Inilah 5 Syarat Sah Shalat yang Umat Muslim Wajib Ketahui

Shalat adalah kewajiban bagi umat Muslim karena merupakan rukun islam yang kedua sehingga menjadi rutinitas sehari-hari. Namun, supaya shalat kita sah dan diterima ada beberapa syarat yang harus dipenuhi seperti syarat sah shalat dan rukun shalat.

Ada beberapa dalil perihal perintah untuk shalat, diantaranya adalah pada surah Al Baqarah ayat 43 yang berbunyi

“Dan laksanakanlah shalat, tunaikan zakat, dan rukuklah beserta orang yang rukuk.”

Adapun perbedaan antara syarat sah shalat dengan rukun shalat. Sebagaimana Syekh Muhammad bin Qasim dalam Fathul Qarib menjelaskan pada dalil sebagai berikut :

ما تتوقف صحة الصلاة عليه وليس جزأ منها. وخرج بهذا القيد الركن، فإنه جزء من الصلاة.

“(Syarat dalam bab shalat ialah) hal-hal yang menjadi penentu keabsahan shalat, namun bukan bagian dari shalat. Berbeda dengan rukun yang merupakan bagian shalat.”

Sedangkan untuk syarat sah shalat yang perlu diperhatikan sebelum memulai shalat, adalah sebagai berikut :

فصل – وشرائط الصلاة قبل الدخول فيها خمسة أشياء طهارة الأعضاء من الحدث والنجس وسترالعورة بلباس طاهر والوقوف على مكان طاهر والعلم بدخول الوقت واستقبال القبلة

“Syarat sah shalat sebelum masuk ke dalam shalat ada lima: sucinya badan dari hadats dan najis, menutup aurat dengan pakaian yang suci, berada di tempat yang suci, tahu pasti akan masuknya waktu shalat, dan menghadap kiblat.”

Dikutip dari buku fikih shalat 4 madzhab karya Abdul Qadir Ar Rahbawi setidaknya ada 5 syarat sah sholat.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya simak pemaparan yang dikutip dari buku fikih Shalat 4 Madzhab karya Abdul Qadir Ar Rahbawi berikut ini.

5 Syarat Sah Shalat yang Umat Muslim Wajib Ketahui

1. Menutup Aurat

syarat sah shalat
sumber : shutterstock

Syarat sah shalat pertama adalah menutup aurat dengan benar. Sebelum melaksanakan sholat, pastikan dulu pakaian atau perlengkapan shalat telah menutup aurat dengan baik.



Menutup aurat ini adalah harus sekalipun Anda sholat sendirian di tempat yang gelap.

Tidak ada yang tersingkap atau kekecilan sehingga dapat terbuka ketika melakukan gerakan sholat.

Untuk hal yang satu ini, Rasulullah sangat memperhatikan penampilan umatnya, terutama yang masuk ke dalam masjid untuk beribadah. Hal ini pun tercantum dalam QS Al-A’raf ayat 31, bahwasanya Allah berfirman:

Wahai anak cucu Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid.”

Berdasarkan ayat tersebut dapat dipahami bahwa, pakaian yang menutup aurat saja sebenarnya belum cukup. Allah memerintahkan umat muslim untuk berpenampilan yang baik, yaitu mengenakan baju yang bersih dan rapi ketika hendak menjalankan sholat.

Untuk mendapatkan pakaian yang indah dan bersih, Anda bisa menemukannya di aplikasi Evermos. Di sini ada beragam mukena cantik yang bisa Anda gunakan untuk melengkapi ibadah shalat Anda.

syarat sah shalat

Baca Juga : Yakin Shalat Anda Sudah Sah? Perhatikan Dulu Hal Hal yang Membatalkan Shalat Ini

2. Suci dari Hadas Kecil dan Besar

syarat sah shalat
sumber : shutterstock.com

Syarat sah shalat selanjutnya adalah suci dari hadas kecil maupun besar.

Hadas kecil adalah segala sesuatu yang membatalkan wudhu seperti kentut, buang air kecil dan besar. Untuk menyucikannya bisa dengan berwudhu Kembali.

Sedangkan hadas besar merupakan keadaan di mana seorang laki-laki ketika mengalami mimpi basah atau junub, dan perempuan yang sedang haid, nifas atau setelah melahirkan.

Untuk menyucikannya, orang yang mengalami hadas besar ini perlu melakukan mandi besar atau mandi junub terlebih dahulu.

Menyucikan diri ini tercantum dalam QS Al-Maidah ayat 6 yang berbunyi :

Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan sholat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah…

Hal ini wajib dilakukan. Jika tidak mampu, artinya tidak ada air atau debu untuk bersuci, maka shalatnya sah akan tetapi wajib i’adah (mengulangi shalatnya) apabila sudah bertemu dengan air atau debu untuk bersuci.

Baca Juga : 13 Rukun Sholat yang Harus Dipenuhi. Tidak Sah Sholatnya Apabila Salah Satu Rukun Ketinggalan!

3. Suci Tubuh, Tempat, dan Pakaiannya

syarat sah shalat
Sumber: google/bersosial

Selanjutnya, selain tubuh yang harus suci, keadaan juga harus suci najis yang tidak di-makfu baik itu pakaian maupun tempatnya.

Maka tidak sah shalatnya seseorang yang sebagian dari pakaian atau anggota badannya ada najisnya, baik itu pas waktu berdiri, rukuk, duduk atau sujud.

Hal ini sebagaimana dikatakan dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

Apabila pakaian salah seorang dari kalian terkena darah haid, hendaklah ia mengeriknya kemudian membasuhnya dengan air. Setelah itu, ia boleh mengenakannya untuk sholat.

Untuk menemukan perlengkapan shalat yang Indah dan suci, Anda bisa menemukannya di Aplikasi Evermos. baik itu untuk perlengkapan shalat pria hingga wanita, anak-anak hingga dewasa semuanya lengkap di sini.

syarat sah shalat

4. Sudah Masuk Waktu Shalat

syarat sah shalat
Sumber: google/bersosial

Selanjutnya, Syarat sah shalat adalah sudah masuknya pada waktu sholat.

Hendaknya setiap umat muslim yang akan melaksanakan shalat memastikan terlebih dahulu apakah sudah menunjukkan masuknya waktu shalat atau belum.

Menentukan waktu shalat ini juga bisa dengan punya keyakinan dengan cara ijtihad. Apabila melaksanakan waktu shalat sebelum waktunya, maka Shalatnya tidak sah.

Sebagaimana hal ini ada dalam QS An-Nisa ayat 103, bahwasanya Allah SWT berfirman :

Maka apabila kamu telah menyelesaikan sholat, ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah sholat itu. Sesungguhnya sholat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.”

5. Menghadap Kiblat

syarat sah shalat
Sumber: google/bersosial

Syarat sah shalat terakhir yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah menghadap arah kiblat.

Setiap umat muslim hendaknya menyesuaikan diri dengan arah kiblat dari posisinya, menghadap Ka’bah atau Masjidil Haram.

Allah pun telah berfirman dalam QS Al-Baqarah ayat 150 bahwa:

Dan dari mana saja kamu (keluar), maka palingkanlah wajahmu ke arah Masjidil Haram.”

Demikianlah ulasan mengenai syarat sah shalat yang patut Anda ketahui. Selain syarat sah sholat, setiap umat muslim juga harus memenuhi syarat wajib sholat, yaitu beragama Islam, sudah baligh, dan berakal.

Hendaknya kita selalu mengintrospeksi diri agar selalu memperbaiki kualitas ibadah shalat.

syarat sah shalat

Jika anda mencari perlengkapan untuk menunjang ibadah Anda yang lengkap dan berkualitas, Anda bisa menemukannya di Aplikasi Evermos.

Sekian ulasan dari kami dan semoga artikel ini bermanfaat. Mari bersama-sama kita tingkatkan kualitas ibadah.

Untuk membaca artikel islami lainnya, Anda bisa mengunjungi situs blog Evermos.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)