80 Nama Nama Pekerjaan di Indonesia yang Dibutuhkan dan Menjanjikan untuk Masa Depan 

Semasa kecil sebagian besar kita pasti pernah ditanya, “nanti ketika besar cita-citanya mau jadi apa?”, dan umumnya akan menjawab ingin jadi presiden, guru, pilot, hingga polisi. Sebab, saat kecil pengetahuan kita tentang nama nama pekerjaan atau profesi masih sangat terbatas.

Alhasil, ketika beranjak dewasa dan masuk ke dunia pekerjaan, profesi yang kita jalani sekarang sangat berbeda dengan jawaban kita di masa kecil dulu. Selain itu, sebagian besar kita baru mengetahui nama profesi yang kita jalani saat ini ketika sudah dewasa. 

Jika menyelam lebih dalam pada konteks pekerjaan, sebetulnya ada banyak sekali jenis profesi di dunia ini. Mengetahui macam macam profesi sebelum berkecimpung ke dalam dunia pekerjaan sangatlah penting. 

Sebab, kamu akan bisa menemukan jenis pekerjaan yang sesuai dengan minat dan ketertarikan kamu. Sehingga tidak ada penyesalan dalam perjalanan karir kamu kedepannya. 

Dengan membaca informasi di artikel ini sampai selesai, kamu akan mengetahui dan menemukan banyak sekali contoh profesi dan pekerjaan di Indonesia, mulai dari yang dibutuhkan dan menjanjikan untuk masa depan hingga yang cocok untuk perempuan. 

Baca juga: Catat ini! 15+ Daftar Pekerjaan Online Mudah Tanpa Ribet!

Nama Nama Pekerjaan yang Dibutuhkan di Masa Depan 

nama nama pekerjaan
Sumber: freepik.com

Tak dapat dipungkiri bahwa teknologi dan perubahan sosial telah berdampak besar pada dunia kerja. Berbagai nama nama pekerjaan yang mungkin belum kita kenal saat ini, di masa depan dapat menjadi sangat penting dan dibutuhkan.

Pekerjaan apa yang dibutuhkan 5 tahun kedepan? Berikut beberapa contoh pekerjaan masa depan dan penjelasan singkatnya:

1. Spesialis Kesehatan Mental

Kesehatan mental menjadi semakin penting seiring bertambahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan psikologis. Selain itu, profesi ini akan membantu individu mengatasi masalah kesehatan mental dan meningkatkan kualitas hidup. 

2. AI Specialist

Artificial Intelligence (AI) akan semakin penting di masa depan. AI Specialist akan bertugas merancang dan mengimplementasikan solusi AI untuk berbagai permasalahan.

3. Sustainability Consultant

Seiring dengan meningkatnya kesadaran akan lingkungan dan perubahan iklim, konsultan keberlanjutan akan sangat dibutuhkan untuk membantu perusahaan menerapkan praktek bisnis yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

4. Remote Work Specialist

Dengan semakin banyaknya pekerjaan yang dilakukan secara remote atau jarak jauh, maka spesialis ini akan membantu perusahaan merancang dan menerapkan strategi kerja jarak jauh yang efektif.

5. Genetic Counselor

Dengan perkembangan ilmu genetika, genetic counselor akan sangat dibutuhkan untuk membantu individu memahami risiko dan implikasi kondisi genetik.

6. Urban Farmer

Di masa depan, pertanian perkotaan atau urban farming akan semakin populer sebagai solusi atas tantangan ruang dan keberlanjutan. Urban farmer akan menanam dan memelihara tanaman di area perkotaan, baik di atap gedung, halaman belakang, hingga ruang-ruang terbuka lainnya.

7. Virtual Reality/Augmented Reality Developer

VR dan AR adalah teknologi masa depan yang akan semakin banyak digunakan dalam berbagai sektor, mulai dari hiburan, hingga pendidikan dan medis.

Selain itu, developer VR/AR akan menciptakan pengalaman imersif dalam dunia virtual atau augmented reality.

Baca juga: Inilah 8 Pekerjaan di Bidang Fashion, Anda Tertarik yang Mana?

Macam Macam Profesi di Bidang Digital 

nama nama pekerjaan
Sumber: freepik.com

Bidang digital telah membuka berbagai pekerjaan baru yang sebelumnya tidak ada. Berikut adalah beberapa nama-nama pekerjaan di bidang digital:

1. Digital Marketer

Orang ini bertugas merencanakan dan melaksanakan strategi pemasaran digital untuk mencapai tujuan bisnis perusahaan.

2. Content Creator

Mereka membuat konten yang menarik dan relevan untuk berbagai platform digital, seperti blog, website, hingga media sosial.

3. SEO Specialist

Spesialis SEO (Search Engine Optimization) bertugas mengoptimalkan website dan konten agar berada di peringkat atas hasil pencarian mesin pencari.

4. Social Media Manager

Mengelola akun media sosial perusahaan, termasuk merencanakan dan memposting konten, berinteraksi dengan pengguna, hingga menganalisis kinerja.


Yuk, Subscribe Sekarang Juga!
Yuk, Subscribe Sekarang Juga!
Category Apa yang Paling Anda Sukai?

5. Data Analyst

Analis data mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber digital untuk mendapatkan wawasan bisnis hingga mendukung pengambilan keputusan.

6. Web Developer

Mereka bertanggung jawab untuk merancang, membangun, dan memelihara website.

7. UI/UX Designer

Desainer UI/UX merancang pengalaman pengguna yang intuitif dan menyenangkan di website dan aplikasi.

8. Cybersecurity Analyst

Mereka melindungi sistem dan jaringan digital perusahaan dari ancaman keamanan.

9. E-commerce Specialist

Mereka mengelola operasional toko online, termasuk mengelola produk, merencanakan promosi, hingga melayani pelanggan.

Nama Nama Pekerjaan yang Menjamin Kesuksesan Tanpa Pendidikan Formal 

nama nama pekerjaan
Sumber: freepik.com

Pendidikan formal memang penting, tetapi bukan satu-satunya jalur menuju sukses. Ada beberapa pekerjaan yang bisa kamu lakukan tanpa memerlukan pendidikan formal, dan berikut adalah lima di antaranya:

1. Pengusaha atau Entrepreneur

Banyak pengusaha sukses yang tidak memiliki latar belakang pendidikan formal di bidang bisnis. Kunci sukses mereka adalah kerja keras, determinasi, dan kemampuan untuk memahami pasar. Selain itu, mereka harus beradaptasi, belajar dari kesalahan, dan terus berinovasi.

2. Penulis atau Blogger

Jika kamu memiliki bakat dalam menulis dan dapat menyampaikan idek dengan jelas, maka menjadi penulis atau blogger bisa menjadi pilihan yang baik.

Ada banyak penulis dan blogger sukses yang tidak memiliki pendidikan formal dalam penulisan atau jurnalisme, tetapi berhasil karena konten yang mereka tulis menarik dan relevan.

3. Artis atau Musisi

Banyak artis dan musisi sukses tidak memiliki pendidikan formal dalam seni atau musik. Mereka mengasah bakat dan keterampilan mereka melalui latihan dan pengalaman praktis. Meskipun demikian, kerja keras, kreativitas, dan dedikasi tetap menjadi kunci kesuksesan mereka.

4. Real Estate Agent

Menjadi agen real estate tidak memerlukan pendidikan formal. Namun, memerlukan pengetahuan yang baik tentang pasar properti dan keterampilan menjual. Keberhasilan dalam profesi ini sangat bergantung pada kemampuan untuk membangun jaringan dan melayani kebutuhan klien.

5. YouTuber atau Influencer Media Sosial

Di era digital saat ini, menjadi YouTuber atau influencer media sosial bisa menjadi profesi yang menjanjikan. Meskipun tidak memerlukan pendidikan formal, kamu harus kreatif, bisa menghasilkan konten yang menarik, dan memahami cara kerja platform media sosial.

Dalam pekerjaan ini, kesuksesan tidak datang dengan mudah. Kamu perlu kerja keras, dedikasi, dan kesabaran. Meskipun tidak memerlukan pendidikan formal, pembelajaran dan pengembangan diri tetap penting untuk mengasah keterampilan dan pengetahuan yang kamu butuhkan.

Daftar Nama Nama Pekerjaan yang Menjanjikan untuk Wanita

nama nama pekerjaan
Sumber: freepik.com

Perkembangan zaman telah menghapus batas-batas gender dalam dunia kerja. Wanita kini memiliki peluang yang sama untuk meraih kesuksesan di berbagai bidang pekerjaan. Berikut adalah beberapa pekerjaan yang menjanjikan untuk wanita: 

1. CEO atau Entrepreneur

Semakin banyak wanita yang berhasil sebagai CEO atau pengusaha. Menjalankan bisnis sendiri memberikan kebebasan untuk mengejar visi dan membuat dampak sesuai dengan minat dan tujuan mereka sendiri.

2. Profesi Kesehatan

Dokter, perawat, apoteker, dan profesi kesehatan lainnya sangat dibutuhkan dan menjanjikan. Ini juga termasuk psikolog dan terapis, yang permintaannya semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat tentang kesehatan mental.

3. Teknologi Informasi

Pekerjaan di bidang teknologi seperti software developer, data analyst, UX designer, dan cybersecurity specialist memiliki prospek yang sangat baik. Wanita dianjurkan untuk terjun dalam bidang STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) ini.

4. Pendidikan

Guru, dosen, tutor, dan konsultan pendidikan adalah beberapa pekerjaan di bidang pendidikan yang menjanjikan. Pekerjaan ini juga cenderung memberikan fleksibilitas, yang penting bagi wanita yang juga ingin menyeimbangkan kehidupan pribadi dan profesional.

5. Pekerjaan Kreatif

Pekerjaan di bidang seni dan desain, seperti graphic designer, interior designer, penulis, atau fotografer, bisa menjadi pilihan yang menjanjikan. Bidang ini memungkinkan wanita untuk mengekspresikan kreativitas mereka dan seringkali memberikan fleksibilitas kerja.

6. Konsultan Keuangan atau Financial Planner

Seiring dengan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya perencanaan keuangan, prospek sebagai profesi seperti konsultan keuangan atau financial planner semakin tinggi. 

7. Pekerjaan di Bidang Media

Baik itu sebagai jurnalis, produser konten, digital marketer, atau public relations, pekerjaan di bidang media dapat menjadi pilihan yang menjanjikan dan dinamis.

8. Ahli Bioteknologi

Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pekerjaan di bidang bioteknologi seperti genetic counselor atau bioengineer memiliki prospek yang cerah.

9. Pekerjaan di Bidang Lingkungan

Seiring dengan semakin tingginya kepedulian terhadap lingkungan, pekerjaan seperti konsultan keberlanjutan atau ahli lingkungan memiliki prospek yang baik.

50 Nama Pekerjaan dalam Bahasa Inggris dan Artinya yang Menjamin Kesuksesan

nama nama pekerjaan
Sumber: freepik.com

Berikut adalah daftar 50 nama pekerjaan dalam bahasa Inggris dan artinya yang banyak dibutuhkan di Indonesia:

  1. Accountant – Akuntan
  2. Architect – Arsitek
  3. Banker – Bankir
  4. Chef – Koki
  5. Civil Engineer – Insinyur Sipil
  6. Data Analyst – Analis Data
  7. Dentist – Dokter Gigi
  8. Doctor – Dokter
  9. Driver – Sopir
  10. Electrician – Tukang Listrik
  11. Farmer – Petani
  12. Fisherman – Nelayan
  13. Flight Attendant Pramugari/Pramugara
  14. Graphic Designer – Desainer Grafis
  15. Hotel Manager – Manajer Hotel
  16. Industrial Engineer – Insinyur Industri
  17. IT Consultant – Konsultan IT
  18. Journalist – Jurnalis
  19. Lawyer – Pengacara
  20. Lecturer – Dosen
  21. Makeup Artist – Artis Rias
  22. Nurse – Perawat
  23. Optometrist – Optometris
  24. Pharmacist – Apoteker
  25. Photographer – Fotografer
  26. Pilot – Pilot
  27. Plumber – Tukang Ledeng
  28. 28. Police Officer – Polisi
  29. 29. Project Manager – Manajer Proyek
  30. Real Estate Agent – Agen Real Estat
  31. Researcher – Peneliti
  32. Sales Manager – Manajer Penjualan
  33. School Teacher – Guru Sekolah
  34. Secretary – Sekretaris
  35. Social Worker – Pekerja Sosial
  36. Software Engineer – Insinyur Perangkat Lunak
  37. Tax Consultant – Konsultan Pajak
  38. Tour Guide – Pemandu Wisata
  39. Translator – Penerjemah
  40. Veterinarian – Dokter Hewan
  41. Video Editor – Editor Video
  42. Waiter/Waitress – Pelayan
  43. Web Developer – Pengembang Web
  44. Welder – Tukang Las
  45. Writer – Penulis
  46. UX Designer – Desainer UX
  47. Business Analyst – Analis Bisnis
  48. Network Administrator – Administrator Jaringan
  49. HR Manager – Manajer HR
  50. Public Relations Officer – Petugas Hubungan Masyarakat

Peluang Pekerjaan yang Menjanjikan Melalui Bisnis Tanpa Modal 

Demikianlah informasi mengenai berbagai nama pekerjaan atau profesi yang menjanjikan dan dibutuhkan untuk masa depan. Jika ada nama pekerjaan yang membuatmu tertarik, kamu bisa mencari tahu lebih dalam profesi tersebut.

Selain berbagai pekerjaan di atas, peluang pekerjaan lainnya yang layak kamu pertimbangkan adalah memulai bisnis sendiri tanpa perlu modal yang besar, yaitu sebagai reseller.

Dengan menjadi reseller, kamu bisa memilih Evermos sebagai partner bisnis kamu untuk menangani produksi, stok, dan pengiriman barang, sementara kamu cukup mempromosikan produk dan menjaring konsumen.

Peluang ini terbuka bagi semua latar belakang pekerjaan. Jadi, kenapa tidak mencoba dan merasakan sendiri bagaimana bisnis reseller Evermos dapat mengubah hidup kamu? Jika tertarik, kamu tinggal klik tombol di bawah ini untuk daftar gratis sebagai reseller. 

Temukan artikel menarik yang informatif lainnya di Blog Evermos. Semoga artikel ini bermanfaat, dan selamat mencoba!

YUK, GABUNG DISINI!