Langkah Mudah Cara Daftar Internet Banking BCA & Tips Aman Bertransaksi

Saat ini, cukup dengan mengakses melalui smartphone saja Anda sudah bisa melakukan transaksi perbankan. Seperti layanan internet banking. Sebelum menggunakan layanan tersebut, tentu saja Anda harus mendaftarkan terlebih dahulu. Jika Anda memilih layanan BCA, berikut akan dijelaskan cara daftar internet banking BCA dengan mudah lewat smartphone!

Internet banking merupakan sebuah layanan online dari perbankan yang dioperasikan menggunakan teknologi internet dengan tujuan mempermudah nasabahnya melakukan semua transaksi seperti cek saldo, transfer uang, dan lain sebagainya.

Yuk, langsung simak saja artikel mengenai cara daftar internet banking BCA beserta kelebihan, kelemahan serta tips aman untuk bertransaksi.

Baca juga: Cara Jualan di Instagram Untuk Pemula Agar Laris dan Cepat Laku

Cara Daftar Internet Banking BCA

Cara Daftar Internet Banking BCA
Sumber: google/bersosial

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk daftar internet banking BCA ialah dengan mengaktifkan internet banking. Caranya, daftarkan diri langsung ke kantor cabang BCA terdekat terlebih dahulu.

Agar proses ini berjalan dengan lancar, jangan lupa untuk membawa serta beberapa persyaratan berikut ini:

  • Buku tabungan BCA
  • Kartu identitas diri (KTP)
  • Nomor ponsel yang aktif dan juga email yang valid untuk verifikasi

Jika syarat di atas telah Anda penuhi dengan baik, lakukan pendaftaran dengan cara mudah sebagai berikut:

1. Minta dan Aktivasi KeyBCA

Anda harus mengantri di bagian customer service dan minta keyBCA dengan cara membawa serta semua persyaratan di atas. Nantinya keyBCA ini akan dibutuhkan sebagai otentifikasi seluruh transaksi yang akan Anda lakukan dengan menggunakan layanan BCA internet banking.

2. Lakukan Pendaftaran Melalui ATM BCA

Setelah Anda mendapatkan KeyBCA melalui kantor cabang terdekat, maka Anda bisa melakukan proses pendaftaran melalui mesin ATM BCA terdekat. Setelah itu, Anda bisa mengikuti beberapa langkah mudah dengan:

  • Memasukkan kartu ATM pada slot yang tersedia
  • Mengetikkan PIN ATM Anda
  • Memilih menu “Internet Banking” dan lanjutkan dengan memilih tombol “Ya”
  • Mengetikkan 6 digit PIN yang akan Anda gunakan di internet banking
  • Ulangi ketik PIN tersebut sebagai bukti verifikasi
  • Untuk struk pendaftaran internet banking akan tercetak yang berisi User ID dan juga PIN yang akan digunakan untuk mengakses layanan tersebut

Cara Mengaktifkan Internet Banking BCA

Cara Daftar Internet Banking BCA
Sumber: google/bersosial

Setelah Anda melakukan pendaftaran BCA internet banking melalui mesin ATM, selanjutnya Anda harus melakukan aktivasi layanan ini melalui website resmi BCA, dengan cara:

  1. Kunjungi halaman utama situs resmi BCA di https://www.bca.co.id/
  2. Pilih menuKlikbca dan klik Login
  3. Masukkan User IDsesuai dengan struk pedaftaran yang kamu dapatkan di ATM BCA
  4. Ketikkan PINyang telah Anda gunakan saat melakukan pendaftaran
  5. Klik tombol “login”yang terdapat pada bagian bawah
  6. Klik “agree”pada kolom persetujuan
  7. Ketikkan alamat email Anda sebagai langkah verifikasi selanjutnya
  8. Klik tombol “Submit”
  9. Setelah itu, Anda akan masuk ke halaman utama layanan BCA internet banking dan bisa melakukan berbagai transaksi keuangan yang dibutuhkan

Kelebihan dan Kekurangan Fitur Internet Banking

Cara Daftar Internet Banking BCA
Sumber: google/bersosial

Dengan adanya internet banking sangat memudahkan Anda melakukan sederet transaksi dengan cepat kapanpun dan di mana pun.

Kelebihan Internet Banking

1. Praktis dan Gratis

Anda bisa menghemat waktu dan biaya dalam melakukan transaksi perbankan. Tidak perlu lagi mengeluarkan ongkos transportasi ataupun mengantri ke bank karena semuanya bisa diakses dari smartphone Anda. Anda bisa melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja selama 24 jam.

2. Bisa Melakukan Banyak Transaksi Keuangan

Nasabah bisa melakukan banyak transaksi keuangan, seperti dengan membuat dan mengatur jadwal transaksi dalam satu waktu sekaligus. Tentu saja ini akan lebih memudahkan Anda dengan mengakses dari smartphone.

3. Hemat Biaya Operasional bagi Bank

Bank yang telah menerapkan sistem informasi teknologi dan memiliki fitur internet banking pastinya lebih menghemat biaya operasional karena tidak perlu lagi membuka cabang bank baru dan sebagainya.

4. Melakukan Berbagai Macam Transaksi Bank

Anda bisa melakukan berbagai macam transaksi bank seperti transfer uang antar bank non-tunai, cek saldo dan mutasi rekening, bayar tagihan kartu kredit, bayar tagihan bulanan (seperti tagihan listrik, telepon, air, biaya pendidikan, TV berlanggangan), membeli pulsa elektrik, bayar transaksi di e-commerce (belanja online, bayar tiket pesawat, tiket hotel, dan lain-lain).

5. Membuka Rekening Sesuai Kebutuhan

Anda bisa membuka rekening tabungan baru, membuka tabungan pendidikan, tabungan berjangka, membeli asuransi, membeli reksadana, atau membuka rekening deposito dengan cepat dan aman.

6. Dapat Mengajukan Pinjaman

Dengan layanan internet banking ini juga Anda bisa mengajukan pinjaman KTA, KPR, KMG secara online dengan mudah dan cepat.

7. Dapat Mengecek Nilai Tukar Mata Uang

Anda dapat mengecek nilai tukar mata uang (kurs) rupiah terhadap mata uang negara lain, seperti dolar Amerika (USD), dolar Singapura (SGD), dolar Australia (AUD), euro (EUR), yen Jepang (JPY) dan lain-lain.

8. Update Informasi

Anda juga bisa mengetahui informasi ter-update dengan berbagai program dan produk terkini dari Bank.

Baca juga: Cara Jualan Di Facebook Untuk Pemula Agar Laris Dan Cepat Laku

Kekurangan Internet Banking

1. Rawan Pencurian dan Penyadapan Data

Kejahatan hacker terharap pencurian data nasabah di e-banking bisa saja terjadi apabila ada kecerobohan. Jadi, seorang nasabah wajib mematuhi semua prosedur penggunaan internet banking yang baik sehingga lebih aman.

2. Rawan Kejahatan Online

Dengan penggunaan layanan internet banking ini tentu memiliki kelemahan terhadap rawan kejaharan online. Bisa terjadi dengan berbagai modus seperti teknik skimming, phising, penawaran hadiah palsu, dan sebagainya.

Jadi, sebaiknya jangan mudah tergiur hal yang tidak masuk akal atau iklan-iklan yang menggiurkan.

3. Rawan Terkena Serangan Malware/Virus

Sebaiknya Anda menggunakan paket data atau koneksi internet yang aman agar tidak terena serangan virus. Jangan menggunakan koneksi VPN gratisan dan Wi-Fi publik sebab ada banyak virus/malware.

Selain itu, pastikan pula smartphone/laptop Anda sudah tertanam perangkat lunak antivirus dan antimalware supaya terhindar dari cracking.

4. Tidak Bisa Diakses di Daerah Terpencil dan Sinyal Internet Rendah

Di Indonesia, tentunya ada beberapa daerah yang masih belum memiliki sinyal internet yang kuat, jadi hal ini merupakan kelemahan e-banking karena harus secara online untuk transaksi.

Tips Aman Bertransaksi dengan Internet Banking

Cara Daftar Internet Banking BCA
Sumber: google/bersosial

1. Menjaga Data Pribadi e-banking dengan Baik.

Demi keamanan, jangan berikan informasi UserID dan password kepada siapapun. Hindari juga memberikan informasi pribadi yang bersifat rahasia seperti PIN, nomor token, dan lain-lain via telepon atau email.

Anda harus lebih waspada karena ada banyak kejahatan bank dengan cara mengirimkan email palsu atau menelpon Anda dan berpura-pura dari pihak bank. Jadi, jangan sekali-kali memberikan nomor kartu ATM/Kredit, PIN, OTP, username, password, dan lain-lain.

Apabila Anda tiba-tiba mendapatkan email yang mengatakan bahwa rekening Anda diblokir atau hal apapun yang mencurigakan, sebaiknya Anda segera melapor ke pihak bank karena hal ini adalah salah satu modus penipuan e-banking.

2. Memastikan Situs Bank yang Dikunjungi Situs Resmi

Ketik URL internet banking dengan benar. Pastikan situs bank yang dikunjungi adalah situs resmi bukan abal-abal. Cek URL  bank yang ada di bagian atas halaman mesin browser, pastikan ada tanda gembok sebelum nama website bank.

Jangan mengklik link email yang mengarahkan Anda untuk membuka situs internet banking karena biasanya itu adalah modus pencurian data.

3. Hindari Membuat Password Internet Banking (e-banking) yang Mudah Ditebak

Usahakan untuk membuat password dengan berbagai kombinasi yang susah ditebak. Hindari menggunaan nama, tanggal lahir, nomor telepon, nomor registrasi kendaraan dan sebagainya untuk membuat password. Jangan lupa juga untuk diupdate secara berkala, setidaknya ganti PIN / password setahun 2-3 kali.

4. Gunakan Password pada Smartphone atau Laptop Anda

Hal ini tentu sangat penting untuk melindungi data-data Anda yang ada didalamnya dari kejahatan pihak yang tidak bertanggungjawab.

5. Selalu Memantau Akun Anda

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika ada perubahan aktivitas e-banking yang mencurigakan. Jika tiba-tiba Anda menemukan transaksi yang tidak sah, segeralah menginformasikan kepada pihak bank.

Nah, itulah informasi seputar cara mendaftar internet BCA yang harus Anda pahami, hingga dijelaskan kelebihan dan kelemahan dari penggunaan internet banking ini serta tips agar aman melakukan transaksi dengan internet banking.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda. Setelah Anda memahami informasi di atas, semoga Anda bisa lebih aman dan nyaman dalam melakukan transaksi internet banking.

Ingin menemukan informasi menarik lainnya? Jangan lewatkan artikel lainnya pada situs blog Evermos.

×