Cara Cek Penerima Bansos 300 Ribu dan Cara Pencairannya | April 2022

Pemerintah masih memberikan sejumlah bantuan sosial (bansos) hingga bulan april 2022 ini guna meringankan beban masyarakat akibat dampak pandemi Covid-19.  Kabar gembiranya, untuk para penerima bansos tunai senilai Rp 300.000 sudah cair pada akhir Maret 2022 ini. Jadi Anda sudah bisa mengambilnya Bagaimana cara cek penerima bansos ini? Bagaimana cara mencairkannya? Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasan berikut ini.

Apa Sajakah Bansos di Tahun 2022

cara cek penerima bansos
sumber : google/bersosial

Pada tahun 2021,  Ada 3 Jenis Bansos yang disalurkan oleh kementerian Sosial diantaranya yakni Program Keluarga Harapan (PKH) dengan anggaran sebesar Rp28,7 triliun dengan target 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Penyaluran dilakukan setiap 3 bulan sekali dalam 4 tahap (Januari, April, Juli dan Oktober) melalui Bank HIMBARA (BNI, BRI, Mandiri dan BTN).

Kemudian Program Sembako/BPNT dengan anggaran Rp45,12 triliun dengan target sebanyak 18,8 juta KPM.

Penyaluran Akan dilaksanakan setiap bulan selama periode Januari sampai Desember 2022 melalui Bank HIMBARA (BNI, BRI, Mandiri dan BTN) dan agen yang telah ditetapkan. Jumlah bantuan adalah sebesar Rp200.000/bulan/KPM.

Dan yang ketiga adalah Bantuan Sosial Tunai (BST) atau yang biasa kita kenal dengan Bansos. Jenis bantuan ini mencapai anggaran Rp12 triliun yang menyasar 10 juta KPM. Penyaluran dilakukan setiap bulan, selama 4 bulan (Januari – April 2022).

Penyaluran dilakukan melalui Bank HIMBARA (BNI, BRI, Mandiri dan BTN) dan agen yang ditunjuk dengan indeks Rp300.000/bulan/KPM.

Jika Anda tidak mendapatkan bantuan ini, jangan berkecil hati. Masi ada jalan lain yang bisa Anda tempuh, yaitu bisa mendapatkan uang dengan menjadi reseller Evermos.

 

Merdeka Ongkir Ke Seluruh Indonesia

Apakah Anda termasuk penerima bansos BLT? Untuk mengetahuinya mari ikuti langkah-langkah berikut ini

Baca Juga : Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis | Diskon 50% Periode April – Juni 2021

Cara Cek Penerima Bansos 

cara cek penerima bansos
sumber : google/bersosial

1. Buka website (laman) dtks.kemensos.go.id.

2. Pilih ID Kepesertaan yang Akan dicek. Adapun pilihan yang ID kepesertaan yakni NIK, ID DTKS/BDT, Kartu Sembako/BPNT, dan Nomor PBI JK/KIS.

3. Masukkan Nomor Kepesertaan.

4. Masukkan Nama yang sesuai dengan ID yang dipilih.

5. Masukkan 4 huruf kode yang tertera dalam kotak kode

6. Klik kotak kode untuk mendapatkan kode baru

7. Klik Cari.

8. Tunggu sebentar Sistem akan mencocokan ID dan Nama yang diinput dan membandingkan antara nama yang diinput dengan nama yang ada dalam database kami,

9. Muncul keterangan apakah Nama Anda terdaftar atau Tidak di DTKS.

10. Selesai.

Baca Juga : Begini Cara Cek Bantuan BPJS Ketenagakerjaan & Kesehatan 2021

Cara Mencairkan Bansos Tunai di Kantor Pos

cara cek penerima bansos
sumber : google/bersosial

Salah satu cara yang biasa masyarakat lakukan untuk mencairkan bansos adalah melalui kantor pos. Begitupun hingga saat ini, Kemensos kembali menggandeng PT Pos Indonesia sebagai penyalur Bansos Tunai.

Dikutip dari Kompas.tv, penerima harus datang ke Kantor Pos untuk mencairkan Bansos Tunai Rp 300 ribu.

Cara mencarikannya pun cukup mudah, Masyarakat penerima hanya harus membawa surat undangan dari Ketua RT saat datang ke Kantor Pos. Setelah itu menunjukkan KTP atau KK kepada petugas dan akan dilakukan scan barcode yang tertera di surat undangan.

Setelah itu, masyarakat dapat menerima bantuan ini tanpa potongan tiap bulan sekali.

Mau dapat penghasilan sesuai keinginan? Yuk, daftar jadi reseller Evermos, Anda bisa berjualan tanpa MODAL, tapi keuntungannya MAKSIMAL.

daftar disini sekarang

Cara Mencairkan Bansos Melalui ATM dan Bank

Bagi penerima yang sudah memiliki rekening, BST akan disalurkan ke masing-masing rekening penerima melalui bank Himbara yakni Bank Mandiri, BNI, BRI dan BTN.

Pencairan bisa dilakukan melalui ATM, kantor cabang, atau e-warong menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang dimiliki.

Demikianlah ulasan mengenai cara cek penerima Bansos. Semoga bermanfaat bagi semua yang membutuhkan.

Di masa pandemi seperti ini, tentunya kita membutuhkan penghasilan tambahan untuk terus mencukupi kebutuhan sehari-hari. Oleh karenanya, kita perlu mencari peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan.’

Salah satu peluang bisnis yang bisa Anda coba adalah dengan menjadi reseller Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik di bawah ini!

mulai jualan sekarang

Sekian artikel mengenai Cara cek penerima bansos ini. jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos

×
slot88