Hikmah Berpuasa di Bulan Ramadhan dan Keutamaannya, Muslim Wajib Tahu!

Perintah Allah kepada manusia untuk wajib berpuasa di bulan Ramadhan tidaklah tanpa alasan. Melainkan ada banyak keutamaan dan hikmah berpuasa di bulan Ramadhan bagi umat Muslim. 

Sebagai bulan suci penuh berkah, bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia karena bulan Ramadhan ini pertama kali diturunkannya Al-Quran (Nuzulul Qur’an). 

Selain itu, banyak momen penting dalam Islam yang terjadi di bulan Ramadhan, seperti bulan terjadinya perang Badar, malam lailatul qadar, hingga penaklukan Mekkah. 

Agar lebih memaknai puasa Ramadhan, mari simak keutamaan dan hikmah berpuasa di bulan Ramadhan yang diulas dalam artikel ini!

Baca juga: 14 Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan, Mitos dan Faktanya yang Wajib Tahu. 

3 Hikmah Berpuasa di Bulan Ramadhan Bagi Seorang Muslim 

hikmah berpuasa di bulan ramadhan
Sumber: canva.com

1. Puasa Melatih Kesabaran Seseorang 

Hikmah berpuasa Ramadhan yang pertama yaitu dapat melatih kesabaran diri. Saat puasa, kita menahan diri dari keinginan dan kebiasaan sehari-hari seperti makan, minum dan berbagai macam godaan lainnya. 

Tentunya hal tersebut tidaklah mudah, sehingga sebagai manusia dan seorang muslim, kita perlu bersabar agar tidak mengikuti keinginan dan hawa nafsu tersebut. 

Berkat puasa Ramadhan selama 30 hari ini, banyak orang yang dapat melatih kesabarannya dan menjadi manusia yang lebih baik lagi dalam mengendalikan hawa nafsu. 

2. Puasa Dapat Mempererat Tali Silaturahmi

Hikmah puasa Ramadhan kedua yaitu dapat mempererat tali silaturahmi. Sudah menjadi tradisi Ramadhan umat muslim untuk berkumpul bersama keluarga, teman dan komunitas. 



Mulai dari tradisi munggahan yang dilaksanakan sebelum puasa, momen sahur, buka bersama keluarga dan teman, hingga perayaan lebaran dengan silaturrahmi ke rumah kerabat. 

Momen berkumpul itu dapat memperkuat hubungan sosial dan mempererat tali silaturahmi sesama muslim. Selain itu, kegiatan berbagi juga dapat meningkatkan hubungan antar manusia. 

3. Puasa Dapat Menjaga Kerukunan Antar Manusia

Hikmah berpuasa Ramadhan yang selanjutnya yaitu dapat menjaga kerukunan antar manusia. Seperti yang kita tahu, puasa mengajarkan nilai-nilai sosial dan agama kepada manusia. 

Nilai-nilai ini seperti belas kasihan, pengorbanan, dan empati kepada orang lain tanpa memandang statusnya di masyarakat. 

Sebagai contoh, ketika kamu merasakan lapar dan haus ketika berpuasa, maka kamu juga lebih mampu memahami penderitaan orang lain yang tak seberuntung dirimu. 

Sehingga, ketika berpuasa Ramadhan selama 30 hari, ada kepedulian dan rasa empati yang terbangun di diri seseorang terhadap sesama. 

Kepedulian dan rasa empati ini pada akhirnya juga akan meningkatkan kerukunan dan solidaritas antar manusia dalam masyarakat.

Keutamaan Puasa di Bulan Ramadhan Selama 30 Hari 

hikmah berpuasa di bulan ramadhan
Sumber: canva.com

Selain hikmah berpuasa yang dapat dirasakan langsung oleh seorang muslim, juga ada keutamaan puasa Ramadhan yang kadang tak dirasakan langsung namun begitu banyak keistimewaannya. 

Berikut ini beberapa keutamaan puasa di bulan Ramadhan: 

1. Memperoleh Rahmat dan Berkah dari Allah SWT 

Puasa di bulan Ramadhan adalah ibadah yang sangat istimewa. Sebab pada bulan ini, Allah SWT menjanjikan rahmat dan berkah yang besar bagi mereka yang menjalankan puasa dengan ikhlas. 

Di bulan ini, pintu-pintu surga akan terbuka lebar dan rahmat Allah melimpah kepada hamba-Nya yang sunguh-sungguh menjalankan ibadah puasa.

2. Mendapatkan Pengampunan Dosa dan Diangkat Derajatnya

Bulan Ramadhan merupakan kesempatan emas bagi umat Islam untuk memohon ampunan atas dosa-dosa kepada Allah SWT. 

Di bulan penuh berkah ini, Allah SWT bermurah hati dalam mengampuni dosa hamba-Nya. Selain itu, ketika seseorang bertaubat dan mengerjakan kebajikan, maka Allah akan angkat derajatnya. 

3. Dilipatgandakannya Pahala Manusia 

Keutamaan bulan Ramadhan yang ketiga yaitu dilipatgandakannya pahala atau amal kebajikan.

Setiap amal baik yang kamu lakukan di bulan Ramadhan ini, termasuk puasa, sedekah dan lainnya akan mendapatkan ganjaran berlipat-lipat dari Allah SWT. 

Dengan itu, umat Islam akan senantiasa berlomba-lomba untuk mengerjakan amal kebajikan. 

4. Ramadhan adalah Waktu Mustajab untuk Berdoa 

Ketika kamu memiliki hajat dan harapan yang ingin segera Allah SWT kabulkan, maka bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk memohon atas hajat tersebut. 

Sebab, ketika umat muslim berpuasa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, maka doa-doanya akan lebih mudah untuk dikabulkan. 

5. Puasa Mendatangkan Syafaat di Akhirat

Keutamaan puasa di bulan Ramadhan yang berikutnya yaitu akan mendatangkan syafaat kepada manusia di akhirat kelak. Ini disampaikan oleh Ustadz Haris Budiatna, berikut ini: 

“Dan kalau kita berpuasa dengan ikhlas, maka Insya Allah dosa-dosa kita diampuni oleh Allah SWT, dan puasa tersebut juga akan mendatangkan syafaat nanti di akhirat.”

Saatnya Cari Tambahan di Bulan Ramadhan!

Selain meningkatkan ibadah dan amal kebajikan, bulan Ramadhan menjadi ajang bagi umat Islam untuk mencari tambahan, mulai dari tambahan pahala hingga tambahan ilmu.

Tak hanya perihal ibadah, bulan Ramadhan juga memberi peluang untuk kamu cari tambahan keuntungan dengan berbagai ide bisnis mulai dari jualan takjil hingga jualan baju lebaran.

Jika kamu ingin mulai bisnis tapi terkendala modal awal dan sulit mencari produk berkualitas, maka program Reseller Evermos menjadi pilihan yang tepat untuk bantu kamu #CariTambahan.

Karena di Evermos kamu bisa memulai usaha tanpa modal dan bertemu dengan supplier yang menyediakan produk murah namun tetap berkualitas.

Tunggu apa lagi, yuk wujudkan #MudahBukaUsaha sebagai Reseller Evermos sekarang juga. Klik tombol di bawah ini untuk registrasi gratis!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)