Kronologi Tenggelamnya KRI Nanggala | Doa Bagi Pahlawan Yang Gugur

KRI Nanggala

Pemberitaan di Indonesia saat ini tengah dihebohkan dengan berita tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402 di laut utara Bali. Status kapal ini telah dinyatakan sebagai “subsunk” setelah dilakukan 4 hari pencarian. Kapal terdeteksi berada di kedalaman hingga 850 meter di bawah permukaan laut.

Untuk lebih lengkapnya, berikut kami berikan fakta mengenai kronologi tenggelamnya KRI Nanggala-402 pada ulasan berikut ini.

Penyebab Tenggelamnya Kapal 

KRI Nanggala

sumber : google/bersosial

Untuk menjawab hal ini, kita bisa melihat dari kutipan anggota SAL Laksamana Yudo Margono yang mengatakan bahwa ada beberapa kepingan komponen yang diduga berasal dari kapal selam KRI Nanggala-402. Komponen itu tak mungkin ditemukan jika tak ada keretakan.

Tenggelamnya KRI Nanggala-402 ini diawali ketika kapal selam mengikuti latihan penembakan senjata strategis TNI AL 2021, Sesuai rencana, kapal selam ini hendak melakukan latihan tembak torpedo kepala perang pada Rabu dini hari.

Baca Juga : Inilah Penyebab Kebakaran Pertamina Indramayu Serta Kronologi Ceritanya

Penemuan Bukti Tenggelamnya Kapal

KRI Nanggala

sumber : google/bersosial

Hingga hari Senin, telah ditemukan beberapa kepingan dan barang di lokasi terakhir kapal selam tersebut terlihat saat menyelam yang diyakini bagian atau komponen yang melekat di dalam kapal selam dan ini tidak akan terangkat keluar kapal apabila tidak ada tekanan dari luar atau terjadi keretakan di peluncur torpedo.

Beberapa bukti itu antara lain tumpahan minyak, oli, serta beberapa barang lain yang hanya dimiliki KRI Nanggala-402.Tidak ada kapal lain yang berlayar di sana dalam radius 10 mil sehingga bisa dipastikan bahwa barang-barang terapung ini adalah milik KRI Nanggala. Barang-barang ini tidak dimiliki umum.

Baca Juga:  Cara Membeli Pelatihan Prakerja, Tenggat Waktu Terakhir Hari Ini Untuk Gelombang 13

Setelah penemuan komponen ini, maka dianggap sudah memenuhi status subsunk.

Bisa dipastikan kemungkinan besar ialah kapal selam KRI Nanggala-402 mengalami keretakan bukan ledakan.

Hal ini karena, jika terjadinya ledakan maka sudah terjadi kematian seluruhnya.

Pasalnya, jika terjadi ledakan maka suara ledakan itu akan tertangkap oleh sonar, sedangkan keadaan saat ini adalah kapal tidak terdeteksi getaran pada sonar apapun.

Doa Untuk Pahlawan yang Gugur

KRI Nanggala

sumber : google/bersosial

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pun mengungkapkan rasa kehilangan dan keprihatinan atas kejadian ini. Ada baiknya, kita selaku semua pihak berdoa selalu agar proses evakuasi dan pencarian KRI Nanggala ini bisa berjalan dengan baik.

Tidak kupa juga kita haturkan banyak doa untuk para korban pahlawan yang gugur dalam menjalankan tugasnya sebagai bentuk rasa prihatin yang mendalam. Adapun bacaan doa bagi para pahlawan yang tekah gugur adalah sebagai berikut.

Inaa lillahi wa inna ilaihi raaji’uun Allahumma jurnii fii mushibati wa akhlif lii khairan minhaa”

Artinya “Sesungguhnya kami milik Allah dan KepadaNya kami akan kembali (di hari Kiamat). Ya Allah! Berilah pahala kepadaku dan gantilah untukku dengan yang lebih baik (dari musibahku)” (HR.Muslim)

Doa Untuk Para Awak Kapal KRI Nanggala 402 

Adapun firman Allah SWT dalam Quran Surat Al Hasyr:10

وَالَّذِينَ جَاءُوا مِنْ بَعْدِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

“Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Anshor), mereka berdoa:

“Ya Rabb Kami, beri ampunlah Kami dan saudara-saudara Kami yang telah beriman lebih dulu dari Kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati Kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb Kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.”

Baca Juga:  Puasa Syawal Dulu atau Bayar Hutang Puasa Ramadhan? Simak Penjelasannya Disini!

Demikianlah Ulasan Mengenai Tenggelamnya Kapal Selam KRI Nanggala 402 Ini. Semoga Keluarga yang ditinggalkan bisa mendapatkan kelapangan yang sebesar-besarnya.

Ada baiknya pun kita bersama-sama terus mendoakan untuk para pahlawan yang telah gugur serta keluarga yang ditinggalkan.

Lengkapi koleksi perlengkapan Ibadah Anda Untuk Ramadan dan hanya di Aplikasi Evermos.

Bila belum mendaftar jadi reseller, maka Anda bisa klik link di bawah ini.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik tombol di bawah ini!

Untuk Membaca Artikel lainnya, Anda bisa mengunjungi situs blog Evermos.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×