Home » Simak! 7 Cara Menjadi Youtuber Pemula Berpotensi Menghasilkan Cuan

Simak! 7 Cara Menjadi Youtuber Pemula Berpotensi Menghasilkan Cuan

by Risma Novianti
0 comment

Keberadaan Youtube bagi sebagian orang adalah media hiburan yang bisa diakses melalui internet. Bagi sebagian lainnya Youtube adalah media untuk meningkatkan popularitas diri atau bisnis. Apakah Anda sendiri berminat menjadi Youtuber? Mungkin pernahkah bertanya-tanya juga mengenai bagaimana cara menjadi Youtuber pemula?

Sebagian orang tertarik menjadi Youtuber sebagai ajang untuk mendapatkan penghasilan. Pendapatan dari Youtube itu bukan perkara mudah. Perlu effort yang tidak sedikit, baik dari hal teknis pembuatan video dan juga dari konsistensi upload video-video baru secara reguler.

Banyak orang yang gagal karena hanya memikirkan hasil namun tidak mencintai prosesnya. Maka dari itu, perlu Anda ketahui bagaimana cara menjadi Youtuber pemula agar bisa menghasilkan konten berkualitas.

Sehingga banyak yang menyukai channel Youtube Anda, sampai pada akhirnya Anda mendapatkan hasil dari proses yang dilakukan.

Berikut cara atau langkah menjadi seorang Youtuber pemula, simak ulasannya pada artikel berikut ini.

Baca juga: Patut Dicontoh! Inilah 5 Wirausahawan Sukses Indonesia di Usia Muda

Cara Menjadi Youtuber Pemula yang Berpotensi Menghasilkan Cuan

1. Membuat Akun Youtube

Cara Menjadi Youtuber Pemula

Sumber: google/bersosial

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk menjadi Youtuber adalah dengan membuat akun Youtube.

Ketika membuat akun Youtube, Anda tak boleh asal membuat nama akun. Anda bisa menggunakan nama sesuai keinginan, akan tetapi perlu dipastikan bahwa nama akun Anda terdengar menarik dan mudah diingat.

Setelah menentukan nama akun Youtube milik Anda, kemudian mengaktifkan fitur monetization. Fitur tersebut berguna agar pihak Youtube mengetahui bahwa Anda menginginkan kompensasi dari akun tersebut.

Dengan begitu, Youtube akan memproses akun Anda sesuai dengan kebijakan yang dimiliki.

Selain melakukan langkah tadi, Anda juga perlu membuat akun Google Adsense. Mengapa? Karena  pendapatan yang akan Anda peroleh dari Youtube, nantinya akan diberikan oleh Google Adsense.

2. Menentukan Tema Konten

Cara Menjadi Youtuber Pemula

Sumber: google/bersosial

Langkah berikutnya adalah menentukan tema konten yang nantinya akan dibuat. Sebenarnya ada berbagai macam tema konten yang bisa Anda jadikan pilihan. Mulai dari konten travelling, fashion, kuliner, memasak, hobi, edukasi, kehidupan sehari-hari dan lain sebagainya.

Dari tema-tema konten di atas, Anda bisa memilih konten yang disesuaikan dengan minat Anda. Misalnya Anda menyukai travelling dan kuliner, maka tampilkan konten-konten terkait tema tersebut dengan unik dan menarik.

Ketika Anda mengisi akun Youtube dengan konten-konten yang menarik, tentu akan membuat banyak orang sering mengunjungi video yang Anda unggah.

Hal tersebut tentu saja akan berpengaruh baik, karena akun Anda akan semakin dikenal banyak orang.

Sekali lagi, ingat! Buat konten yang Anda sukai dan yang dikuasai, agar pembuatan video menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

3. Menyiapkan Peralatan

Cara Menjadi Youtuber Pemula

Sumber: pexels.com

Setelah menentukan tema konten, langkah selanjutnya adalah menyiapkan peralatan untuk membuat video.

Banyak orang  yang berpikir untuk membuat konten itu diperlukan alat-alat dan software canggih agar video terlihat menarik.

Hal tersebut biasanya yang membuat banyak orang berpikir dua kali untuk terjun ke dunia Youtube.

Padahal untuk memulai terjun menjadi Youtuber, Anda cukup menggunakan alat-alat yang sederhana. Anda bisa memulai dengan vlog kecil-kecilan menggunakan kamera di HP.

Setelah itu, Anda bisa belajar secara otodidak bagaimana cara mengedit video agar konten bisa terlihat lebih menarik dan berkualitas.

Perlu Anda ketahui, banyak Youtuber sukses yang berawal hanya menggunakan alat-alat sederhana, seperti memanfaatkan kamera HP.

Anda tidak perlu khawatir dan sebenarnya tidak menjadi masalah apabila isi konten Youtube Anda benar-benar menarik dan bermanfaat.

Jika Anda sudah mulai jago atau lihai dalam membuat konten, selanjutnya Anda bisa berpikir untuk mendapatkan alat yang lebih baik. Akan tetapi, tetap sesuai dengan kebutuhan saja.

Untuk bisa menarik banyak orang, konten video yang menarik bisa menjadi senjata utama di platform Youtube ini.

4. Mulai Membuat Video

Cara Menjadi Youtuber Pemula

Sumber: google/bersosial

Setelah Anda mempersiapkan semua konsep tema konten dan perangkat yang dibutuhkan, Anda bisa memulai proses syuting. Sebaiknya untuk awalan, Anda bisa memulai sendiri untuk membuat konten.

Namun, akan lebih menyenangkan apabila Anda bisa membuat konten Youtube bersama teman atau kerabat. Tujuannya yaitu untuk memudahkan pekerjaan. Jangan salah, ide-ide baru juga bisa muncul dari setiap individu, sehingga Anda bisa membuat konten video lebih menarik.

Untuk langkah atau upaya pencarian tim ini, pastikan Anda memilih orang-orang yang tepat dan mau diajak bekerjasama.

Alasannya karena tim yang akan dibuat ini akan menentukan keberhasilan Anda dalam mengelola akun Youtube.

Agar pelaksanannya efektif, Anda bisa membagi tugas kepada tim, misalnya dalam menentukan editor, kameramen, hingga audioman.

Baca juga: Ingin Sukses Berbisnis? Yuk, Terapkan 10 Kalimat Motivasi Bisnis Berikut Ini!

5. Memanfaatkan Media Sosial

Cara Menjadi Youtuber Pemula

Sumber: pexels.com

Sebagai Youtuber pemula, konten yang Anda buat tentunya tidak akan langsung banyak orang untuk menontonnya.

Maka, langkah yang perlu Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan platform media sosial lain seperti Instagram, Facebook, Twitter atau membagikannya melalui aplikasi chat Whatsapp.

Langkah tersebut bisa menjadi salah satu cara untuk mempromosikan akun Youtube Anda agar orang banyak yang melihat.

Jika orang telah mulai mengenal akun Youtube Anda, dan mereka menilai bahwa konten Anda menarik, besar kemungkinan mereka akan share konten Anda.

6. Memaksimalkan Jumlah Subscriber

Cara Menjadi Youtuber Pemula

Sumber: google/bersosial

Setelah konten yang Anda buat ditonton oleh banyak orang, kadang ada yang akan berkomentar atau bertanya tentang video-video tersebut.

Nah, Anda bisa membalas komentar penonton atau dengan menyukai komentar-komentar mereka sebagai respon yang baik.

Sebuah respons  baik yang Anda berikan merupakan bentuk komunikasi tidak langsung antara Youtuber dengan para penonton.

Dengan membangun komunikasi seperti ini, channel Youtube Anda bisa lebih banyak yang menyukainya, dan jumlah subscriber pun dapat bertambah dengan sendirinya. Menarik bukan?

Jika dari cara tersebut sudah mulai mendapatkan banyak penonton, Anda juga bisa melibatkan penonton dengan bertanya terkait konten seperti apa yang ingin mereka tonton.

Selain itu, untuk menambah atau meningkatkan jumlah subscriber, coba adakan giveaway untuk subscriber Anda.

Tujuannya tidak hanya berguna menambah minat orang untuk berkunjung ke akun Youtube Anda, akan tetapi sebagai apresiasi kepada penonton yang telah setia menonton video Anda.

7. Mengunggah Konten Secara Berkala dan Konsisten

Cara Menjadi Youtuber Pemula

Sumber: pexels.com

Langkah atau cara jadi Youtuber yang terakhir adalah mengunggah konten secara berkala dan konsisten.

Hal tersebut tentu sangatlah penting. Semakin sering Anda membuat video, maka semakin sering pula akun Youtube Anda muncul di beranda laman ini. Apalagi bagi orang yang sudah pernah menonton video Anda sebelumnya, bisa jadi daya tarik untuk mau menonton konten Anda berikutnya.

Jika Anda berhenti mengunggah konten dalam waktu yang lama, bisa saja subscriber yang Anda kumpulkan meninggalkan akun Anda. Jadi, usahakan untuk selalu menunggah konten dengan konsisten.

Tak apa jika konten Anda kurang menarik, paling setidaknya ada orang yang penasaran untuk meng-klik video yang telah Anda unggah.

Nah, itulah informasi mengenai cara menjadi youtuber pemula. Bagaimana, mudah atau sulit?

Bagi Anda dan siapapun yang baru akan memulai menjadi Youtuber, jangan hanya memikirkan hasilnya yang manis, harus fair juga menerima susahnya proses.

Baiknya, bangkitkan terlebih dahulu passion Anda sebagai seorang pembuat konten video. Karena sangat mudah untuk mengucapkan kata konsistensi, anak tetapi sangat sulit untuk melakukannya.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat, dan semoga Anda yang tertarik menjadi seorang Youtuber dapat segera terealisasikan.

Ingin membaca artikel menarik lainnya? Jangan Anda lewatkan untuk membacanya di situs blog Evermos.

Related Posts