Home » Mudah dan Praktis! Cara Daftar Internet Banking BRI dan Penggunaannya

Mudah dan Praktis! Cara Daftar Internet Banking BRI dan Penggunaannya

by Risma Novianti
0 comment

Masih merasa repot dengan melakukan transaksi bank secara trandisional yang harus mencari mesin atm atau kantor bank? Tenang, saat ini sudah banyak orang yang menggunakan internet banking, salah satunya layanan BRI. Nah, bagi Anda yang masih bingung, bisa ikuti cara daftar internet banking BRI dan cara penggunaannya.

Dari penggunaan internet banking ini, Anda bisa melakukan transaksi dengan mudah hanya melalui smartphone saja. Bisa dilakukan kapan saja dan di mana pun. Supaya Anda bisa lebih paham dan ingin menggunakan internet banking, mari simak ulasan artikel di bawah ini dan ikuti cara daftar serta penggunaannya.

Baca juga: Langkah Mudah Cara Daftar Internet Banking BCA & Tips Aman Bertransaksi

Cara Daftar Internet Banking BRI

Cara Daftar Internet Banking BRI

Sumber: google/bersosial

Anda bisa melakukan proses pendaftaran ini dengan mudah. Ada dua cara untuk mendaftar, yaitu mengunjungi kantor cabang BRI terdekat atau lewat mesin ATM. Berikut akan dijelaskan keduanya:

1. Pendaftaran lewat kantor cabang BRI

Untuk melakukan pendaftaran langsung di kantor cabang BRI terdekat, lengkapi beberapa syarat berikut ini terlebih dahulu:

  • Buku tabungan BRI (BritAma, BritAma Junio atau Simpedes) yang memiliki kartu ATM BRI dalam status aktif
  • Kartu identitas diri (KTP)
  • Ponsel sebagai alat untuk proses verifikasi. Ponsel harus menggunakan SIM Card operator yang telah bekerja sama dengan BRI, yakni Telkomsel, Indosat, XL, Telkom Flexy, Bakrie Telecom, dan Mobile-8.
  • Email yang valid untuk menerima email notifikasi Internet Banking BRI.

Nah, jika semua persyaratan di atas telah Anda penuhi, Anda bisa melakukan pendaftaran internet banking BRI di customer service.

Setelah itu, dalam proses pendaftaran ini, Anda akan diminta mengisi formulir pendaftaran. Pastikan Anda mengisi setiap kolom dengan benar, sehingga proses ini bisa berjalan dengan lancar.

Jika proses pendaftaran sudah selesai, maka Anda akan mendapatkan m-Token dan harus melakukan aktivasi layanan tersebut.

2. Pendaftaran lewat ATM

Sedangkan langkah-langkah mendaftar internet banking BRI di mesin ATM, diantaranya:

  • Masukkan kartu ATM BRI
  • Ketik PIN ATM Anda
  • Pilih menu lainnya, lalu pilih menu “Internet Banking”
  • Anda akan diminta memasukkan password untuk akun internet banking
  • Ulangi ketik password yang sama  untuk konfirmasi
  • Anda akan mendapatkan User ID internet banking
  • Setelah selesai, Anda akan mendapat struk yang berisi User ID dan password akun internet banking BRI

Meski Anda sudah registrasi di ATM, tapi Anda tetap perlu ke bank untuk verifikasi maupun aktivasi, serta mendapatkan m-Token sebagai pengaman tambahan.

Cara Melakukan Aktivasi Internet Banking BRI

Cara Daftar Internet Banking BRI

Sumber: google/bersosial

Setelah melakukan pendaftaran dan berhasil, selanjutnya melakukan aktivasi. Untuk langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka situs https://ib.bri.co.id
  2. Masukkan User ID dan password, serta kode captca untuk validasi
  3. Setelah itu masuk ke halaman syarat dan ketentuan, dan klik “setuju”
  4. Selanjutnya diminta ubah password akun Internet Banking BRI dan masukkan email aktif
  5. Selesai dan akun Internet Banking BRI Anda sudah bisa digunakan

Baca juga: Begini Cara Mudah Menghitung dan Membayar Pajak UMKM

Cara Aktivasi m-Token BRI

Cara Daftar Internet Banking BRI

Sumber: google/bersosial

Untuk menggunakan layanan BRI internet banking secara maksimal, maka Anda harus aktivasi m-Token BRI sebagai pengaman tambahan yang dibutuhkan pada setiap transaksi keuangan (transfer dana, pembayaran tagihan, pembelian), ubah password, dan ubah alamat email.

Anda bisa melakukan permintaan m-Token di internet banking, setelah menyelesaikan registrasi m-Token di kantong cabang BRI dan aktivasi m-Token di internet banking.

Registrasi m-Token bisa dilakukan di seluruh kantor cabang BRI dengan melengkapi dan menandatangani formulir permohonan.

Untuk aktivasi, caranya dengan datang langsung ke kantor cabangnya. Jangan lupa bawa buku tabungan dan ponsel Anda.

Cara Menggunakan Layanan Internet Banking BRI

Cara Daftar Internet Banking BRI

Sumber: google/bersosial

Anda harus ekstra hati-hati dalam menggunakan layanan internet banking. Beragam risiko mungkin saja terjadi, terutama berbagai tindak kejahatan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Hindari hal tersebut dengan beberapa tips di bawah ini:

  1. Pastikan kamu hanya mengakses layanan BRI Internet Banking pada situs resmi BRI saja https://ib.bri.co.id
  2. Selalu jaga kerahasiaan password dan User ID BRI Internet Banking Anda dengan baik
  3. Jangan pernah menyimpan password Anda secara otomatis pada laptop atau gadget Anda.
  4. Ganti password secara berkala
  5. Hindari untuk login melalui jaringan atau koneksi internet umum (public wifi).
  6. Jika mendapati hal yang mencurigakan, segera hubungi Call BRI di 14017 atau 1500017

Tips Aman Bertransaksi Internet Banking

Cara Daftar Internet Banking BRI

Sumber: google/bersosial

Penggunaan layanan BRI internet banking menjadi pilihan banyak orang. Jika Anda tertarik dengan layanan yang satu ini, maka pastikan Anda selalu mengaksesnya melalui cara dan juga media yang tepat.

Internet banking memang memiliki beberapa risiko tertentu, namun risiko tersebut juga terkait dengan metode perbankan lainnya seperti perilaku kita yang tidak paham cara menggunakan internet banking dengan baik.

Lalu, apa saja harus diperhatikan untuk menghindari kejahatan yang mungkin timbul dari transaksi online ini? Berikut tipsnya:

1. Ganti Password Secara Berkala

Anda harus membiasakan mengganti kata sandi (password) internet banking setiap 45-60 hari sekali. Buatlah kata sandi yang kuat dengan menggunakan kombinasi alfabet (menurut abjad), numerik (angka) khusus.

Kata sandi Anda harus unik, dan jangan gunakan password yang sama untuk situs web (website) lain dan sulit ditebak orang. Sebaiknya hindari penggunaan nama, tanggal lahir, nomor telepon, nomor registrasi kendaraan dan sebagainya untuk membuat password.

2. Pantau Akun Secara Rutin

Anda harus memantau akun secara rutin untuk antisipasi jika ada perubahan yang mencurigakan. Setiap setelah melakukan transaksi, selalu cek kondisi log in. Jika Anda menemukan transaksi yang tidak sah, segeralah menginformasikan kepada pihak bank.

Coba lihat tanggal dan waktu terakhir log in setiap kali Anda mengaksesnya. Jika Anda melihat aktivitas mencurigakan, lakukan tindakan cepat untuk melindungi akun Anda.

Selain itu, buat kebiasaan untuk melacak aktivitas akun seperti rincian log in terakhir, rincian transaksi terakhir, dan lainnya.

3. Jangan Informasikan User ID dan Password Anda pada Siapapun

Jangan pernah mengungkapkan informasi atau data diri Anda dan password perbankan Anda kepada seseorang. Sebaiknya, Anda jangan pernah menulis ID dan Password pengguna pada kertas, tetapi cukup mengingatnya saja.

Jika Anda lupa dengan password Anda, segera lakukan reset password. Lalu, buat password baru yang mudah untuk diingat.

4. Jangan Lupa Log Out dengan Benar

Setelah Anda menggunakan internet banking, jangan lupa untuk log out. Terlebih jika laman internet banking belum diatur secara otomatis untuk logout, alangkah lebih baiknya selalu melakukan log out setiap kali selesai melakukan transaksi.

Penggunaan internet banking dengan benar akan memudahkan Anda dalam melakukan transaksi perbankan yang nyaman dan aman, bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun ketika dibutuhkan.

Nah, itulah informasi seputar cara daftar internet banking BRI serta cara menggunakannya dan tips aman untuk melakukan transaksi.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat mudah untuk dipahami bagi Anda yang ingin menggunakan internet banking dengan aman dan nyaman.

Ingin mengetahui informasi menarik lainnya? Jangan lewatkan informasi pada artikel lainnya hanya di situs blog Evermos!

Related Posts