Mudah & Cepat! Berikut Rahasia Metode Menghafal Al Quran Ala Ustadz Adi Hidayat

Metode Menghafal Al Quran

Apakah Anda merasa kesulitan untuk menghafal Al-Qur’an? Apakah sudah pakai metode atau cara yang mudah? Kalau metode yang Anda jalani belum cukup bisa menghafal Al-Qur’an dengan baik, mari simak rahasia metode menghafal Al Quran ala Ustadz Adi Hidayat pada ulasan artikel berikut ini.

Oh ya, ada rekomendasi alat speaker Quran terbaik untuk membantu Anda dalam menghafal Qur’an dari Evermos, lho! Simak artikel ini hingga tuntas ya.

Metode menghafal Al-Qur’an ini, bisa Anda terapkan pada diri sendiri atau untuk anak Anda. Bukankah menghafal Al-Qur’an sejak dini itu lebih baik? Apalagi bagi para orangtua yang menginginkan anaknya menjadi hafidz Qur’an, tentu metode cepat menghafal Qur’an ini sangat penting.

Salah satu keutamaan yang didapatkan jika menjadi penghafal Al-Qur’an, kelak di dalam surga akan diberikan derajat yang tinggi.

Para orangtua pasti ingin kan, kalau anaknya menjadi penghafal Quran yang nantinya bisa memberi mahkota di Surga? Masya Allah… harapan setiap orangtua pasti begitu. Maka dari itu, bagi para orangtua mari diikhtiarkan untuk mengajarkan anaknya.

Dari sahabat Utsman bin Affan radhiyallahu ‘anhu (RA), Rasulullah SAW bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Al Quran dan mengajarkannya.” (HR Al-Bukhari)

Untuk para orangtua atau siapapun yang ingin menjadi penghafal Al Quran, rahasia dan cara cepat menghafal Al-Qur’an sangat penting utnuk diketahui. Ada enam syarat yang harus dipenuhi jika ingin menjadi penghafal Qur’an menurut Ustadz Adi Hidayat, diantaranya:

Baca juga: 6 Doa Keselamatan Dunia dan Akhirat Untuk Diamalkan Sehari-Hari

6 Syarat Menjadi Penghafal Qur’an dengan Mudah & Cepat 

1. Niat Ikhlas Karena Allah Ta’ala

Metode Menghafal Al Quran

Sumber: google/bersosial

Niat pertama yang harus dihadirkan adalah ikhlas karena Allah Ta’ala. Apabila niatnya karena Allah,  maka akan dimudahkan dalam menghafal dan mempelajari Qur’an.

Baca Juga:  Bacalah Doa Melunasi Hutang Ini Agar Mendapat Keringanan dari Allah SWT

Jangan diniatkan karena hal lain. Kalau niatnya bukan karena selain Allah, maka dalam proses menghafal Qur’an pun akan cenderung sulit.

2. Menghadirkan Motivasi

Metode Menghafal Al Quran

Sumber: google/bersosial

Apa motivasi kita menghafal Al-Qur’an? Coba niatkan menghafal Al-Qur’an minimal untuk membahagiakan orang tua kita. Nabi Muhammad SAW pun pernah berkata bahwa ridha Allah itu ridha orangtua.

Pada hari kiamat nanti seorang ahli Qur’an akan disampaikan kepada orang tuanya. Ketika akan masuk surga, perintah pertamanya adalah gandeng ayah ibunya.

Kalau selama hidup tidak bisa membahagiakan orangtua, minimal bacakan Al-Qur’an untuknya. Jadi motivasinya adalah  “Saya ingin jadi ahli Al-Qur’an. Saya ingin bahagiakan kedua orang tua. Saya ingin sekeluarga jadi ahli Al-Qur’an.”

3. Meningkatkan Takwa

Metode Menghafal Al Quran

Tingkatkan ketakwaan sebelum menghafal. Kalau sudah bertakwa nanti akan diberi kemampuan menghafal dengan cepat. Imam Bukhari awalnya matanya buta, tapi ibundanya selalu berdoa agar anaknya dijadikan ahli Qur’an.

Kesalehan ibunya mengikuti ibunda Imam As-Syafi’i, Imam Ahmad bin Hanbal, dan yang lainnya.

Jadi kalau ingin jadi penghafal Qur’an, jangan tinggalkan tahajjud, dhuha, rawatib, syuruq, sedekah setiap hari meski Rp1000 atau dengan makanan atau pakaian.

4. Memperbanyak Doa

Metode Menghafal Al Quran

Jangan lewatkan untuk memperbanyak baca doa ini, agar dimudahkan menjadi penghafal Qur’an:

اَللهم اجْعَلْنَا َاَهْلِ اْلقُرْآنِ

اَللّهُمَّ يَسِّرْ وَ لَا تُعَسِّر

Allahummaj’alna Ahlil-Qur’an, Allahumma Yassir wa laa Tu’assir.

Artinya: “Ya Allah, jadikan saya ahli Al-Qur’an. Mohon permudahlah jangan dipersulit.”

Atau berdoa: “Ya Allah, jadikan saya ahli Al-Qur’an. Saya ingin membahagiakan orangtua saya Ya Allah. Mudahkan untuk saya mohon jangan dipersulit. Hilangkan semua kesulitan.”

Ada penghafal Qur’an hafal halaman kedua, tapi halaman pertamanya lupa. Penyebabnya karena selesai menghafal tidak membaca doa.

Baca Juga:  Perhatikan 7 Adab Kepada Orang Tua Serta Dalilnya dalam Islam

Maka dari itu, perbanyaklah berdoa:

“Ya Allah, mohon kuatkan Al-Qur’an dalam diri hamba dan mohon Ya Allah jaga dari melupakannya.”

Ada produk speaker Qur’an yang dapat membantu Anda dalam menghafal Al-Qur’an. Klik di sini atau gambar di bawah ini untuk melihat detail produk.Metode Menghafal Al Quran

5. Mencari Guru

Metode Menghafal Al Quran

Sumber: google/bersosial

Menghafal Al-Qur’an tidak bisa sendirian, harus ada guru. Kalau tidak memiliki guru secara langsung, maaf sekali Anda boleh gunakan perangkat Youtube dan yang lainnya.

Akan tetapi biar lebih afdol sebaiknya miliki guru secara langsung, agar proses pembelajarannya pun lebih asyik dan menyenangkan.

6. Meluangkan Waktu

Metode Menghafal Al Quran

Ketika ingin menghafal Al Quran, maka harus meluangkan waktu. Cara terbaiknya adalah membuat target. Kalau targetnya 2 tahun, sehari harus hafal 1 halaman dan paling banyak meluangkan waktu 30 menit. Kalau ada yang setahun paling banyak 2 lembar sehari.

Meluangkan waktunya lebih banyak, sehari 2-3 jam. Tapi kalau ingin 30 hari, maka harus fokus menghafal selama 30 hari. Sehari 1 juz, kalau ingin 30 hari. Maka 30 hari khusus menghafal Qur’an. Sebelum itu 10 hari mesti ta’aruf dengan Al-Qur’an.

Baca juga: Kumpulan Doa Rasulullah untuk Kesembuhan Orang Sakit Lengkap dengan Artinya

Bagaimana Cara Ta’aruf dengan Al-Qur’an?

1. Cari Mushaf

Metode Menghafal Al Quran

Ustadz Adi Hidayat memberi nama At-Taisir untuk memudahkan menghafal. Katanya, di hari akhir tidak akan ditanya hafal ayatnya, nomornya, tapi untuk memudahkan kalau mengajar. Mushafnya cukup satu saja agar mudah.

Kalau berbeda-beda mushaf, akan lebih sulit pula untuk menyesuaikan.

2. Membuat Program

Metode Menghafal Al Quran

Dalam rangka menghafal Qur’an ini, kita perlu membuat program. Setiap malam lakukan salat Tahajud. Sabtu sampai Kamis programnya membaca, Jum’atnya berdoa agar dimudahkan, membaca Surah Al-Kahfi, serta perbanyak salawat dan sedekah.

Untuk hari ke 8, ulangi lagi juz 1-5. Hari ke 9 dan 10 ulangi lagi juz 1-5. Hari Senin mulai menghafal sehari 1 juz.

Baca Juga:  Doa Agar Anak Pintar Dan Sholeh | InsyaAllah Selamat Dunia Akhirat

Setelah ta’aruf dengan Al-Qur’an, selanjutnya praktikkan 6 poin di atas. Mushaf khusus untuk menghafal namanya At-Taisir. Untuk anak-anak dan pemula ada yang 10 juz.

Rekomendasi Produk Speaker Al-Quran yang Tersedia di Evermos

Metode Menghafal Al Quran

Salah satu cara untuk dapat menghafal Al-Qur’an adalah dengan mendengarkan lewat speaker Qur’an. Untuk info produk lebih detail silahkan cek di sini. 

Dengan adanya produk ini tentu saja dapat membantu Anda ataupun anak Anda yang ingin menghafal Al-Qur’an dengan mudah.

Produk ini memiliki spesifikasi lengkap untuk menghafal, antara lain adanya audio murratal Reciter Qur’an seperti Muzammil, Taqy Malik, Salim Bahanan dan lain-lain. Klik di sini untuk melihat detail produk.

Metode Menghafal Al Quran

Selain itu, dalam speaker Qur’an ini terdapat murratal per ayat, per halaman, per surat, per juz, terjemahan serta murratal anak.

Belum lagi ada bonus special yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki speaker Qur’an ini yaitu adanya kajian ceramah oleh para ustadz yang tersohor, seperti Ustadz Abdul Somad, Ustadz Adi Hidayat, dan lain sebagainya.

Speaker Quran ini juga terdapat Asmaul Husna, doa sehari-hari, dzikir pagi dan petang dan masih banyak manfaat yang akan Anda dapatkan.

Setelah Anda mengetahui manfaat atau benefit dari produk ini, apakah menyayangkan jika Anda tidak memilikinya?

Yuk, segera dapatkan produk speaker Quran ini untuk dapat membantu Anda dalam menghafal Quran secara mudah.

Untuk memiliki produk ini atau Anda ingin menjualnya, silahkan untuk klik Daftar Reseller Evermos Gratis di bawah ini.

Daftar Reseller Evermos Gratis 

Demikian metode cepat menghafal Al-Qur’an ala Ustadz Adi Hidayat. Semoga kita semua bisa istiqomah dan Allah memberi kekuatan untuk bisa mengamalkannya.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada siapapun yang membutuhkan, agar bisa sama-sama berikhtiar untuk menghafal Al-Qur’an.

Jangan lewatkan untuk membaca artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos.

 

 

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×