Cara Mengecek Penerima Bantuan UMKM Serta Cara Daftar dan Pencarian BPUM 2022

Hingga saat ini, pemerintah memastikan akan melanjutkan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM di tahun 2021 ini. Mari cek apakah Anda termasuk ke daftar penerima bantuan. Mari kita simak cara mengecek penerima bantuan UMKM 2021 pada ulasan berikut ini.

Siapa Saja yang Menerima Bantuan UMKM?

Tidak seperti tahun lalu, besaran bantuan kali ini hanya sebesar Rp 1,2 juta sesuai dalam Permenkop UKM Nomor 2 Tahun 2021.

Kemudian, pertanyaan yang sering ditemui adalah apakah penerima BLT UMKM 2020 akan bisa kembali mendapatkan dana bantuan tersebut pada tahun ini?

Hal ini terjawab sesuai dengan Ketentuan Permenkop UKM Nomor 2 Tahun 2021 bahwa penerima BPUM tahun anggaran sebelumnya bisa mendapatkan kembali BPUM di tahun 2021 ini.

Keterangan ini tertera dalam Pasal 4 ayat 1 yang menyebutkan bahwa

BPUM diberikan kepada pelaku usaha mikro yang: belum pernah menerima dana BPUM; dan atau, telah menerima dana BPUM tahun anggaran sebelumnya.

Namun tidak semua pelaku usaha mikro bisa mendapatkan dana bantuan UMKM ini. Ada beberapa pengecualian golongan yang tidak akan menerima BLT UMKM yakni sebagai berikut

  1. Pengusaha mikro yang sedang menerima kredit modal kerja dan investasi dari perbankan
  2. Pelaku usaha yang bukan Warga Negara Indonesia (WNI)
  3. Pengusaha mikro yang berasal dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri, atau pegawai BUMN/BUMD.

Baca Juga : Cara Cek Penerima Bansos 300 Ribu dan Cara Pencairannya | April 2021

Cara Mengecek Penerima Bantuan UMKM

cara mengecek penerima bantuan UMKM
sumber : google/bersosial

Ingin cek nama Anda sebagai penerima bantuan UMKM? Yuk cek langkah-langkahnya berikut ini. Saat ini Anda tidak [erlu repot-repot datang ke bank. Tapi cukup dengan mengunjungi laman https://eform.bri.co.id/bpum. Laman tersebut sudah bisa diakses sejak Sabtu 03 April 2021 lalu.

Setelah membuka laman, kemudian Anda diminta mengisi nomor KTP dan memasukkan jawaban hitungan matematika sebagai proses verifikasi. Kemudian klik proses inquiry Selanjutnya maka akan keluar pemberitahuan apakah Anda berhak mendapat bantuan atau tidak.

Jika Anda bukan termasuk penerima BPUM maka akan muncul notifikasi ‘Nomor eKTP tidak terdaftar sebagai penerima BPUM’

Apabila tercatat sebagai penerima BPUM. Maka Anda bisa langsung menghubungi Kantor Cabang BRI terdekat untuk jadwal pencairan. Proses pencairan akan dilakukan secara bertahap sesuai tanggal yang ditentukan oleh pihak bank BRI.

Baca Juga : Begini Cara Cek Bantuan BPJS Ketenagakerjaan & Kesehatan 2021

Proses Pencairan Dana Bantuan UMKM

cara mengecek penerima bantuan UMKM
sumber : google/bersosial

Dana bantuan ini nantinya akan langsung terkirim ke rekening penerima. Namun, proses pencairan ini  harus tetap melalui proses bank untuk validasi seperti sebelumnya.  Saat pencarian, masyarakat juga diimbau untuk membawa Fotokopi KTP, KK, dan Nomor Izin Berusaha (NIB).

Bagi Anda yang belum memiliki rekening bank, jangan khawatir. Anda juga masih bisa mendaftar sebagai penerima BLT UMKM. Nantinya, mereka akan dibuatkan rekening oleh bank penyalur jika sudah dinyatakan berhak menerima bantuan.

Adapun lembaga penyalur di tahun ini adalah Bank BRI, BNI, Bank Mandiri, Bank Pembangunan Daerah (BPD) dan PT Pos. Nantinya pihak bank akan memanggil penerima untuk dibuatkan rekening dan menandatangani self declaration soal kelayakan penerimaan.

Cara Mendaftar Bantuan UMKM

cara mengecek penerima bantuan UMKM
sumber : google/bersosial

Bagi Anda yang belum terdaftar dan ingin mendaftar untuk mendapatkan bantuan ini maka Anda bisa mendaftar ke Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kadiskop UKM) di kabupaten atau kota wilayah masing-masing.

Pelaku UMKM bisa mendaftarkan diri atau mengajukan dirinya ke pengusul yang sudah ditentukan.

Pengusul adalah dinas yang membidangi koperasi dan UKM, koperasi yang telah disahkan sebagai badan hukum, kementerian/lembaga, perbankan, dan perusahaan pembiayaan yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Untuk mendaftarkannya, Anda memerlukan beberapa data yang harus disiapkan yakni seperti :

  1. Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  2. Alamat tempat tinggal
  3. Bidang usaha
  4. Nomor telepon

Demikianlah ulasan mengenai cara cek penerima bantuan UMKM ini. Apakah nama Anda terdaftar di sana? Bagi yang menerimanya. Semoga dana tersebut bisa bermanfaat bagi Anda untuk mengembangkan usaha menjadi lebih maju lagi.

Bagi yang belum menerimanya, jangan berkecil hati tetap semangat! Karena masih banyak jalan untuk Anda mendapatkan rezeki halal yang berlimpah. Salah satunya adalah dengan menjadi reseller Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik di bawah ini!Persiapan Menyambut Ramadhan

Sekian artikel mengenai cara mengecek penerima bantuan UMKM. jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos

×