Ketahui 7 Golongan Penghuni Surga Firdaus Menurut Al-Quran

Manusia pasti akan kembali. Ketika kehidupan di dunia berakhir, maka kehidupan akhiratlah persinggahan terakhir yang kekal. Sebagai umat Islam, tentu saja menginginkankehidupan surga. Oleh karena itu, ketahui golongan penghuni surga Firdaus pada ulasan artikel berikut ini.

Akhirat merupakan suatu tempat yang akan dituju manusia setelah meninggal dunia, apabila timbangan amal baik selama di dunia lebih berat dari pada amal buruknya, maka pintu surga akan terbuka untuk menyambutnya.

Jika ingin bahagia di Akhirat, dan berharap masuk ke surga Firdaus, perbaiki shalat kita dan perbanyak amal baik serta syukuri segala sesuatu yang dimiliki.

Untuk menjadi calon penghuni surga Firdaus, maka sebelum ke akhirat (mati) lebih baik perbanyak berbuat baik secara ikhlas dan beristiqomah.

Allah SWT menciptakan surga sebagai tempat kembali orang-orang yang beriman. Adapun surga yang diciptakan Allah tersebut bermacam-macam di mana yang paling tinggi dan paling utama adalah surga Firdaus.

Mari ketahui lebih lanjut tentang surga Firdaus dan golongan orang yang berhak memasuki surga tersebut.

Baca juga: Inilah Ciri Ciri Wanita Penghuni Surga, Apakah Anda Sudah Termasuk?

Surga Firdaus, Surga yang Paling Tinggi Tingkatannya

Dari Anas bin Malik ra, Nabi Muhammad saw bersabda:

“Firdaus adalah surga yang paling tinggi, yang paling bagus, dan yang paling afdal (utama).” (HR. Turmudzi dan disahihkan oleh Al-Albani)

Jika demikian, kita sebagai manusia pasti berharap akan menjadi salah satu yang terpilih menjadi penghuni surga Firdaus.

Untuk bisa mewujudkan itu, Allah SWT pada dasarnya telah memberikan bocoran siapa saja yang berhak masuk surga tertinggi itu.

Allah berfirman dalam Surat Al-Mu’minun 1-11 yang artinya:

“Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyuk dalam sembahyangnya, dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna, dan orang-orang yang menunaikan zakat, dan orang-orang yang menjaga kemaluannya kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak yang mereka miliki. Maka Sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela. Barangsiapa mencari yang di balik itu, maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas. Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya. Dan orang-orang yang memelihara sembahyangnya, mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi, (yakni) yang akan mewarisi surga Firdaus, mereka kekal di dalamnya.” (QS. Al-Mu’minun: 1-11)

Dari sebelas ayat di atas, terdapat akan ada tujuh golongan manusia yang berhak mewarisi (calon penghuni) surga Firdaus.

Semoga kita merupakan salah satunya ya. Akan tetapi, untuk menggapai surga tersebut tidak mudah. Berikut golongan-golongan calon penghuni surga Firdaus yang perlu kita ketahui.

Golongan Penghuni Surga Firdaus

1. Orang-Orang yang Khusyuk dalam Shalatnya

Penghuni Surga Firdaus
Sumber: google/bersosial

Golongan ini merupakan orang-orang yang pada waktu shalat memusatkan perhatian hanya kepada Allah serta ikhlas dalam menjalankannya.

Memang untuk mencapai khusyu dalam shalat sangat berat, tapi dengan ketulusan hati dan tetap fokus pada setiap apa yang kita baca, dan menghayati artinya, maka kekhusyu’an akan tercapai.

Dalam tafsir Ibnu Abbas, orang-orang yang khusyuk dalam shalatnya yaitu orang-orang yang merendahkan diri, tawadu’, tidak melirik ke kanan dan kekiri, serta tidak pula meninggikan tangan, mengangkat kedua sikut dalam shalat.

Dalam melaksanakan shalat, tentu peralatan shalat yang kita pakai juga harus nyaman agar shalat menjadi lebih khusyu. Ada rekomendasi sarung terbaik yang tersedia di Evermos. Klik di sini untuk menjadi reseller Evermos. 

Penghuni Surga Firdaus

2. Orang-Orang yang Menjauhkan Diri dari Perbuatan Tidak Berguna

Penghuni Surga Firdaus
Sumber: pexels.com

Mereka inilah yang senantiasa memilih perbuatan yang bermanfaat daripada yang membuang-buang waktu.

Salah satu sifat orang beriman adalah sanggup meninggalkan perbuatan yang sia-sia (lagha) semata-mata karena mengharap ridha Allah.

Sebab perbuatan sia-sia itu tidak diridhai oleh Allah, bukan contoh dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wasallam serta bukan pula karakter orang-orang beriman.

Allah menyebutnya  dalam QS. Al-Mu’minun ayat 3 yang berbunyi:

وَ الَّذينَ هُمْ عَنِ اللَّغْوِ مُعْرِضُونَ َ

Artinya: ”dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna.”

3. Orang-Orang yang Menunaikan Zakat

Penghuni Surga Firdaus
Sumber: shutterstock.com

Zakat memberi banyak manfaat bagi pelakunya, yaitu membersihkan diri dari sifat kikir dan cinta berlebihan pada dunia serta menyucikan hati sehingga menumbuhkan sifat-sifat kebaikan dalam diri.

Zakat terbagi menjadi beberapa bagian atau jenis, ada zakat fitrah, zakat maal (zakat kekayaan), zakat profesi dan lainnya.

Semuanya memiliki rumusan perhitungan sendiri-sendiri yang telah diatur sebelumnya.

4. Orang-Orang yang Menjaga Kemaluannya dari Perbuatan Keji dan Zina

Penghuni Surga Firdaus
Sumber: pexels.com

Saat ini menjaga kemaluan dari hal-hal yang haram terasa berat, karena untuk mendekati perbuatan zina, sudah semakin mudah diakses.

Kita perlu  menahan hati dan pandangan agar tidak tergoda mendekati perbuatan terkutuk di mata Allah.

Berusaha setia terhadap istri yang kita miliki sesungguhnya itu tiada tercela.

Barangsiapa mencari dibalik itu mereka itulah orang-orang yang melampaui batas yakni orang-orang yang melanggar halal dan mengerjakan yang haram.

5. Orang yang Menahan Pandangannya

Penghuni Surga Firdaus
Sumber: pexels.com

“Katakanlah kepada wanita yang beriman, hendaklah mereka menahan sebagian pandangannya dan memelihara kemaluannya. Dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang biasa nampak daripadanya”

Bagi para muslimah tentunya tidak asing lagi mendengar terjemahan ayat di atas, yaitu firman Allah yang terdapat pada Al-Quran Surat An-Nur ayat 31.

Kita memang diberi mata untuk melihat ciptaan Allah, hanya semua itu ada aturannya. Kita harus memalingkan pandangan dari hal-hal yang Allah haramkan, apalagi pada lawan jenis yang bukan mahramnya.

Baca juga: Masya Allah, Inilah 7 Ciri Ciri Istri Shalehah dan Hal yang Tidak Boleh Dilakukannya

6. Orang-Orang yang Memelihara Amanah dan Menepati Janji

Penghuni Surga Firdaus
Sumber: pexels.com

Sebetulnya kita hidup di dunia ini mengemban amanah dari Allah, yaitu untuk beribadah pada-Nya. Selain amanah, kita juga perlu menepati janji. Janji kita kepada Allah maupun kepada manusia (sesama).

Karena kalau kita tidak menepati amanah atau janji, sama saja halnya dengan orang yang munafik.

Sebagaimana dalam sebuah hadits yang mengatakan bahwa:

“Ciri- ciri orang munafik ada tiga: apabila berbicara ia berdusta, apabila berjanji ia tidak menepati, dan apabila diberi amanah ia berkhianat”. (HR Al- Bukhori dan Muslim)

7. Orang-Orang yang Memelihara Shalatnya

Penghuni Surga Firdaus
Sumber: google/bersosial

Mereka yang masuk golongan ini adalah yang senantiasa menunaikan shalat tepat pada awal waktu.

Jadi, tidak hanya menjalankan shalat saja yang diutamakan, melainkan melaksanakan shalat pada awal waktu.

Apalagi jika melaksanakan shalatnya berjamaah, Allah sangat menyukai orang-orang yang demikian.

Rekomendasi Mukena Terbaik yang Tersedia di Evermos

Penghuni Surga Firdaus

Ingin memiliki mukena dengan kualitas terbaik dari Evermos? Silahkan klik di sini.

Ada berbagai macam mukena dari beberapa brand yang tersedia di Evermos. Menariknya, mukena ini terdiri dari berbagai macam model/motif serta warna yang menarik.

Untuk mewujudkan shalat yang khusyu, maka peralatan ibadah termasuk mukena ini perlu kita perhatikan betul.

Sungguh indah jika kita melaksanakan ibadah atas dasar kecintaan kepada Allah, karena salah satu parameter ibadah kita diterima oleh Allah adalah kekhusyuan.

Maka dari itu, segera miliki berbagai mukena terbaik dengan bahan yang berkualitas ini hanya di Evermos.

Ataupun bagi Anda yang ingin menjadi reseller dengan menjual berbagai macam produk peralatan ibadah lainnya, silahkan klik Daftar Reseller Evermos Gratis di bawah ini.

Daftar Reseller Evermos Gratis

Raih potensi penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos. Tak hanya itu, insya Allah menjadi bekal pahala untuk Anda karena menjual produk-produk islami termasuk peralatan ibadah yang membawa kebermanfaatan untuk orang lain.

Demikianlah informasi tentang golongan penghuni Surga Firdaus yang perlu Anda ketahui.

Semoga Allah selalu membimbing kita agar bisa diperkenankan untuk menjadi salah satu penghuni Surga Firdaus.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lewatkan infomasi menarik lainnya pada situs blog Evermos. 

 

 

 

×