وسلطانك فإنها من عطائك وفضلك

Latin: Bismillahi yaa haadi al-dhalal wa raadi al-dhaalah, urdud ‘ala dhaalatii bi izzatika wa sulthanika fainnahaa min ‘athaaika w fadhlika’



Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, wahai Yang Maha Memberikan Petunjuk sesuatu yang hilang arah, wahai yang Maha Mengembalikan sesuatu yang hilang, kembalikanlah kepadaku barangku yang hilang dengan kemuliaanmu dan kekuasaanmu, sesungguhnya itu adalah dari pemberianmu dan kemurahanmu.” (HR. Ibnu Abi Syaibah).

2. Doa Menemukan Barang yang Hilang Bacaan Singkat

Doa Menemukan Barang yang Hilang
Sumber: google.com/bersosial

Selanjutnya, doa barang hilang cepat kembali yang bisa Anda panjatkan ketika kehilangan barang yang sangat Anda sayangi adalah sebagai berikut:

اَللّٰهُمَّ يَارِبِّ الضَّآلَّةِ وَيَاهَادِيًا مِنَ الضَّلاَلَةِ رُدَّ ضَآ لَّتِىْ

Latin: Allahumma ya rabbadl dloollati wa yaa haadiyan minadl dlolaalati rudda dloollati

Artinya, “Ya Allah Tuhan dari sesuatu yang hilang, ya Tuhan yang memberikan petunjuk dari kesesatan, kembalikanlah barangku yang hilang.”

Doa ini bisa Anda panjatkan kapanpun dan di manapun. Karena semakin banyak Anda berdoa maka Allah akan mendengarnya.

Oleh karena itu jika kehilangan suatu barang, maka ikhlas dan pasrahkan semuanya kepada Allah. Sebab Insha Allah semua yang diikhlaskan akan kembali kepada pemiliknya atas kehendak Allah SWT.

3. Doa Barang yang Hilang agar Diberi Petunjuk 

doa
Sumber: pexels.com

Selain berbagai doa di atas, Anda juga bisa membaca doa berikut ini agar barang yang hilang segera ditemukan:

Latin: Allahumma ya jamian nasi li yaumin la raiba fihi ijma baiia wa baina dlallati fi khairin waa fiyah.

Artinya: “Ya Allah, wahai Tuhan yang mengumpulkan semua manusia di hari yang tiada ragu lagi padanya. Pertemukan aku dan barangku yang hilang dengan kebaikan dan afiyah.”

4. Doa Ketika Barang Hilang dan Memohon Kepada Allah untuk Dikembalikan 

Latin: Bismillahi yaa haadi al-dhalal wa raadi al-dhaalah, urdud ‘ala dhaalatii bi izzatika wa sulthanika fainnahaa min ‘athaaika w fadhlika’.

Artinya: “Bismillah, wahai Yang Maha Memberikan Petunjuk sesuatu yang hilang arah, wahai yang Maha Mengembalikan sesuatu yang hilang, kembalikanlah kepadaku barangku yang hilang dengan kemuliaanMu dan kekuasaanMu, sesungguhnya itu adalah dari pemberianMu dan kemurahanMu.”

5. Bacaan Doa Singkat Ketika Kehilangan Barang 

dzikir
Sumber: pexels.com

Anda juga bisa membaca doa berikut ini jika barang yang hilang bisa kembali ke tangan Anda:

Latin: Allahumma huwa maluka wa rizquka wa ana ‘abduka khowwaltani hina razaqtanii. Allahumma fa alhimni syukraka fihi wash shabra ‘alaihi hina ashobta wa akhodzta. Allohumma anta a’thoita wa anta ashobta. 

Allahumma la tuhrimni tsawabahu wa la tunsini min kholfihi fi dunyaya wal akhirati innaka ‘ala kulli syai-in qodir. Allahumma ana laka wa bika wa ilaika wa minka la amliku linafsi dhorran wa la naf’an.

Artinya: “Ya Allah, ia adalah harta dan rezeki-Mu, dan aku adalah hamba-Mu, Engkau mempercayaiku ketika Engkau memberi aku rezeki. 

Ya Allah, beri aku ilham untuk bersyukur pada-Mu dengannya, dan beri aku kesabaran atasnya ketika Engkau mencabut dan mengambilnya. Ya Allah, Engkau memberi dan Engkau mencabut. 

Wahai Allah, jangan Engkau halangi aku untuk mendapatkan pahalanya dan jangan Engkau lupakan aku setelahnya di duniaku dan akhiratku, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. 

Ya Allah, aku milik-Mu, bersama-Mu, menuju kepada-Mu, dan berasal dari-Mu, aku tidak memiliki diriku sendiri untuk mendatangkan bahaya maupun manfaat.” 

6. Cara Menemukan Barang yang Hilang Menurut Islam dengan Ayat Kursi 

Sumber: pexels.com

Apabila Anda sudah mengamalkan doa di atas, namun belum kunjung menemukan barang yang hilang, selain berserah diri Anda juga bisa mengamalkan ayat kursi.

Mengutip dari Kumparan, amalan yang harus dilakukan agar barang yang hilang dapat kembali dengan membaca ayat kursi dengan berbangkai langkah sebagai berikut:

  • Amalkan setiap hari 
  • Baca ayat kursi setiap selesai shalat
  • Perbanyak bacaan ayat kursi 
  • Jadikan ayat kursi sebagai dzikir harian
  • Niatkan dalam hati yang tulus

Dengan mengamalkan ayat kursi, barang yang Anda miliki dan hilang entah kemana bisa akan kembali kepada Anda. 

Oleh karena itu baca, amalkan,serta resapi ayat kursi dengan hati yang tulus agar senantiasa apa yang kita miliki dapat terjaga dengan baik.

Mengenai manfaat ayat kursi untuk menemukan barang yang hilang, Anda dapat simak video pada kanal YouTube berikut.

Demikianlah doa menemukan barang yang hilang agar segera ditemukan. Apabila Anda sedang kehilangan barang, semoga Anda cepat menemukannya apabila telah mengamalkan berbagai rangkaian doa di atas.

Selain itu, Anda dapat mengamalkan doa-doa lainnya sesuai dengan kebutuhan Anda dengan mengunjungi situs Blog Evermos.

Dalam menemukan barang yang hilang, kita memang membutuhkan doa dan usaha. Sama halnya dalam mencari peluang usaha, Evermos sebagai platform yang menjawab doa Anda.

Sebagai platform bisnis online, Evermos memberikan kesempatan mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus mengeluarkan modal besar. Jadi, sambil Anda berdoa dan berusaha menemukan barang yang hilang, Anda bisa mengeksplorasi peluang baru di platform ini.

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)