27+ Ide Bisnis Menjanjikan di Bulan Puasa 2024 dan Tips Agar Laris Manis

Tak terasa sebentar lagi umat Islam seluruh dunia akan menyambut bulan suci Ramadhan 2024. Apakah kamu sedang mencari ide bisnis bulan puasa?

Selain sebagai bulan yang dinanti-nanti umat muslim karena penuh dengan keberkahan, bulan Ramadhan juga menjadi bulan dengan peluang bisnis yang menjanjikan.

Sebab, di bulan Ramadhan sebagian besar umat Muslim akan berburu takjil atau makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Selain itu, banyak aktivitas yang cukup berbeda dengan bulan-bulan lainnya.

Karena kondisi bulan Ramadhan yang spesial ini, ada banyak peluang bisnis yang bisa dijalankan. Jika kamu tertarik untuk memulai bisnis di bulan puasa, yuk simak rekomendasinya di artikel ini!

Baca juga: 23 Ide Jualan Minuman Bulan Puasa 2024 yang Enak, Dijamin Laris Manis!

Ide Bisnis Bulan Puasa yang Menjanjikan

Ide Jualan Takjil Bulan Puasa 

bisnis bulan puasa
Sumber: canva.com

Menjual takjil atau menu berbuka puasa menjadi salah satu peluang usaha yang paling menjanjikan di bulan puasa. Berikut beberapa daftar makanan yang cocok untuk kamu jual.

1. Es Campur

Urutan pertama ide bisnis bulan puasa yang paling dicari adalah bisnis takjil es campur. Es campur kerap menjadi takjil atau makanan pembuka ketika muslim berbuka puasa.

Cara pembuatannya juga cukup mudah, yaitu siapkan bahan utama seperti potongan buah-buahan seperti stroberi, semangka, melon, apel, nanas, anggur, jambu dan sebagainya kemudian tuangkan kuah air kelapa yang dicampur dengan susu kental manis.

Walaupun sederhana, bisnis bulan puasa berikut ini punya omset yang tidak main-main terutama jika membuka usaha di lokasi yang cukup strategis.

2. Es Teh

Ketika berpuasa kita menahan diri dari segala hal yang membatalkan puasa termasuk minum. Nah, es teh bisa menjadi peluang usaha yang menarik untuk kamu jalankan.

Bahan utamanya juga cukup simpel yaitu air mineral yang diseduh dengan teh kemudian jangan lupa untuk menambahkan gula sebagai pemanis.

Kamu bisa menjual es teh ini dengan harga yang murah untuk takaran 500ml dan 1L. Dijamin usaha es teh ini akan banyak diborong.

3. Sop Buah

Sop buah memang menjadi salah satu menu andalan untuk berbuka puasa di bulan Ramadhan. Karena penggemarnya yang sangat banyak, kamu bisa menjadikan sop buah semua menu jualan.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk jualan juga cukup mudah dan murah, yaitu berbagai buah-buahan, susu kental manis, dari sirup es segar.

Selain ide di atas, kamu bisa menemukan berbagai ide minuman untuk jualan bulan puasa disini: 23 Ide Jualan Minuman Bulan Puasa 2024 yang Enak, Dijamin Laris Manis!

4. Aneka Gorengan

Jajanan gorengan kerap menjadi santapan takjil di bulan puasa. Selain dapat dibuat dengan praktis dan mudah, banyak masyarakat juga yang membeli gorengan secara borongan. 

Sebab harganya yang murah dan bisa dinikmati bersama keluarga. 

Berbagai macam aneka gorengan tentunya dapat dikreasikan mulai dari gehu, tempe goreng, bala-bala atau bakwan, sukun goreng, pisang goreng, dan nanas goreng.

5. Martabak Mini 

Martabak merupakan salah satu makanan yang sedang populer di kalangan anak muda. Kamu dapat memulai usaha martabak mini karena bisa dijual dengan harga yang lebih murah.

Martabak tersebut bisa kamu isi dengan berbagai toping, mulai dari coklat, keju, kacang-kacangan dan banyak lagi. Ide bisnis makanan yang satu ini dijamin akan laris manis jika kamu coba.

Sebab, menyantap makanan manis seperti martabak ketika berbuka puasa menjadi favorit banyak orang.

Baca juga: 6 Ide Jualan Takjil Makanan Kekinian di Bulan Puasa.

6. Katering Menu Sahur dan Buka Puasa 

Menjalankan bisnis katering di bulan puasa juga cukup potensial lho. Kamu bisa targetkan kepada anak kos atau orang tua yang membutuhkan menu makanan praktis untuk sahur dan berbuka.

Apalagi untuk orang-orang yang tidak sempat memasak, maka katering dengan makanan rumahan dan harga terjangkau adalah solusi untuk mereka.

Kamu dapat menjual menu katering dengan ciri khas yaitu menyajikan makanan sehat dan aman untuk dikonsumsi di bulan puasa.

7. Frozen Food

Di bulan Ramadan tidak semua memiliki waktu yang cukup untuk menyiapkan makanan sahur dan berbuka puasa. 

Makanan frozen food menjadi alternatif teman makan nasi yang praktis dan bergizi. Untuk menjalankan bisnis ini, kamu memerlukan alat seperti cooler untuk menjaga kesegaran frozen food.

8. Kafe Bukber

Ide bisnis bulan puasa berikutnya yaitu dengan menjalankan kafe untuk buka puasa bersama atau biasa disebut bukber. Kamu pasti juga tahu bahwa bulan puasa akan ada banyak kegiatan bukber.

Nah, banyaknya acara buka bersama ini bisa kamu jadikan peluang bisnis. Kamu dapat menyajikan menu paket buka puasa dan berbagai fasilitas lainnya.

Ide Bisnis Bulan Puasa dan Lebaran 

bisnis bulan puasa
Sumber: canva.com

Selanjutnya, juga ada ide bisnis bulan puasa khususnya usaha produk yang dapat kamu coba. Selain laku di bulan puasa, ide berikut ini juga menjanjikan untuk dijual menjelang lebaran loh!

9. Peralatan Ibadah

Ide bisnis produk yang menjanjikan di bulan puasa salah satunya yaitu menjual peralatan ibadah. Apalagi, di bulan Ramadhan ini segala amal ibadah akan memperoleh pahala yang berlipat ganda.

Sehingga, banyak umat Muslim yang meningkatkan amal ibadahnya salah satunya dengan mempersiapkan peralatan ibadah yang lebih baik.

Nah, kamu dapat memanfaatkan momen ini untuk menjual berbagai peralatan ibadah, mulai dari mukena, sajadah, tasbih digital, Al-Quran dan banyak produk lainnya.

10. E-Book Muslim

Saat berpuasa kita tidak hanya sekedar menahan lapar dan dahaga saja, tetapi muslim dianjurkan untuk memperbanyak amalan ibadah. 

Selain ibadah wajib ada pula ibadah sunnah yang dapat memperkaya wawasan kita terhadap agama Islam yaitu dengan kegiatan membaca buku.

Tentunya berjualan e-book Muslim bisa menjadi peluang bisnis yang direkomendasikan sebab kamu hanya perlu memasarkannya lewat online saja.

11. Busana Muslim

Tidak dapat dipungkiri lagi menjelang Ramadan tren dan kebutuhan pasar akan busana muslim mulai naik daun kembali. Banyak yang ingin membeli busana muslim untuk hari lebaran. 

Sehingga, kamu bisa mempertimbangkan untuk menjual busana muslim yang kekinian.

Bagi kamu yang bingung mencari stok produk, tidak perlu khawatir karena Evermos sudah menyediakan segala kebutuhan muslim termasuk busana muslim sehari-harinya.

Kamu hanya perlu mendaftarkan diri dulu secara gratis kemudian langsung jual produk yang berada di aplikasi Evermos.

12. Jualan Kurma

Kurma adalah buah-buahan yang paling identik dengan musim Ramadan. Ketika berbuka puasa muslim disunnahkan untuk berbuka dengan yang manis-manis yaitu kurma. 

Memakan kurma juga disunnahkan oleh Rasulullah SAW ketika berbuka puasa dan dianjurkan untuk memakannya dengan bilangan ganjil.

Oleh karena itu, kamu dapat mulai untuk mencari stok kurma untuk dapat menjualkan kepada muslim lainnya.

13. Kue Lebaran

Produk kue lebaran juga bisa menjadi ide bisnis Ramadan yang menjanjikan. Kue lebaran tak pernaha absen di Hari Raya Idul Fitri sebagai makanan yang wajib ada di setiap rumah.

Namun tidak semua orang dapat membuat kue lebaran sehingga kebanyakan dari mereka juga lebih memilih untuk membeli kue lebaran melalui reseller.

Jika kamu tertarik memulai usaha kue lebaran, kamu dapat menemukan stok produk kue lebaran yang renyak dan nikmat di Evermos. Caranya, tinggal klik tombol di bawah ini!

14. Oleh-Oleh Khas Daerah

Saat lebaran masyarakat muslim sibuk untuk mengadakan perjalanan mudik ke kampung halamannya.

Tak lupa, mereka akan membeli oleh-oleh khas daerahnya untuk diberikan kepada saudara yang berada di kampung.

Bagi kamu yang bingung untuk berjualan apa ketika lebaran nanti, oleh-oleh khas daerah kamu bisa menjadi produk yang terbukti laris saat menjelang lebaran.

15. Produk Kesehatan

Ketika menjalankan puasa, maka kesehatan menjadi perhatian pertama agar lebih kuat berpuasa. Setiap muslim perlu menjaga tubuh tetap fit agar tidak lesu.

Saat berpuasa ada banyak penyakit yang dapat menghampiri seperti sariawan, GERD atau sakit lambung, sakit demam dan sebagainya.

Maka dari itu produk kesehatan cocok untuk kamu tawarkan kepada masyarakat.

16. Jualan Produk Make Up

Bisnis bulan puasa yang laris di kalangan wanita adalah jualan produk make up. Apalagi menjelang lebaran, banyak pada wanita yang ingin membeli berbagai produk make up baru.

Target pasar untuk produk make up biasanya mulai dari remaja hingga wanita dewasa yang berkegiatan di kantor.

Kamu tidak perlu khawatir untuk melakukan stok produk, sebab Evermos telah menyediakan berbagai brand lokal kualitas terbaik yang menjualkan make up dengan harga terjangkau.

17. Jualan Produk Skincare

Kegiatan merawat diri di bulan Ramadan juga kini mulai intensif, sebab bisa menjadi kegiatan yang luang sambil menunggu buka puasa.

Merawat diri juga sangat dianjurkan dan merupakan sunnah Nabi, sebabnya banyak pula yang mencari produk skincare bagi kalangan kaum wanita dan kaum pria.

Kaum pria juga tidak perlu khawatir untuk mencari produk-produk skincare, di Evermos sudah ada brand lokal Kahfi yang siap merawat kebutuhan kulit kamu.

18. Jualan Ketupat

Mendekati hari Lebaran para ibu rumah tangga kerap sibuk mempersiapkan ketupat untuk dimasak sampai ketika hari raya nanti.

Ketupat identik dengan Hari Raya Lebaran yang memiliki filosofi atau makna ngaku lepat dan laku papat atau artinya mengakui kesalahan atau empat tindakan.

Kamu perlu menyiapkan bahan baku seperti daun pohon kelapa untuk membuat ketupat serta sumber daya manusia agar dapat memproduksi ketupat lebih banyak.

Ide Bisnis yang Menguntungkan di Bulan Puasa

bisnis bulan puasa
Sumber: canva.com

19. Mainan Anak

Ide bisnis di bulan Ramadan berikutnya adalah menjajakan mainan anak-anak. Umumnya hari-hari berpuasa bagi anak-anak dimanfaatkan untuk bermain dengan teman-temannya.

Kamu bisa memanfaatkan momen ini sebagai peluang bisnis menjual mainan anak-anak. Pilihlah produk maianan yang sedang viral karena kebutuhan pasarnya lebih tinggi. 

20. Jualan Hijab

Busana muslim termasuk hijab menjadi barang yang laris dipasaran. Hingga saat ini hijab mengalami perkembangan dari segi model, motif, warna, corak yang tidak pernah ada matinya.

Kamu bisa menawarkan berbagai model dan warna hijab yang sedang tren dipasaran. Misalnya seperti bahan ceruty dan hijab malay yang dianggap lebih praktis dan nyaman dikenakan.

21. Mushaf atau Al-Quran

Sebagai muslim kita dianjurkan untuk memperbanyak amalan ibadah yakni dengan membaca Al-Quran serta menghayati artinya.

Pembelian mushaf juga menjadi produk yang laris dipasaran ketika menjelang bulan Ramadan.

Kamu bisa menawarkan rekomendasi mushaf yang travel friendly serta berkualitas baik dan tersedia di Evermos dengan harga terjangkau.

22. Reseller

Berbisnis berjualan produk milik orang lain juga bisa menjadi ide bisnis Ramadan yang patut coba.

Zaman kini banyak para pebisnis yang membutuhkan jasa reseller untuk meningkatkan omset jualan produknya.

Tips bagi kamu yang ingin memulai bisnis reseller yaitu memastikan bahwa produk yang hendak tawarkan dapat menjadi solusi atau kebutuhan bagi mereka.

Kamu bisa melalukan survei atau riset kecil-kecilan untuk mencari tahu seperti apa produk yang saat ini mereka sedang cari.

Untuk persoalan suplai produk, kamu bisa percayakan di Evermos. Saat ini lebih dari 700++ brand lokal berkualitas yang bekerjasama untuk mendistribusikan produk langsung kepada pelanggan.

23. Custom Amplop THR

Saat lebaran, memberikan THR kepada sesama keluarga sudah menjadi tradisi sebagian besar umat Muslim. Biasanya, uang THR ini dikemas dengan amplop yang menarik dan unik.

Nah, kamu bisa manfaatkan momen lebaran ini dengan menjual berbagai macam amplop unik. Selain itu, membuka usaha amplop custom sesuai request pembeli juga terdengar menjanjikan.

24. Peralatan Olahraga

Ketika berpuasa banyak orang yang sibuk mencari kegiatan untuk menepis rasa haus dan lapar. Berolahraga di tengah hari berpuasa menjadi hal yang menarik untuk dicoba.

Sebabnya banyak orang yang mencari peralatan olahraga untuk melaksanakan hobi mereka agar tetap fit dan bugar selama berpuasa.

Kamu bisa menawarkan beberapa peralatan olahraga mulai dari busana olahraga, sewa sepeda, lompat tali, matras olahraga dan sebagainya.

Ide Bisnis Jasa Bulan Puasa yang Menjanjikan

bisnis bulan puasa
Sumber: canva.com

25. Social Media Marketing

Saat Ramadan jasa social media marketing juga amat dibutuhkan oleh para pebisnis online saat Ramadan.

Social Media Marketing diperlukan bagi para marketeer yang ingin mempromosikan bisnis atau layanannya kepada masyarakat.

Bagi kamu yang memiliki keterampilan di bidang social media marketing seperti membuat copywriter, konten, ide-ide serta campaign yang menarik bisa menawarkan jasa tersebut kepada para pebisnis online.

26. Dropship

Pembelian produk kebutuhan sehari-hari semakin meningkat menjelang bulan Ramadan.

Saat ini banyak masyarakat yang gemar berbelanja secara online, nah peluang bisnis dropship ini amat menggiurkan sebab kamu bisa mengerjakannya tanpa modal sekalipun.

Kamu bisa bergabung melalui penyedia layanan dropship untuk menjadi dropshipper dan mulai menjualkan produk-produk kepada orang terdekat kamu.

Salah satu platform social commerce yang bisa menjadi rekomendasi usaha dropship dan reseller adalah Evermos.

Dapatkan omset hingga jutaan rupiah dan raih keuntungan hingga 35% per produknya.

27. Jasa Rental Kendaraan

Hari Raya Lebaran adalah hari yang paling ditunggu oleh mayoritas masyarakat Indonesia yang beragama muslim.

Sebab pada hari tersebut masyarakat sibuk untuk mempersiapkan perjalanan mudik menuju keluarga, saudara dan sahabat terdekatnya.

Bagi Anda yang memiliki kendaraan dapat mencoba untuk membuka jasa rental kendaraan kepada para keluarga. 

Anda bisa menyewakan kendaraan mobil atau motor dengan harga sewa per jam atau per harinya kepada pelanggan.

Tips Memulai Bisnis di Bulan Puasa 

Menjalankan bisnis di bulan puasa memang menjanjikan dan berpeluang memperoleh keuntungan besar. Namun, tentu juga perlu strategi bisnis yang tepat untuk menjalankannya.

Berikut ini adalah beberapa tips bisnis di bulan puasa agar laris manis:

  • Manfaatkan tren atau produk viral di bulan Ramadan.
  • Pahami kondisi pasar, mulai dari kebutuhan pasar hingga target pasar. 
  • Manfaatkan komoditi atau barang yang dimiliki untuk berjualan.
  • Manfaatkan keterampilan atau keahlian yang dimiliki untuk ditawarkan kepada pelanggan.
  • Manfaatkan stok produk di katalog Evermos untuk siap dijual kepada orang-orang terdekat.
  • Membuat ide atau inovasi dari bisnis yang sudah ada.

Cara Mulai Bisnis Tanpa Modal di Bulan Puasa

Mau punya penghasilan tambahan tanpa modal di bulan puasa yang mudah dan menguntungkan? Yuk gabung menjadi reseller produk di Evermos sekarang juga!

Kamu dapat berikhtiar bersama Evermos hanya dalam satu aplikasi saja. Akan ada banyak penawaran dan promo yang kamu dapatkan secara cuma-cuma.

Berikut ini keuntungan yang akan kamu peroleh sebagai reseller Evermos:

  • Punya toko online sendiri cuma modal HP,
  • Jualan 80.000++ produk lokal berkualitas
  • Akses E-Katalog tanpa batas
  • Belajar bisnis dipandu trainer professional
  • Gratis Ongkir*
  • Packing dan pengiriman semua dari Evermos yang bantu,
  • Bisa banget Jastip (Jasa Titip) untuk teman terdekat
  • Kesempatan Umroh* tanpa diundi

*Syarat dan Ketentuan berlaku

Tertarik untuk mencobanya? Dapatkan akses ke seluruh produk dan siap jual sekarang juga dengan klik tombol di bawah berikut.

Demikian artikel pembahasan ide bisnis bulan puasa yang menarik dan pastinya menguntungkan yang bisa kamu coba.

Baca juga artikel menarik, informatif dan terbaru lainnya di Blog Evermos.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)