Wajib Tahu! Inilah 7 Fakta Menarik dari Masjid Al Aqsa Palestina

Masjid Al Aqsa Palestina

Masjid Al Aqsa Palestina – Masjid tersebut terletak di Yerussalem, Palestina, menjadi tempat bersejarah bagi umat Islam atas peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. Masjid itu juga menjadi salah satu tempat suci dan penting bagi umat Islam.

Dalam sejarah, Masjid ini menjadi tempat bermalam Nabi Muhammad SAW sebelum berangkat ke Sidrat al-Muntaha, batas akhir langit ke tujuh, untuk bertemu Allah SWT. Peristiwa perjalanan Nabi Muhammad SAW itu sering menyebutnya dengan peristiwa Isra Miraj.

Perlu kita ketahui bahwa masjid Al-Aqsa diperebutkan oleh tiga agama yaitu Islam, Kristen, dan Yahudi karena sebagai tempat bersejarah masing-masing agama.

Nah, bangunan masjid bersejarah itu menyimpan fakta menarik yang wajib kita ketahui. Apa sajakah faktanya? Simak ulasan artikel berikut hingga tuntas ya!

Baca juga: Kenapa Israel Menyerang Palestina Menurut Al Quran? Cek Faktanya Disini!

Fakta Menarik Masjid Al Aqsa Palestina

1. Kiblat Pertama

Masjid Al Aqsa Palestina

Sumber: shutterstock.com

Masjid Al Aqsa adalah salah satu situs tersuci dalam Islam selain Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Masjid Al Aqsha merupakan masjid dengan kiblat pertama bagi umat muslim dalam melaksanakan sholat. Sebelum hijrah ke Madinah, konon Rasulullah melaksanakan sholat dengan menghadap ke Masjid Al Aqsha.

Kemudian setelah melakukan perjalanan Isra Miraj, yaitu berkisar 1 bulan, Rasulullah mendapatkan wahyu berupa perintah sholat 5 waktu yang menghadap ke Ka’bah Mekah. Hal ini sesuai dalam QS Al Baqarah ayat 44, di mana Allah berfirman:

“Sungguh Kami (sering) melihat mukamu mengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkahlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan di mana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya. Dan sesungguhnya orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang diberi Al Kitab (Taurat dan Injil) memang mengetahui, bahwa berpaling ke Masjidil Haram itu adalah benar dari Tuhannya, dan Allah sekali-kali tidak lengah dengan apa yang mereka kerjakan.”

2. Terdiri dari Banyak Masjid

Masjid Al Aqsa Palestina

Sumber: shutterstock.com

Rupanya banyak orang yang masih mengira jika Al Aqsa ialah bangunan masjid berjumlah tunggal.

Baca Juga:  Ampuh dan Efektif! Inilah 5 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Masjid utama di Al Aqsa bernama Al-Jami’ al-Aqsha. Berada di sisi selatan, ciri khas bangunan itu berupa kubah timah yang berwarna abu-abu.

Masjid lainnya yang ada di sini antara lain Masjid Qibla, Masjid Al Sakhra (Dome of the Rock), Masjid Buraq, Masjid Marwani.

Ingin Berikhtiar dan Berdonasi Bersama Evermos?

Coba bayangkan bagaimana saudara kita yang ada di Palestina. Hingga saat ini Zionis menyerang Palestina di udara, laut dan darat. Puluhan gedung di bom dan rumah warga menjadi sasaran.

Jumlah korban gugur syahid dan luka-luka terus meningkat. Korban terdiri dari orang dewasa maupun anak-anak.

Tangan kecil mereka harus terluka bahkan hancur terkena bom. Para orangtua menangis kehilangan anaknya terlalu cepat.

Tidak hanya 1 atau 2, banyak orangtua yang menangis kehilangan anaknya. Begitupun seorang anak yang kehilangan orangtuanya.

Ya Allah, betapa memprihatinkan kondisi tersebut. Lantas, apakah kita hanya bisa berdiam diri di atas penderitaan saudara kita?

Atas musibah tersebut, Evermos bertekad membantu Anda sekalian untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi reseller Evermos.

Dengan menjadi reseller Evermos, setidaknya Anda bisa berikhtiar untuk mendapat penghasilan. Kemudian dari penghasilan tersebut, bisa Anda donasikan kepada warga Palestina.

Mari kita bantu saudara kita dengan menjadi reseller produk muslim dan donasikan harta terbaik Anda. Berapapun nominalnya, tentu akan sangat berarti bagi mereka.

IKHTIAR & DONASI SEKARANG

3. Dome of Rock Sebagai Kubah Pertama

Masjid Al Aqsa Palestina

Sumber: shutterstock.com

Kubah emas mungkin adalah pemandangan utama dalam foto atau video yang menunjukkan kompleks Al Aqsa.

Kubah yang bertengger pada Masjid Al Sakhra (Dome of the Rock) itu disebut sebagai kubah pertama yang pernah digunakan dalam arsitektur Islam.

Baca Juga:  Niat Puasa Ganti Ramadhan, Amalkan di Malam Sebelum Puasa Qadha

Awalnya terbuat dari kayu, kubah ini kemudian dihiasi dengan potongan marmer dan lapisan emas khas oleh Sultan Turki Utsmaniyah ke-10, Suleiman.

4. Tempat Cendikiawan dan Lahirnya Mahakarya

Masjid Al Aqsa Palestina

Sumber: shutterstock.com

Abu Hamid Al-Ghazali, seorang teolog, ahli hukum dan filsuf Persia terkemuka disebut sempat bermukim di Al-Aqsa.

Beliau disebut oleh beberapa sejarawan sebagai salah satu orang Muslim paling berpengaruh dalam sejarah sejak Nabi Muhammad.

Di sana, beliau menulis bukunya Ihyaa Ulum Al-Din (Kebangkitan Ilmu Agama), yang secara luas dianggap sebagai salah satu karya terbesar dalam literatur Islam dan di antara buku yang paling banyak dibaca di dunia Muslim.

5. Perpustakaan dalam Masjid

Masjid Al Aqsa Palestina

Sumber: google/bersosial

Perpustakaan Al Aqsa didirikan pada tahun 1923 oleh Dewan Legislatif Muslim Tertinggi.

Tempat perpustakaan ini memiliki koleksi manuskrip yang berharga dan karya-karya yang diterbitkan dalam studi Islam dan Arab.

Tentu saja perpustakaan ini memiliki sejarah tersendiri dalam peradaban Islam. Namun, naasnya tentara Israel sempat merusak dokumen perpustakaan dan fasilitas yang ada di dalamnya.

6. Pernah Dibakar dan Dihancurkan

Masjid Al Aqsa Palestina

Sumber: shutterstock.com

Sejak dulu hingga kini umat Islam, Kristen, dan Yahudi saling memperebutkan daerah Masjid Al-Aqsa sebagai situs bersejarah dan tanah suci di Yerussalem.

Perang tersebut menyebabkan Masjid Al-Aqsa hancur beberapa kali. Salah satunya pada tahun 1967 ketika Israel menguasai daerah tersebut.

Masjid Al-Aqsa juga pernah hancur karena gempa bumi yang menimpa wilayah Yerussalem pada abad ke-7. Di tahun 1969, seorang turis Australia Denis Michael Rohan dengan sengaja membakar mimbar Nuruddin Zanki dan Masjid Qibla.

7. Kisah Isra Miraj

Masjid Al Aqsa Palestina

Sumber: google/bersosial

Umat Muslim percaya bahwa Nabi Muhammad SAW diangkut dari Masjid Suci di Mekah ke Al-Aqsa selama “Perjalanan Semalam”, yang dikenal sebagai Isra Miraj, salah satu peristiwa terpenting dalam kalender Islam.

Baca Juga:  Kenapa Israel Menyerang Palestina Menurut Al Quran? Cek Faktanya Disini!

Selama perjalanan itu, Nabi Muhammad melakukan perjalanan dari Mekah ke Yerusalem, dan kemudian naik ke surga, dengan menumpang makhluk surgawi buroq.

Perjalanan Isra Miraj yang Nabi Muhammad SAW ini tertuang dalam surat Al Isra.

Mari kita doakan saudara kita. ‘Ya Allah, tolong selamatkan dan lindungi saudara kami di Palestina. Aamiin ya Rabbal ‘Alamin”

Demikianlah informasi mengenai fakta menarik seputar masjid Al Aqsa Palestina yang dapat Anda ketahui.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat, boleh share artikel ini kepada umat muslim lainnya agar mereka mengetahui betapa berharganya masjid yang sedang diserang oleh kaum Israel ini.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya pada situs Blog Evermos

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×