21 Kegiatan Hari Sumpah Pemuda 2024 yang Bermakna dan Meriah

Pada tanggal 28 Oktober 2024 ini, bangsa Indonesia akan memperingati Hari Sumpah Pemuda. Artinya akan banyak kegiatan Hari Sumpah Pemuda yang berlangsung di penjuru Indonesia. 

Sumpah Pemuda adalah salah satu hari penting nasional dengan peristiwa bersejarah yang selalu di kenang oleh masyarakat Indonesia. 

Sehingga, setiap memasuki hari peringatan Sumpah Pemuda, ada berbagai kegiatan yang masyarakat laksanakan. 

Tujuan dari kegiatan-kegiatan ini adalah sebagai bentuk panggilan kepada para bangsa Indonesia untuk semakin meningkatkan semangat nasionalisme, terutama bagi pemuda pemudi tanah air. 

Adapun pada tahun 2024 ini, Hari Sumpah Pemuda memasuki peringatan yang ke 95 tahun sejak 28 Oktober 1928 lalu. 

Penasaran apa saja kegiatan yang bisa dilaksanakan saat peringatan Hari Sumpah Pemuda? Mari simak berbagai ide kegiatannya berikut ini. 

Baca juga: 45 Kata Kata Hari Sumpah Pemuda 2024 Bijak dan Penuh Semangat.

Tema Hari Sumpah Pemuda 2024 

kegiatan hari sumpah pemuda
Sumber: Kemenpora.go.id

Berdasarkan situs resmi Kemenpora RI, Hari Sumpah Pemuda 2024 yang ke 96 ini mengusung tema, “Bersama Majukan Indonesia”. 

Tema ini mengandung tiga makna, yaitu: 

  • Membangun Semangat Kolaborasi dari semua elemen Bangsa dalam Memajukan Indonesia.
  • Memantapkan kerja bersama dalam satu orkestrasi gerak langkah melalui rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 96 Tahun 2024 sehingga tercipta Pemuda Maju.
  • Meraih Peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) melalui kerjasama lintas kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah.

Sehingga dari tema tersebut, Kemenpora RI berencana mengadakan beberapa rangkaian kegiatan yang akan dijelaskan di bawah ini. 

Kegiatan Hari Sumpah Pemuda 2024 oleh Kemenpora RI

Kegiatan memperingati Hari Sumpah Pemuda tidak hanya diselenggarakan oleh kelompok atau komunitas tertentu di masyarakat, namun juga resmi diselenggarakan oleh pemerintah. 

Bahkan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI sudah mempersiapkan tema hingga rangkaian kegiatan resmi untuk menyambut peringatan Hari Sumpah Pemuda ini. 

  1. Launching Bulan Pemuda 
  2. Youth Leaders Summit 
  3. Festival Organisasi Kepemudaan 
  4. Seleksi dan Apresiasi Pemuda Berprestasi: Kepemimpinan, Kewirausahaan, Kepeloporan dan Kesukarelawanan 
  5. Apresiasi Penggerak Pemuda Berprestasi  
  6. Pesta Prestasi Pemuda 
  7. Talkshow dan diskusi serta lomba-lomba kepemudaan
  8. Turnamen olahraga antar Organisasi Kepemudaan 
  9. Anugerah Kepemudaan 2024: 
  10. Anugerah Pemuda Pelopor 
  11. Anugerah Wirausaha Muda Pemula Berprestasi 
  12. Anugerah Penggerak WiraMuda Berprestasi 
  13. Anugerah Pasangan Muda Inspiratif 2024

Ide Kegiatan Hari Sumpah Pemuda yang Seru dan Bermakna

kegiatan hari sumpah pemuda
Sumber: Canva

Selain berbagai rencana kegiatan oleh Kemenpora di atas, berikut ini adalah beberapa ide kegiatan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke 95: 

1. Kegiatan Upacara Bendera

Ide kegiatan pertama yang bisa Anda laksanakan bersama sekelompok masyarakat, di institusi, organisasi, sekolah dan sebagainya adalah kegiatan upacara bendera. 

Kegiatan upacara bendera dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda ini juga direncanakan oleh Kemenpora RI. 

Anda dapat membaca susunan upacara bendera Hari Sumpah Pemuda 2024 yang disusun oleh Kemenpora RI disini: Susunan Upacara Hari Sumpah Pemuda 2024 Kemenpora RI.

2. Festival Pakaian Tradisional 

Kegiatan berikutnya yaitu mengadakan festival pakaian tradisional. Anda bisa membuat kesepakatan dengan rekan di kantor, di kampus, hingga di sekolah. 

Jadi nantinya setiap orang akan mengenakan pakaian tradisional Indonesia dari daerah manapun sebagai bentuk rasa bangga dan cinta terhadap tanah air. 

Mengenakan pakaian tradisional ini adalah salah satu kegiatan Hari Sumpah Pemuda yang cukup menarik dan memang banyak pemuda pemudi yang melakukannya. 

3. Kegiatan Kepemudaan 

Berikutnya adalah dengan mengikuti atau mengadakan kegiatan kepemudaan. Hari Sumpah Pemuda memang identik memiliki fokus pada semangat pemuda pemudi bangsa Indonesia. 

Sehingga, Anda bisa bergabung bersama kegiatan kepemudaan di lingkungan rumah, kampus, ataupun sekolah untuk merayakan hari Sumpah Pemuda. 

Selain itu, Anda juga bisa berpartisipasi pada rangkaian kegiatan Hari Sumpah Pemuda yang telah direncanakan oleh Kemenpora pada penjelasan di atas. 

4. Diskusi dan Bedah Buku 

Kemudian juga ada kegiatan diskusi dan bedah buku. Kegiatan diskusi memang menjadi wadah yang cukup penting untuk menampung aspirasi dan pendapat pemuda pemudi Indonesia saat ini. 

Kegiatan ini bisa dilakukan bersama bedah buku mengenai pahlawan, sejarah Indonesia, ataupun perjuangan pemuda pada masa Kongres Pemuda dulu. 

Dengan kegiatan ini, maka akan mengangkat kembali semangat dan kepedulian masyarakat Indonesia khususnya para pemuda dan pemudi mengenai cinta tanah air. 

Baca juga: Para Milenial Harus Lakukan Ini untuk Memaknai Hari Sumpah Pemuda.

5. Seminar Tema Sumpah Pemuda 

Kegiatan seminar memang kerap dilaksanakan saat peringatan Hari Sumpah Pemuda. Berbagai komunitas, organisasi, institusi dan sebagainya banyak melaksanakan seminar. 

Seminar ini akan mengangkat tema mengenai Sumpah Pemuda, mulai dari mengenang kisah perjuangan pemuda Indonesia pada masa menjelang kemerdekaan, hingga berbagai peluang dan inovasi yang perlu dilakukan oleh pemuda Indonesia di masa yang akan datang.

6. Kegiatan Kerja Bakti 

Berikutnya adalah kegiatan kerja bakti dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda 2024. Kerja bakti ini adalah salah satu kegiatan yang positif dan meningkatkan silaturahmi antar warga. 

Anda dapat mengusulkan kegiatan kerja bakti kepada komunitas atau organisasi di daerah Anda. 

Kegiatan ini nantinya akan mengajak warga untuk bergotong royong membenahi dan membersihkan lingkungan. 

7. Menonton Film Tentang Kepemudaan 

Kegiatan memperingati Hari Sumpah Pemuda yang berikutnya adalah menonton film mengenai kepemudaan. 

Mulai dari film sejarah dan film Indonesia masa kini yang mengusung tema pemuda yang peduli terhadap tanah air. 

Anda dapat menyelenggarakan kegiatan ini bersama para pemuda pemudi di lingkungan rumah, bersama teman-teman di sekolah, maupun di kantor. 

8. Menyelenggarakan Perlombaan Tema Sumpah Pemuda

Ide kegiatan Hari Sumpah Pemuda yang terakhir yaitu dengan menyelenggarakan perlombaan atau kompetisi. 

Perlombaan juga menjadi salah satu kegiatan rutinan yang diselenggarakan masyarakat. 

Mulai dari lomba di sekolah hingga lomba di lingkungan rumah seperti tingkat RT atau RW. 

Ada banyak sekali ide lomba dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda. Anda bisa mengadaptasi ide perlombaan 17 Agustus yang seru dan menarik.

Selain itu, juga ada lomba menghias mading di sekolah yang kerap dilaksanakan setiap tahunnya pada tanggal 28 Oktober. 

Itulah beberapa ide kegiatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2024 yang dapat Anda jadikan inspirasi dalam menyambut tanggal 28 Oktober. 

Jika ingin membaca artikel informatif dan menarik lainnya, kamu dapat kunjungi blog Evermos. 

Selamat memperingati Sumpah Pemuda!

Selain itu, jika Anda ingin mendapatkan kesempatan untuk berpenghasilan tambahan tanpa modal, dan tidak perlu keluar rumah, kamu bisa cek di Evermos.

Pada platform tersebut, Anda bisa memulai usaha tanpa modal sebagai reseller.

Selain itu, apabila Anda adalah seorang pebisnis pemula, Anda juga bisa mendapatkan bimbingan yang sangat bermanfaat untuk keberjalanan usaha Anda.

Tertarik? Klik tombol di bawah ini untuk registrasi gratis!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)