4 Contoh Proposal Isra Miraj 2024 untuk Masjid, Sekolah Hingga Karang Taruna [FREE DOWNLOAD]

Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad 2024 semakin dekat. Sudahkah kamu merancang dan menyusun proposal Isra Mi’raj? Jika belum, yuk simak contoh proposal Isra Mi’raj 2024 disini!

Isra Mi’raj merupakan peringatan perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, dan dilanjutkan ke Sidratul Muntaha (langit ketujuh). 

Sejarah Isra Mi’raj ini terjadi pada tanggal 27 Rajab, yang mana pada tahun ini berlangsung pada tanggal 8 Februari 2024. 

Berbagai kegiatan Islami akan dilaksanakan pada hari Isra Mi’raj, yang bertujuan sebagai penghormatan kepada Rasulullah SAW, sekaligus mengenang hari penting umat Islam tersebut. 

Mulai dari Masjid, sekolah hingga organisasi tertentu turut merayakan Isra Mi’raj. Tentunya kegiatan ini memerlukan proposal yang matang, seperti beberapa contoh proposal berikut ini.

Baca juga: 15 Contoh Desain Banner & Spanduk Isra Miraj 2024 JPG, Download Gratis!

Cara Membuat Proposal Isra Miraj 2024

Sebelum mengetahui contoh proposal Isra Mi’raj 2024 yang baik dan benar, kamu perlu mengetahui cara membuat proposal dengan sistematika penulisan, berikut ini: 

1. Judul Proposal Isra Miraj

Contoh proposal Isra Miraj yang benar yaitu proposal yang melampirkan cover atau judul pada lembar pertamanya. 

Lembar judul proposal Isra Mi’raj ini berisi nama kegiatan, lokasi dan waktu pelaksanaan kegiatan serta panitia atau organisasi penyelenggara kegiatan yang disertai dengan logo jika ada. 



2. Kata Pengantar Proposal Isra Miraj

Sistematika proposal Isra Mi’raj pada lembar kedua yaitu kata pengantar. Kata pengantar proposal Isra Miraj harus berisi penjelasan mengenai gambaran umum tujuan penulisan proposal tersebut. 

Misalnya, jika proposal ditujukan untuk kegiatan peringatan Isra Miraj, maka jelaskan mengenai gambaran kegiatan Isra Miraj yang akan dilaksanakan. 

Selain itu, berikan informasi mengenai mengapa proposal tersebut ditujukan kepada pihak penerima proposal. Apakah untuk persetujuan penyelenggaraan acara ataupun untuk pendanaan. 

3. Pendahuluan Proposal Isra Miraj

Pada bagian pendahuluan atau biasa dijadikan sebagai Bab 1 proposal, terdapat beberapa sub judul, diantaranya: 

  • Latar Belakang Kegiatan, yang berisi penjabaran rinci dan ringkas mengenai kegiatan yang dilaksanakan yang mengandung unsur 1W + 1 H. 
  • Tujuan Kegiatan, yang berisi maksud atau tujuan dilaksanakannya kegiatan Isra Miraj dalam bentuk poin-poin ringkas namun mudah dipahami. 
  • Manfaat Kegiatan, yang berisi penjelasan mengenai nilai dan manfaat dari kegiatan Isra Miraj, baik itu untuk pelaksana kegiatan maupun untuk seluruh pihak yang dilibatkan. 

Baca juga: 5 Contoh Surat Undangan Isra Miraj 2024 [FREE DOWNLOAD].

4. Isi Proposal Kegiatan Isra Miraj

Setelah lembar pendahuluan, maka selanjutnya yaitu bagian isi proposal pada Bab 2. Pada bagian ini, juga terdapat beberapa sub judul, diantaranya: 

  • Nama dan Tema Kegiatan, yang berisi judul serta tema peringatan Isra Miraj dan disertai penjelasan maksud dari tema secara ringkas. 
  • Bentuk Kegiatan, yang berisi jenis kegiatan yang akan dilaksanakan. Misalnya, pengajian, lomba Isra Miraj, santunan ke panti asuhan hingga ceramah. 
  • Peserta Kegiatan, yang berisi penjelasan mengenai pihak yang dilibatkan dalam kegiatan, baik itu apabila terbuka untuk umum atau menyasar pada kelompok tertentu saja. 
  • Panitia Kegiatan, yang berisi penjelasan pihak penyelenggara kegiatan termasuk rincian panitia pelaksana di setiap divisi. 
  • Jadwal dan Lokasi Kegiatan, yang berisi penjabaran dalam bentuk poin mengenai tanggal, waktu serta lokasi pelaksanaan kegiatan peringatan Isra Mi’raj. 
  • Susunan Acara Isra Mi’raj, yang berisi penjelasan rinci mengenai urutan acara Isra Miraj dari pembukaan, sambutan, acara inti hingga penutupan. 
  • Rencana Anggaran Kegiatan, yang berisi perkiraan seluruh biaya yang dibutuhkan untuk keberlangsungan peringatan Isra Mi’raj.

Baca juga: 20 Background Isra Miraj 2024 HD yang Bagus dan Menarik.

5. Penutup Proposal Isra Miraj

Setelah bagian isi proposal Isra Mi’raj, kemudian Bab 3 berisi kalimat penutup. Pada bagian penutup ini tuliskan juga harapan pembuat proposal beserta tanda tangan panitia inti kegiatan. 

Contoh Proposal Isra Miraj 2024 DOC

Setelah mengetahui cara membuat proposal Isra Mi’raj melalui sistematika yang benar, selanjutnya mari simak contoh proposal Isra Miraj 2024 untuk berbagai kegiatan berikut ini. 

1. Contoh Proposal Kegiatan Isra Mi’raj di Sekolah

Lingkungan sekolah memang kerap menyelenggarakan kegiatan Isra Mi’raj, baik itu oleh OSIS maupun Forum Siswa Islam. Berikut contoh proposal kegiatan yang dapat kamu gunakan:

contoh proposal isra miraj
Sumber: Dokumentasi Evermos

DOWNLOAD PROPOSAL ISRA MIRAJ DI SEKOLAH DOC

2. Contoh Proposal Isra Miraj Karang Taruna

Jika kamu adalah pemuda – pemudi Karang Taruna dan berencana menyelenggarakan acara Peringatan Isra Miraj 2024, mari gunakan contoh proposal berikut ini:

contoh proposal isra miraj
Sumber: Dokumentasi Evermos


DOWNLOAD PROPOSAL ISRA MIRAJ KARANG TARUNA

3. Contoh Proposal Isra Miraj di Masjid

Jika kegiatan Isra Miraj akan dilaksanakan di Masjid, maka kamu memerlukan proposal khusus. Berikut ini adalah contoh proposal Isra Mi’raj 2024 di Masjid yang dapat kamu gunakan.

contoh proposal isra miraj
Sumber: Dokumentasi Evermos

DOWNLOAD PROPOSAL ISRA MIRAJ DI MASJID

4. Contoh Proposal Isra Miraj Singkat DOC

Selanjutnya, di bawah ini merupakan contoh proposal Isra Mi’raj singkat dan jelas. Kamu dapat gunakan proposal kegiatan Isra Mi’raj ini untuk berbagai tujuan acara peringatan:

contoh proposal isra miraj
Sumber: Dokumentasi Evermos

DOWNLOAD PROPOSAL ISRA MIRAJ SINGKAT

Itulah beberapa contoh propoal Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 2024 yang dapat kamu gunakan untuk berbagai kegiatan, mulai dari di Masjid, sekolah hingga di Desa.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu dalam menyelenggarakan acara, ya!

Jangan lupa untuk kunjungi blog Evermos untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

Selain itu, jika kamu ingin memperoleh penghasilan dengan memulai usaha tanpa modal, kamu bisa kepoin Evermos.

Evermos hadir sebagai platform digital yang membantu kamu menjadi reseller dan menemukan berbagai supplier barang berkualitas di aplikasi Evermos.

Salah satu keuntungan yang kamu dapatkan adalah berbisnis tanpa modal yang besar. Apabila kamu tertarik, silakan langsung daftar gratis dengan klik tombol di bawah ini ya!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)