4 Bacaan Doa untuk Kucing yang Sedang Sakit Agar Cepat Sembuh

Bagi para pemilik kucing peliharaan di rumah, tentu sangat khawatir jika si anabul tiba-tiba sakit. Dalam Islam, kamu bisa mengamalkan doa untuk kucing yang sakit agar lekas sembuh. 

Sama halnya seperti manusia, hewan seperti kucing juga dapat mengalami dan merasakan sakit. Bahkan, pemilik kucing perlu mewaspadai beberapa penyakit yang mengancam nyawa si kucing. 

Penyakit pada kucing juga memiliki tingkat, mulai dari penyakit ringan seperti demam dan diare, hingga penyakit berat seperti ISPA, diabetes, kanker, dan berbagai penyakit bervirus lainnya.

Jika kucing kamu saat ini sedang sakit dan kamu sudah mengupayakan berbagai pengobatan untuk anabul, maka kamu juga bisa berupaya dengan melantunkan doa.

Dalam Islam, tidak hanya manusia yang sakit saja yang perlu kita doakan agar sembuh, namun kita juga dapat memohon kepada Allah SWT untuk menyembuhkan hewan yang sedang sakit. 

Baca juga: 7 Doa untuk Diri Sendiri yang sedang Sakit dalam Bahasa Arab, Insya Allah Sembuh!

Bacaan Doa untuk Kucing yang Sakit Agar Kembali Sehat

doa untuk kucing yang sakit
Sumber: freepik.com

1. Doa Mohon Kesembuhan untuk Kucing 

Dalam Islam, setiap kondisi tentunya memiliki penawar melalui doa, seperti doa agar kucing tidak mati ketika ditimpa sakit.

Di bawah ini adalah doa mohon kesembuhan untuk kucing yang pernah diriwayatkan Bukhari dan Muslim yaitu di bawah ini.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ، أَذْهِبِ الْبَأْسَ، وَاشْفِ أَنْتَ الشَّافِي، لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ، شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma rabban nasi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syafi. La syafiya illa anta syifa’an la yughadiru saqaman.



Artinya: “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri.”

2. Doa Agar Kucing Sembuh dari Sakit

Setelah membaca doa di atas, kamudapat melanjutkannya dengan bacaan doa agar kucing sembuh dari sakit berikut:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ. اللَّهُمَّ يَا عَزِيزُ يَا جَبَّارُ, ارْحَمْ [nama kucing] وَ أَلْطُفْ بِهَا فِي مَرَضِهَا, وَ يَا شَافِي اشْفِهَا

Bismillahirrahmanirrahim. Allahumma ya ‘Azizu ya Jabbar, irham [nama kucing] wa altuf biha fi maradiha, wa ya Shafi ishfiha.

Artinya: “Dengan nama Allah, Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Ya Allah, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Menghukum, sayangi [nama kucing] dan berilah belas kasihan padanya dalam sakitnya, dan ya Yang Maha Penyembuh, sembuhkanlah dia.”

Baca juga: Doa Untuk Orang Sakit dan Adab Membesuknya Sesuai Ajaran Nabi SAW.

3. Doa untuk Kucing yang Sekarat Agar Sembuh

Sebagai manusia, ketika kucing kamu sakit tentu yang dilakukan adalah berusaha semaksimal mungkin untuk kesembuhan si anabul. Namun, kadang keadaan memang tak sesuai harapan.

Ketika kondisi anabul semakin memburuk, kamu bisa membaca doa untuk kucing yang sekarat melalui dzikir tahlil berikut ini:

لا إِلٰهَ إِلَّا اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَر، لَا إِلٰهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَا إِلٰهَ إِلَّا اللَّهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْد، لَا إِلٰهَ إِلَّا اللَّهُ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

Laa ilaaha illallah wallahu akbar, laa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalah, laa ilaaha illallah lahul mulku wa lahul hamdu, laa ilaaha illallah wa laa haula wa laa quwwata illa billaah.

Artinya: “Tiada tuhan yang berhak disembah selain Allah dan Dia Maha besar, Tiada tuhan yang berhak disembah selain Allah semata-mata Dia dan tiada sekutu bagi-Nya. Tiada tuhan yang berhak disembah selain Allah hanya milikNya kerajaan dan segala puji. Tiada tuhan yang berhak disembah selain Allah dan tiada daya maupun kekuatan kecuali dengan Allah.”

4. Doa Menyembuhkan Penyakit Kucing 

Kucing yang sakit juga menjadi bagian dari takdir Allah SWT. Ketika kondisi ini menimpamu, Allah SWT sedang memberikan ujian kepada kamu untuk bersabar dan berserah diri.

Untuk itu, mari amalkan juga salah satu doa menyembuhkan penyakit kucing berikut ini:

لَا بَأْسَ أَذْهِبِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا يَكْشِفُ الضُّرَّ إِلَّا أَنْتَ

La ba’sa, adzhibil ba’sa, rabb annaas ishfi anta asshaafii, laa yaksifu durra illaa anta.

Artinya: “Tidak ada masalah wahai Rabb umat manusia, hilangkanlah kesulitan (dan) berikan keringanan karena Engkaulah yang memberikan keringanan. Tidak ada seorang pun selain Engkau yang dapat menghilangkan kesulitan.”

Baca juga: 10+ Macam Doa Ketika Sakit Agar Diberi Kesembuhan.

Cara Menyembuhkan Kucing yang Sakit di Rumah

doa untuk kucing yang sakit
Sumber: canva.com

Sembari mengamalkan doa untuk kucing yang sakit agar cepat sembuh, kamu juga dapat berikhtiar dengan merawat anabul yang sakit di rumah.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar kucing bisa cepat sembuh dan kembali lincah:

1. Menjaga Asupan Cairan Anabul 

Ketika kucing sedang memiliki masalah kesehatan terutama pada bagian pernapasan seperti ISPA, pile dan terdapat selaput lendir, coba untuk melakukan uap kepada kucing.

2. Jaga Kebersihan Mata dan Hidung Kucing

Saat kucing terbangun dari tidurnya, tak jarang matanya terdapat kotoran mata yang perlu untuk di bersihkan dan dirapihkan.

Seka kotoran mata dan hidung dengan kapas yang dicelupkan ke dalam air garam.

3. Berikan Obat Sesuai Resep Dokter Hewan

Langkah berikutnya adalah tentu dengan melakukan pengobatan melalui obat khusus penyakit yang dideritanya.

Untuk sakit ringan seperti flu dapat membeli melalui petshop atau online.

4. Berikan Tempat yang Nyaman untuk Kucing

Kucing yang sedang sakit umumnya merasa lelah, lemas, letih dan tidak nafsu makan.

Berikan kenyamanan untuk kucing misalnya seperti ruangan khusus sehingga dapat terpantau dan aman dengan baik.

Selain doa, kamujuga harus merawat kucing peliharaan kamu dengan cara-cara seperti di video berikut ini:

Nah itulah doa untuk kucing yang sakit yang bisa kamu coba untuk kucing kesayangan, semoga dapat bermanfaat!

Jangan lupa untuk kunjungi blog Evermos untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

Selain itu, jika kamu ingin memperoleh penghasilan dengan memulai usaha tanpa modal, kamu bisa kepoin Evermos.

Evermos hadir sebagai platform digital yang membantu kamu menjadi reseller dan menemukan berbagai supplier barang berkualitas di aplikasi Evermos.

Salah satu keuntungan yang kamu dapatkan adalah berbisnis tanpa modal yang besar. Apabila kamu tertarik, silakan langsung daftar gratis dengan klik tombol di bawah ini ya!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)