Mengenal Iklan: Ketahuilah Jenis Jenis Iklan Elektronik Berdasarkan Isinya

Apakah Anda ingin menawarkan dan mempromosikan suatu barang atau jasa? Iklan adalah suatu cara yang tepat dan dinilai cukuf efektif dalam hal tersebut. Namun, karena saat ini serba digital, maka penting untuk kita semua mengetahui jenis jenis iklan elektronik.

Saat belum serba digital, biasanya iklan ada di media cetak seperti koran atau majalah. Nah, saat teknologi mulai maju, iklan juga ada yang ditayangkan melalui televisi dan radio.

Berdasarkan penggunaan media, iklan dibedakan menjadi 2 jenis yaitu iklan media cetak dan iklan media elektronik.

Pada artikel ini akan membahas iklan elektronik, iklan yang menggunakan media berbasis perangkat elektronik. Dari segi isi, tentu iklan elektronik ini sangat beragam.

Oleh karena itu, ada banyak jenis iklan elektronik dilihat dari segi isinya. Berikut jenis-jenis iklan elektronik yang perlu Anda ketahui. Simak hingga tuntas ya!

Baca juga: Aplikasikan Kumpulan Kata Kata Promosi Ini Untuk Mendongkrak Penjualan Bisnis Anda

Jenis-Jenis Iklan Elektronik 

1. Iklan Elektronik Politik

Jenis Jenis Iklan Elektronik
Sumber: pexels.com

Pernahkah Anda menyaksikan iklan politik di sebuah televisi? Sesuai dengan namanya, isi dari iklan ini tentu berbagai informasi mengenai keadaan mupun perkembangan dunia politik di dalam negeri.

Nah, kebanyakan dari iklan ini akan bertautan dengan pengenalan, tayangan yang menunjukkan kegiatan, sampai tokoh-tokoh yang berada di dalam partai tersebut.

Dalam pembuatan iklan elektronik politik juga biasanya memiliki tujuan untuk mengangkat suatu issue, yang nantinya akan menjadi bahasan bagi rakyat.

Biasanya iklan politik ini muncul ketika menjelang kegiatan pemilu. Media elektronik seperti pada televisi akan menayangkan dan memberikan informasi untuk menumbuhkan keyakinan masyarakat terhadap pemerintah.

2. Iklan Elektronik Pendidikan

Jenis Jenis Iklan Elektronik
Sumber: pexels.com

Iklan pendidikan merupakan jenis iklan elektronik yang muncul keberadaannya dengan memberikan informasi, ajakan, atau membujuk audience untuk melakukan hal tertentu yang berkaitan dengan pendidikan.

Sebagai contoh dari iklan elektronik pendidikan ini seperti berupa ajakan untuk masuk sekolah dasar, sekolah menengah pertama, atau sekolah menengah atas hingga masuk salah satu perguruan tinggi negeri.

Selain itu, iklan pendidikan juga bisa berbentuk pemberitahuan mengenai program pendidikan dari tempat belajar A, B, atau C.

Ada pula berbentuk pengenalan tempat pendidikan yang baru berdiri atau yang mulai berkembang. Bentuk-bentuk dari iklan tersebut beragam sesuai dengan kebutuhan informasi masyarakat mengenai dunia pendidikan.

Iklan ini juga merupakan iklan yang seringkali muncul di berbagai media elektronik. Contohnya seperti ada beberapa ajakan untuk mengikuti bimbingan belajar secara online, bimbingan belajar bahasa inggris secara offline di suatu tempat tertentu, dan masih banyak lagi contoh dari iklan pendidikan ini.

3. Iklan Elektronik Pengumuman atau Pemberitahuan

Jenis Jenis Iklan Elektronik
Sumber: pexels.com

Iklan pengumuman atau pemberitahuan ini memiliki isi berupa informasi mengenai suatu hal yang perlu untuk khalayak ramai ketahui dengan sesegera mungkin.

Selain itu, iklan ini juga seringkali muncul dalam media elektronik terutama televisi. Dari iklan inilah pada akhirnya bisa tahu pelaksanaan dari sebuah agenda, penempatan agenda itu dilaksanakan, dan lain sebagainya.

Jika kita sering menonton televisi, mungkin kita akan memahami contoh langsung dari iklan ini. Seperti informasi penyelenggaraan acara konser musik pada hari tertentu atau tanggal tertentu. Dan masih banyak lagi contoh dari iklan pemberitaan lainnya.

Baca juga: Inilah 8 Strategi Promosi Penjualan Yang Efektif Untuk Bisnis Online Anda

4. Iklan Elektronik Kecantikan

Jenis Jenis Iklan Elektronik
Sumber: pexels.com

Iklan kecantikan seringkali muncul menghiasi layar kaca. Sudah cukup banyak brand kecantikan yang muncul pada media iklan elektronik.

Dengan adanya iklan  kecantikan ini, bertujuan untuk mengajak audience dalam menjaga dan merawat kebersihan serta keindahan anggota tubuh. Iklan ini biasanya muncul dengan mengenalkan dan menawarkan keunggulan produk kecantikan.

Biasanya jeda atau iklan sebuah tayangan televisi, diisi dengan iklan-iklan mengenai sabun kecantikan yang mengandung vitamin, sampo yang menghilangkan ketombe, hand and body lotion yang mencerahkan, dan lain sebagainya.

5. Iklan Elektronik Layanan Masyarakat

Jenis Jenis Iklan Elektronik
Sumber: google/bersosial

Khusus untuk iklan ini memiliki ajakan kepada masyarakat untuk lebih menyadari akan suasana atau kebiasaan tertentu.

Iklan layanan masyarakat tidak bersifat mengajak untuk melakukan tindak pembelian tetapi megajak untuk masyarakat berpikir terbuka terhadap suatu hal.

Selain di televisi, iklan layanan masyarakat ini juga ditayangkan di videotron. Entah videotron outdoor yang menjangkau masyarakat luas maupun indoor yang menjangkau pengunjung satu instansi kemasyarakatan.

Hal tersebut dilakukan karena videotron termasuk media elektronik yang jangkauannya luas. Hal tersebut dibuktikan dengan manfaat dan terjangkaunya harga videotron indoor maupun outdoor.

6. Iklan Elektronik Penawaran  atau Niaga

Jenis Jenis Iklan Elektronik
Sumber: pexels.com

Seluruh iklan memiliki tujuan untuk menawarkan sesuatu, tetapi kita bisa mengerucutkan pengertian dari iklan niaga ini.

Dalam hal ini, ajakan untuk menggunakan sesuatu akan dilakukan secara terang-terangan, mungkin dengan kalimat-kalimat yang cenderung membuat audience memahami bahwa iklan tersebut mengajak audience untuk melakukan tindakan yang tersistem. Contohnya seperti iklan yang mengajak untuk  membeli mobil tertentu.

Nah, itulah informasi mengenai jenis jenis iklan elektronik yang perlu Anda ketahui.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat, terutama bagi Anda yang sedang mengemban bisnis, tentu mengenal iklan ini sangat penting.

Karena iklan merupakan salah satu strategi untuk mempromosikan sesuatu, termasuk produk yang akan Anda jual.

Untuk membaca informasi tentang bisnis lainnya, Anda bisa mengunjungi situs Blog Evermos

 

×