Home » Para Millenial Harus Lakukan Ini untuk Memaknai Hari Sumpah Pemuda

Para Millenial Harus Lakukan Ini untuk Memaknai Hari Sumpah Pemuda

by Risma Novianti
0 comment

Tepat hari ini, 28 Oktober 2020 diperingati Hari Sumpah Pemuda. Peringatan ini didasari oleh peristiwa di Kongres Pemuda II pada tanggal 28 Oktober 1928 silam.

Pada saat itu para pemuda berkumpul untuk bersatu demi bangsa Indonesia. Ada 3 hal yang diikrarkan, isi ikrar sumpah pemuda diantaranya mengaku bertumpah darah yang satu, Tanah Air Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia dan menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Biasanya sumpah pemuda diperingati dengan cara melaksanakan upacara di sekolah, pemerintah atau instansi lainnya.

Akan tetapi selain daripada itu, banyak kegiatan atau hal yang bisa dilakukan. Terutama untuk para millenial yang memiliki peranan penting sebagai penerus bangsa.

Lalu, hal apa saja yang harus dilakukan oleh kaum millenial untuk memaknai hari sumpah pemuda? Simak penjelasan di bawah ini hingga tuntas ya!

Baca juga: Inilah 5 Bisnis Online untuk Pelajar yang Menguntungkang!

Hal yang Harus Dilakukan Para Millenial untuk Memaknai Hari Sumpah Pemuda

1. Rajin Belajar dan Berprestasi

Sumpah Pemuda

Sumber: pexels.com

Tahukah kamu jika para pemuda zaman dahulu punya semangat yang tinggi untuk memajukan Indonesia. Nah, hal itu lah yang harus ikut kita tanamkan pada diri masing-masing.

Tidak hanya itu, untuk membangun negeri dan bangsa ini pastinya dibutuhkan sumder daya manusia yang unggul.

Hal yang bisa kita lakukan salah satunya adalah dengan rajin belajar dan berprestasi. Kita bisa berprestasi di bidang akademik dan non akademik.

Akan tetapi, sebelumnya kita harus mengetahui passion kita terlebih dahulu. Agar kita bisa berjuang pada bidang yang memang dikuasai.

Jika kita sudah berprestasi, tentu akan bermanfaat bagi orang sekitar termasuk untuk bangsa dan negara.

2. Menjunjung Nilai Toleransi

Sumpah Pemuda

Sumber: pexels.com

Dalam memaknai sumpah pemuda, kita harus menyadari bahwa Indonesia berdiri dengan ragam suku, budaya, dan agama yang seharusnya bisa membuat kita lebih terbuka untuk membangun bangsa bersama-sama.

Sikap toleransi ini harus dimiliki oleh anak bangsa, mengingat Indonesia adalah negara yang multikultur, atau Indonesia kaya akan keberagaman, entah itu suku, ras, budaya, serta agama.

Jika kita menerapkan sikap toleransi ini dalam kehidupan sehari-hari, maka keutuhan NKRI akan selau terjaga dan terhindar dari perpecahan.

Contoh perilaku toleransi dalam kehidupan sehari-hari yang bisa kita lakukan diantaranya saling menghargai pendapat, tidak memaksa orang lain terhadap sesuatu atas kehendak kita, tidak melarang atau mengganggu orang lain yang sedang melaksanakan ibadahnya, dan masih banyak lagi.

3. Siap Menghadapi Tantangan Hidup

Sumpah Pemuda

Sumber: pexels.com

Para millenial harus mampu mengelola dan menghadapi tantangan hidup ke depan dengan mampu berkarya kreatif untuk memunculkan peluang kerja dan karya baru.

Pemuda tidak boleh pantang menyerah. Apalagi mengingat situasi saat ini yang masih pandemi, pemuda justru harus semangat menghadapi ini.

Sebagai contoh, bagi Anda khususnya para pemuda yang sedang menjalani sebuah bisnis. Cobalah untuk bisa mengadaptasi bisnisnya dengan sistem new normal. Di dunia bisnis, inovasi dan memiliki relasi tentu sebuah kunci keberhasilan yang harus terus dilakukan.

Baca juga: Peluang Usaha Sampingan Mahasiswa Dengan Penghasilan Menjanjikan

4. Jadi Tonggak Harapan Hidup yang Lebih Baik

Sumpah Pemuda

Sumber: pexels.com

Seorang pemuda tentu harus menjadi tonggak harapan hidup yang lebih baik secara ilmu pengetahuan dan teknologi.

Di zaman sekarang ini, pemuda harus melek teknologi dan kritis informasi. Teknologi saat ini berkembang pesat ke dalam berbagai sektor, salah satunya dalam sektor bisnis.

Pengembangan bisnis dengan teknologi cenderung lebih cepat. Untuk itu, bagi millenial yang ingin menyelami dunia bisnis, lebih baik menguasai bidang teknologi pula.

Sebab, pada generasi inilah, nasib bangsa Indonesia kedepan ditentukan dari saat ini, sebagai generasi yang memiliki usia produktif, generasi milenial harus melek teknologi dan memanfaatkan teknologi secara baik dan benar.

5. Menjunjung Tinggi Bahasa Indonesia

Sumpah Pemuda

Sumber: pexels.com

Setiap elemen masyarakat harus menyadari bahwa Indonesia kaya akan bahasa daerahnya sehingga kita sebagai warna negara Indonesia yang baik harus tetap melestarikan itu.

Akan tetapi, perlu ditekankan bahwa kita harus membudayakan bahasa Indonesia disamping melestarikan kekayaan bahasa daerah masing-masing dan juga harus bisa meminimalisir bahasa asing.

Bukan berarti kita tidak boleh mempelajari bahasa asing, justru sangat perlu. Tapi kangan sampai lupa dengan bahasa Indonesia. Dengan demikian, jati diri Indonesia tetap utuh melalui bahasa persatuannya.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan dalam memaknai hari sumpah pemuda. Semoga kita bisa menjadi pemuda yang dapat mengaplikasikan poin-poin di atas dan dapat menjadi pemuda yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk menjadi pemuda yang memiliki semangat juang yang tinggi, kamu bisa menjadi reseller hebat di Evermos.

Apalagi jika kamu ingin menjadi seorang pebisnis, langkah awal menjadi reseller tentu saja bisa jadi pilihan terbaik untukmu.

Yuk, daftarkan sekarang juga untuk jadi reseller Evermos dengan klik Reseller Evermos di bawah ini.

Reseller Evermos

Kobarkan semangat kita untuk berikhtiar demi bangsa Indonesia yang lebih baik! Selamat Hari Sumpah Pemuda!

Related Posts