3 Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Pabrik Lengkap Cara Menulisnya

ya Sobat Evermos yang sedang ingin mencari referensi contoh surat pengunduran diri karyawan , dapat mencoba referensinya dalam artikel berikut. Yuk, intip lengkapnya dengan membaca artikel berikut sampai habis.

Istilah resign atau mengundurkan diri adalah suatu keadaan dimana seseorang mengambil keputusan untuk mengakhiri kontrak kerjaan secara sengaja.

Demikian keputusan yang seseorang lakukan tersebut memiliki alasan tertentu, misalnya karena permasalahan gaji yang tidak mencukupi, tidak adanya jenjang karir, sampai-sampai lingkungan kerja yang toxic atau terasa negatif.

Sebetulnya masih terdapat banyak alasan yang membuat seseorang memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan yang mereka lakoni.

Jika Anda termasuk salah satu bagian dari karyawan yang ingin mengundurkan diri dari pekerjaan, dapat melihat beberapa referensi contoh surat pengunduran diri karyawan pabrik berikut ini.

Baca Juga : Contoh Surat Pengunduran Diri

Alasan Seseorang Mengundurkan Diri Dari Pekerjaannya

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Pabrik
Sumber: pexels.com

Sebelum masuk ke pembahasan contoh surat pengunduran diri kerja, berikut adalah beberapa alasan seorang karyawan ingin berhenti bekerja dari perusahaan tempatnya bekerja.

Melihat dari sudut pandang seorang karyawan di bawah ini adalah beberapa alasan mereka mengundurkan diri dari pekerjaannya. 

  • Gaji Tidak Sesuai Harapan

Tujuan seseorang untuk bekerja yaitu untuk mendapatkan nafkah yang dapat mencukupi berbagai kebutuhan.

Maka, seseorang yang terlibat kontrak dengan pekerjaan mau tidak mau menyelesaikan tugas dan beban kerja yang terkadang tidak sesuai dengan gaji yang mereka harapkan.

Mungkin Anda juga sudah mencoba untuk bernegosiasi kepada operasional perusahaan, agar bisa mendapatkan kesejahteraan dengan layak. 

Namun, tetap saja Anda tidak bisa mendapatkan hak dengan layak terkait gaji dan akhirnya memilih mundur dari perusahaan.

  • Mau Mengubah Karir atau Switching Career

Ketika pekerjaan yang Anda saat ini lakukan terasa begitu jenuh, mungkin sedang merasakan tidak cocok dengan pekerjaan yang Anda lakoni.

Sebab bagi sebagian karyawan, kecocokan dan minat terhadap karir begitu membawa pengaruh yang besar bagi pekerjaan.

Sebelum mengajukan surat permohonan mengundurkan diri kepada perusahaan, sebaiknya ambil waktu sejenak untuk memikirkannya kembali.

Anda juga dapat berdiskusi dengan operasional perusahaan seperti HRD atau atasan, apabila saat ini ada divisi yang Anda inginkan dan berkesempatan untuk pindah ke divisi tersebut.

Jika tidak ada peru22bahan dalam perusahaan, dan dirasa sudah mentok, alasan untuk mengubah karir juga bisa jadi jawaban tepat untuk keluar dari tempat kerja.

  • Dapat Penawaran yang Lebih Baik

Alasan seseorang mengundurkan diri berikutnya adalah sudah mendapatkan tawaran pekerjaan yang lebih baik.

Ini merupakan alasan yang umum bagi seseorang untuk tidak melanjutkan pekerjaan di perusahaan lamanya.

Hal tersebut juga bisa terjadi bahkan sewaktu Anda sedang bekerja di perusahaan tersebut dengan penawaran yang lebih menguntungkan.

Misalnya dari segi gaji lebih besar, pekerjaan yang nyaman, jenjang karir yang jelas, benefit dan fasilitas lainnya.

Jika sudah begitu pastinya Anda harus menimbang salah satu perusahaan yang layak untuk Anda tempati.

Bisa saja perusahaan juga memberikan penawaran yang lebih baik setelah Anda memutuskan untuk pindah bekerja, semua keputusan kembali kepada Anda.

Baca Juga : Contoh Surat Lamaran Kerja di PT

  • Lingkungan Kerja yang Tidak Sehat

Pengaruh lingkungan terhadap kinerja seseorang tentu berperan besar. Sebab, kegiatan bekerja adalah rutinitas harian yang perlu suasana dan kondisi yang nyaman.

Apabila dalam tempat kerja justru Anda merasa tidak dihargai, dibebani, mendapatkan perlakuan tidak adil atau jam kerja terlalu panjang dan sistem yang tidak sesuai dengan Anda maka bisa menjadi salah satu alasan mengundurkan diri yang tepat.

Ada kondisi dimana ketika Anda memaksakan diri untuk bekerja di lingkungan yang toxic justru bisa mengganggu kesehatan mental sampai kesehatan fisik.

Format Surat Pengunduran Diri yang Tepat dan Benar

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Pabrik
Sumber: pexels.com

Sebelum memberikan surat pengunduran diri karyawan pabrik buatlah surat pengunduran diri yang benar untuk Anda berikan kepada manajer HRD untuk disampaikan kepada atasan dan direktur.

Secara garis besar inilah format penulisan surat pengunduran diri yang benar.

  • Isi Kota dan Tanggal

Pada bagian kop surat, berikan keterangan jelas mengenai kota Anda menuliskan surat tersebut. 

Kemudian tulis juga waktu terdiri dari tanggal bulan dan tahun surat tersebut dibuat.

  • Keterangan Kepada Siapa Surat Dituju

Pada bagian atas sebelah kiri tulislah kepada siapa surat tersebut Anda tuju.

Anda bisa memberikan surat tersebut kepada atasan, HRD, direktur atau manajer perusahaan sesuai ketentuan yang berlaku di pabrik.

  • Serta Salam Pembuka

Dalam isi surat resmi mengundurkan diri salam pembuka adalah hal yang pokok dan harus ada.

Dengan menyertakan salam pembuka penulis sudah menunjukkan rasa hormat terhadap penerima surat.

  • Menulis Isi Surat dengan Tujuan Pengunduran Diri

Inilah bagian yang terpenting dalam contoh surat pengunduran diri karyawan pabrik maka penulis harus dapat menjelaskan niat dan maksud menuliskan surat tersebut.

Tulislah isi surat pengunduran diri dengan bahasa yang sopan, singkat tidak bertele-tele, jelas, dan relevan dengan kondisi yang sesungguhnya.

Untuk menuliskan isi surat Anda bisa melihat contoh surat pengunduran diri karyawan pabrik di bawah ini dengan tepat.

Sebab menulis surat dengan benar dan tepat akan menunjukkan sikap profesionalitas Anda.

  • Tulis Ucapan Maaf, Terimakasih dan Harapan di Penutup Surat

Dalam bagian penutup surat dimana biasanya terdapat ungkapan rasa terima kasih selama ini atas ketersediaan perusahaan bekerjasama dengan Anda.

Lalu permohonan maaf kepada perusahaan karena melakukan kesalahan yang sengaja baik tidak disengaja yang Anda lakukan selama bekerja.

Terakhir sebagai pamungkas, bisa Anda sampaikan juga harapan baik kepada perusahaan dan bagaimana kedepannya dapat terjalin komunikasi dengan baik.

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Pabrik

Berikut ini adalah contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar:

 SURAT PERNYATAAN PENGUNDURAN DIRI

….…….., ……………….

Kepada Yth,

Manajer/HRD

PT………………………….

Jalan …………………………..

….……………..

Indonesia

 

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya …………………………………. bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. ………………………… sebagai karyawan, terhitung sejak tanggal …………………………

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. ……………………… Selain itu saya juga sampaikan permohonan maaf kepada seluruh jajaran direksi dan karyawan PT. ………………………….jika terdapat kesalahan yang telah saya lakukan solama bekerja.

Saya berharap selalu, PT…………….. dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik.

Hormat Saya,

….……………………..

Atau Anda bisa melakukan download file untuk pengisian disini.

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Pabrik Posisi Staff

Inilah contoh surat pengunduran diri yang bisa di edit:

Bandung, 30 November 2022

Kepada Yth. 

Manager HRD PT Pasti Bisa

Jl. Pahlawan  No. 34, Bandung

 

Dengan hormat,

Saya, Nina selaku staf supply chain bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT Pasti Bisa per 1 Desember 2022, karena ingin fokus melanjutkan pendidikan S2 saya.

Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan dan pengalaman kerja yang telah diberikan selama 3 tahun ini. Mohon maaf apabila selama bekerja, saya melakukan kesalahan yang mungkin merugikan perusahaan.

Demikian surat ini saya tulis tanpa paksaan dari pihak manapun. Semoga PT Pasti Bisa semakin maju dan sukses selalu.

Hormat saya,

Nina Khairunnisa

Untuk memudahkan Anda dalam melakukan pengisian, Anda dapat mengunduh file disini.

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Pabrik Bagian Operasional

Berikut adalah contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan sopan:

Bandung, 28 November 2022

 

Kepada Yth

Kepala PT. Damai Sentosa

di Jln. Rajawali Barat, Bandung

Jawa Barat

 

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya selaku karyawan PT. Damai Sentosa berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai karyawan dan undang-undang kerja, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini;

 

Nama : Rizky Aditya

Departemen : Produksi

Jabatan : Operator Produksi

 

Bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Damai Sentosa karena ingin fokus melanjutkan usaha keluarga. Surat ini saya buat sesuai dengan prosedur perusahaan. 

Saya berharap pihak perusahaan mengerti dan menerima permohonan pengunduran diri saya. Serta dapat memberikan hak-hak selaku karyawan yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran. Terima kasih atas perhatian dan dukungannya selama ini.

Hormat Saya,

Rizky Aditya

Nah, itu tadi contoh surat pengunduran diri dari perusahaan, Anda juga bisa membuat contoh surat pengunduran diri dari organisasi dengan mengganti hal yang perlu diganti saja.

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan 

Jakarta, 20 Februari 2022

Kepada Yth,

Kepala PT Angin Ribut

Di Boulevard, Bekasi

 

Dengan Hormat,

Nama : Ardi Raharja

Departemen : Sales

Jabatan : Sales Canvasing

No Induk Karyawan : 1234567

Dengan surat ini, saya yang merupakan salah seorang karyawan PT Angin Ribut, ingin mengajukan pengunduran diri dengan alasan ingin lebih fokus pada keluarga .

Adapun surat ini dibuat berdasarkan dengan ketentuan yang tertulis pada surat kesepakatan kerja bersama, yang terkait dengan karyawan maupun perusahaan. Tanpa ada tendensi negatif atau juga dari pihak lainnya.

Demikianlah surat permohonan pengunduran ini saya yang dibuat dengan penuh kesadaran tanpa adanya paksaan dari pihak manapun

Hormat Saya,

Ardi Raharja

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi

Jakarta, 17 Agustus 2023

Yth.
Bapak/Ibu
Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa
Universitas Kita
Di tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini

Nama: Dena Dwi Anjani

Jabatan: Ketua Koordinator BEM Fakultas Bahasa dan Budaya  Universitas Kita

Bersama surat ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari posisi sebagai Ketua Koordinator BEM Fakultas XXXX periode 2023 – 2024.

Adapun yang menjadi pertimbangan saya antara lain:

1.Kendala komunikasi di tingkat internal organisasi yang tidak dapat diatasi
2.Kesulitan melakukan koordinasi dengan pihak internal dan eksternal antar BEM fakultas
3.Kesibukan pribadi dalam menjalankan amanah sebagai ketua koordinator

Pada kesempatan ini, saya turut mengucapkan terima kasih atas amanah kepercayaan yang telah diberikan, sehingga saya bisa memberikan kontribusi selama menjabat sebagai Ketua Koordinator BEM Fakultas Bahasa dan Budaya

Saya memohon maaf apabila banyak melakukan kesalahan selama menjalankan kerja sebagai ketua. Saya pribadi juga memohon maaf atas ucapan tindakan yang kurang berkenan.

Semoga BEM Fakultas XXXX segera mendapatkan ketua koordinator yang lebih baik dan mampu mengemban amanah dari para anggota, sehingga potensi dan prestasi di lingkungan BEM Fakultas Bahasa dan Budaya dapat terus tersalurkan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat atas kehendak sendiri dan tanpa paksaan dari pihak mana pun.

Jakarta, 17 Agustus 2023
Hormat saya,
(Dena Dwi Anjani)

 

Atau Anda juga bisa melakukan unduh dokumen dengan klik disini.

Anda juga bisa melihat contoh pembuatan surat pengunduran diri dari pekerjaan yang benar di bawah ini:

Itulah beberapa contoh surat pengunduran diri karyawan pabrik sebagai referensi yang tepat untuk Anda.

Jika artikel Blog Evermos berikut bermanfaat, sebarkan link artikel ini kepada orang terdekat Anda yang membutuhkannya.

Mau coba penghasilan tambahan yang mudah, tanpa modal dan tanpa perlu repot stok produk di rumah? Evermos bisa menjadi aplikasi jualan online dan solusi penghasilan tambahan Anda.

Daftar di bawah ini secara GRATIS sekarang juga dan dapatkan komisi penghasilan hingga 35% per produknya.

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)