Implementasi #PerempuanAndalan, Evermos Terima Penghargaan 3G Championship Awards 2022

Startup asal Bandung social commerce Evermos telah menerima penghargaan Global Good Governance (3G) Championship Awards 2022 pada minggu lalu.

Penghargaan berskala internasional dalam kategori Pemberdayaan Perempuan memberikan semangat baru kembali bagi Evermos.

Acara yang digelar oleh Cambridge International Financial Advisory (IFA) pada waktu (18/05) lalu menyorot Evermos sebagai organisasi yang mengimplementasikan program pemberdayaan perempuan untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

Iqbal Muslimin: Penghargaan sebagai bentuk apresiasi kerja keras seluruh partner Evermos

penghargaan Evermos

Penerima penghargaan Global Good Governance (3G) Awards ditentukan berdasarkan analisa lima pilar utama.

Kelima pilar tersebut adalah transparansi, tanggung jawab sosial, keberlanjutan, dampak dan inovasi.

Sementara itu, seleksi dilakukan oleh para komite khusus yang terbentuk dari kalangan pemerintahan, praktisi dan akademisi.

Co-Founder dan Chief of Sustainability Evermos Iqbal Muslimin mengapresiasi seluruh pihak yang ikut serta bergotong royong dalam pencapaian misi pemberdayaan perempuan,

“Penghargaan 3G Championship Awards ini adalah suatu bentuk apresiasi atas semua kerja keras para karyawan internal, reseller, UKM dan semua partner Evermos dalam pemberdayaan perempuan,” melalui keterangan tertulis pada Minggu (22/5/2022) lalu.

Selama masa pandemi, Evermos juga berhasil meraih beberapa pencapaian seperti pendanaan seri B yang patut disyukuri dalam keberlanjutan impact positif bagi perekonomian bangsa.

“Evermos bangga bisa menjadi salah satu startup teknologi asal Indonesia yang fokus dalam pemberdayaan perempuan untuk membangun kesejahteraan dan memulihkan ekonomi nasional pasca pandemi.” lanjutnya.

Penyerahan Penghargaan Dilakukan di Dubai Uni Emirat Arab

penghargaan Evermos

Cambridge IFA telah menjadi pengamat yang tajam dari praktik tata kelola yang baik baik di masyarakat dan sektor swasta.

Sebagai bagian dari tanggung jawab bersama memilih untuk mempromosikannya lebih lanjut melalui inisiatif yang kemudian dikenal sebagai Global Good Governance Awards atas Penghargaan 3G.

Urgensi pemberian penghargaan ini senada dengan hasil riset dari McKinsey yang menyimpulkan bahwa Pemberdayaan Perempuan dan kesetaraan gender dapat berkontribusi menambah GDP perekonomoian global sebesar $12 triliun hingga tahun 2025 nanti.

Proses penyerahan 3G Championship Awards 2022 di gelar di Dubai, Uni Emirat Arab dengan sistem pelaksanaan acara tersebut di gelar secara hybrid atau online dan offline.

Penghargaan Berdasar 5 Pilar Utama Dalam Pemberdayaan Perempuan

penghargaan Evermos

Lalu apa saja yang menjadi lima dasar pilar tersebut serta penjelasan dalam uraian kategori pemberdayaan perempuan tersebut?

Evermos bertajuk #PerempuanAndalan mendukung peranan perempuan selain berjuang mengurus kesibukan rumah tangga, tentunya bisa berjuang mencari penghasilan demi capai kesejahteraan ekonomi keluarga.

“Sejak berdiri pada tahun 2019 lalu, pemberdayaan perempuan menjadi pilar penting bagi Evermos dalam membangun platform social commerce terbesar di Indonesia.”

Lebih lanjut lagi, Iqbal menyatakan bahwa ada lebih dari 73% dari total 500 ribu reseller yang ada di Evermos adalah perempuan.

Adapun penjelasan lima pilar tersebut dikutip oleh Blog Evermos dari situs resmi 3G Awards, adalah sebagai berikut.

  • Transparency atau Transparansi: komitmen untuk beroperasi secara etis dan secara hukum dengan integritas, transparansi, dan akuntabilitas.
  • Social Responsibility atau Tanggung Jawab Sosial: mempromosikan praktik terbaik dalam tanggung jawab sosial, kelayakan ekonomi, dan kepengurusan lingkungan.
  • Sustainability atau Keberlanjutan: mempromosikan praktik berkelanjutan dan inisiatif yang merangkul triple bottom garis: ekonomi, keadilan sosial, dan lingkungan.
  • Impact atau Dampak: inisiatif atau kontribusi yang dalam hasil yang lebih baik kepada masyarakat atau industri, atau negara.
  • Innovation atau Inovasi: pengembangan ide-ide baru, praktik, atau produk baru yang mempromosikan dan meningkatkan bisnis praktik di bidang pemerintahan.

Bersama Evermos, Siapa Saja Dapat Berkontribusi Untuk Membangun Ekonomi Lebih Baik Lagi

Melalui keterangan tertulis yang disebutkan tadi, 73 persen dari jumlah reseller Evermos di seluruh Indonesia di dominasi oleh perempuan.

Evermos memberdayakan perempuan dari kalangan ibu-ibu dari kota-kota kecil di Indonesia yang memiliki potensi berjualan, namun seringkali terhambat oleh keterbatasan modal, kesempatan dan keahlian.

Tidak hanya sekadar mewadahi, namun Evermos juga memfasilitasi para reseller dengan memberikan pelatihan kewirausahaan, akses teknologi dan jaringan ke ribuan produk lokal untuk mencapai tujuan mandiri secara ekonomi.

Sementara itu, 20% reseller paling produktif dapat menghasilkan penghasilan bersih rata-rata 2,5 juta perbulan hanya dengan berjualan produk di Evermos.

Sebagai testimoni, Ibu Umbar Ernawati turut merasakan manfaat ketika berikhtiar di Evermos dalam pernyataan berikut.

“Di Evermos itu enaknya gini, kita gak dibiarin aja tapi kita dibimbing. Saya melihat Evermos memberi kesempatan banget untuk para wanita, terutama emak-emak seperti saya, untuk berkarya. Gak berkarya lewat jualan aja, tapi juga punya komunitas yang positif.” ungkap reseller asal Demak dalam keterangan pers, Jumat (20/5/2022) lalu.

Mari Kita Apresiasi Segala Bentuk Perjuangan Partner Evermos, Semoga Semakin Menginspirasi Agar Berdaya dalam Skala Lebih Luas Lagi

penghargaan Evermos

Penghargaan yang didapatkan oleh Evermos menjadi salah satu bukti nyata bahwa ikhtiar yang para reseller lakukan memberikan dampak yang positif.

Sebagai partner dari Evermos, kita turut bangga terhadap penghargaan yang diraih serta patut untuk mengucapkan syukur sebanyak-banyaknya terhadap Allah Ta’ala.

Evermos adalah penandatangan Prinsip Pemberdayaan Perempuan (WEPs) dari UN Women, sebuah program yang didukung oleh We Empower Asia yang didukung oleh Uni Eropa, untuk mempromosikan kesetaraan gender di seluruh ekosistem Evermos, secara internal, sebagai pasar, dan dalam komunitasnya. 

Pemberdayaan Perempuan merupakan salah satu dari tiga pilar Evermos dalam memberikan impact sosial bersama dengan pemberdayaan masyarakat dan inovasi untuk memberdayakan kelompok sosial ekonomi bawah.

Bersama Evermos, semua bisa menjadi #PerempuanAndalan, serta membuka kesempatan seluas-luasnya untuk menjadi reseller yang hebat bagi siapa saja tanpa melihat latar belakang, ras, antar suku maupun agama.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)