Daftar Pondok Pesantren Terbaik Untuk Pendidikan Agama Anak

pondok pesantren terbaik

Pondok pesantren adalah tempat pendidikan untuk orang yang bertujuan mendalami ilmu Agama. Sebagaimana kita tahu bahwa Ilmu Agama pun penting adanya sehingga banyak orang tua mendaftarkan anaknya ke Pesantren. Karena itu, berikut kami berikan rekomendasi Pondok Pesantren terbaik di Indonesia.

Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang sudah mengakar di Indonesia. Terkadang banyak orang memandang pesantren hanya mempelajari ilmu agama yang dianggap kuno dan ketinggalan jaman.

Padahal di pesantren pun diajarkan ilmu sains dan banyak alumni dari pesantren yang menjadi ilmuwan dan teknokrat berbakat. Bahkan presiden Abdurrahman Wahid dan banyak Gubernur dan Bupati di Indonesia merupakan alumni Pesantren.

Untuk itu bagi Anda yang berniat memasukkan Anaknya ke Pesantren, berikut kami berikan rekomendasi pondok pesantren terbaik di Indonesia.

Baca Juga :  Parenting Islami: Inilah 5 Cara Mendidik Anak Sesuai Ajaran Islam

Daftar Pondok Pesantren Terbaik di Indonesia.

1. Ponpes Gontor – Ponorogo Jawa Timur

pondok pesantren terbaik

sumber : google/bersosial

Pondok Pesantren Gontor ini merupakan pelopor dari pesantren modern di Indonesia. Tempat ini sangat terkenal tidak hanya di Indonesia bahkan hingga ke mancanegara.

Pesantren ini didirikan pada 10 April 1926 di Ponorogo, Jawa Timur oleh 3 bersaudara putra Kiai Santoso Anom Besari.

Terciptanya pesantren modern termotivasi dari Sir Syed Ahmad Khan yaitu pendiri Aligarh Muslim University yang melaksanakan modernisasi pembelajaran Islam.

Sistem yang digunakan di Gontor sudah berjalan baik sehingga banyak pesantren di Indonesia yang mempraktikkan sistem yang sama.

Baca Juga:  Rekomendasi Merk Baso Aci Instan | Tersedia Berbagai Varian Lezat

Pondok ini mempunyai karakteristik khas yaitu mempraktikkan kedisiplinan dan penggunaan bahasa Arab serta Inggris dalam kesehariannya.

Tidak hanya itu, aspek kedisiplinan dan kerapihan berpakaian pun menjadi karakteristik khasnya.

Pada awalnya Pondok Pesantren ini hanya memiliki jenjang Pendidikan setara taman kanak-kanak. Namun saat ini Gontor telah menyediakan jenjang Pendidikan hingga Darussalam University program s3 (Doktoral)

Baca Juga : ingin Daya Ingat Kuat? Amalkan Doa Agar Diberi Kecerdasan Oleh Allah

2. Ponpes Langitan – Tuban Jawa Timur

pondok pesantren terbaik

sumber : google/bersosial

Ponpes ini merupakan pesantren tertua di Indonesia karena telah berdiri sejak tahun 1852. Tebuireng merupakan salah satu pesantren tersohor di Jawa Timur.

Tokoh pesantren di sini yakni KH Abdullah Faqih yang bergabung di kancah politik nasional juga menambah eksis nama pesantren ini.

Dalam pengajarannya, pesantren ini menggunakan sistem tradisional ataupun klasik. Pesantren Langitan ini masih menganut sistem salaf.

3. Ponpes Darunnajah – Jakarta Selatan

pondok pesantren terbaik

sumber : google/bersosial

Pesantren Darunnajah merupakan Lembaga Pendidikan islam yang dirintis sejak tahun 1942. Pondok Pesantren ini didirikan oleh (Alm) KH. Abdul Manaf Mukhayyar dan dua rekannya (Alm) KH. Qomaruzzaman dan KH. Mahrus Amin.

Lembaga Pendidikan Darunnajah ini terletak di Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta.

Pesantren ini menerapkan sistem kurikulum yang terpadu mulai dari pendidikan berasrama serta pengajaran bahasa Arab dan Inggris secara intensif.

4. Ponpes Tebuireng – Jombang, Jawa Timur

pondok pesantren terbaik

sumber : google/bersosial

Pondok pesantren ini merupakan salah satu pesantren terbesar di Kab. Jombang dan telah berdiri sejak tahun 1899 oleh salah satu ulama terbesar yaitu KH. Hasyim Asy’arie. Beliau adalah seorang sosok ulama kharismatik pencetus organisasi Nahdlatul Ulama (NU)

Tebuireng sudah banyak memberikan kontribusi terhadap masyarakat Indonesia terutama dalam dunia Pendidikan.

Baca Juga:  Rekomendasi Nama Usaha yang Beruntung. InsyaAllah Berkah

Oleh karena itu, pesantren ini masuk dalam kelompok pondok pesantren terbaik di Indonesia.

Pesantren ini semakin terkenal karena Anak kyai Hasyim merupakan tokoh terkemuka di Indonesia karena menjadi Menteri Agama pertama Republik Indonesia. Kemudian cucunya yang bernama KH Abdurrahman “Gus Dur” Wahid menjadi presiden keempat RI.

Dari sisi pendidikan, Ponpes Tebuireng ini tidak menganut sistem yang modern seperti layaknya Gontor atau mempertahankan sistem salaf seperti Langitan.

Ponpes Tebuireng ini eksis dengan sistem pendidikan akomodatifnya, yaitu pendidikan formal dan sedikit pendidikan di’niyah. Pembelajaran di sini meliputi pelajaran ilmu syari’at, bahasa Arab dan Agama islam namun tidak lupa juga menyematkan pelajaran umum kedalam kurikulumnya.

5. Ponpes Darul Ulum – Jombang, Jawa Timur

pondok pesantren terbaik

sumber : google/bersosial

Pesantren ini adalah suatu badan pembelajaran islam dengan yang berlokasi di desa Rejoso, kecamatan Peterongan, Jombang.

Sebagaimana umumnya sistem pengajaran awal , mereka menggunakan metode sorogan (santri membaca sendiri materi pelajaran kitab kuning di hadapan guru), serta metode weton atau bandongan (kyai membaca kitab dan santri memberi makna)

Bersamaan dengan berjalannya waktu, santri yang berdatangan terus beragam sehingga realitanya pesantren ini sudah melaksanakan pergantian kebijakan yang berkaitan dengan pembelajaran.

Demikianlah ulasan mengenai pondok pesantren terbaik di Indoensia. Para Orang tua tentunya menginginkan Pendidikan agama dan sains yang terbaik untuk Anaknya. Maka dari itu, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk menjadi referensi Pendidikan anak Anda.

Untuk membaca artikel menarik lainnya, Anda bisa mengunjungi situs blog Evermos

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×