8 Cara Mengatasi Usaha Sepi Menurut Islam Menurut Al-Quran

Apakah Anda sedang kebingungan karena usaha sedang sepi? Tenang jangan khawatir, mari pahami penyebab dan cara mengatasi usaha sepi menurut Islam di artikel ini, yuk! 😁

Sebagai pelaku usaha, mungkin Anda sudah tidak asing dengan pengalaman usaha yang tiba-tiba sepi. Anda merasa bingung dan tidak tahu apa yang salah dari usaha yang Anda jalankan ini.

Sebelum dapat menjawab pertanyaan tersebut, sebagai Muslim Anda harus memahami dulu bahwasanya semua hal adalah ketetapan dari Allah Ta’ala. 

Akan tetapi, sebagai hamba Allah yang menjalankan usaha tersebut, Anda juga perlu mengetahui secara pasti apakah Anda sudah menjalankan usaha sesuai hukum dan syariat Islam. 

Sehingga hal ini akan kembali mengarahkan Anda kepada pembahasan usaha yang sepi menurut Islam. Untuk itu, mari pahami beberapa penyebab dan cara mengatasinya menurut Islam.

Baca juga: Jenis Jenis Usaha yang Paling Dianjurkan dalam Agama Islam. 

Kenapa Usaha Sepi Menurut Islam? 

Sumber : Pexels.com

Jika melihat dari sudut pandang Islam, jualan sepi menurut Islam kemungkinan karena ikhtiar yang belum maksimal yang di tentukan oleh beberapa faktor, misalnya dari pasarnya yang mulai turun. Sehingga, itulah kenapa tempat jualan tiba-tiba sepi.

Namun, usaha juga butuh ikhtiar jalur langit dari doa dan ibadah, bisa saja karena kurang di berkahi oleh Allah SWT.

Meski demikian jangan sampai kita berprasangka buruk dengan Allah. Tetap usahakan yang terbaik, hindari perbuatan curang dan tetap berdoa dan jaga ibadah secara maksimal.



Baca juga: Mustajab! Bacalah 4 Doa agar Warung Ramai Pembeli!

Cara Mengatasi Usaha Sepi Menurut Islam 

1. Bersabar Terhadap Situasi

Usaha sepi menurut islam
Sumber: unsplash.com

Cara melariskan dagangan yang sepi diawali dengan sikap sabar ketika menghadapi situasi memang tidak setiap orang mudah untuk melakukannya. Tetapi, jika kita mau memahami bahwa setiap kondisi yang hadir di hadapan merupakan ujian dan cobaan yang Allah berikan.

Dalam Ilmu Tauhid, Allah sebagai Dzat yang Maha Pengatur segala urusan tak terkecuali bagi seluruh makhluk yang Dia ciptakan.

Sikap sabar akan membuahkan kita kepada pikiran yang lebih positif serta optimis kemudian pada akhirnya kita akan berupaya lebih baik lagi dari bersabar.

Berikut ini yang merupakan contoh usaha ekstraktif, baca disini: Macam-Macam Usaha Ekstraktif yang Berpotensial di Indonesia.

2. Mendekatkan Diri Kepada Allah

Usaha sepi menurut islam
Sumber: unsplash.com

Coba cek kembali bagaimana upaya yang kita lakukan terhadap mengatasi permasalahan jualan sepi menurut Islam.

Sudahkah kita mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala sesuai kehendak-Nya agar usaha yang dijalani membawa keberkahan?

Dengan sholat fardhu tepat waktu kemudian selepasnya berdoa dan dzikir penuh khusyuk mengharapkan Allah membukakan pintu rezeki seluas-luasnya.

3. Hindari Hal yang Bersifat Musyrik

Usaha sepi menurut islam
Sumber: unsplash.com

Bagi orang yang menggunakan penglaris mengharapkan dapat mempercepat masuknya penghasilan secara instan.

Itu bisa saja terjadi, namun kita tidak mengetahui apa mudharat yang besar dibalik melakukan hal yang Allah Ta’ala larang kepada muslim.

Terlebih jika penglaris tersebut didatangkan dari dunia perdukunan tentu hal tersebut sangat dilarang sebab tidak sesuai dengan syariat Islam.

Maka dari itu, hindarilah agar tidak terkena dampak negatif bagi diri dan sekitarnya karena meski dagangan semakin lancar namun rezeki tidak akan berkah.

4. Ikhtiar dengan Strategi Marketing Baru

Usaha sepi menurut islam
Sumber: unsplash.com

Sebagai agama yang mengatur segala aturan kehidupan Islam memberikan keyakinan kepada orang mukmin dan muslim untuk berikhtiar.

Ikhtiar atau berupaya adalah hal yang dapat mengubah keadaan atau suatu takdir yang sedang terjadi.

Bahwasanya, Allah juga menjelaskan dalam Al-Quran bagi orang-orang yang mau mengubah keadaannya tidak hanya berdiam diri namun berupaya.

Surah Ar-Rad ayat 11:

…اِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ

Artinya :”…Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.”

Berikut ini yang merupakan contoh usaha ekstraktif, jangan sampai terlewat!

Mengatasi Usaha Sepi Agar Membaik Menurut Islam

5. Berprasangka Baik

Usaha sepi menurut islam
Sumber: unsplash.com

Mengalami usaha sedang sepi akan membuka peluang diri kita untuk berpandangan husnudzon atau berprasangka baik.

Berprasangka baik merupakan mindset juga modal utama yang harus seorang pengusaha miliki dalam rangka mencapai kesuksesan.

Bagi orang yang berprasangka baik serta berpikiran positif ini akan membangun kepercayaan diri dan bangkit dari keadaan yang sedang terjadi.

Menanamkan mindset tidak menyerah dan melakukan usaha yang terbaik akan mendatangkan rezeki yang tidak disangka-sangka.

6. Terbuka dengan Peluang yang Ada

Usaha sepi menurut islam
Sumber: unsplash.com

Ketika sudah melakukan upaya terbaik dengan berdoa, mengubah strategi, dan pantang menyerah masih belum membuahkan hasil, cobalah cari peluang lain.

Mengatasi usaha sepi menurut Islam adalah buah dari pepatah ‘banyak jalan menuju roma’ atau banyak jalan terbuka lebar untuk sukses.

Misalnya, ketika usaha sedang sepi-sepinya karena kita melakukan marketing kepada orang sekitar kita belum ampuh, cobalah untuk marketing dengan jangkauan lebih luas lagi.

Saat promosi secara offline atau plan A belum mendatangkan hasil signifikan, cobalah berinovasi dengan plan B dengan promosi secara online.

7. Tidak Terlalu Menyesali

Usaha sepi menurut islam
Sumber: unsplash.com

Harta dan kekayaan adalah rezeki yang Allah titipkan kepada kita.  Hendaknya kita mensyukuri keadaan yang sedang Allah berikan agar menjadikan bahan evaluasi atau perbaikan bagi kita.

Miliki mindset bahwa apapun yang terjadi merupakan kehendak Allah Ta’ala dan dalam setiap permasalah pasti ada jalan keluarnya.

Allah telah berfirman sebagai berikut,

فَاِنَّ مَعَ الۡعُسۡرِ يُسۡرًا

“Fa inna ma’al usri yusra.”

Artinya : “Maka sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan,”

Allah juga menjanjikan kepada hamba-Nya bahwa dalam setiap masalah maka carilah Dia untuk meminta pertolongan sebab semua selalu ada jalan keluarnya.

8. Tetap Bersyukur

Usaha sepi menurut islam
Sumber: unsplash.com

Pasti ada hikmah usaha sepi dalam Islam. Mengatasi usaha sepi menurut Islam selayaknya berpatokan kepada petunjuk muslim yakni kitab Al-Quran.

Meski keadaan sedang terasa memberatkan hati dengan memiliki mindset bersyukur kita akan menghindari pemikiran yang semakin overthinking. Berikut firman Allah Ta’ala kepada hamba-Nya yang mau bersyukur terhadap nikmat yang Dia berikan.

Surah Ibrahim Ayat 7:

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

Artinya: “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.”

Ketetapan yang Allah berikan kepada hamba-Nya merupakan janji yang benar.

Anda juga bisa membaca doa agar usaha lancar berikut ini:

Demikian mengenai artikel atasi usaha sepi dalam Islam yang dapat Admin sajikan. Sebarkan juga informasi kepada keluarga, kerabat dan orang-orang terdekat Anda agar lebih bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik dan informatif lainnya kunjungi Blog Evermos.

Peluang Berbisnis Tanpa Modal di Evermos 

Sekarang banyak orang yang ingin memulai bisnis, tapi sayangnya terhalang oleh modal yang tidak cukup atau bahkan tidak punya sama sekali. 

Tapi tenang, sekarang berbisnis bisa dilakukan meski tanpa modal sekalipun dengan bergabung menjadi Reseller Evermos. Ada banyak keuntungan dengan menjadi reseller di Evermos.

Mulai dari anak-anak, pelajar, ibu rumah tangga atau bahkan karyawan yang ingin punya bisnis sendiri juga bisa melakukannya.  Tunggu apalagi? Yuk langsung daftar jadi reseller Evermos di bawah ini.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)