Doa Untuk Orang Sakit dan Adab Membesuknya Sesuai Ajaran Nabi SAW

Doa Untuk Orang Sakit

Sedang menerima kondisi sakit atau keluarga dan kenalan dari kita yang sakit? Inilah kumpulan doa untuk orang sakit beserta dengan artinya artinya. Bacalah agar orang yang kita tengok diberikan kesembuhan oleh Allah SWT.

Seperti yang kita alami saat ini, meningkatnya angka Covid-19 serta varian baru dari Alpha, Delta, dan Omicron yang terus menerjang umat manusia bak badai ombak tiada habisnya.

Tak jarang saat kita mendengar keluarga, tetangga, atau teman mengalami sakit tersebut.

Pada saat kita berkunjung untuk menjenguk orang sakit umumnya kita membawa makanan dan buah-buahan. namun bukan hanya itu saja, sebaiknya kita juga mendoakan agar sakit yang sedang diderita segera diangkat oleh Allah, supa lekas sembuh dan kembali ke kondisi tubuh yang sehat.

Dibalik sakit yang sedang dialami, pastinya ada hikmah tersendiri bagi penderita maupun orang lain. hakikatnya kita sebagai manusia harus bersabar, berdoa, dan ikhlas untuk menerima dan menjalaninya.

Merangkum Brilio.net pada Selasa (4/8) Imam An-Nawawi dalam kitab Al-Adzkar mengutip sejumlah riwayat yang menceritakan Rasulullah ketika menjenguk salah satu sahabaynya yang sedang sakit. Dalam sejumlah riwayat yang di kisahkan, Rasulullah mendoakan kesembuhan bagi sahabatnya dengan berbagai lafal doa.

Doa Untuk Orang Sakit Agar Diberi Kesembuhan

Seperti salah satu doa untuk orang sakit yang dibaca oleh Rasulullah SAW untuk keluarganya yang sebagaimana di riwayatkan dalam Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA yaitu sebagai berikut.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِهُ وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

“Allahumma rabban naasi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syaafi. Laa syaafiya illaa anta syifaa’an laa yughaadiru saqaman”

Artinya: “Ya Allah, hilangkanlah penyakit, berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri”

Makna dari bacaan ini adalah meminta kepada Allah SWT agar orang yang sedang sakit dapat di sembuhkan sakitnya, kepayahannya, dan siksaannya melalui perantara doa yang menyebut nama Allah SWT.

Doa Untuk Orang Sakit Agar Diangkat Penyakitnya

Kemudian Abu Dawud dan At-Tirmidzi meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW menganjurkan untuk membaca doa untuk orang sakit berikut ini sebanyak 7 kali di hadapan orang yang sedang sakit.

Dengan doa yang kita bacakan ini, semoga Allah akan mengangkat semua penyakit yang di derita orang tersebut.

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيمَ رَبَّ العَرْشِ العَظِيمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

“As’alullaahal azhiima rabbal ‘arsyil ‘azhiimi an yassfiyaka”

Artinya: “Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu”

Makna dari bacaan tersebut adalah untuk meyakinkan bahwa sesungguhnya tidak ada yang dapat memberikan kesembuhan keculai hanya Allah semata, karena hanya Allah yang mengijinkan dan memberikan kesembuhan.

Doa Untuk Orang Sakit Supaya Sakitnya Menjadi Pengampun Dosa

Selain doa bagi kesembuhan, kita juga dapat menyertakan doa pengampun dosa dan perlindungan agama dan raga bagi mereka yang sakit.

Doa ini merupakan salah satu doa yang Rasulullah SAW bacakan ketika menjenguk sahabatnya yang bernama Salman Al-Farisi RA sebagaimana yang di riwayatkan oleh Ibnu Sunni berikut ini.

شَفَى اللهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي دِيْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

“Syafaakallaahu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa”aafaaka fii diinika wa jismika ilaa muddati ajalika”

Artinya: “Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia.”

Makna dari bacaan ini adalah untuk menekankan bahwa kesembuhan yang kita minta kepada-Nya merupakan kesembuhan yang mutlak, yaitu kesembuhan yang tak menyisakan penyakit apa pun.

Doa Agar Sakitnya Segera Diangkat

امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ

Imsahil ba’sa rabban nasi. Bi yadikas syifa’u. La kasyifa lahu illa anta.

Artinya, “Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau,”

Makna bacaan doa ini yaitu menjadikan Allah sebagai satu-satunya tempat bergantung dan memohon segera diangkat dari penyakit.

Adab Ketika Menjenguk Orang Yang Sedang Sakit

Sebagai seorang muslim, ada beberapa etika atau adab yang harus kita perhatikan ketika menjenguk orang sakit yaitu sebagai berikut:

1. Niat Lillahi Ta’ala

Saat menjenguk orang yang sedang sakit, kita harus meniatkan hal tersebut karena Allah. Kita niatkan agar segala perbuatan baik kita dapat ganjaran pahala dari Allah, atau jika mampu dan memungkinkan usahakanlah membawa buah tangan seperti makanan atau buah-buahan kesukaan orang yang sedang sakit.

2. Menyebutkan Nama Kita Saat Menjenguk Orang Yang Sedang Sakit

Saat menjenguk orang yang sedang sakit, hendaklah terlebih dahulu untuk menyebutkan nama kita secara jelas kepada orang yang sedang sakit tersebut, karena mungkin saja ia kurang paham dengan siapa yang datang mengunjunginya. Dengan mengetahui siapa yang menjenguknya, akan membut orang yang sakit merasa bahagia saat kedatanganmu.

3. Usahakan untuk duduk di dekat samping kepalanya

Jika memang memungkinkan saat menjenguk, usahakan untuk duduk di sampingnya. hal ini sebagaimana pernah dicontohkan Nabi Muhammad dan orang-orang shalih sesudahnya.

Seperti yang di riwayatkan oleh Anas RA, yang berkata:

“Apabila Nabi Muhammad menjenguk orang yang sakit, beliau duduk di sisi kepalanya.” (HR.Bukhari)

4. Menjabat Tangan Orang Yang Sedang Sakit

ketika berkunjung untuk menjenguknya, usahakan untuk menjabat tangan atau bersalaman dengannya, memegang keningnya, tangannya atau bagian tubuh lainnya, sebagaimana yang pernah diajarkan Nabi Muhammad.

Rasulullah bersabda: “Merupakan kesempurnaan menjenguk orang yang sakit adalah salah seorang kalian meletakkan tangannya pada wajahnya atau tangannya, kemudian bertanya bagaimana keadaannya. Dan, kesempurnaan penghormatan di antara kalian adalah berjabat tangan.” (HR Ahmad dan Thabrani)

Hal ini kita lakukan sebagai wujud perhatian dan kasih sayang kita kepadanya. Di samping itu, meletakkan tangan ini bisa membawa pengaruh meringankan sakitnya.

5. Menanyakan Kondisi

Saat berkunjung untuk menjenguk orang yang sedang sakit, usahakan menanyakan bagaimana keadaan atau kondisi orang yang sedang sakit tersebut.

6. Menghibur Orang Yang Sedang Sakit

Saat menjenguk orang yang sedang sakit, dianjurkan untuk menghibur orang yang sedang sakit dengan sesuatu yang dapat menimbulkan rasa optimis dan keyakinan pada kesembuhannya.

7. Menjaga Ucapan

Saat menjenguk orang yang sedang sakit, ada baiknya untuk menjaga lisan atau ucapan ketika mengucapkan sesuatu, karena  saat itu malaikat hadir dan ikut mengamini setiap ucapan yang keluar dari mulut kita.

8. Mendoakan orang yang sedang sakit

Hal terpenting yang perlu di ingat dan kita lakukan saat menjenguk orang yang sedang sakit adalah mendoakan kesembuhannya.

Hal ini menjadi kebiasaan yang biasa penjenguk lakukan sebelum beranjak untuk pulang.

Karena sebuah ucapan adalah doa, tidak terkecuali ungkapan agar lekas sembuh yang di ucapkan untuknya. Apalagi saat itu malaikat ikut hadir dan mengamini setiap ucapan kita, entah baik atau yang buruk.

Sudah menjadi keharusan saat kita datang menjenguk orang yang sedang sakit, kita upayakan untuk membaca salah satu doa di atas.

Dengan harapan, Allah lekas mengangkat dan menghilangkan segala penyakit yang dideritanya dan menggantinya dengan kenikmatan yang lainnya.

Demikianlah penjelasan mengenai Doa Untuk Orang Sakit. Semoga bisa bermanfaat dan amalan bagi kita.

Jangan lewatkan artikel terbaru dan menarik lainnya kunjungi Blog Evermos.

 

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×