6 Ide Usaha Kecil Menengah yang Mudah Dijalankan

Apakah Anda ingin memulai usaha yang mudah dan menguntungkan? Anda harus ketahui terlebih dahulu ide usaha kecil menengah pada ulasan artikel berikut, agar usaha Anda berjalan dengan baik.

Usaha Kecil Menengah merupakan sebuah bangunan usaha yang berskala kecil. UKM biasanya dimiliki oleh perseorangan atau kelompok. Kebanyakan UKM menjalani usahanya di rumahan karena untuk mengurangi biaya ekstra.

Peluang Usaha Minuman Kemasan tentu sangat besar dan perlu Anda coba untuk mendatangkan penghasilan, simak disini.

Tetapi seiring berkembangnya teknologi, untuk sebagian UKM memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan usahanya secara online. 

Penasaran dengan ide bisnis UKM yang mudah dijalani dan bisa untuk Anda coba? Berikut penjelasannya, jangan sampai Anda terlewatkan!

Jadi sekarang tak perlu lagi bingung mau membuka usaha apa, karena Usaha Makanan Ringan Menjanjikan ini bisa menjadi pilihan, simak disini!

Ide Usaha Kecil Menengah

1. Bisnis Fashion

Usaha Kecil Menengah
sumber : Pixabays.com

Jenis bisnis ini menjadi satu dari sekian banyak bisnis yang sangat menjamur. Siapapun bisa menjalankan jenis usaha ini.

Kelebihan menjalani bisnis fashion ini tidak ada expired produk. Tidak seperti bisnis kuliner yang sangat memperharikan masa expired produk bahan baku. Bisa disimpan dalam waktu yang lama tanpa memikirkan soal expired.

Maka dari itu, bisnis fashion sering dianggap paling aman. Selain itu, kelebihan lainnya adalah jualan bisa dilakukan di mana saja.

Bahkan Anda bisa menjualnya secara online. Apalagi sekarang sudah serba digital, dengan kemudahan yang diberikan, toko offline sudah tidak terlalu menjadi prioritas.

Bisnis fashion juga sudah pasti banyak peminatnya. Tentu peluang untungnya juga lebih besar dalam menjalani bisnis ini.

Pada momen tertentu pun fashion akan selalu dicari, bahkan di borong. Misalnya untuk hari-hari besar seperti hari raya. Jadi, jika Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan baik, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar!

Peluang Usaha Pertanian ini sangat cocok bagi Anda yang tinggal di pedesaan dengan tanah yang subur dan lingkungan yang mendukung, simak!

2. Bisnis Kuliner

Usaha Kecil Menengah
Sumber: pexels.com

Melakoni bisnis kuliner memang tidak akan pernah mati atau tidak lekang oleh waktu. Dalam menjalani UKM, Anda bisa membuka usaha kuliner karena pasti banyak peminatnya dan menjadi kebutuhan pokok setiap orang.

Anda bisa berjualan usaha kuliner rumahan dengan menyajikan berbagai menu. Apalagi sekarang sudah era digital, Anda bisa memanfaatkan layanan antar makanan online.

Selain memberikan kemudahan bagi para konsumen dengan layanan seperti Go-Food tersebut, target market Anda pun akan semakin luas.

Bagi Anda yang melakoni usaha kecil menengah di bidang kuliner, sebaiknya bekerja samalah dengan layanan antar makanan online agar usaha Anda bisa lebih banyak mendapatkan pelanggan.

Menjadi ibu rumah tangga sekarang ini bukan hanya mengurus rumah, namun bisa menghasilkan uang dengan mencoba membuka Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga, baca disini.

3. Bisnis Skincare dan Kosmetik

Usaha Kecil Menengah
Sumber: pexels.com

Bisnis dengan menjual produk skincare dan kosmetik juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang ingin memulai usaha kecil menengah.

Bahkan berdasarkan data dari Kementerian Perindustrian, industri kosmetik selalu mengalami pertumbuhan hingga saat ini.

Hampir 95% industri kosmetik nasional didominasi oleh industri kecil dan menengah. Untuk bisnis ini pun target pasarnya menjadi lebih luas, tidak hanya wanita yang cocok jadi target pasar untuk bisnis ini, melainkan laki-lain pun kini menjadi target pasar yang potensial.

Tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba ide bisnis ini karena bisnis ini pun tidak kalah banyak peminatnya seperti bisnis fashion dan kuliner.

Pada hakikatnya orang ingin lebih memperhatikan kesehatan kulit mereka dengan menggunakan produk skincare dan kosmetik untuk menunjang penampilannya agar lebih menarik.

Meskipun tak sebesar perusahaan atau PT, peluang usaha home industri juga menjanjikan pada era saat ini, klik disini.

4. Bisnis MUA

Usaha Kecil Menengah
Sumber: pexels.com

Bila Anda tidak terlalu tertarik untuk menjual produk, bisnis untuk jasa pun bisa dilakoni. Salah satunya adalah MUA (Make Up Artist).

Bisnis MUA semakin populer karena semakin banyak orang khususnya wanita yang ingin tampil lebih cantik dengan make up yang ditangani oleh ahlinya.

Jasa ini biasanya dibutuhkan untuk berbagai momen seperti lamaran, pernikahan, photoshoot, wisuda, dan acara lainnya.

Jika Anda sudah cukup mahir di bidang ini, Anda bisa memanfaatkan untuk membuka kelas atau kursus make up.

Ingin menjangkau konsumen lebih banyak? Caranya adalah Anda harus memiliki online presence dengan bisa mendaftarkan diri ke direktori makeup artist seperti di HelloBeauty atau Go Glam. Akan lebih bagus lagi jika Anda sudah memiliki website resmi.

Usaha rumahan ibu rumah tangga adalah solusi bagi para ibu yang tetap produktif bekerja namun tidak meninggalkan urusan rumah, simak!

5. Bisnis Jasa Kebersihan

Usaha Kecil Menengah
Sumber: pexels.com

Jasa kebersihan ini menjadi suatu kebutuhan masyarakat yang modern. Karena untuk sebagian orang ada yang terlalu disibukkan dengan aktivitasnya sehingga tidak punya waktu dalam hal penanganan kebersihan. Contohnya dalam hal mencuci baju. Anda bisa membuka peluang usaha laundry. Modal yang dikeluarkan pun tidak terlalu banyak.

Anda pun bisa mengembangkan jenis layanan cuci lainnya seperti jasa cuci sepatu, helm, sofa, kasur, karpet, dan lain-lain.

Bingung mau buka usaha apa? Cobalah Usaha Rumahan yang Laris berikut ini.

6. Bisnis Agribisnis

Usaha Kecil Menengah
Sumber: pexels.com

Peluang bisnis agribisnis juga cukup menguntungkan seperti di bidang peternakan dan pertanian. Namun pelaku UKM ini masih didominasi oleh orang tua.

Beberapa contoh untuk bisnis ini yaitu ternak ayam potong atau ayam petelur, budidaya tanaman rempat, dan jual bibit tanaman.

Usaha minuman kekinian adalah sesuatu yang patut dicoba, karena saat ini semakin banyak orang yang menggemari jenis-jenis minuman kekinian, intip disini.

Tidak ada salahnya bagi Anda yang masih muda dan mumpuni dalam bidang agribisnis, bisa memanfaatkan ide ini sebagai peluang usaha yang menguntungkan.

Demkianlah beberapa ide usaha menengah kecil yang banyak diminati oleh masyarakat. Anda bisa mencoba ide bisnis tersebut sebagai usaha untuk memulai bisnis kecil.

Jika Anda sedang menjalani bisnis UKM, tidak ada salahnya untuk menjadi mitra di Evermos. Karena kami akan membantu para UKM untuk mengembangkan usahanya.

Dengan bekerja sama dengan Evermos, membuat pengelolaan usaha kecil menengah semakin mudah, efektif, dan efisien sehingga dapat meningkatkan keuntungan.

Evermos telah bekerja sama dengan lebih dari ratusan brand dan ribuan produk muslim. Brand yang Anda miliki pun berkesempatan untuk bisa bergabung.

Apabila Anda belum memiliki brand sendiri tapi ingin bisa jualan juga, langsung daftar saja menjadi reseller di Evermos. Raih potensi penghasilan tambahan hingga jutaan rupiah dengan menjual berbagai produk kebutuhan terlengkap di Evermos.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan raih kesempatan untuk menjalani usaha kecil menengah yang sukses bersama Evermos!

Simak terus artikel lainnya di Blog Evermos.

 

×