Inilah Penyebab Kebakaran Pertamina Indramayu Serta Kronologi Ceritanya

Penyebab Kebakaran Pertamina Indramayu – Kilang minyak milik PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, meledak dan terbakar hebat sekitar pukul 01.00 WIB pada hari Senin (29/3/2021).

Bahkan pernah terjadi kebakaran pula pada Senin (4/2/2019) lalu, salah satu area Pertamina EP Balongan.

Namun, Pertamina EP memastikan bahwa kebakaran tersebut bukan terjadi pada kilang melainkan di wilayah kerja fasilitas Oil and Gas Transportation (OGT) Pertamina EP Asset 3.

Berdasarkan laman Pertamina, Kilang VI Balongan merupakan kilang keenam dari tujuh kilang Direktorat Pengolahan PT Pertamina.

Kegiatan bisnis utama di kilang ini yaitu mengolah minyak mentah dari Duri dan Minas menjadi produk-produk BBM (Bahan Bakar Minyak), non BBM dan Petrokimia.

Berikut ulasan beberapa fakta mengenai meledaknya Pertamina Indramayu, yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Kronologi Kejadian Kebakaran Pertamina Indramayu

Penyebab Kebakaran Pertamina Indramayu
Sumber: google/bersosial

Api yang melalap kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan terlihat dari jarak sejauh 5 kilometer. Ada salah seorang warga Indramayu yang menyampaikan hal tersebut.

Sementara warga lainnya juga menuturkan hal yang sama, bahwa kawasan kilang minyak Pertamina tersebut sempat mengeluarkan suara cukup keras sebelum api berkobar begitu hebat.

Ledakan kilang minyak itu memang sempat membuat geger masyarakat sekitar.

Karena ledakan tersebut menimbulkan getaran dan merusak puluhan bangunan rumah warga yang ada di sekitar lokasi kejadian.

Seorang warga Blok I Simpang Tiga, Desa Majakerta, Kecamatan Balongan, melihat dinding rumahnya pada bagian tengah retak dan terkelupas.

Hal tersebut terjadi saat timbul getaran yang diduga akibat ledakan kilang minyak milik Pertamina.

Getaran yang ditimbulkan sebelum kilang minyak Balongan meledak juga turut dirasakan oleh warga yang  tinggal di RT 012, RW 001 Blok Simpang Tiga, kondisinya di mana plafon rumahnya runtuh dan kacanya pecah.

Penyebab Kebakaran Pertamina Indramayu

Penyebab Kebakaran Pertamina Indramayu
Sumber: google/bersosial

Penyebab kebakaran tersebut sebenarnya masih diselidiki lebih lanjut oleh pihak polisi. Akan tetapi, menurut kabar dari beberapa media ada indikasi kebocoran pada pipa tangki minyak yang terbakar di kilang minyak RU VI Balongan di Kabupaten Indramayu.

Menurut Kabidhumas Polda Jawa Barat, Komisaris Besar Polisi Erdi A Chaniago, menyatakan, dari hasil penyelidikan dan tim mendapatkan banyak informasi.

Menurut beliau, ada dua kemungkinan penyebab terjadinya kebakaran itu, antara lain yaitu karena kebocoran, atau dari adanya petir yang menyambar ke tangki minyak.

Namun, menurut beliau, sejumlah spekulasi itu masih perlu dibuktikan dengan menunggu dimulainya proses olah tempat kejadian perkara (TKP).

Karena menurutnya sejauh ini pihak Pertamina masih berupaya mengontrol situasi kejadian kebakaran tersebut.

Upaya PT Pertamina dalam Memadamkan Kebakaran

Penyebab Kebakaran Pertamina Indramayu
Sumber: google/bersosial

Untuk pemadamannya, Pertamina menggunakan foam, perimeter band wall dan juga pusat nyala api. Hal ini untuk memastikan api tidak menjalar ke area lainnya.

Selain itu, Pertamina juga melakukan pendinginan. Pendinginan dilakukan dengan memakai mobil pemadam kebakaran dari Pertamina, Pemda Cirebon dan Pemda Indramayu.

Menurut Direktur Utama (Dirut) Pertamina, Nicke Widyawati menyatakan,

“Untuk mencegah api itu ke daerah lain, kami juga melakukan pendinginan di area sekitar. Untuk penanganan ini ada sepuluh mobil pemadam kebakaran yang kita operasikan dan ini Damkar, ini dari Pertamina Grup dan juga Pemda Cirebon dan Pemda Indramayu,” ujarnya.

Beliau juga meminta warga tetap menjauhi lokasi kebakaran. “Kami memohon warga sekitar yang ada di sekitar untuk tetap tenang dan mejauhi lokasi kebakaran,” imbuhnya.

Korban Kebakaran

Penyebab Kebakaran Pertamina Indramayu
Sumber: google/bersosial

Melansir dari Suara.com, hingga kini masih belum diketahui secara pasti berapa orang yang menjadi korban akibat meledaknya Pertamina Indramayu.

Namun, terdapat mobil ambulance dan truk petugas hilir mudik di lokasi kejadian kebaran.

Kendaraan itu tengah mengevakuasi sejumlah warga yang mengalami luka-luka akibat meledaknya PT Pertamina RU VI Balongan.

Kemudian, mereka yang mengalami luka-luka dilarikan ke RS Pertamina Balongan dan RSUD Indramayu.

Selain mengevakuasi korban di lokasi kebakaran, petugas juga mengevakuasi warga di sejumlah desa yang berlokasi di sekitaran PT Pertamina RU VI Balongan.

Perumahan Bumi Patra dan Pendopo Indramayu dijadikan sebagai lokasi pengungsian dadakan.

Di tempat pengungsian tersebut, sudah disiapkan tenaga medis. Di mana mereka akan memeriksa kondisi kesehatan dari para warga.

Sedangkan sebagian warga kini harus mengungsi dengan menggunakan kendaraan pribadi masing-masing.

Apa Saja Kerugian Akibat Kebakaran Pertamina?

Penyebab Kebakaran Pertamina Indramayu
Sumber: google/bersosial

Corporate Secretary  Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya menjelaskan bahwa BBM yang diolah di Kilang Balongan merupakan pasokan untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Saat ini, Sukarya melanjutkan, yang dilakukan adalah fokus penanganan pada pemadaman kebakaran kilang.

Untuk itu, Pertamina juga turut mengerahkan bantuan dari unit Kilang lain yaitu RU IV Cilacap. Untuk kerugian saat ini memang belum bisa ditaksir.

Sementara untuk penanganan para korban saat ini korban yang menderita luka bakar sedang di rawat di RS Balongan.

Demikianlah fakta-fakta atau informasi mengenai insiden meledaknya Pertamina Indramayu yang kami kumpulkan informasinya dari berbagai sumber media.

Untuk membaca artikel menarik lainnya, silahkan untuk mengunjungi situs blog Evermos. 

×