Doa Agar Kucing yang Hilang Bisa Kembali ke Rumah dan Cara Menemukannya 

Ketika kucing peliharaan hilang atau kabur dari rumah, sebagai majikan tentu kamu akan sedih dan khawatir akan keselamatan kucingmu. Selain ikhtiar mencari si anabul, mari amalkan doa agar kucing yang hilang bisa kembali. 

Percayalah, mengamalkan doa kucing hilang agar kembali ini akan menangkan hati dan pikiranmu. Sebab kamu jadi makin yakin bahwa Allah SWT yang dapat mengembalikan kucingmu yang hilang. 

Disamping itu, kucing memang salah satu hewan setia yang selalu menemani manusia dan mampu menghibur saat sedang stres. Sehingga, wajar saja jika kamu bersedih ketika si anabul hilang. 

Baca juga: 200 Ide Nama Kucing yang Lucu, Bagus, Aesthetic, Islami.

Dzikir dan Doa Agar Kucing yang Hilang Bisa Kembali ke Rumah

doa agar kucing yang hilang bisa kembali
Sumber: canva.com

Doa Supaya Kucing Hilang Bisa Kembali

Berikut ini adalah bacaan doa kucing hilang agar kembali ke rumah yang dapat kamu amalkan: 

يَا اللَّهُ يَا جَامِعَ النَّاسِ لِيَوْمٍ لاَ رَيْبَ فِيهِ أَلْحَقْنِي بِكُتْكُوتِي الْمَفْقُودَةِ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِين 

Yā Allāhu yā Jāmi’a al-Nāsi liyawmin lā rayba fīhi alḥaqnī bikutkūtī al-mafqūḍati biraḥmatika yā arḥama al-rāḥimīn.

Artinya: “Ya Allah, wahai Tuhan yang mengumpulkan semua manusia di hari yang tiada ragu lagi padanya. Pertemukan aku dan kucingku yang hilang ini dengan segera, dengan rahmat-Mu, wahai Tuhan yang Maha Pengasih.”

Dzikir Agar Kucing Hilang Bisa Kembali 

Selain membaca doa agar kucing yang hilang kembali ke rumah, kamu juga dapat membaca dzikir berikut ini sebanyak 100 kali: 

يَا اللَّهُ يَا شَاهِدُ

Ya Allahu ya Shaahid. 



Artinya: “Ya Allah Yang Maha Melihat”.

Dzikir di atas menjadi doa sekaligus pujian kepada Allah SWT, bahwasanya Allah SWT adalah Tuhan Yang Maha Melihat dan pasti tahu dimana keberadaan kucingmu yang hilang. 

Sehingga, kamu hanya perlu meminta petunjuk dari Allah SWT untuk menemukan kucing tersebut. 

Baca juga: 6 Doa Menemukan Barang yang Hilang, Amalkan agar Lekas Ketemu!

Doa Agar Hewan Peliharaan yang Hilang Bisa Kembali 

doa agar kucing yang hilang bisa kembali
Sumber: canva.com

Selain doa di atas, kamu juga dapat amalkan doa agar hewan peliharaan yang hilang bisa kembali, berikut ini. Tak hanya kucing, doa ini bisa diamalkan untuk doa peliharaan lainnya yang hilang. 

يا الله، أنت العالم بكل شيء، فقد ضل حيواني الأليف وأنا لا أعرف مكانه. يا الله، أنت تعلم أين هو وكيف حاله. أدعوك يا الله، حافظ على حيواني الأليف، وارزقه الغذاء والحماية التي يحتاجها، وأعده إلي

يا الله، أنت خير الحفاظ، حافظ واحمي حيواني الأليف، واهب لي الصبر والقوة للتعامل مع هذا الوضع. يا الله، أنت الناصر والرحيم، انصرني وحيواني الأليف. آمين

Artinya: “Ya Allah, Engkau yang Maha Mengetahui segala sesuatu, hewan peliharaanku hilang dan aku tidak tahu di mana ia berada. Ya Allah, Engkau tahu di mana ia dan bagaimana keadaannya. Aku memohon kepada-Mu, Ya Allah, lindungilah hewan peliharaanku, berikanlah ia makanan dan perlindungan yang ia butuhkan, dan bawalah dia kembali kepadaku.

Ya Allah, Engkau adalah sebaik-baik penjaga, jaga dan lindungi hewan peliharaanku, dan berikanlah aku kesabaran dan kekuatan dalam menghadapi situasi ini. Ya Allah, Engkau adalah penolong dan penyayang, tolonglah aku dan hewan peliharaanku. Amin.”

Cara Agar Kucing Hilang Bisa Kembali

doa agar kucing yang hilang bisa kembali
Sumber: canva.com

Berdoa memang menjadi salah satu cara ampuh untuk menemukan kucing yang hilang. Namun, ada beberapa cara lainnya agar kucing hilang bisa kembali ke rumah. Berikut beberapa caranya: 

1. Cari di Setiap Sudut Ruangan Rumah 

Cara pertama untuk menemukan kucing hilang adalah dengan mencarinya di rumahmu sendiri. Pastikan kamu sudah memeriksa setiap sudut ruangan di rumah terutama di tempat tersembunyi.

Selain itu, kamu juga perlu mencari di area tinggi yang ada di rumahmu. Sebab, kucing biasanya suka bersembunyi di tempat sempit hingga tempat-tempat yang tinggi.  

2. Cari Kucing di Rumah Tetangga 

Jika kamu tak kunjung menemukan si anabul di rumahmu, maka selanjutnya tanyakan ke rumah tetangga. Mintalah bantuan tetanggamu untuk mencari kucing kamu di setiap sudut rumahnya. 

Jika anabul kamu adalah kucing rumahan, ada kemungkinan ia berada di rumah tetangga. Sebab, umumnya kucing tidak pergi lebih dari 50 meter dari rumahnya. 

3. Cari Kucing di Malam Hari 

Cara ketiga yaitu dengan mencari kucing di malam hari. Biasanya kucing yang kabur dari rumah akan merasa asing dengan lingkungan baru sehingga ia cenderung bersembunyi di siang hari. 

Ketika malam hari, kucing akan lebih berani keluar dari persembunyiannya. Sehingga, kamu akan lebih mudah menemukan kucingmu dengan memanggil namanya.

4 Pancing Kucing dengan Makanan Kesukaannya

Ketika mencari kucing yang hilang, kamu bisa pancing kucingmu dengan makanan kesukaannya. Selain makanan kesukaan, kamu juga dapat memancing kucing dengan sesuatu yang berbau cukup menyengat. 

Kucing biasanya cukup sensitif dengan bau-bau tertentu, sehingga ini akan membantu kamu menemukan kucing yang hilang agar kembali ke rumah. 

5. Pancing Kucing dengan Box atau Kardus

Cara memancing kucing berikutnya yaitu dengan kardus atau box. Sebagai majikan dari anabul, kamu tentu tahu bahwa kucing biasanya sangat suka dengan box atau kardus. 

Ketika melihat kardus, kucing akan keluar dari persembunyiannya dan masuk ke kardus tersebut. 

6. Buat Pengumuman Kucing Hilang 

Salah satu cara terakhir yang dapat kamu lakukan apabila kucingmu belum kunjung ditemukan yaitu dengan membuat pengumuman pencarian kucing hilang. 

Kamu dapat mencetak selebaran berisi foto kucingmu, ciri-ciri anabul dan informasi pencarian serta kontak yang dapat dihubungi. Tempelkan di sekitar lingkungan rumahmu. 

Selain itu, kamu juga dapat membuat info pengumuman di media sosial agar informasi tersebar sangat luas. 

Demikianlah bacaan doa agar kucing yang hilang bisa kembali ke rumah. Semoga dengan mengamalkan doa di atas, kamu segera dipertemukan dengan anabul ya!

Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, kamu dapat kunjungi blog Evermos.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)