Inilah 8 Pekerjaan di Bidang Fashion, Anda Tertarik yang Mana?

Pekerjaan di Bidang Fashion

Apakah Anda memiliki passion di bidang fashion dan berharap bekerja pada bidang tersebut? Jika iya, Anda harus tahu pekerjaan pada bidang fashion yang bisa Anda pilih.

Ada beberapa jenis pekerjaan di industri fashion yang sangat menarik untuk Anda karena memiliki prospek karier yang cukup baik.

Fashion yang menjadi bagian dari industri kreatif ini memang menjadi salah satu bidang yang tidak ada matinya dan selalu menarik untuk lebih dieksplor.

Mungkin kebanyakan orang mengetahui pekerjaan pada bidang fashion ini seperti seorang designer atau stylish. Rupanya, masih ada beberapa pekerjaan lainnya pada bidang fashion, lho! 

Kalau Anda mengaku pecinta fashion, maka ketahui terlebih dahulu apa saja pekerjaan di bidang fashion pada ulasan artikel berikut ini.

Pekerjaan di Bidang Fashion 

1. Fashion Designer

Pekerjaan di Bidang Fashion

Sumber: shutterstock.com

Salah satu pekerjaan pada bidang fashion yang populer dan ada dibenak kita adalah fashion designer, bukan?

Ya, pekerjaan yang satu ini memang cukup populer dan prospek kariernya juga sangat bagus.

Hal ini terbukti dengan banyaknya sekolah atau kursus fashion designer yang telah berdiri di Tanah Air, bahkan banyak pula sekolah fashion di luar ngeri.

Fashion designer memiliki tugas utama yaitu menggunakan kreativitasnya untuk merancang busana dengan gaya terbaru yang sesuai dengan target pelanggannya.

Seorang fashion designer awalnya bisa bekerja di brand pakaian, tapi biasanya mereka juga akan membangun brand-nya sendiri.

Selama Anda memiliki kreativitas yang tinggi dan selalu bekerja keras, profesi ini pasti bisa Anda jalani dengan lancar.

Jika Anda menekuni pekerjaan ini, siap-siap keuntungan Anda menjadi seorang designer ini mengalir terus.

2. Stylist

Pekerjaan di Bidang Fashion

Sumber: shutterstock.com

Selain fashion designer, stylist juga menjadi salah satu pekerjaan di bidang fashion yang cukup populer dan banyak peminatnya, khususnya anak muda.

Stylist memiliki tugas utama yaitu bertanggung jawab untuk memberikan saran mengenai cara berpakaian dan memadukan outfit dengan berbagai cara.

Selain itu, tugas sebagai stylist juga harus bisa menentukan konsep berpakaian dari kliennya.

Itulah mengapa dalam proses pekerjaannya, stylist juga harus tahu seperti apa karakter kliennya sehingga bisa menentukan konsep berpakaian yang sesuai atau tepat.

Seorang stylist juga harus bekerja dengan tim desain hingga fotografer untuk membuat penampilan klien terlihat lebih menawan atau memukau.

Stylist biasanya bekerja pada sebuah perusahaan brand pakaian dan bekerja untuk mengarahkan gaya dari model saat pemotretan.

Namun, kini juga sudah banyak stylist yang bekerja sendiri dan menjadi stylist pribadi actress/selebriti atau tokoh terkenal.

3. Garment Technologist

Pekerjaan di Bidang Fashion

Sumber: shutterstock.com

Pernah mendengar profesi yang satu ini? Pekerjaan di bidang fashion yang satu ini mungkin masih tidak terlalu populer.

Akan tetapi, garment technologist menjadi salah satu pekerjaan yang penting pada industri fashion.

Garment technologist merupakan pekerjaan yang inovatif karena bertanggung jawab dalam pengembangan bahan melalui pengujian kombinasi dari benang, tekstil, maupun seratnya.

Jadi, dalam proses pekerjaannya, seorang garment technologist harus melakukan riset untuk mencari material atau bahan yang bisa digunakan dalam pembuatan produk fashion.

Mereka juga perlu bekerja sama dengan seorang fashion designer untuk menentukan material yang paling cocok digunakan dalam membuat pakaian.

Nah, bagi Anda yang memiliki kemampuan analisis yang kuat, maka Anda dapat mencoba profesi garment technologist. 

4. Market Researcher

Pekerjaan di Bidang Fashion

Sumber: shutterstock.com

Market researcher memiliki peran yang sangat penting dalam industri fashion.

Tanpa profesi yang satu ini, maka fashion designer tidak akan mengetahui seperti apa tren mode yang diinginkan atau disukai oleh konsumen.

Market researcher memiliki tugas utama yaitu mempelajari pasar mode dan mencari tahu jenis pakaian, sepatu, atau aksesori yang diinginkan konsumen.

Selaian itu, mereka juga harus bisa menganalisis target pasar dan mengetahui daya belinya.

Tidak hanya paham mengenai fashion, profesi ini harus pandai membaca data, menganalisisnya, kemudian menyampaikan hasil temuannya kepada produsen dan fashion designer.

5. Merchandiser

Pekerjaan di Bidang Fashion

Sumber: shutterstock.com

Merchandiser merupakan salah satu pekerjaan fashion yang sangat berhubungan dengan bisnis. Tanpa adanya merchandiser, maka produk fashion akan sulit untuk dikenal dan dijual ke konsumen.

Tanggung jawab dari seorang merchandiser yaitu untuk memastikan produk fashion selalu tersedia di toko dengan jumlah dan harga yang tepat.

Selain itu, mereka juga perlu menyiapkan strategi pemasaran untuk produk baik itu secara offline (di toko) atau secara online.

Seorang merchandiser bisa bekerja sama dengan sang desainer untuk menghasilkan produk fashion yang menarik bagi pelanggan sehingga dapat meningkatkan penjualan.

6. Creative Director

Pekerjaan di Bidang Fashion

Sumber: shutterstock.com

Setiap brand pakaian tentu memerlukan profesi creative dorector karena mereka memiliki tugas penting untuk menerjemahkan ide dan konsep menjadi sebuah produk fashion.

Tanggung jawab seorang creative director yaitu menentukan tema, model koleksi pakaian, serta warna yang akan digunakan.

Seorang creative director harus melakukan riset tren dalam melakukan pekerjaannya, serta meninjau data penjualan untuk menentukan seperti apa model pakaian yang akan diproduksi.

Selain riset tren, mereka juga harus paham visi misi brand sehingga bisa memberikan pesan kepada konsumen lewat setiap koleksi pakaian yang dibuat.

Creative director juga harus bekerja sama dengan fashion designer untuk memastikan desain yang akan dibuat tetap berada di jalur yang benar dan tidak ada kesalahan dalam proses pembuatannya.

7. Fashion Journalist

Pekerjaan di Bidang Fashion

Sumber: shutterstock.com

Apakah Anda menyukai fashion dan memiliki hobi menulis? Jika iya, profesi sebagai fashion journalist tentu bisa Anda coba.

Jika selama ini Anda hanya menulis seputar fashion hanya di blog pribadi, maka cobalah kembangkan bakat Anda dengan menjadi fashion journalist.

Pada umumnya, seorang fashion journalist bekerja di surat kabar, majalah fashion, televisi, atau sebuah media online khusus fashion.

Pekerjaan seorang fashion journalist ini sangat menarik karena mereka akan meliput acara fashion, melakukan wawancara dengan para tokoh profesional, lalu menyampaikannya kepada para audience.

8. Bisnis Reseller Fashion

Pekerjaan di Bidang Fashion

Sumber: shutterstock.com

Saat ini bisnis fashion sedang menjamur, karena fashion merupakan salah satu kebutuhan utama setiap orang.

Bagi Anda yang tertarik dengan fashion, menjalani bisnis menjadi reseller di bidang fashion bisa menjadi salah satu pilihan pekerjaan yang menarik untuk Anda.

Anda bisa menjual barang nulai dari baju, celana, jaket, hijab, dan masih banyak lagi. Anda bisa menjual barang di bidang fashion sesuai dengan target market Anda,

Nah, apabila Anda ingin berbisnis reseller di bidang fashion, Anda bisa menjadi reseller Evermos.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha?

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik di bawah ini!

DAFTAR DISINI SEKARANG

Demikianlah informasi mengenai profesi atau pekerjaan di bidang fashion yang dapat Anda ketahui.

Setelah mengetahui apa saja jenis pekerjaan untuk pecinta fashion di atas, apakah Anda tertarik dengan salah satunya?

Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Boleh share artikel ini agar yang lain mendapat kebermanfaatan.

Untuk membaca artikel menarik lainnya, Anda dapat mengunjungi situs Blog Evermos. 

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×