Tanggal 12 September Memperingati Hari Apa? Bersejarah hingga Berdarah!

Tanggal 12 September memperingati hari apa – Setelah Anda mengetahui peristiwa yang terjadi pada 6 September di belahan dunia, apakah Anda mengetahui bahwa tanggal 12 September memperingati hari apa?

Jika belum, simak artikel berikut ini karena ternyata banyak peristiwa yang terjadi pada tanggal tersebut di masa lampau.

Tentu saja peristiwa-peristiwa tersebut terkenang dan beberapa masih ada yang eksis sampai sekarang.

Apa saja yang terjadi pada 12 September? Berikut ini penjelasannya.

Tanggal 12 September Memperingati Hari Apa? Simak Peristiwa Penting Berikut Ini

Ada beberapa kejadian yang terjadi pada tanggal ini, mulai dari yang bersejarah hingga peristiwa berdarah. Apa saja? Berikut ini adalah peristiwa yang terjadi pada 12 September:

1. Persis (Persatuan Islam) Lahir di Bandung

Tanggal 12 September Memperingati Hari Apa
Sumber: google.com/bersosial

Pada tanggal 12 September 1923 salah satu organisasi Islam di Indonesia, yakni Persis didirikan di Bandung.

Pendirinya adalah sekelompok Islam yang berminat dalam dunia pendidikan dan aktivitas keagamaan, saat itu dipimpin oleh H. Zamzam dan H. Muhammad Yunus.

Persis didirikan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman Islam yang sesuai dengan aslinya yang dibawa oleh Rasulullah SAW.

Selain itu hadirnya Persis juga untuk memberikan pandangan berbeda dari pemahaman Islam tradisional yang dianggap sudah tidak orisinal karena bercampur dengan budaya lokal, sikap taklid buta, sikap tidak kritis, dan tidak mau menggali Islam lebih dalam dengan membuka kitab-kitab hadits yang shahih.

2. Peristiwa Berdarah Tanjung Priok 

Tanggal 12 September Memperingati Hari Apa
Sumber: google.com/bersosial

Kemudian pada 12 September 1984 terjadi sebuah peristiwa yang mungkin akan diingat selamanya, yakni peristiwa kerusuhan di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Peristiwa ini bermula pada 10 September 1984 salah satu anggota Bintara Pembina Desa, Sersan Hermanu, mencopot spanduk yang mengkritik pemerintah di area masjid, Hermanu dianggap masuk masjid tanpa membuka alas kaki.

Kemudian pengurus masjid dan beberapa orang lainnya membakar motor Hermanu dan menyerang hermanu. Mereka akhirnya ditahan.

Setelah itu, 12 September warga melakukan demonstrasi di kantor Kodim Jakarta Utara agar keempat orang tersebut dibebaskan.

Namun tidak membuahkan hasil, yang didapat adalah timah panas yang menyasar ke tubuh mereka.

Kerusuhan pecah, aparat dan pendemo bentrok. Komnas HAM mencatat setidaknya ada 9 orang yang tewas terbakar dan 24 orang tewas akibat timah panas yang dilepaskan ABRI pada saat itu.

AKibat kejadian itu banyak orang yang menyayangkan tindak kekerasan yang dilakukan oleh ABRI tersebut.

3. Tanggal 12 September Memperingati Hari Apa? Gempa Bumi Bengkulu

Tanggal 12 September Memperingati Hari Apa
Sumber: google.com/bersosial

Peristiwa yang terjadi pada tanggal 12 September lainnya adalah gempa bumi berkekuatan 7,9 Skala Richter di Bengkulu.

Gempa dahsyat tersebut terjadi pada 12 September 2007, dan anehnya tidak menyebabkan tsunami meskipun kedalaman gempa 10 Km.

Namun setelah gempa terjadi, BMKG memberikan peringatan tsunami di pantai-pantai Sumatera dan Samudera Hindia, tetapi dicabut kembali.

Alasan mengapa tsunami tidak terjadi pada gempa yang cukup besar ini karena pusat gempa yang jauh dari lokasi transisi lempeng.

Selain itu gelombang pasang yang dihasilkan pun hanya 90 CM, berkat hal tersebut banyak orang yang mengucap syukur karena tidak terjadi tsunami.

4. Perang Austria dengan Ottoman

Wina
Sumber: google.com/bersosial

Di masa yang sangat lampau, tepatnya pada 12 September 1683 terjadi sebuah pertempuran yang sangat sengit, yakni antara Austria dan Ottoman.

Pertempuran ini disebut dengan pertempuran Wina. Pihak yang terlibat perang adalah kerajaan Ottoman dengan tentara Austria dan Polandia.

Pertempuran ini menandai titik balik konflik sepanjang 300 tahun antara pasukan kerajaan-kerajaan Eropa Tengah dan Kerajaan Ottoman.

5. Lahirnya Yuto Nagatomo, Pesepakbola Jepang

Nagatomo
Sumber: google.com/bersosial

Tanggal 12 September 1986 adalah tanggal lahir salah satu pesepakbola Jepang yang sukses di kancah Eropa, yakni Yuto Nagatomo.

Nagatomo adalah pemain yang bermain di posisi bek sayap dan beberapa kali membela klub-klub besar Eropa.

Misalnya adalah klub asal Italia, Inter Milan pada musim 2011-2018. Kemudian ia hijrah ke Turki pada musim 2018-2020 untuk membela klub Galatasaray.

Sepak terjangnya di Eropa ia akhiri dengan membela Klub asal Prancis, Olympic Marseille pada 2020-2021.

Saat ini ia kembali ke negara asalnya, Jepang dan membela klub ibukota Jepang, FC Tokyo. 

Jadi, itulah beberapa peristiwa yang terjadi pada tanggal 12 September. Demikianlah pembahasan mengenai Tanggal 12 September memperingati hari apa. Semoga bermnfaat!

Jika Anda ingin mendapatkan dan membaca artikel menarik lainnya, silahkan untuk kunjungi selalu situs Blog Evermos.

Anda juga bisa menambah pemasukan Anda setiap bulannya hanya dengan modal HP dan tanpa mengeluarkan uang sedikitpun. 

Caranya sangat mudah, Anda bisa bergabung menjadi reseller Evermos dan mendapatkan keuntungan serta keberkahan.

Penasaran dan tertarik untuk bergabung? Klik tombol di bawah ini, ya.

YUK, GABUNG DISINI!

×
slot88