23 Ide Jualan Minuman Bulan Puasa 2024 yang Enak, Dijamin Laris Manis!

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan tahun 2024, tentu ada banyak ide jualan minuman bulan puasa yang dapat dicoba oleh para pebisnis kuliner.

Bulan puasa di Indonesia memang identik dengan ramainya pedagang kaki lima yang menjual berbagai menu buka puasa atau biasa disebut ‘takjil’.

Tidak hanya makanan atau jajanan saja, berbagai menu minuman segar juga selalu menjadi incaran pembeli lantaran sangat cocok untuk melepaskan dahaga setelah seharian berpuasa.

Lalu, apa saja sih ide jualan minuman bulan puasa yang viral dan dijamin enak? Yuk, simak berbagai rekomendasinya berikut ini!

Baca juga: 25+ Ide Bisnis Bulan Puasa dan Tips Mantul Bisnis Ramadan.

Ide Jualan Minuman Bulan Puasa 2024 yang Segar

Ada beberapa ide jualan minuman bulan puasa yang selalu laku dan menjadi incaran pembeli di setiap tahunnya. Berikut ini beberapa rekomendasinya yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Sop Buah

Ide Jualan Minuman Bulan Puasa
Sumber: shutterstock.com

Siapa yang tak tahu dengan minuman manis dan segar yang satu ini? Sop buah memang menjadi salah satu menu minuman favorit masyarakat Indonesia terutama di bulan Ramadhan.

Perpaduan berbagai jenis buah-buahan, susu kental manis dan sirup es segar membuat sop buah begitu diminati sebagai menu berbuka puasa.

Dengan banyaknya peminat sop buah di bulan puasa, tentu juga menjadi peluang jualan yang menjanjikan untuk kamu coba.

Namun, mengingat banyaknya pesaing yang juga menjual menu serupa, tentu kamu juga perlu memikirkan keunikan atau kelebihan dari sop buah yang kamu jual.

2. Es Campur

Ide Jualan Minuman Bulan Puasa
Sumber: shutterstock.com

Selain sop buah, ide jualan es bulan puasa yang juga banyak disukai adalah es campur. Es campur ini memiliki rasa yang manis dan menyegarkan dengan harga yang terbilang murah.

Sehingga, tak heran banyak orang yang memilih es campur sebagai menu berbuka puasa.

Jika kamu tertarik untuk menjual es campur, kamu dapat menjual es campur dengan perpaduan isi yaitu cendol, cincau hitam, kolang kaling, santan, es dan susu.

Pastikan rasanya enak dan segar, sehingga dapat melepas dahaga setelah puasa hampir seharian.

3. Es Dawet Ayu

Ide Jualan Minuman Bulan Puasa
Sumber: google/bersosial

Mungkin untuk kebanyakan orang sudah tidak asing lagi dengan minuman yang berwarna hijau panjang ini. Ya, es dawet ayu namanya.

Es dawet ayu merupakan minuman segar yang terbuat dari campuran santan kelapa, gula merah atau gula aren dan dawet yang terbuat dari tepung beras, tepung tapioka dan pandan.

Tentu saja es dawet ayu ini merupakan minuman yang banyak dijual bahkan di hari biasa karena rasanya yang menyegarkan.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi kamu untuk mencoba jualan es dawet saat bulan puasa karena bisa berpeluang untung besar.

4. Es Teler

Ide Jualan Minuman Bulan Puasa
Sumber: google/bersosial

Banyak orang yang menyukai es teler sebagai menu untuk berbuka puasa. Bahkan pada hari biasa pun banyak orang yang mengonsumsi es ini.

Hal ini terbukti dengan banyaknya pengunjung di sebuah toko khusus es teler yang mengalami peningkatan ketika menjadikan ide jualan bulan puasa.

Jadi, jualan es teler ini bisa menjadi ide kreasi kamu yang ingin berjualan minuman.

Agar menu es teler terkesan lebih istimewa, kamu dapat berkreasi pada es teler, seperti mencampurkannya dengan alpukat, coklat, sirup, susu, keju dan bahan lainnya yang menarik.

5. Es Susu Kurma

Ide Jualan Minuman Bulan Puasa
Sumber: shutterstock.com

Jika kamu mencari ide jualan es untuk bulan puasa yang tidak hanya segar namun juga menyehatkan, maka susu kurma menjadi salah satu minuman yang bisa kamu coba jual.

Kurma sendiri menjadi salah satu hukum sunnah ketika kita berbuka puasa, selain nikmat dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Kamu bisa mencampur bahan baku seperti kurma, susu segar dan madu untuk mendapatkan perpaduan minuman yang lezat.

Ide Jualan Minuman Bulan Puasa 2024 yang Viral

6. Es Cincau

Ide Jualan Minuman Bulan Puasa
Sumber: shutterstock.com

Salah satu minuman yang laris di bulan puasa adalah cincau, yaitu jelly yang terbuat dari daun-daunana yang biasa disebuta tumbuhan mesona.

Es cincau merupakan salah satu minuman wajib yang selalu diminati saat bulan puasa karena rasanya yang menyegarkan juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Cincau dikatakan sehat karena terbuat dari bahan alami dengan pewarna asli dari dedaunan. Sehingga, es cincau juga termasuk ide jualan minuman bulan puasa yang menyehatkan.

7. Es Cappucino Cincau

Ide Jualan Minuman Bulan Puasa
Sumber: google/bersosial

Salah satu es paling laris bulan puasa yang tidak kalah segar adalah es cappucinno cincau. Minuman ini memang selalu jadi primadona setiap tahunnya terutama di kalangan anak muda.

Apalagi bagi pembeli yang menghindari minuman yang terbuat dari santan, maka es cappucinno cincau menjadi salah satu pilihan untuk menemani mereka berbuka puasa.

Meskipun peluang menjual es cappucinno cincau sangatlah besar, namun tentu juga banyak pesaing yang menjual menu serupa. Sehingga, kamu perlu memiliki keunikan tersendiri.

Misalnya, dengan menambahkan opsi topping yang menarik, seperti kacang, icecream ataupun susu coklat di atasnya.

8. Es Oyen

Ide Jualan Minuman Bulan Puasa
Sumber: google/bersosial

Ada yang sudah pernah coba es yang satu ini? Es oyen merupakan minuman asli dari Bandung yang sudah tersebar di berbagai tempat di Indonesia.

Katanya, nama ‘Oyen’ diambil dari nama sang penjual es oyen saat pertama kali mencetuskan menu jualan ini puluhan tahun lalu.

Bagi kamu yang ingin mencoba menjual es oyen sebagai minuman buka puasa, sebenarnya tidak terlalu sulit untuk membuat es ini.

Es oyen dibuat dengan berbagai macam isian, seperti kelapa muda, tape ketan hitam, nangka, kolang-kaling merah dan roti tawar.

9. Es Kelapa Muda

Ide Jualan Minuman Bulan Puasa
Sumber: shutterstock.com

Jika kamu butuh ide jualan es di bulan puasa yang murah dan sehat, maka es kelapa muda juga bisa menjadi pilihan menarik.

Es kelapa menjadi salah satu minuman incaran pemburu takjil yang ingin berbuka puasa dengan minuman segar namun tetap menyehatkan.

Peluang berjualan es kelapa muda di bulan puasa sangat besar apalagi dengan bahan-bahannya yang mudah kamu dapatkan.

Nah, biasanya es kelapa muda yang dijual tidak hanya es yang telah dicampur dengan gula, namun juga ada pilihan es kelapa muda murni yang diminum dari batoknya langsung.

Jika meminum es kelapa dari batoknya langsung, tentu menjadi ide jualan unik dan menarik seperti berasa di pantai, bukan?

10. Es Dalgona

Ide Jualan Minuman Bulan Puasa
Sumber: google.com/bersosial

Siapa yang tidak kenal dengan es dalgona? Minuman berbahan dasar kopi dan susu ini sempat menjadi viral ketika masa awal pandemi Covid-19 melanda.

Minuman satu ini bisa dijadikan sebagai salah satu ide jualan minuman bulan puasa yang laris manis selain rasanya yang segar, cukup mudah untuk membuatnya.

Kamu hanya perlu menyediakan susu sapi segar, kemudian bubuk kopi hitam tanpa ampas yang di campur dengan air panas kemudian kocok dengan mixer atau garpu hingga berbentuk krim.

Siapkan es batu dalam kemasan, tuang susu cair kemudian beri krim tersebut di atasnya.

Baca juga: Yuk Dicoba 7 Usaha di Bulan Puasa Ramadhan yang Laris Manis!

Jualan Es Paling Laris Saat Ramadhan 2024

11. Es Cendol

Ide Jualan Minuman Bulan Puasa
Sumber: google/bersosial

Banyak orang yang keliru dan mengira bahwa es cendol itu sama dengan es dawet. Namun, meskipun terlihat serupa, sebenarnya kedua minuman tersebut berbeda.

Salah satu perbedaannya yaitu dari bahan utama pembuatannya. Cendol ada yang terbuat dari sagu aren, tepung beras, dan hunkwe.

Sementara itu, dawet umumnya dibuat dari hunkwe dan tepung beras saja. Namun, biasanya dawet merupakan rebusan tepung beras.

Ciri khas cendol itu akan lebih nikmat jika disajikan dengan gula aren dan agar semakin segar bisa menambahnya dengan es batu.

12. Es Blewah

Ide Jualan Minuman Bulan Puasa
Sumber: shutterstock.com

Es blewah juga merupakan ide es yang laris di bulan puasa dan cocok untuk melepaskan dahaga. Minuman ini terbuat dari perpaduan air es, blewah dan sirup sebagai pemanisnya.

Nah, minuman buka puasa yang satu ini termasuk menu yang masih jarang dijual di pasar-pasar takjil bulan Ramadhan.

Jadi, tidak ada salahnya bagi kamu untuk mengembangkan usaha es blewah ini saat bulan puasa supaya berpeluang untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah.

13. Es Sarang Burung

Ide Jualan Minuman Bulan Puasa
Sumber: google/bersosial

Rekomendasi jualan es di bulan puasa yang cukup mewah dan istimewa dalam penyajianya adalah menjual es sarang burung.

Es sarang burung masih jarang dijual dan ditemukan di pasar-pasar takjil bulan Ramadhan. Padahal, menu minuman buka puasa yang segar satu ini tidak kalah enak dan menyehatkan.

Nah, jika kamu tertarik untuk menjual es sarang burung ketika bulan puasa, kamu dapat membuatnya dari campuran es, agar-agar rasa sarang burung, sirup dan buah segar.

14. Mojito

Ide Jualan Minuman Bulan Puasa
Sumber: shutterstock.com

Mojito merupakan minuman koktail tradisional Kuba. Koktail ini memiliki rasa asam segar karena menggunakan air jeruk nipis dan daun mint.

Minuman ini bisa jadi pilihan tepat dalam mengatasi udara panas menyengat ataupun melepas dahaga karena telah berpuasa hampir seharian penuh.

Bahkan minuman ini biasanya banyak ditemui di restoran-restoran. Tapi, kamu bisa mencoba jualan es mojito ini sebagai usaha rumahan saat bulan puasa.

Selain bahannya mudah kamu dapatkan, banyak orang yang menyukai minuman ini karena rasanya asam segar dengan jejak mentol.

15. Thai Tea

Ide Jualan Minuman Bulan Puasa
Sumber: google.com/bersosial

Menu Thai Tea yang berasal dari negara Thailand sempat menjadi tren minuman kekinian dan di gemari oleh banyak kalangan di masyarakat.

Rasa teh yang otentik ala Thailand ini juga dapat diterima oleh berbagai kalangan dari usia muda hingga dewasa karena segar dan nikmat.

Kamu bisa jadikan menu minuman satu ini sebagai ide jualan minuman buka puasa yang kekinian.

Perpaduan dari teh Thai, krimer, susu kental manis dan es batu menyegarkan kala berbuka puasa.

Ide Jualan Es Bulan Puasa Modal Kecil Untung Besar

16. Boba Milk Tea

Ide Jualan Minuman Bulan Puasa
Sumber: pexels.com

Salah satu minuman kekinian yang recommended untuk ide jualan minuman buka puasa modal kecil adalah Boba Milk Tea.

Boba kenyal yang terbuat dari brown sugar, dipadukan dengan milk tea memang sangat pas untuk melepaskan dahaga di bulan puasa.

Menu yang satu ini juga cukup sederhana kok, kamu hanya perlu menyediakan bahan baku seperti susu UHT, boba dan brown sugar serta es batu.

17. Es Kopyor

ide jualan minuman bulan puasa
Sumber: cookpad.com

Ide jualan es bulan puasa modal kecil berikutnya yaitu es kopyor. Es kopyor adalah minuman yang terbuat dari kelapa koyor yang dipadukan dengan santan, susu kental manis dan sirup.

Rasanya yang manis dan segar selalu menjadi pilihan menu minuman buka puasa di bulan Ramadhan. Bahan-bahan untuk menjual es kopyor juga murah dan mudah ditemukan.

Jika kamu tertarik menjual es kopyor, cukup dengan membeli santan, kelapa kopyor, agar-agar, gula pasir, sirup cocopandan, susu kental manis dan beberapa bahan tambahan lainnya.

18. Es Pisang Ijo

ide jualan minuman bulan puasa
Sumber: goole.com/bersosial

Es paling laris bulan puasa berikutnya yaitu es pisang ijo. Jajanan segar khas Makassar ini terbuat dari pisang dengan balutan tepung beras, santan dan air daun pandan.

Tidak hanya menyegarkan, es pisang ijo juga menjadi incaran pembeli yang ingin berbuka dengan menu yang mengenyangkan.

Ide jualan bulan puasa yang satu ini masih terbilang langka di beberapa daerah. Sehingga, ini bisa menjadi peluang jualan yang menjanjikan untuk kamu coba.

19. Es Jelly

ide jualan minuman bulan puasa
Sumber: cookpad.com

Jika kamu mencari ide jualan es di bulan puasa modal murah namun untung besar, maka kamu dapat pertimbangkan untuk menjual es jelly.

Es jelly adalah minuman segar yang terbuat dari jelly yang dipotong-potong, kemudian dicampur dengan perpaduan air gula dan susu kental manis.

Pembuatan es jelly juga sangat mudah, kamu cukup menyediakan jelly powder, gula pasir dan susu kental manis. Simple dan menjanjikan bukan?

20. Teh Poci

ide jualan minuman bulan puasa
Sumber: goole.com/bersosial

Selanjutnya, kamu juga bisa menjual es yang laris di bulan puasa dan tidak perlu repot membeli bahan-bahannya, yaitu melalui franchise teh poci.

Jika di hari biasa saja Teh Poci banyak penggemarnya, bagaimana dengan bulan puasa? Tentu minuman yang satu ini semakin menjadi incaran pembeli.

Karena selain segar dan murah, teh Poci juga menyediakan berbagai macam rasa yang dapat dipilih oleh pembeli.

Ide Jualan Minuman Bulan Puasa yang Enak

 21. Es Yogurt

ide jualan minuman bulan puasa
Sumber: cookpad.com
Minuman terlaris bulan puasa saat ini banyak yang mengincar yogurt, yaitu sejenis minuman fermentasi susu dengan rasa sedikit asam yang khas. 
Kenapa demikian? selain rasanya yang legit minuman ini juga kaya akan manfaat yang bisa melancarkan pencernaan. 
yogurt juga tersedia dalam berbagai rasa serta murah meriah untuk dijual. tentu menyegarkan dikonsumsi saat bulan puasa. 

22. Jus Buah 

ide jualan minuman bulan puasa
Sumber: goole.com/bersosial
Salah satu minuman terlaris bulan puasa yang banyak dicari juga adalah jus buah.  jus buah sangat baik dikonsumsi sebelum mulai makan makanan berat. 
Minuman ini juga kaya manfaat bisa melancarkan metabolisme, memenuhi kebutuhan vitamin serta menjaga kecantikan kulit agar terhidrasi sebagai pengganti puasa yang hilang. 

23. Es Pokat 

ide jualan minuman bulan puasa
Sumber: goole.com/bersosial
Salah satu minuman terlaris bulan puasa yang bisa melepas dahaga sekaligus mengeyangkan adalah es pokat.
Es pokat terbuat dari alpukat yang diblender hingga halus, kemudian diberi topping aneka rasa seperti milo, coklat, keju atau polosan. 
Rasanya manis, creamy dan mengenyangkan. cocok dikonsumsi apabila sedang tidak ingin makan banyak. 

Jika kamu ingin menjual berbagai minuman di bulan puasa, ikutilah resep cara membuatnya di bawah ini:

Demikianlah informasi mengenai ide jualan minuman bulan puasa yang bisa kamu ketahui. Semoga kamu dapat terinspirasi dan bisa mencoba ide jualan minuman tersebut ya!

Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya di situs Blog Evermos.

Cari Tambahan Penghasilan Tanpa Modal di Bulan Puasa? Bisa Banget!

Sebagai bulan yang penuh berkah, Ramadhan menjadi ajang bagi kita umat Islam untuk mencari berbagai tambahan, mulai dari tambahan pahala hingga tambahan ilmu.

Tak hanya perihal ibadah, bulan Ramadhan juga memberi peluang untuk kamu cari tambahan keuntungan dengan berbagai ide bisnis mulai dari jualan takjil hingga jualan baju lebaran.

Jika kamu ingin mulai bisnis tapi terkendala modal awal dan sulit mencari produk berkualitas, maka program Reseller Evermos menjadi pilihan yang tepat untuk bantu kamu #CariTambahan.

Karena di Evermos kamu bisa memulai usaha tanpa modal dan bertemu dengan supplier yang menyediakan produk murah namun tetap berkualitas.

Tunggu apa lagi, yuk wujudkan #MudahBukaUsaha sebagai Reseller Evermos sekarang juga. Klik tombol di bawah ini untuk registrasi gratis!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)