Inilah 8 Strategi Promosi Penjualan Yang Efektif Untuk Bisnis Online Anda

Untuk anda yang sedang memulai bisnis saat ini, yuk kenali strategi promosi penjualan yang efektif di bawah ini agar bisnis anda semakin laris.

Perkembangan dunia bisnis saat ini sedang dalam keadaan yang pesat, hal itu membuat para pelaku bisnis perlu untuk memikirkan strategi promosi penjualan yang baik dan efektif agar bisnismu semakin laris di tengah persaingan bisnis saat ini.

Strategi Promosi Penjualan

1. Social Media Marketing

Strategi Promosi Penjualan
Sumber : Pexels.com

Saat ini, platform Instagram, Facebook, bahkan hingga Twitter dibanjiri oleh berbagai pelaku bisnis yang mempromosikan produk usahanya, hal ini dikarenakan pengguna media sosial semakin hari kian meningkat, maka dari itu media sosial mampu menjadi wadah yang tepat pula untuk strategi promosi penjualan anda dalam memasarkan produk usaha, dikarenakan market dan jangkauan yang luas.

2.Konten Marketing

Strategi Promosi Penjualan
Sumber : Pexels.com

Selain penggunaan media sosial sebagai wadah untuk memasarkan produk anda, anda pun perlu memikirkan konten yang akan anda unggah di media sosial dikarenakan hal itu akan berpengaruh banyak terhadap ketertarikan konsumen.

Anda harus memikirkan kiranya konten apa yang menjadi ketertarikan bagi konsumen kemudian mengubahnya menjadi teks, foto, maupun video sekreatif dan semenarik mungkin

3.Blogging di Website

Strategi Promosi Penjualan
Sumber : Pexels.com

Selain melalui media sosial, anda dapat memasarkan produk usaha melalui Teknik blogging dan pembuatan konten pada website. Di sana anda dapat menuliskan penjelasan mengenai produk yang ada pasarkan.

Hal ini akan memberi dampak bagi peningkatan usaha anda karena website memiliki segmen yang luas, dikarekan calon konsumen biasanya mencari terlebih dahulu mengenai pengetahuan suatu produk di mesin pencari, oleh karenanya penggunaan website untuk memperkenalkan produk anda akan dinilai baik karena brand anda memiliki situs yang jelas.

4.Email Marketing

Strategi Promosi Penjualan
Sumber : Pexels.com

Strategi pemasaran lainnya dapat anda lakukan melalui email marketing. Hal ini akan berdampak pada penjualan bisnis anda dikarenakan konsumen maupun calon konsumen akan menerima pesan secara langsung pada akun email pribadi konsumen, sehingga kemungkinan pesan tersebut dibaca akan lebih besar. Cara ini cukup efektif dalam meningkatkan perhatian dan ketertarikan dari konsumen.

5. Endorsement

Strategi Promosi Penjualan
Sumber : Pexels.com

Endorsement adalah strategi promosi penjualan yang mana caranya adalah mengajak key opinion leader atau seseorang yang terkenal di media sosial untuk mempromosikan produk usaha anda di akun media sosialnya dengan cara anda memberikan sampel produk usaha anda kepada endorser.

Hal ini akan efektif dikarenakan seorang public figure di media sosial memiliki jumlah followers yang besar di media sosialnya, sehingga akan banyak target pasar yang tercapai. Orang-orang terkenal tersebut dapat mencakup artis, tokoh masyarakat, tokoh nasional, maupun selebgram (seseorang yang memiliki jumlah followers banyak di akun Instagram)

6. Testimoni Konsumen

Strategi Promosi Penjualan
Sumber : Pexels.com

Testimoni dari pelanggan merupakan salah satu strategi promosi penjualan yang efektif karena dapat membangun kepercayaan calon konsumen dan meningkatkan keyakinan calon konsumen untuk membeli produk anda dikarenakan mereka telah mendapatkan bukti langsung dari kualitas produk anda.

7. Situs Penyedia Iklan

Strategi Promosi Penjualan
Sumber : Pexels.com

Media sosial tidak hanya menyediakan wadah bagi anda untuk memajang foto dan deskripsi mengenai produk anda untuk dipasarkan ke penggunanya.

Saat ini di media sosial telah tersedia fitur lain yang mampu meningkatkan penjualan bisnis anda yakni anda dapat memasang iklan yang akan menjangkau lebih banyak pengguna media sosial melalui situs penyedia iklan yang terhubung dengan sosial media seperti facebook ads maupun Instagram ads.

8. Bergabung dengan E-Commerce

Strategi Promosi Penjualan
Sumber: Pexels.com

Apakah anda telah memiliki toko online sendiri baik di media sosial maupun aplikasi Instant Messaging? Tidak ada salahnya anda memperluas jangkauan pasar dengan merambah platform e-commerce untuk anda berjualan.

E-commerce merupakan wadah yang baik untuk memasarkan produk dikarenakan e-commerce tempat berkumpulnya banyak produk. Anda dapat bergabung, baik sebagai penjual langsung maupun sebagai reseller.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai 8 strategi promosi penjualan bisnis yang efektif untuk bisnis online anda. Menjalankan bisnis tidak hanya fokus terhadap produk yang akan dipasarkan namun juga bagaimana mengemas strategi pemasaran yang mampu menarik konsumen.

Cukup mudah bukan caranya? Apakah anda tertarik untuk memulai bisnis online anda sendiri? Salah satu caranya dapat dengan bergabung di Evermos menjadi reseller terlebih dahulu sebelum membangun toko anda sendiri

×