8 Amalan Nisfu Syaban Pembuka Rezeki dan Pengampun Dosa. Sayang Jika Dilewatkan!

Amalan Nisfu Syaban – Saat ini kita telah memasuki bulan syaban. Syaban adalah bulan penuh berkah dan kebaikan. Terlebih, ada suatu waktu istimewa yakni nisfu syaban. Pada hari ini Allah membuka pintu rahmat dan ampunan seluas-luasnya bagi umat muslim. Untuk itu, kita perlu melaksanakan amalan nisfu syaban agar mendapat pahala dari Allah SWT.

Malam Nisfu Sya’ban juga dinamakan malam pengampunan atau malam maghfirah. Imam Al Gozhali RA menyebut malam Nisfu Sya’ban adalah malam yang penuh dengan syafaat atau pertolongan.

Pada Malam Nisfu Sya’ban, Allah SWT akan mengampuni dosa orang yang memohon ampunan, mengasihi mereka yang memohon kasih, menjawab setiap doa, meringankan penderitaan orang susah, dan membebaskan orang dari siksa api neraka.

Peringatan malam nisfu syaban berlangsung setiap malam tanggal 15 Syaban. Dalam kalender masehi tahun 1442 H ini, malam Nisfu Syaban akan jatuh pada tanggal 28-29 Maret 2021 mendatang.

Maka dari itu, pada bulan syaban inilah umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah sunah dan amalan. Sebagaimana dikatakan dalam sebuah hadis HR Al-Bukhari bahwa Nabi Muhammad SAW sering menunaikan puasa sunah pada nisfu syaban dibandingkan bulan-bulan lainnya.

Selain ibadah puasa, masih banyak lagi amalan nisfu syaban lainnya yang bisa kita kerjakan. Jadi, apa saja amalan yang bisa kita lakukan pada nisfu syaban ini?  Mari langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

Amalan Nisfu Syaban Pembuka Rezeki dan Pengampun Dosa Bisa Kita Amalkan!

1. Membaca shalawat

amalan nisfu syaban
sumber : shutterstock.com

Salah satu peristiwa penting yang ada dalam bulan Syaban adalah turunnya ayat Tentang anjuran membaca salawat. Perintah ini tercantum dalam Alquran surat Al-Ahzab ayat 56, yang berbunyi:

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

Artinya: Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.

Oleh karena itu salah satu amalan nisfu syaban yang dianjurkan adalah membaca shalawat pada Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga : Rutinkan Sedekah Subuh, Doa Terkabulkan dan Mendapat Keistimewaan Lainnya

2. Puasa Syaban

amalan nisfu syaban
Sumber: shutterstock.com

Bulan Sya’ban merupakan pengantar menuju bulan Ramadhan. Jadi, bulan Sya’ban merupakan waktu yang baik dan tepat untuk melatih ibadah sebelum memasuki Ramadhan.  Amalan-amalan sunah pada bulan syaban atau satu bulan menjadi latihan umat muslim menyongsong bulan kemuliaan.

Amalan sunah di bulan Syaban diganjar pahala yang tak kalah dengan Ramadan. Umat muslim bisa merasa rugi jika tidak menjalankannya.

Sebagaimana dikatakan dalam sebuah hadis HR Al-Bukhari bahwa Nabi Muhammad SAW sering menunaikan puasa sunah pada nisfu syaban dibandingkan bulan-bulan lainnya.

Baca Juga : Ketahui 4 Ayat Tentang Puasa dan Maknanya Ini Agar Puasa Lebih Semangat

3. Memperbanyak Doa

amalan nisfu syaban

Saat malan nisfu syaban pintu rahmat dan pintu pengampunan dibuka oleh Allah SWT. Anjuran untuk memperbanyak doa selama bulan ini tertuang dalam hadis riwayat Abu Bakar bahwa Rasulullah bersabda:

“(Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam nisfu Syaban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan),” (HR Al-Baihaqi).

Memperbanyak doa menjadi amalan nisfu nyaban yang sayang sekali jika dilewatkan. Apalagi di malam Nisfu Syaban saat pahala-pahala umat manusia diangkat oleh Allah SWT.

4. Membaca Dzikir dan Kalimat Syahadat

amalan nisfu syaban
sumber : shutterstock.com

Dua kalimat syahadat adalah kalimat yang sangat mulia. Kalimat tersebut baik untuk dibaca kapan pun dan di mana pun, terutama ketika malam nisfu syaban.

Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Sayyid Muhammad bin Alawi bahwa:

“Seyogyanya seorang muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat, La Ilaha Illallah Muhammad Rasululullah, khususnya bulan Syaban dan malam pertengahannya.”

5. Memperbanyak Istighfar

amalan nisfu syaban
sumber : shutterstock.com

Istighfar adalah salah satu cara untuk meminta ampunan kepada Allah SWT. Sebab, sebagai manusia tentu kita tak luput dari kesalahan dan dosa.

Oleh karena itu, memperbanyak istigfar  bisa menjadi pembuka ampunan atas segala dosa-dosa yang telah dilakukan. Selain itu, istighfar juga dapat memudahkan rezeki. Sebagaimana dikatakan Sayyid Muhammad bin Alawi bahwa:

“Istighfar merupakan amalan utama yang harus dibiasakan orang Islam, terutama pada waktu yang memiliki keutamaan, seperti Sya’ban dan malam pertengahannya. Istighfar dapat memudahkan rezeki, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadis. Pada bulan Sya’ban pula dosa diampuni, kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan”.

6. Membaca Al-Quran

amalan nisfu syaban
sumber : shutterstock.com

Frekuensi membaca Al-Quran di bulan Syaban harus terus anda tingkatkan sebab beberapa sahabat Rasulullah menganggap Syaban adalah bulan Al-Quran.

Ada sebuah hadist riwayat Ibnu Rajab, Anas RA berkata bahwa kaum muslim ketika telah memasuki bulan Syaban mereka mengambil mushaf Al-Quran kemudian membacanya.

7. Shalat Malam

amalan nisfu syaban
sumber : shutterstock.com

Shalat malam menjadi amalan sunah di bulan Syaban yang sayang jika dilewatkan.

Hadist riwayat al-Albaihaqi dari ‘Ala’ bin Haris, menyebutkan Sayyidah A’isyah berkisah, suatu malam Nabi Muhammad salat, kemudian beliau bersujud panjang, sehingga aku menyangka bahwa Nabi telah diambil (wafat), karena curiga maka aku berdiri dan aku gerakkan telunjuk beliau dan ternyata masih bergerak.

Setelah Nabi selesai shalat beliau berkata: “Hai Aisyah, apakah engkau menduga Nabi SAW tidak memperhatikanmu?” Lalu aku menjawab: “Tidak ya Rasulullah, aku hanya berpikiran yang tidak-tidak (menyangka Nabi telah tiada) karena engkau bersujud begitu lama”.

Lalu beliau bertanya: “Tahukah engkau, malam apa sekarang ini”. Aku menjawab, “Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu.”

Rasulullah berkata, “Malam ini adalah malam Nisfu Syaban, Allah mengawasi hambanya pada malam ini, maka Ia memaafkan mereka yang meminta ampunan, memberi kasih sayang mereka yang meminta kasih sayang dan menyingkirkan orang-orang yang dengki.”

Salat tahajud

Salah Satu jenis Shalat malam yang baik untuk Anda laksanakan adalah salat tahajud. Seperti telah dijelaskan Nabi Muhammad SAW terkait keuntungan dari salat tahajud, dalam hadis berikut:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ـ رضى الله عنه ـ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ “‏ يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِي فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ ‏”‏‏.

Artinya: Seperti dinarasikan Abu Huraira, Rasulullah SAW mengatakan, “Allah SWT yang maha besar dan maha kuat, turun ke surga yang terdekat dengan kehidupan manusia saat malam hanya tersisa sepertiga. Allah SWT berkata, Adakah hamba yang memohon kepadaKu sehingga Aku bisa menanggapi permohonannya? Adakah hambaku yang meminta kepadaKu sehingga Aku bisa mengabulkan permintaannya? Adakah yang memohon pengampunan sehingga Aku bisa mengampuninya?” (HR Bukhari).

8. Membaca Surat Yasin Tiga Kali

amalan nisfu syaban
sumber : shutterstock.com

Setelah Anda melaksanakan seluruh ibadah di atas, jangan lupa juga untuk melanjutkan dengan membaca surat Yasin sebanyak tiga kali.

Surat Yasin pertama dibaca untuk memohon panjang umur serta ketakwaan dan istiqamah kepada Allah SWT. Surat Yasin kedua bertujuan untuk memohon perluasan rezeki yang halal dan menolak bala. Kemudian surat Yasin ketiga dibaca untuk memohon keyakinan iman Islam hingga akhir hayat.

Demikianlah ulasan mengenai amalan nisfu syaban yang bisa kita lakukan di malan nisfu syaban kelak. Jangan sampai Anda lewatkan ya! Karena momen ini hanya setahun sekali. Banyak sekali pahala yang berlimpah dan pintu rahmat yang dibukakan Allah SWT. Semoga amalan nisfu syaban ini bisa menjadi penghapus dosa kita semua.

Lengkapi koleksi perlengkapan ibadah Anda untuk persiapan nisfu syaban di Aplikasi Evermos. Ada beragam produk kebutuhan muslim sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha?

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik di bawah ini!

YUK, GABUNG DISINI!

Sekian artikel amalan nifsu syaban ini, jangan lupa Amalkan dan sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat ya!

Nabi Muhammad SAW pun pernah bersabda bahwa barang siapa yang memberitahukan berita datangnya bulan Sya’ban kepada yang lain, maka haram api neraka untuknya.

Jangan lewatkan artikel islami lainnya hanya di situs Blog Evermos.

×