8 Cara Memasak Sayuran untuk Diet yang Mudah, Enak dan Sehat, Ampuh Turunkan Berat Badan!

Sayur adalah menu penting untuk diet. Namun, kamu juga harus memperhatikan cara memasak sayuran untuk diet agar lebih bernutrisi. Yuk, simak ulasannya di artikel ini!

Semua orang pasti mendambakan tubuh yang sehat dan ideal. Tubuh yang sehat bisa didapatkan dari mengonsumsi makanan sehat dan rajin berolahraga. 

Melansir dari Halodoc, menjelaskan bahwa berolahraga tanpa diimbangi dengan mengatur pola makan tidak akan memberikan dampak positif terhadap program diet. 

Oleh karena itu, jika kamu ingin menurunkan berat badan, maka mulailah dari menjaga pola makan. Salah satu makanan yang sangat ampuh untuk membantu diet adalah sayuran. 

Sebab sayuran adalah makanan dengan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh serta cenderung memiliki kalori yang rendah. 

Sehingga, memakan sayuran ketika diet akan membuat tubuhmu sehat dan tidak akan membuat timbanganmu melambung. 

Namun, sayuran yang kamu makan ketika diet juga harus diperhatikan proses pembuatannya. 

Misalnya, jika diolah dengan minyak yang banyak maka sama saja tidak membantu dietmu karena kalori minyak yang cukup besar. 

Untuk itu, kamu perlu tahu cara memasang sayuran untuk diet yang benar melalui penjelasan berikut ini. 

Baca juga: 4 Cara Diet yang Benar Sesuai Jenis Diet Turunkan Berat Badan!

Cara Memasak Sayuran untuk Diet yang Benar dan Rendah Kalori

cara memasak sayuran untuk diet
Sumber: pexels.com

Memakan sayuran untuk kebutuhan diet juga harus memperhatikan cara pengolahannya. Menu sayuran untuk diet bisa kamu olah melalui beberapa cara, berikut ini. 

1. Konsumsi Sayuran yang Mentah 

Cara menyiapkan menu sayuran untuk diet yang pertama adalah dengan menyajikan sayuran mentah tanpa dimasak ataupun ditumis. 

Sayuran yang mentah bisa menjadi pilihan yang praktis dan rendah kalori saat kamu menjalankan diet. 

Kamu dapat memilih beberapa sayuran yang memang bisa kamu konsumsi dalam kondisi mentah seperti mentimun, selada, hingga tomat. 

Namun, perlu perhatikan dalam mencuci sayuran tersebut harus dengan sangat bersih sebelum dimakan. 

Mencucinya juga perlu kehati-hatian, yaitu dengan air dingin dan menggosok sayuran secara perlahan agar tanah dan kotoran lainnya terangkat.  

2. Metode Mengukus Sayuran 

Cara memasak sayuran untuk diet yang kedua adalah dengan mengukus sayuran tersebut. 

Kamu bisa kukus sayuran jika tidak memungkinkan dan sulit dimakan dalam kondisi mentah. Sehingga, dengan mengukus, sayuran akan lebih lembut dan mudah untuk dikunyah. 

Selain itu, sayur yang dikukus tidak akan menambah kalori sedikitpun. Kecuali, jika kamu menambahkan garam atau perasa lainnya pada sayuran. 

Beberapa sayur yang cocok dikonsumsi dengan dikukus adalah brokoli, sawi, wortel, kacang panjang, dan banyak sayur lainnya. 

Ketika mengukusnya, jangan lupa memotong sayur menjadi beberapa bagian yang lebih kecil agar lebih cepat lunak. 

Selain sayuran, telur juga menjadi bahan makanan yang diandalkan saat diet. Yuk, simak seputar telur rebus disini: Banyak Manfaat! Beginilah Kalori Telur Rebus Untuk Diet.

3. Menumis Sayuran 

Cara memasak sayuran untuk menu diet berikutnya adalah dengan menumis sayuran. Perlu Anda pahami, bahwa menumis berbeda dengan menggoreng.

Menumis sayuran memang menggunakan minyak tapi hanya sedikit saja. Kamu juga bisa mengubah opsi minyak sayur menjadi minyak zaitun agar lebih sehat. 

Minyak zaitun yang kamu perlukan untuk metode tumis ini hanyalah 1-2 sendok sesuai dengan porsi sayur yang akan kamu masak. 

Minyak zaitun memiliki banyak manfaat salah satunya sebagai antioksidan. 

Beberapa sayur yang cocok untuk ditumis menjadi menu diet yaitu sayur kangkung, sayur bayam, hingga membuat olahan capcay. 

4. Memanggang Sayuran 

Cara membuat masakan sayur untuk diet yang selanjutnya adalah dengan memanggang sayuran. 

Opsi ini bisa kamu lakukan jika ingin sayur yang kamu konsumsi untuk diet lebih memiliki rasa dan tidak hambar. 

Ini berbeda dengan menyantap sayur dari kukusan karena rasanya lebih hambar. 

Untuk memanggang sayuran, kamu bisa menambahkan rasa pada sayur seperti sedikit minyak zaitun dan bumbu-bumbu non MSG lainnya. 

Kemudian, panggang dalam oven atau air fryer dengan suhu yang rendah (204 C) selama 10-15 menit. 

Beberapa sayuran yang cocok untuk kamu panggang yaitu terong, kentang, kembang kol, wortel, tomat, labu siam, hingga zucchini. 

Baca juga: 9 Cara Merebus Telur Agar Mudah Dikupas dan Tidak Pecah, Anti Gagal!

Tips Cara Memasak Sayuran untuk Diet yang Membantu Menurunkan Berat Badan 

cara memasak sayuran untuk diet
Sumber: freepik.com

Sebetulnya, kamu bisa saja mengkonsumsi apapun sayuran buat diet dalam misi menurunkan berat badan. 

Namun, jika ingin program diet berhasil lebih cepat, kamu juga harus mengetahui beberapa tips sayuran yang harus kamu makan. Mari simak penjelasannya berikut ini. 

1. Konsumsi Sayuran Hijau untuk Diet 

Diet tandanya kamu harus mengurangi mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Sehingga, otomatis tubuh kamu juga harus tercukupi vitamin dan mineral setiap harinya. 

Nah, dengan mengkonsumsi sayuran berdaun hijau, ini dapat membantu target vitamin dan mineral harian di tubuhmu karena kandungannya. 

Selain itu, sayuran hijau umumnya lebih rendah kalori. Jadi, jika kamu mengkonsumsi dalam jumlah yang banyak, tidak akan membuat berat badan kamu naik. 

Beberapa sayuran dengan daun yang hijau dan cocok untuk diet yaitu sayur bayam, selada, kangking, kubis, brokoli, dan banyak sayuran lainnya. 

2. Konsumsi Sayuran yang Tinggi Serat 

Tidak hanya vitamin dan mineral, serat juga sangat penting untuk tubuhmu. Makan sayuran dengan serat yang tinggi dapat membuat perut lebih kenyang. 

Sebab, tubuh lebih lambat dalam mencerna sayuran.

Beberapa sayuran yang tinggi serat yaitu, brokoli, kacang-kacangan, kentang, kembang kol, dan berbagai macam sayuran berdaun hijau lainnya. 

Baca juga: 8 Cara Menyimpan Bawang Merah di Kulkas Agar Awet, Tahan Tiga Bulan!

3. Membuat Cemilan dari Sayuran 

Salah satu rahasia agar program diet berhasil adalah dengan mengurangi cemilan. Namun, sayangnya cemilan memang sangat susah untuk kita tolak, iya kan? 

Untuk mengatasi ngemil yang tiada henti, kamu bisa tetap ngemil namun mengganti cemilan tidak sehat menjadi cemilan dari sayur-sayuran. 

Seperti penjelasan di atas mengenai cara memasak sayuran untuk diet dengan memanggangnya, nah kamu bisa menjadikan sayuran yang dipanggang menjadi cemilan. 

Caranya, dengan panggang sayuran hingga kering seperti kerupuk. Ini bisa menjadi ide resep sayur untuk diet yang sehat dan lezat. 

4. Kurangi Saus Ketika Memakan Sayuran

Tips cara memasak sayuran untuk diet selanjutnya adalah dengan mengurangi saus-saus ketika mengonsumsi sayuran. 

Biasanya hidangan saus ini ada untuk menu salad sayur. 

Saus sambal ataupun mayonaise memang akan menambah cita rasa pada sayuran, namun tahukah kamu bahwa saus-saus tersebut tidak baik untuk program diet? 

Sebab, saus ini memiliki kalori yang cukup banyak dan tinggi lemak. Sehingga, akan menambah kalori harian di tubuhmu dengan cara yang kurang sehat. 

Sehingga, untuk menggantinya, kamu bisa menggunakan bahan yang lebih sehat, seperti minyak zaitun dan bumbu non MSG lainnya. 

Itulah beberapa cara memasak sayuran untuk menu diet yang ampuh untuk menurunkan berat badan. Semoga ulasan di atas mudah kamu pahami dan bermanfaat!

Selain itu, untuk membantu program diet berjalan lancar, kamu pasti juga membutuhkan alat-alat masak yang praktis seperti kukusan, pemanggang, dan lainnya. 

Nah, kamu bisa dapatkan alat-alat tersebut dengan harga murah di katalog Evermos. Bahkan, kamu bisa menjadi reseller tanpa modal di platform tersebut lho!

Penasaran dengan penawarannya? Klik tombol di bawah ini ya!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)