Amalan Malam Nuzulul Quran yang Bisa Kita Lakukan, Ini Keutamaannya!

Sebentar lagi kita akan dihadapkan dengan bulan Suci yang Mulia yaitu Ramadhan 1443 Hijriah, sudah siapkah Anda melakukan amalan termasuk amalan malam Nuzulul Quran? Baca hingga tuntas untuk mengetahuinya.

Umat Islam tentu harus mengetahui bahwa pada bulan Ramadan ini terdapat peristiwa penting yaitu turunnya Al-Quran atau sering disebut peristiwa Nuzulul Quran. Maka dari itu, hendaknya kita mengetahui amalan malam Nuzulul Quran dan melaksanakannya. Mengingat sangat banyak keutamaannya, akan sangat disayangkan jika melewatkannya.

Amalan malam Nuzulul Quran bisa menjadi motivasi bagi umat Islam. Khususnya untuk mengamalkan pedoman yang tertulis dalam Al-Quran.

Oleh karena itu, tidak lengkap rasanya bila umat Islam tidak membaca Al-Quran di malam Nuzulul Quran. Tak heran, amalan malam Nuzulul Quran mampu membuat orang muslim bisa lebih memaknai salah satu hari terpenting dalam sejarah umat Islam.

Yuk, kita simak artikel mengenai amalan malam Nuzulul Quran hingga tuntas agar kita dapat memaknainya dengan baik.

Apa Itu Malam Nuzulul Quran?

Nuzulul Quran merupakan peristiwa awal turunnya Al Quran kepada Nabi Muhammad SAW secara bertahap, diperingati pada malam 17 Ramadan.

Pada tanggal tersebut, terjadi peristiwa turunnya ayat pertama Al Quran, yaitu surat Al-Alaq ayat 1-5, yang terjadi pada tanggal 17 Ramadan melalui perantara malaikat Jibril.

Berikut ini arti bacaan Surat Al-Alaq ayat 1-5:

“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.”

Saat itu, Rasulullah SAW berkhalwat di Gua Hira, Jabal Nur, yang berjarak lebih kurang 6 km dari Mekkah.

Amalan Malam Nuzulul Quran 

1. Istiqomah Membaca Al-Quran

Amalan Malam Nuzulul Quran
Sumber: shutterstock.com

Amalan malam Nuzulul Quran yang pertama yaitu istiqomah. Sebagai umat Islam, tentu kita harus mengisi malam Nuzulul Quran dengan amalan-amalan baik. Salah satunya adalah dengan istiqomah membaca Al-Quran.

Al-Quran sendiri merupakan pedoman utama bagi seluruh umat Islam di dunia. Al-Quran untuk pertama kalinya diwahyukan atau diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril.

Maka dari itu, sebaiknya kalian bisa khatam membaca Al-Quran selama di Bulan Ramadhan. Minimal, kita bisa khatam Al-Quran sebanyak satu kali.

2. Itikaf

Amalan Malam Nuzulul Quran
Sumber: shutterstock.com

Itikaf merupakan amalan malam Nuzulul Quran yang bisa kita lakukan. Layaknya amalan malam Lailatul Qadar, saat Nuzulul Quran kalian juga bisa melakukan itikaf.

Itikaf sendiri merupakan berdiam di dalam masjid dengan syarat tertentu dan niat beribadah semata-mata hanya untuk Allah SWT.

Ini adalah momen di mana umat Islam bisa lebih mendekatkan diri pada Allah SWT. Terdapat beberapa syarat yang harus dilakukan sebelum melakukan iktikaf.

Adapun syarat untuk sahnya itikaf seperti, beragama Islam, baligh, dan memiliki niat itikaf. Selain itu, itikaf juga harus dilakukan di masjid, baik itu di masjid jami’ ataupun di masjid biasa.

3. Perbanyak Membaca Doa

Amalan Malam Nuzulul Quran
Sumber: shutterstock.com

Amalan malam Nuzulul Quran yang bisa kita lakukan selanjutnya yaitu memperbanyak bacaan doa. Dengan melakukannya, maka kita bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Tidak hanya itu, memperbanyak bacaan doa juga bisa membuat kita lebih menghayati betapa pentingnya Nuzulul Quran.

Apalagi, Nuzulul Quran merupakan peristiwa diturunkannya Al-Quran yang di mana menjadi pedoman utama bagi umat Islam.

4. Perbanyak Sholat Malam

Amalan Malam Nuzulul Quran
Sumber: shutterstock.com

Amalan Nuzulul Quran yang bisa kita terapkan selanjutnya adalah memperbanyak sholat malam.

Untuk melakukan shalat malam, kita bisa tidur terlebih dahulu setelah menunaikan sholat tarawih dan tadarusan.

Nah, saat menjelang sahur atau tengah malam, kita bisa bangun kembali. Tujuannya tentu untuk menunaikan sholat malam.

Dengan melakukannya, kita bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memaknai Nuzulul Quran sebagai hari terpenting.

5. Perbanyak Berdzikir

Amalan Malam Nuzulul Quran
Sumber: shutterstock.com

Selanjutnya amalan yang tak kalah utama yang bisa kita lakukan adalah berdzikir. Adapun keutamaan dzikir antara lain:

Mengangkat derajat muslim dan memberikan ketenangan jiwa.

“Maukah aku tunjukkan perbuatamu yang terbaik, paling suci di sisi Raja-mu (Allah) dan yang paling mengangkat derajatmu; lebih baik bagimu dari infak emas atau perak” para sahabat yang hadir berkata “Mau”. Nabi bersabda: “Dzikir kepada Allah Yang Maha Tinggi.”

Menjalankan perintah Allah.

Perintah dzikir ini terdapat dalam beberapa surat, diantaranya adalah Surat Al Araf ayat 205 yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut) nama Allah dengan zikir yang sebanyak-banyaknya.”

Orang tak tidak berdzikir layaknya hidup bersama orang mati.

“Perumpamaan orang yang berzikir kepada Tuhannya dengan orang yang tidak berzikir kepada Tuhannya adalah seperti orang yang hidup dengan orang yang mati.” (HR. al-Bukhari).

Keutamaan Membaca Al-Quran pada Malam Nuzulul Quran

1. Mendapat Pahala dan Kemuliaan Berlimpah

Amalan Malam Nuzulul Quran
Sumber: shutterstock.com

Di malam Nuzulul Quran terdapat beberapa keistimewaan yang bisa diperoleh oleh umat Islam. Salah satunya yaitu mendapatkan pahala dan kemuliaan yang berlimpah.

Daripada kita berdiam diri di rumah, lebih baik kita memperbanyak membaca Al-Quran.

Hikmah membaca Al-Quran di malam Nuzulul Quran yaitu mendapatkan pahala serta syafaat di hari kiamat.

Dari Abu Umamah Al Bahili ra, Nabi Muhammad SAW bersabda yang berbunyi:

“Bacalah Alquran. Sesungguhnya Alquran kelak akan datang pada Hari Kiamat untuk memberikan Syafa’at kepada penganutnya”. (HR. Muslim).

Lalu dari Abdullah bin Mas’ud, Nabi Muhammad SAW bersabda yang berbunyi:

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dalam Kitabullah (Alquran) maka ia akan memperoleh 1 kebaikan. Satu kebaikan itu nantinya akan dibalas dengan 10 kali lipatnya. Aku tidak mengatakan bahwa Alif Lam Mim Satu Huruf, tetapi alif Satu Huruf, Lam satu huruf dan mim satu huruf”. (Hadist Riwayat Tirmidzi dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani).

Al-Quran merupakan cahaya dan petunjuk yang memang telah dijelaskan dalam firman Allah SWT di Al-Quran, Surat Asy Syura ayat 52, yang berbunyi:

وَكَذَٰلِكَ أَوْحَيْنَآ إِلَيْكَ رُوحًا مِّنْ أَمْرِنَا ۚ مَا كُنتَ تَدْرِى مَا ٱلْكِتَٰبُ وَلَا ٱلْإِيمَٰنُ وَلَٰكِن جَعَلْنَٰهُ نُورًا نَّهْدِى بِهِۦ مَن نَّشَآءُ مِنْ عِبَادِنَا ۚ وَإِنَّكَ لَتَهْدِىٓ إِلَىٰ صِرَٰطٍ مُّسْتَقِيمٍ

Wa każālika auḥainā ilaika rụḥam min amrinā, mā kunta tadrī mal-kitābu wa lal-īmānu wa lākin ja’alnāhu nụran nahdī bihī man nasyā`u min ‘ibādinā, wa innaka latahdī ilā ṣirāṭim mustaqīm.

Artinya: “Dan demikianlah kami wahyukan kepadamu Wahyu (Alquran) dan tidak pula mengetahui apakah iman itu. Namun kamu menjadikan Alquran itu cahaya, yang kami tunjuki dengan dia siapa yang kami kehendaki di antara hamba-hamba kami dan sesungguhnya kamu benar-benar memberi petunjuk kepada jalan yang lurus.” (QS Asy-Syura: Ayat 52).

2. Sebagai Obat dan Rahmat

Amalan Malam Nuzulul Quran
Sumber: shutterstock.com

Keistimewaan membaca Al-Quran berikutnya yaitu sebagai obat dan Rahmat. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran, Surat Al-Israa ayat 82 yang berbunyi:

وَنُنَزِّلُ مِنَ ٱلْقُرْءَانِ مَا هُوَ شِفَآءٌ وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِينَ ۙ وَلَا يَزِيدُ ٱلظَّٰلِمِينَ إِلَّا خَسَارًا

Wa nunazzilu minal-qur`āni mā huwa syifā`uw wa raḥmatul lil-mu`minīna wa lā yazīduẓ-ẓālimīna illā khasārā.

Artinya: “Dan kami turunkan dari Alquran suatu yang menjadi penawar (obat) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Alquran itu tidak lah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.” (QS Al-Isra: Ayat 82).

3. Menjadi Penyejuk Jiwa dan Pemberi Ketenangan

Keutamaan di malam Nuzulul Qur’an yang bisa kita dapatkan adalah dengan membaca Al-Quran bisa menjadi penyejuk jiwa yang gersang.

Hal ini juga menjadi salah satu riwayat hadist Rasulullah SAW.

Dalam hadits nabi shalallahu ‘alaihi wasallam disebutkan : “Sesungguhnya seseorang yang di dalam dadanya tidak terdapat sebagian ayat dari al-Qur’an bagaikan rumah yang tidak ada penghuninya”. (HR At-Tirmidzi dan berkata , “hadits hasan sahih”, Al-Hakim, dan Al-Baihaqi juga menyatakan sahih).

4. Mentadaburi Sejarah Al-Quran

Bertadabur mengenai sejarah turunnya Al-Quran juga semakin menambah keimanan dan menguatkan jiwa seorang muslim.

Seorang muslim yang dekat dengan Al-Quran dari perilakunya akan tampak dan tercermin sebagai pribadi yang memiliki akhlak mulia dan unggul.

Maka dari itu, ruh kita membutuhkan asupan keimanan salah satunya dengan membaca Al-Quran, membacanya, mempelajari dan mengamalkannya.

Rekomendasi Produk Peralatan Ibadah yang Tersedia di Evermos

amalan malam nuzulul quran

Untuk menunjang peribadahan Anda, Anda juga harus mengenakan perlengkapan ibadah yang nyaman dan tentunya dapat membantu meningkatkan kualitas ibadah.

Percaya atau tidak, dengan perlengkapan ibadah yang berkualitas ini akan mempengaruhi pada kualitas ibadah yang baik pula.

Bayangkan saja, misalnya jika mukena yang Anda kenakan saja tidak nyaman, kemungkinanan akan tidak khusyu bukan ketika melaksanakan sholat?

Nah, maka dari itu segera miliki produk peralatan ibadah yang tersedia di Evermos untuk menunjang kualitas ibadah Anda.

Apabila Anda ingin memiliki atau menjual produk muslim di Evermos, Anda dapat menjadi reseller Evermos.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha?

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Bisa COD (Cash on Delivery)
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Semakin banyak produk yang Anda jual, maka semakin banyak pula komisi yang akan Anda dapatkan.

Demikianlah informasi mengenai amalan malam Nuzulul Quran beserta keutamaannya yang dapat Anda ketahui.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk mengamalkan ibadah yang sungguh-sungguh pada malam Nuzulul Quran.

Semoga kita termasuk orang-orang yang mendapat keutamaan pada malam yang penuh berkah dan mulia tersebut.

Untuk membaca artikel menarik lainnya, Anda dapat mengunjungi situs blog Evermos.

×