10 Keistimewaan Anak Lahir Bulan Syaban dan Keutamaannya dalam Islam

Keistimewaan anak lahir bulan Syaban perlu kamu ketahui jika buah hati lahir di bulan yang penuh berkah tersebut. Apalagi bulan Syaban adalah salah satu bulan istimewa dalam agama Islam.

Salah satu keistimewaan yang dimiliki oleh anak yang lahir di bulan Syaban adalah keberkahan dan keberuntungan yang diberikan kepada mereka. 

Selain itu ada juga ada keutamaan bulan Syaban yang juga dapat memberikan pengaruh yang baik kepada anak.

Untuk tahu selengkapnya mengenai keistimewaan anak lahir bulan Syaban beserta keutamaan bulan tersebut, mari simak pembahasannya berikut ini.

Baca juga: Anjuran Malam Nisfu Syaban Baca Yasin Berapa Kali? Penting!

5 Keistimewaan Anak Lahir Bulan Syaban 

Keistimewaan Anak Lahir Bulan Syaban
Sumber: canva.com

Sebagai bulan di Islam yang penuh berkah, ada banyak keistimewaan anak lahir bulan Sya’ban. Mari simak beberapa keistimewannya dalam Islam berikut ini: 

1. Diberikan Keberkahan dan Keberuntungan

Keistimewaan seorang anak yang lahir di bulan Syaban yang pertama adalah diberikan keberkahan dan keberuntungan oleh Allah SWT. 

Mereka memiliki kesempatan yang lebih besar untuk sukses dalam hidupnya. Ini karena Allah SWT menjanjikan keberkahan dan keberuntungan bagi mereka yang dilahirkan di bulan ini.

2. Dilindungi dari Segala Jenis Bencana

Selanjutnya, orang yang lahir di bulan Syaban juga mendapatkan perlindungan oleh Allah SWT dari berbagai macam bencana dan kesulitan di hidupnya.



Selain itu, mereka dilindungi oleh Allah SWT dari berbagai bahaya yang mungkin mengancam hidup mereka dan diselamatkan oleh Allah SWT.

3. Memiliki Kepribadian yang Kuat dan Berani

Sifat anak yang lahir di bulan Sya’ban juga sangatlah positif, mulai dari pribadi yang kuat juga pemberani dalam urusan apapun.

Selain itu anak yang lahir di bulan Syaban memiliki kemampuan untuk menghadapi berbagai rintangan dan tantangan dalam hidup mereka. 

Kepribadian yang kuat dan berani ini akan membantu mereka meraih kesuksesan di masa depan.

Baca juga: 8 Amalan Nisfu Syaban Pembuka Rezeki dan Pengampun Dosa.

4. Diberikan Kecerdasan dan Kecakapan yang Tinggi

Keistimewaan anak lahir bulan Sya ban juga diberikan kecerdasan dan kecakapan yang tinggi. Mereka memiliki kemampuan untuk belajar dengan cepat dan mudah menguasai berbagai bidang. 

Kecerdasan dan kecakapan yang tinggi ini akan membantu mereka meraih kesuksesan di masa depan.

5. Diberikan Kemudahan dalam Melaksanakan Ibadah

Kemudian anak yang lahir di bulan Syaban diberikan kemudahan dalam melaksanakan ibadah. 

Mereka memiliki keberuntungan untuk bisa menjalankan ibadah dengan baik dan lancar. Ini karena Allah SWT memberikan keberkahan pada bulan Syaban sebagai persiapan menjelang bulan Ramadhan.

Dalam Islam, anak yang dilahirkan di bulan Syaban dianggap sebagai anugerah dari Allah SWT. 

Selanjutnya mereka memiliki banyak keistimewaan dan keberuntungan yang dapat membantu mereka meraih kesuksesan di masa depan. 

Oleh karena itu, sebagai orang tua, kita harus berusaha untuk mendidik dan membesarkan anak-anak kita dengan baik agar mereka dapat memanfaatkan keberuntungan dan keberkahan yang diberikan oleh Allah SWT.

Baca juga: 25 Ucapan Nisfu Syaban 2023 Penuh Doa dan Rahmat.

5 Keutamaan Bulan Syaban dalam Islam

Keistimewaan Anak Lahir Bulan Syaban
Sumber: canva.com

Selain keistimewaan bagi seorang anak yang lahir di bulan Syaban, bulan ini juga memiliki keutamaan dan keistimewaan tersendiri. Berikut ini penjelasannya:

1. Sebagai Bulan Nisfu Syaban

Keutamaan bulan Syaban terletak pada pertengahannya atau disebut sebagai Nisfu Sya’ban. Secara harfiah istilah Nisfu Syaban berarti hari atau malam pertengahan bulan Syaban atau tanggal 15 Syaban.

Selain itu pada bulan ini umat muslim dapat memanfaatkannya dengan sebaik-baik mungkin.

Hal yang dapat dilakukan di bulan tersebut adalah berpuasa di hari Nisfu Syaban dan memperbanyak shalat di malam harinya.

2. Diangkat Amal Ibadah dan Diampuni Segala Dosa

Syaban merupakan bulan diangkatnya amal ibadah seluruh umat manusia yang ada di bumi untuk diserahkan kepada Allah SWT.

Hal tersebut berdasarkan pada hadits yang diriwayatkan dari Usamah bin Zaid. Ia berkata,

“Katakanlah wahai Rasulullah, aku tidak pernah melihat engkau berpuasa selama sebulan dari bulan-bulannya selain di bulan Syaban”.

3. Diapit oleh Dua Bulan Mulia

Berikutnya, keistimewaan bulan Syaban yaitu diapit dua bulan mulia, yakni Rajab dan Ramadhan. Namun, karena berada di antara keduanya, terkadang bulan Syaban justru terlupakan.

Rasulullah SAW bersabda:

ذَٰكَ شَهْرٌ تَغْفُلُ النَّاسُ فِيهِ عَنْهُ، بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ

Artinya: “Bulan Syaban adalah bulan yang biasa dilupakan orang, karena letaknya antara bulan Rajab dengan bulan Ramadhan.” (HR Abu Dawud dan Nasa’i).

4. Turunnya Ayat untuk Bershalawat Kepada Nabi

Selanjutnya, pada bulan Syaban terdapat berbagai peristiwa, salah satunya adalah turunnya ayat Alquran yang menganjurkan membaca shalawat kepada Rasulullah SAW. Ayat tersebut terdapat pada surah Al-Ahzab ayat 56.

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS Al-Ahzab Ayat 56).

Dalam rangka menyambut bulan Syaban, kamu bisa amalkan doa Syaban dengan temukan bacaan doa Syaban dan artinya disini: 2 Doa Bulan Syaban dan Artinya : Keutamaan dan Amalannya.

5. Bulan yang Disenangi Rasulullah SAW

Keistimewaan yang terakhir dari bulan Syaban adalah bulan yang disenangi Rasulullah SAW.

Pada bulan Syaban Rasulullah senantiasa melaksanakan puasa. Terkadang Rasulullah SAW berpuasa Syaban lalu menyambungnya dengan puasa di bulan Ramadhan.

Hal tersebut disampaikan oleh Sayyidah Aisyah radhiyallahu ‘anha:

كَانَ أَحَبَّ الشُّهُوْرِ إِلَى رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلم أَنْ يَصُوْمَهُ شَعْبَان ثُمَّ يَصِلَهُ بِرَمَضَانَ. أَخْرَجَهُ أحمدُ وأبو داودَ والنَّسَائِيُّ

Artinya: “Bulan yang paling disenangi Rasulullah untuk berpuasa sunnah di dalamnya adalah Syaban, kemudian beliau menyambungnya dengan puasa Ramadhan” (HR. Ahmad, Abu Dawud dan An-Nasa’i)

Bahkan Rasulullah SAW terkadang berpuasa Syaban sebulan penuh dan terkadang beliau berpuasa di sebagian besar bulan Syaban seperti diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim.

Demikianlah pembahasan tentang keistimewaan anak lahir bulan Syaban, untuk mengetahui lebih jelas kamu bisa menonton video di bawah ini:

Jika ingin membaca artikel islami menarik lainnya, kunjungi terus situs Blog Evermos. Semoga bermanfaat!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)