Kumpulan Doa Untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal | Beserta Artinya

doa untuk orang tua yang sudah meninggal

Ketika orangtua sudah tiada, tak ada lagi yang bisa kita lakukan kecuali memanjatkan doa. Maka dari itu, berikut kami berikan doa untuk orang tua yang sudah meninggal.

Doa merupakan bentuk kewajiban dan bakti pada orang tuanya. Ada sebuah hadis yang mengatakan bahwa,

Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara. Yaitu, sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, dan doa anak saleh.”

Maka dari itu, doa yang Anda panjatkan bisa membuat orangtua mendapat pengampunan dan perlindungan di surga. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang mengatakan bahwa,

“jika orangtua sudah meninggal, maka masih ada cara berbakti yang harus dilakukan anak yaitu mendoakan kedua orangtua atas keselamatan dan pengampunan, memenuhi janji, membayar hutang mereka dan menjalin silaturrahmi dengan kerabat dan sahabatnya. (HR. Abu Dawud (no. 5142))”

Untuk itu, berikut kami berikan ulasan mengenai doa untuk orang tua yang sudah meninggal.

Baca Juga : 6 Doa Keselamatan Dunia dan Akhirat Untuk Diamalkan Sehari-Hari

Doa Untuk Orang Tua yang Masih Hidup

doa untuk orang tua yang sudah meninggal

sumber : pexels.com

Orang tua sangat menyayangi anaknya hingga kita sebagai Anak tidak akan bisa membalas jasa dan pengorbanan mereka.

Maka dari itu pantasnya kita selalu mendoakan, menyayangi, dan berbakti kepada orang tua selama mereka masih hidup. Berikut adalah bacaan doanya:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا

Allahumma Fighfirlii Wa Liwaa Lidhayya Warham Humaa Kamaa Rabbayaa Nii Shaghiraa”

Artinya: “Ya Allah, ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, serta berbelaskasihlah kepada mereka berdua seperti mereka berbelas kasih kepada diriku di waktu aku kecil.”

رَبِّ اَوْزِعْنِيْٓ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْٓ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَالِدَيَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضٰىهُ وَاَصْلِحْ لِيْ فِيْ ذُرِّيَّتِيْۗ

Rabbii Auzi’nii an asykura ni;matakallatii an’amta ‘alayya wa’alaa waalidayya wa an a’mal shoolihan tardhoohu wa ashlih lii fii dzurriyyatii.

Artinya: Ya Rabbku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku.

Baca Juga : Kumpulan Doa Rasulullah untuk Kesembuhan Orang Sakit Lengkap dengan Artinya

Doa Untuk Orangtua yang Sudah Meninggal

doa untuk orang tua yang sudah meninggal

sumber : pexels.com

Dalam Alquran, disebutkan juga beberapa doa untuk orang tua yang telah meninggal.

Hanya doa inilah yang mampu menebus rasa rindu dan penyesalan  terhadap orang tua yang telah tiad. Kita masih punya kesempatan berbakti dengan cara mendoakan mereka.

Maka doa ini hendaknya dibaca setiap waktu terutama selesai sholat fardhu lima waktu. Berikut adalah bacaan doanya.رَبَّنَا اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ يَوْمَ يَقُوْمُ الْحِسَابُ

Robbanaghfirlii waliwalidayya walilmu’miniina yauma yaquumul hisaab.

Artinya : Ya Rabb kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).” (QS. Surat Ibrahim: 41)

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِمَنْ دَخَلَ بَيْتِيَ مُؤْمِنًا وَّلِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنٰتِۗ وَلَا تَزِدِ الظّٰلِمِيْنَ اِلَّا تَبَارًا

Robbighfilrii waliwaa lidayya waliman dakhola baitiya mu’minan walil mu’mininna wal mu’minaati walaa tazididhoolimiina illa tabbaaraa.

Artinya: Ya Rabbku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan.” (QS. Surat Nuh: 28)

Doa Untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

Doa Untuk orang tua yang sudah meninggal

Sumber: google/bersosial

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfir Lahu Warhamhu Wa ‘Aafihi Aa’fu ‘anhu Wa Akrim Nuzulahu Wa Wassi’ Madkhalahu, Waghsilhu Bil Maa i Wats-tsalji Walbarodi Wa Naqqihii Minal khathaa Ya Kamaa Yunaqqats-Tsawbul Abyadhu Minad Danas. Wa Abdilhu Daaran khairan Min Daarihii Wa Ahlan Khairan Min Ahlihii Wa Zawjan Khairan Min Zawjihi, Wa Adkhilhul Jannata Wa A ‘Idzhu Min ‘Adzaabil Qobri Wa Fitnatihi Wa Min ‘Adzaabin Naar.”

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua orang tuaku. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, bersihkanlah kedua orang tuaku dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah kedua orang tuaku dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran. Dan gantilah tempat tinggalnya dengan tempat tinggal yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya juga. Masukkanlah kedua orang tuaku ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.

(Jika yang sudah meninggal adalah ibu (perempuan), maka lafadz ‘HU’ diganti menjadi ‘HA’ (Allahummagh fir Laha). Dan jika keduanya sudah meninggal, maka lafadz ‘HU’ diganti menjadi ‘HUMA’ (Allahummagh fi La Humma)

Demikianlah ulasan mengenai doa untuk orang tua yang sudah meninggal. Semoga doa yang kita panjatkan bisa menjadi pelindung dan pengampun Mereka di dunia maupun Akhirat.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang membutuhkannya. Jangan lewatkan Artikel kumpulan doa lainnya hanya di situs Blog Evermos.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×