Daftar Harga Kambing Kurban 2023 Jelang Idul Adha 1444 H, Ini Tips Memilihnya!

Idul Adha 2023 akan jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023 atau 10 Dzulhijjah 1444 H. Bagi umat Islam yang ingin melaksanakan ibadah kurban kambing, tentu harus tahu bahwa harga kambing kurban 2022 pastinya berbeda dengan harga kambing kurban tahun 2023 ini.

Anda sudah mulai mencari informasi tentang harga kambing kurban 2023 dan tempat membeli yang terpercaya? 

Kambing adalah salah satu jenis hewan yang paling banyak dikurbankan karena harganya yang relatif terjangkau dan ukurannya yang pas untuk satu orang atau keluarga.

Namun, memilih kambing kurban tidak boleh sembarangan. Ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi agar kambing tersebut layak untuk dijadikan hewan kurban. 

Seperti aspek kesehatan kambing, hingga usia minimal kambing kurban. Selain itu, ada juga beberapa tips yang bisa membantu Anda mendapatkan kambing kurban dengan harga terbaik dan kualitas terjamin.

Berikut ini kami sajikan informasi lengkap tentang harga kambing kurban 2023, tips memilihnya, dan tempat beli online yang bisa Anda jadikan referensi.

Baca juga: Dalil Perintah Berkurban adalah dalam Al-Quran dan Hadits, Simak Disini! 

List Harga Kambing Kurban 2023

harga kambing kurban 2022
Sumber: pexels.com

Harga kambing kurban 2022 tentu akan berbeda dengan tahun 2023 ini. Ada banyak faktor yang mempengaruhi perbedaan harga di pasaran untuk kambing kurban. 

Harga kambing kurban 2023 bervariasi tergantung pada jenis, bobot, dan daerah asalnya. Berdasarkan data dari berbagai sumber, berikut ini adalah rentang harga kurban kambing 2023 di beberapa daerah di Indonesia:



  • DKI Jakarta: Rp1.900.000 – Rp3.500.000 per ekor
  • Jawa Barat: Rp1.800.000 – Rp3.000.000 per ekor
  • Jawa Tengah: Rp1.700.000 – Rp2.800.000 per ekor
  • Jawa Timur: Rp1.600.000 – Rp2.500.000 per ekor
  • Sumatera Utara: Rp2.000.000 – Rp3.200.000 per ekor
  • Sumatera Selatan: Rp1.900.000 – Rp3.100.000 per ekor
  • Kalimantan Selatan: Rp2.100.000 – Rp3.300.000 per ekor
  • Sulawesi Selatan: Rp2.200.000 – Rp3.400.000 per ekor

Daftar harga kurban kambing 2023 di atas hanyalah estimasi dari setiap daerah. Anda dapat melakukan survei kepada beberapa penjual kambing kurban yang terpercaya untuk tahu harga normal dari kambing kurban.

Selain itu, harga kambing kurban tahun ini juga dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran pasar, serta biaya transportasi dan perawatan hewan sebelum disembelih. Sebelum membeli kambing kurban, Anda juga bisa membandikan harga kambing kurban 2022 dengan tahun ini. 

Tips Mendapatkan Kambing Kurban yang Berkualitas 

harga kambing kurban 2023
Sumber: pexels.com

Dalam melaksanakan kurban, tentu Anda perlu mengetahui berbagai syarat dan ketentuan memilih kambing kurban sesuai syariat Islam. 

Seperti kambing kurban yang minimal harus berumur satu tahun, serta kambing yang sehat atau tidak cacat. 

Untuk mempermudah Anda memilih kambing kurban tahun 2023 ini, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kambing kurban dengan harga terbaik dan kualitas terjamin, yaitu:

  1. Membeli kambing kurban jauh-jauh hari sebelum Idul Adha agar mendapatkan harga lebih murah dan stok lebih banyak.
  2. Membeli kambing kurban secara online melalui lembaga-lembaga amil zakat atau platform e-commerce yang terpercaya dan memiliki sertifikat halal.
  3. Membeli kambing kurban secara kolektif bersama teman, saudara, atau tetangga agar bisa mendapatkan diskon atau potongan harga.
  4. Membeli kambing kurban dari daerah asalnya atau dekat dengan lokasi penyembelihan agar menghemat biaya transportasi dan mengurangi risiko stres pada hewan.
  5. Mengecek kondisi fisik dan kesehatan kambing kurban secara langsung atau melalui foto dan video yang penjual sediakan.

Selain tips di atas, Anda juga dapat menonton tayangan kajian oleh Ustad Adi Hidayat berikut ini, mengenai kriteria hewan kurban yang sah menurut Islam. 

Tempat Jual Kambing Kurban Online, Dijamin Memudahkan!

harga kambing kurban 2022
Sumber: pexels.com

Salah satu cara praktis dan mudah untuk membeli kambing kurban adalah secara online. Anda tidak perlu repot-repot mencari peternakan atau pasar hewan, cukup dengan mengakses situs web atau aplikasi di smartphone Anda.

Ada banyak tempat beli kambing kurban online yang bisa Anda pilih, baik yang berasal dari lembaga-lembaga amil zakat maupun platform e-commerce. Salah satu rekomendasi beli kambing kurban online untuk Anda adalah melalui Evermos. 

Platform ini memiliki program kurban Evermos yang dapat membantu Anda mewujudkan pelaksanaan amalan baik kurban pada Idul Adha ini. Melalui kurban bersama Evermos Anda akan merasakan beragam keuntungan. 

Selain melalui platform Evermos, Anda juga bisa mengunjungi beramaljariyah.org untuk mendukung #MudahberQurban dengan ikut berkurban pada Idul Adha 1444 H ini. 

Anda bisa membeli hewan Qurban sesuai kemampuan dengan harga yang terjangkau. Untuk daftar harga hewan kurban seperti kambing dan sapi, dapat Anda cek disini ya! 

Selain itu, Anda tidak perlu pusing memikirkan penyembelihan dan penyaluran daging kurban, karena sepenuhnya akan dibantu oleh panitia pelaksanaan dari beramaljariyah.org. 

Tentunya bersama platform di atas, Anda akan berkurban dengan mengedepankan syariat Islam, dan menyentuh saudara-saudara muslim yang membutuhkan. Semoga niat Anda untuk berkurban dilancarkan oleh Allah SWT!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)