5 Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Benar, Resign dengan Profesional!

Contoh surat pengunduran diri kerja bisa menjadi sumber referensi bagi kamu yang hendak berencana resign. Sudahkah kamu berpikir dengan matang dan menimbangnya dengan baik?

Ketika bekerja di perusahaan impian, ada kalanya apa yang telah kamu upayakan tidak selalu berjalan mulus. Kadang tekanan dan hambatan atau satu lain hal membuat diri berhenti mengharapkan impian yang belum tercapai.

Meski begitu, perusahaan juga memperbolehkan karyawan yang hendak mengundurkan diri berikut dengan alasannya. Namun, setiap perusahaan atau instansi memiliki aturan yang berbeda-beda terkait ketentuan pengunduran diri.

Jika kamu beranggapan rasanya sudah tidak mungkin untuk meneruskan pekerjaan lagi, kamu perlu contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar sebagai referensi.

Baca juga: Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Pabrik

Tujuan Surat Pengunduran Diri Kerja 

Contoh Surat Pengunduran Diri
Sumber: pexels.com

Sama halnya ketika kamu melamar pekerjaan akan membutuhkan surat lamaran kerja, walau perusahaan sudah mengetahui niat itu, namun surat lamaran digunakan sebagai bentuk resmi kamu mengajukan diri untuk bergabung.

Adapun tujuan dari pembuatan surat pengunduran diri menjadi penting dalam dunia kerja karena ada alasan tersendiri, terutama sebagai penanda seorang karyawan ingin berhenti bekerja di suatu perusahaan tempat ia bekerja. 

Berikut beberapa tujuan surat resign kerja yang perlu kamu pahami. 

1. Agar Dinilai Profesional 

Tujuan membuat surat pengunduran diri dibuat berdasarkan asas atau nilai adab, kesopanan, dan juga sesuai dengan aturan pekerjaan.

Inilah yang menjadi ketentuan dalam perusahaan untuk memberlakukan surat pengunduran diri bagi mereka yang ingin resign.

Selain alasan formalitas, perusahaan akan menilai kamu sebagai orang yang taat aturan dan mempunyai nilai adab, kesopanan dan tata krama.

Ketimbang memilih mengundurkan diri secara diam-diam dan menimbulkan nilai atau citra buruk pada diri sendiri.

2. Perusahaan Dapat Mencari Pengganti Posisi yang Ditinggalkan

Kemudian tujuan lainnya adalah perusahaan dapat mencari pengganti atau kandidat baru untuk mengisi kekosongan posisi yang kamu tinggalkan dalam kantor tersebut.

Berdasarkan aturan dalam perusahaan, jika kamu ingin mengundurkan bulan Juni 2023, maka kamu harus terlebih dulu membuat surat pengunduran diri pada bulan Mei 2023.

Ini adalah waktu dimana perusahaan memiliki waktu dalam mencari pengganti atau kandidat baru yang dapat mengisi posisi kamu selanjutnya.

3. Penting untuk Diperhatikan Dalam Membuat Surat Resign Kerja

Agar perusahaan dapat menerima itikad baik kamu yang akan mengundurkan diri dari perusahaan, maka kamu perlu membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar.

Karena, meski kedepannya kamu akan berpisah maka harapannya kamu bisa tetap menjaga hubungan baik dengan perusahaan demi nama baik dan koneksi dalam dunia kerja.

Oleh karena itu, kamu punya panduan dengan contoh surat pengunduran diri berikut agar dapat  perusahaan dapat menerimanya dengan baik.

4. Nama Kota dan Tanggal

Langkah pertama dalam penulisan surat pengunduran diri adalah mencantumkan nama kota tempat kamu tinggal. Tak lupa dengan membubuhi tanggal pembuatan surat pengunduran diri.

Tuliskan kedua unsur tersebut pada bagian pojok kanan atas dengan huruf kapital pada nama kota dan pisahkan dengan tanda koma.

5. Salam Pembuka yang Sopan

Berikan salam pembuka yang sopan dan resmi, sehingga tulisan surat pengunduran diri yang kamu tulis bersifat formal dan menghargai perusahaan. 

6. Alasan Tujuan Pengunduran yang Logis

Selanjutnya pada bagian tubuh surat, tulislah alasan pengunduran diri dari tempat kamu bekerja.

Tulislah dengan alasan pengunduran diri yang jelas dan logis terutama jika kamu memiliki latar belakang yang kuat.

Banyak contoh pegawai yang tidak memberikan alasan logis untuk mengundurkan diri sehingga membuat perusahaan keberatan dengan pengajuan surat pengunduran diri.

7. Menuliskan Tanggal Pengunduran Diri

Dalam format penulisan surat pengunduran diri, jelaskan secara terang kapan kamu akan mengundurkan diri dengan format yang lengkap.

Format tersebut terdiri dari tanggal, bulan, dan juga tahun. 

Perusahaan akan mengetahui kapan tepatnya kamu resmi untuk mengundurkan diri.

8. Berikan Identitas Diri

Kemudian unsur yang harus ada dalam contoh surat resign kerja yaitu cantumkan nama, alamat, dan jabatan yang wajib dicantumkan.

Identitas diri berfungsi sebagai data perusahaan dan informasi yang lebih mendetail.

9. Sampaikan Rasa Terimakasih

Setelah menyampaikan maksud dalam contoh surat pengunduran diri kerja lalu tuliskan ucapan terima kasih dengan tujuan menghormati perusahaan tempat kamu bekerja.

Berikan kesan dan pengalaman dengan rasa terima kasih tersebut selama bekerja menjadi bagian dari perusahaan tersebut.

10. Ucapkan Permintaan Maaf

Unsur berikutnya dalam contoh surat pengunduran diri kerja adalah menuliskan permohonan maaf.

Siapapun pasti membuat kesalahan ketika bekerja, maka dari itu sampaikanlah permohonan maaf selama kamu bekerja. 

11. Akhiri dengan Menulis Nama dan Tanda Tangan

Sebagai penutup dari contoh surat pengunduran diri bubuhkan nama dan tanda tangan.

Dengan demikian, perusahaan akan menganggap pengajuan resign atau pengunduran diri sebagai karyawan yang kamu tulis melalui surat tersebut benar adanya tanpa ada paksaan dari pihak manapun. 

Setelahnya, kamu bisa menyiapkan amplop untuk membungkus contoh surat pengunduran diri kerja tersebut.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja 

Berikut ini beberapa contoh surat resign atau pengunduran diri kerja beserta format dan draft yang bisa kamu unduh.

1. Contoh Surat Resign Kerja untuk Karyawan

contoh surat pengunduran diri

LINK DOWNLOAD

2. Contoh Format Surat Resign/Pengunduran Diri Kerja 

contoh surat pengunduran diri

LINK DOWNLOAD

3. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja 

Bandung, 1 April 2022 

Kepada Yth. 

Pimpinan PT……….. 

di Jakarta 

Yang bertanda tangan di bawah ini: 

Nama : 

Alamat :

 Jabatan : 

Nomor ID : 

Melalui surat ini, saya mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri dari jabatan ………. di perusahaan………. Terhitung pada tanggal 1 November 2021 bersama dengan karena kontrak yang telah berakhir. 

Dengan rasa syukur yang sebesar-besarnya saya ucapkan berterima kasih kepada Bapak/Ibu karena sudah memberikan saya kesempatan untuk bekerja, belajar, dan berkembang di perusahaan …………. selama 4 tahun. 

Selain itu, saya juga ingin ucapkan banyak terima kasih pada rekan-rekan kerja karena telah banyak kerjasama untuk mencapai target perusahaan. Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya karena memutuskan untuk tidak lagi menjadi bagian dari perusahaan Sinar Mulia. Tidak lupa saya ucapkan mohon maaf atas segala kesalahan yang mungkin sempat saya lakukan dan meninggalkan kesan buruk di hati Bapak/Ibu selama bekerja di PT………..

 Demikian surat ini saya buat dan serahkan dengan sebenar-benarnya tanpa paksaan orang lain, semoga dapat di terima oleh Bapak/Ibu.

 Hormat saya, 

tanda tangan (Nama lengkap)

 

LINK DOWNLOAD

4. Contoh Surat Resign yang Benar  

Bandung, 1 Mei 2022

Kepada Yth. 

Pimpinan PT. XXXXX

Jakarta

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: …….

Alamat: …………

Jabatan: ………

Nomor ID: ……….

Dengan adanya surat ini, saya bertujuan untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan di perusahaan Bapak/Ibu terhitung pada tanggal _ /_ /_ karena kontrak yang sudah berakhir.

Sebelumnya saya mengucapkan banyak rasa terima kasih sebesar-besarnya karena Bapak/Ibu sudah memberikan kesempatan bagi saya untuk belajar dan bekerja dengan profesional. Saya juga mengucapkan terima kasih atas bimbingan yang selama ini telah di berikan baik secara tidak langsung ataupun secara langsung. Tidak lupa, saya juga ingin mengucapkan rasa terima kasih pada rekan-rekan kerja yang sudah berjuang bersama dalam mencapai target perusahaan.

Saya memohon maaf sebesar-besarnya karena tidak lagi menjadi bagian dalam perusahaan Bapak/Ibu. Saya juga mohon maaf bila selama ini saya melakukan kesalahan secara sengaja atau tidak sengaja. Semoga perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin dapat semakin berkembang lagi.

Demikian surat pengunduran diri kerja ini saya buat dengan penuh kesadaran serta atas keinginan sendiri dan tanpa ada paksaan dari siapa pun.

Hormat saya,

(…………………)

LINK DOWNLOAD

5. Contoh Surat Resign Simple Namun Tetap Profesional

Kepada Yth., [Atasan Anda / Manajer HR] [Nama Perusahaan] [Alamat Perusahaan]

Subjek: Surat Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Saya ingin menginformasikan niat saya untuk mengundurkan diri dari posisi [jabatan Anda] di [nama perusahaan], efektif mulai [tanggal pengunduran diri Anda, biasanya dua minggu setelah tanggal surat ini].

Keputusan ini saya buat setelah mempertimbangkan banyak faktor. Meski saya merasa berat untuk meninggalkan tim dan pekerjaan yang telah memberikan banyak pengalaman berharga, namun saya percaya ini adalah keputusan yang tepat untuk perkembangan karir saya selanjutnya.

Selama masa transisi, saya akan melakukan yang terbaik untuk menyelesaikan semua tugas dan tanggung jawab saya. Adapun saya juga siap membantu dalam proses penyerahan pekerjaan kepada rekan kerja atau pengganti saya nanti.

Selain itu, saya ingin mengucapkan terima kasih atas semua peluang dan pengalaman yang telah diberikan selama saya bekerja di [nama perusahaan]. Saya sangat menghargai dukungan dan bimbingan yang telah diberikan selama ini.

Semoga [nama perusahaan] terus sukses di masa depan.

Hormat saya,

[Nama Anda] [Nomor Karyawan, jika ada] [Email Anda] [No Telepon Anda]

Demikian contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan benar. Setelahnya, ingat untuk mencari pekerjaan pengganti sehingga kamu tidak kesulitan untuk berikhtiar.

Iringi dengan berdoa untuk kerja, semoga apa yang kita inginkan dapat tercapai. Sebarkan juga kepada orang-orang terdekat yang membutuhkan informasi berikut.

Lagi cari bisnis online hanya dengan modal HP saja? Yuk bergabung ke Evermos disini.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)