7 Hiasan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H, Dekorasi yang Mewah dan Sederhana! 

Maulid Nabi menjadi salah satu hari penuh makna bagi umat Islam karena bertepatan dengan lahirnya Rasulullah SAW, sosok tauladan bagi umat Muslim. Kegiatan pada hari besar Islam ini selalu meriah dengan hiasan Maulid Nabi Muhammad SAW bernuansa Islami. 

Peringatan Maulid Nabi pada 12 Rabiul Awal ini sudah menjadi semacam tradisi umat Islam yang tidak pernah putus untuk dilaksanakan. Berbagai kegiatan keagamaan digelar dengan tujuan sebagai bentuk penghormatan dan rasa cinta terhadap Nabi Muhammad SAW. 

Adapun pada tahun 2023 ini, Maulid Nabi akan jatuh pada tanggal 28 September. Untuk itu, saatnya merencanakan kegiatan untuk memperingati Maulid Nabi 1445 H, salah satunya dengan menghias rumah, kantor, sekolah, hingga lingkungan dengan mewah dan indah. 

Melalui artikel ini, Anda akan mendapatkan berbagai ide hiasan Maulid Nabi Muhammad SAW, mulai dari yang mewah hingga sederhana namun masih enak dipandang dan mengusung tema keislaman. 

Baca juga: 4 Contoh Proposal Maulid Nabi Lengkap dan Singkat yang Benar untuk Kegiatan Sekolah Hingga Masjid 

Tradisi Hiasan Maulid Nabi Muhammad SAW 

1. Hiasan Telur Maulid Nabi 

hiasan maulid nabi
Sumber: pinterest.com

Makna Hiasan Telur Maulid Nabi

Hiasan telur merupakan salah satu tradisi masyarakat Indonesia dalam memperingati Maulid Nabi. Biasa disebut sebagai telur Maulid, hiasan ini terdiri dari tiga bagian, yaitu kulit telur yang bermakna iman, putih telur yang bermakna Islam, dan kuning telur yang bermakna ikhsan. 

Selain itu, telur bermakna anak-anak ayam, tusuk bambu melambangkan adanya kelurusan, kekuatan, serta keteguhan layaknya pohon bambu yang tumbuh menjulang. 

Oleh karena itu, Maulid Nabi identik dengan hiasan telur karena diharapkan dapat memberi makna kepada umat Islam untuk selalu teguh, luus, dan menjulang tinggi dalam meneladani Rasulullah SAW. 

Cara Membuat Hiasan Telur Maulid Nabi 

Anda dapat membuat hiasan telur untuk perayaan Maulid Nabi dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini. Pertama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan yaitu:



  • Cangkang telur yang sudah kosong
  • Pewarna makanan yang berbeda warnanya
  • Air
  • Mangkuk kecil
  • Alat untuk menghias (misalnya, spidol warna, cat akrilik, stiker, atau hiasan lainnya)
  • Tali atau benang untuk menggantung
  • Bunga sintetis atau hiasan pita warna warni

Langkah Pembuatan Hiasan Telur Maulid

  • Persiapkan Cangkang Telur yang Kosong 

Untuk mengosongkan cangkang telur, pecahkan bagian atas cangkang telur dengan hati-hati dan pisahkan isinya. Bilas cangkang telur dengan air bersih dan biarkan kering. Atau, Anda bisa menggunakan cangkang telur buatan. 

  • Mewarnai Cangkang Telur 

Siapkan pewarna makanan dengan warna-warna yang berbeda dalam mangkuk-mangkuk kecil. Anda bisa mencampurkan beberapa tetes pewarna makanan dengan air untuk menciptakan warna yang lebih cerah. 

Selanjutnya, celupkan cangkang telur ke dalam larutan pewarna makanan. Kemudian, biarkan selama beberapa menit hingga cangkang telur mendapatkan warna yang Anda inginkan. 

  • Menghias Cangkang Telur dengan Kreatif

Apabila hiasan telur sudah kering, Anda bisa mulai menghiasnya sesuai kreativitas. Anda dapat menggunakan spidol warna, cat akrilik, atau stiker untuk membuat desain Maulid Nabi, atau kaligrafi Islami. Lalu, biarkan hiasan Anda mengering sepenuhnya.

  • Berikan Hiasan Tambahan Seperti Bunga Buatan atau Pita 

Setelah hiasan telur Maulid selesai, tambahkan dengan hiasan bunga atau pita warna warni agar semakin indah dan meriah. 

  • Merekatkan Tali Pada Hiasan Telur Maulid

Terakhir, Anda bisa menambahkan tali atau benang untuk menggantungnya. Pastikan benang tersebut cukup kuat untuk menahan berat cangkang telur.

Dekorasi Maulid Mewah Bernuansa Islami 

2. Spanduk atau Banner Tema Maulid Nabi 

hiasan maulid nabi
Sumber: pinterest.com

Spanduk atau banner bisa menjadi ide hiasan Maulid Nabi dengan nuansa Islami. Untuk membuat spanduk atau pamflet ini sangatlah mudah, Anda bisa memesannya ke jasa percetakan. 

Adapun desain spanduk bisa Anda kreasikan sekreatif mungkin, atau Anda bisa mengambil secara gratis template yang ada di internet, lalu menuliskan tema Maulid Nabi di spanduk tersebut. Tema Maulid Nabi ini dapat Anda diskusikan terlebih dahulu kepada rekan-rekan Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan referensi tema Maulid Nabi yang menarik disini:  55 Contoh Tema Maulid Nabi Singkat dan Menarik Tahun 2023.

3. Hiasan Panggung Dekorasi Maulid Nabi 

hiasan maulid nabi
Sumber: pinterest.com

Ide hiasan Maulid Nabi dengan nuansa Islami selanjutnya adalah mendekorasi panggung atau pentas kegiatan Maulid Nabi. Biasanya, peringatan Maulid Nabi diiringi dengan kegiatan keagamaan seperti ceramah, kesenian Islam, dan lainnya dengan menggunakan panggung. 

Nah, pada peringatan Maulid Nabi 2023 ini, Anda bisa menghias panggung kegiatan Maulid Nabi dengan meriah. Seperti gambar di atas, Anda dapat mendekorasinya dengan triplek berpola seperti kubah masjid, serta menambahkan lampu LED agar lebih terlihat mencolok.

Dekorasi Maulid Sederhana dan Murah Meriah

4. Gambar Kaligrafi Maulid Nabi 

hiasan maulid nabi
Sumber: pinterest.com

Kaligrafi adalah salah satu karya seni khas Islam yang dapat Anda jadikan ide hiasan Maulid Nabi. Membuat kaligrafi tidaklah sulit, Anda bisa mengikuti tutorial membuat kaligrafi di platform Youtube. 

Selain itu, apabila Anda memiliki rekan yang pandai membuat kaligrafi, Anda bisa bekerja sama membuat kaligrafi bertuliskan nama Nabi Muhammad SAW sebagai pelengkap hiasan. Kemudian, tambahkan lampu LED di kaligrafi agar lebih indah ketika di pajang.

5. Hiasan Bambu Maulid 1445 H 

hiasan maulid nabi
Sumber: google/bersosial

Hiasan bambu menjadi salah satu ide hiasan Maulid yang bisa Anda buat sendiri dengan bahan yang mudah ditemukan. Untuk membuat hiasan bambu Maulid Nabi, Anda perlu mengasah dan memainkan kreativitas agar hasil hiasan bisa menarik dan terlihat mewah.

Seperti contoh di atas, yaitu salah satu hasil karya masyarakat Indonesia dalam membuat hiasan dari bambu untuk peringatan Maulid Nabi. Bambu tersebut dirakit membentuk segitiga, lalu di tambahkan dengan hiasan biji-bijian membentuk tulisan Arab Nabi Muhammad.

Ide Pernak Pernik Maulid Nabi SAW 1445 H

6. Hiasan Bunga Buatan untuk Pajangan 

hiasan maulid nabi
Sumber: google/bersosial

Salah satu budaya masyarakat Islam di Indonesia menjelang peringatan Maulid Nabi adalah membuat pernak pernik untuk dijual sebagai hiasan di hari Maulid. Biasanya, pernak-pernik bunga seperti gambar di atas, akan laku di pasaran.

Selain membeli di pasar, Anda bisa membuatnya sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah, seperti kawat besi yang tipis untuk membentuk pola bunga ataupun spiral. Anda juga dapat memanfaatkan plastik mika dengan beragam warna untuk membuat pola bunga.

7. Hiasan dengan Memanfaatkan Barang Bekas 

hiasan maulid nabi
Sumber: google/bersosial

Ide selanjutnya yaitu membuat hiasan kapal dengan barang-barang bekas. Ini bisa menjadi salah satu hiasan yang mewah dan meriah, dengan budget yang sangat tidaklah mahal. Anda bisa mengandalkan kreativitas serta memanfaatkan barang yang tidak terpakai untuk membuatnya.

Bahkan hiasan dari barang bekas dengan tema peringatan Maulid Nabi ini dapat Anda jadikan insiprasi kompetisi atau perlombaan. Sehingga, akan ada banyak hiasan dengan hasil yang beragam namun tidak kalah menarik.

Demikianlah berbagai ide hiasan Maulid 1445 H atau 2023 ini, semoga berbagai ide di atas bermanfaat dan memberikan Anda insiprasi. Anda bisa baca informasi menarik lainnya hanya di blog Evermos.

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Evermos untuk mengetahui penawaran mendapatkan penghasilan tambahan tanpa modal dan hanya di rumah saja, dengan menjadi reseller Evermos. Atau klik tombol di bawah untuk daftar secara gratis!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)