Doa Nabi Musa Ini Bisa Kita Amalkan Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Doa Nabi Musa – Setiap Nabi memiliki cerita perjalanan hidupnya masing-masing, termasuk Nabi Musa A.S. Cerita perjalanan hidup Nabi Musa menjadi salah satu cerita Nabi yang menarik perhatian, karena Nabi yang termasuk Ulul Azmi ini harus berdakwah dan berhadapan langsung dengan Raja Fir’aun yang terkenal sangat keji dan durhaka kepada Allah SWT.

Sama seperti Nabi-Nabi lainnya, Nabi Musa juga melewati berbagai halangan dan rintangan dalam perjalanannya untuk  mendapatkan wahyu.

Namun, di balik kisah hidupnya yang penuh dengan rintangan dan cobaan, Nabi Musa A.S memilih untuk menghadapinya dengan cara berdoa kepada Allah SWT.

Doa-doa Nabi Musa tersebut hingga sampai saat banyak para kaum muslimin yang mengamalkannya, karena doa tersebut mampu membawa banyak kebermanfaatan dalam hidup.

Mulai dari Allah mempermudah urusan hingga memberikan petunjuk di setiap masalah. Itulah beberapa manfaat dari mengamalkan doa Nabi Musa.

Nah, bagi Anda yang ingin mengamalkan doa Nabi Musa, simak sampai tuntas kumpulan doa Nabi Musa yang penuh dengan manfaat untuk kebaikan dunia dan akhirat.

Baca juga: Wajib Tahu! Inilah 10 Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga

Doa Nabi Musa Bisa Kita Aplikasikan Pada Kehidupan Sehari-Hari

1. Doa Meminta Dimudahkan Segala Urusan dan Ucapan

Doa Nabi Musa
Sumber: shutterstock.com

Apakah Anda sedang berhadapan dengan masalah? Sebaiknya baca salah satu doa Nabi Musa yang satu ini.

Anda dapat mengamalkan doa ini setelah melaksanakan sholat wajib atau sholat sunah.

Selain itu, Anda juga bisa mengamalkan doa ini ketika Anda ingin menjadi pembicara agar apa yang Anda ucapkan benar dan bisa membawa keuntungan untuk Anda.

Nabi Musa sendiri mengucapkan doa ini setelah ia diminta untuk memakan bara api oleh Raja Firaun.

Saat itu Nabi Musa merasa khawatir tidak bisa berdakwah dengan baik, karena ia berubah menjadi cadel setelah menelan bara api tersebut.

Namun, berkat kekuasaan Allah yang Maha Agung dan juga melalui permohonan Nabi Musa lewat doa ini, Allah memberikan kemudahan bagi Nabi Musa untuk tetap bisa berdakwah yaitu dengan mengutus Nabi Harun untuk membantunya berdakwah dalam menyampaikan ajaran tauhid.

Sebagaimana doa tersebut terdapat dalam firman Allah QS. Thoha ayat 25-28 yang berbunyi:

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii’.

Artinya: “Ya rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.”

2. Doa Agar Terhindar dari Fitnah

Doa Nabi Musa
Sumber: shutterstock.com

Fitnah merupakan dosa besar yang dapat menjadi penghalang seseorang untuk masuk surga.

Akibat fitnah tersebut, maka ia akan menanggung semuanya seumur hidupnya apabila tidak segera bertaubat dan memohon ampun kepada Allah, maka neraka lah tempatnya.

Nah, Anda juga bisa mengamalkan doa Nabi Musa ini untuk terhindar dari fitnah yang keji dan juga menghadapi segala ujian hidup.

Nabi Musa mengamalkan doa ini untuk menjaga dirinya dari tipu daya kaum Firaun.

Sebagaimana penggalan doa tersebut terdapat dalam firman Allah QS. Yunus ayat 65-66 yang berbunyi:

فَقَالُوا۟ عَلَى ٱللَّهِ تَوَكَّلْنَا رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِّلْقَوْمِ ٱلظَّٰلِمِينَ وَنَجِّنَا بِرَحْمَتِكَ مِنَ ٱلْقَوْمِ ٱلْكَٰفِرِينَ

Fa qooluu álallohi tawakkalnaa, robbanaa laa tajálnaa fitnatal lil-qoumizh-zhoolomiin. Wa najjinaa birohmatika minal-qoumil-kaafiriin.

Artinya: “Kepada Allah lah kami bertawakal. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi kaum zalim, dan selamatkanlah kami dengan rahmat Engkau dari (tipu daya) orang-orang yang kafir.”

Untuk menunjang wawasan keislaman khususnya tentang doa-doa, Anda bisa menggunakan speaker Qur’an yang tersedia di Evermos. Dengan memiliki produk ini, tentu saja Anda akan mendapatkan kebermanfaatan. Klik rekomendasi produk di bawah ini untuk mendapatkan produk.

Selain untuk penggunaan pribadiAnda juga bisa memanfaatkannya untuk peluang usaha Anda. Yuk mulai jualan sekarang dengan bergabung menjadi reseller Evermos.

 

 

Doa Nabi Musa

Baca juga: Amalkanlah 7 Shalawat Nabi ini Agar Mendapat Syafaat dari Rasulullah

3. Doa Memohon Ampunan

Doa Nabi Musa
Sumber: shutterstock.com

Siapa diantara kita yang tidak pernah berbuat dosa? Siapa diantara kita yang tidak pernah bersalah terhadap Tuhannya?

Dan apakah kita mengira, kesalahan-kesalahan kita hanya kita sendiri yang melakukannya dan belum pernah dilakukan orang lain?

Sama sekali tidak. Sehari pun kita tidak bisa seperti malaikat yang sama sekali tidak pernah berbuat maksiat terhadap Allah dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan-Nya.

Akan tetapi, kita adalah manusia yang sangat mungkin berbuat kesalahan. Setiap hamba Allah yang shalih yang pernah kita temui, pastilah ia pernah berbuat kesalahan dan dosa.

Ada salah satu doa untuk mengharap ampunan dari Allah. Insya Allah jika mengamalkan doa ini akan terhapus dosa-dosanya.

Nabi Musa memanjatkan doa ini ketika ia secara tidak sengaja membunuh. Saat itu Nabi Musa bertemu dengan dua orang yang sedang bertengkar, yaitu orang dari kaum Bani Israil dan satunya dari kaum bangsa Fir’aun.

Lelaki dari kaum Bani Israil tersebut lalu meminta bantuan kepada Nabi Musa untuk membantunya. Nabi Musa kemudian meninju lelaki kaum Firaun dan membuatnya meninggal.

Nah, setelah kejadian tersebut Nabi Musa penuh dengan rasa penyesalan dan tiada hentinya memohon ampunan dari Allah SWT.

Sebagaimana doa tersebut terdapat dalam firman Allah QS. Al-Qashash ayat 16 yang berbunyi:

رَبِّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي فَاغْفِرْ لِي فَغَفَرَ لَهُ ۚ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Robbi innii zholamatu nafsii faghfir lii fa ghofaro lah, innahuu huwal-ghofuurur-rohiim.

Artinya: “Ya Tuhanku sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri karena itu ampunilah aku. Maka Allah mengampuninya, sesungguhnya Allah Dialah Yang Maha Pengampun Lagi Maha Penyayang.”

4. Doa Memohon Segala Kebaikan

Doa Nabi Musa
Sumber: shutterstock.com

Doa yang satu ini bisa Anda amalkan ketika ingin mendapatakan kebaikan atau pertolongan dari Allah SWT.

Nabi Musa pun mendapatkan manfaat dari doa ini yaitu saat ia sedang melakukan pelarian.

Pada kala itu, ia bertemu dengan dua orang penggembala wanita yang kesulitan memberi minum terhadap ternaknya.

Kemudian Nabi Musa memberikan bantuan kepada dua penggembala tersebut.

Nah, dari kebaikan Nabi Musa tersebut terbalaskan karena ayah dari dua orang penggembala itu ingin menampung Nabi Musa yang sedang berada dalam pelarian.

Sebagaimana doa tersebut terdapat dalam firman Allah QS. Al-Qashash ayat 24 yang berbunyi:

رَبِّ إِنِّي لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيرٌ

Robbi innuu limaaa angzalta ilayya min khoiring faqiir.

Artinya: “Ya Tuhanku sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku.”

5. Doa Meminta Petunjuk

Doa Nabi Musa
Sumber: shutterstock.com

Ketika kita sedang dihadapkan dengan pilihan yang sulit, maka doa ini bisa Anda amalkan agar dapat diberi pilihan yang tepat dan diridhai oleh Allah SWT.

Jika Allah memberikan petunjuk kepada jalan yang lurus tersebut, maka berarti Allah telah menolong kita untuk melaksanakan ketaatan kepada-Nya dan meninggalkan kemaksiatan kepada-Nya.

Dengan demikian, sebuah pilihan keburukan tidak akan menimpa kita, baik di dunia maupun di akhirat.

Nabi Musa pernah mengamalkan doa ini ketika ia dalam pelarian setelah peristiwa pembunuhan.

Kemudian Nabi Musa meminta kepada Allah SWT untuk diberikan petunjuk bagaimana ia harus melanjutkan perjalanan.

Sebagaimana doa tersebut terdapat dalam firman Allah QS. Al-Qashash ayat 21-22 yang berbunyi:

فَخَرَجَ مِنْهَا خَاۤىِٕفًا يَّتَرَقَّبُ ۖقَالَ رَبِّ نَجِّنِيْ مِنَ الْقَوْمِ الظّٰلِمِيْنَ ࣖوَلَـمَّا تَوَجَّهَ تِلۡقَآءَ مَدۡيَنَ قَالَ عَسٰى رَبِّىۡۤ اَنۡ يَّهۡدِيَنِىۡ سَوَآءَ السَّبِيۡلِ

Fa kharaja min-hā khā`ifay yataraqqabu qāla rabbi najjinī minal-qaumiẓ-ẓālimīn. Wa lammaa tawajjaha tilqooa’a Madyana qoola ‘asaa Rabbiii ai yahdiyanii Sawaaa’as Sabiil.

Artinya: “Maka keluarlah dia (Musa) dari kota itu dengan rasa takut, waspada (kalau ada yang menyusul atau menangkapnya), dia berdoa, “Ya Tuhanku, selamatkanlah aku dari orang-orang yang zalim itu.

Dan ketika dia menuju ke arah negeri Madyan dia berdoa lagi, “Mudah-mudahan Tuhanku memimpin aku ke jalan yang benar.”

Cara Mengamalkan Doa Nabi Musa dan Manfaatnya

Doa ini memiliki banyak sekali manfaat ketika diamalkan. Jika dilihat berdasarkan artinya, maka doa ini berisikan permohonan kepada Allah SWT untuk di mudahkan dalam berbagai urusan. Artinya, nabi Musa saja meminta pertolongan kepada Allah saat menghadapi kesulitan.

Maka jangan sampai sebagai umat manusia kita meminta permohonan kepada zat lain selain Allah. Adapun beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengamalkan doa Nabi Musa antara lain adalah sebagai berikut:

1. Memudahkan dan Melapangkan Segala Kesulitan

Manfaat pertama dengan mengamalkan doa ini adalah Anda akan di mudahkan dalam menghadapi segala kesulitan maupun kehimpitan yang sedang terjadi.

2. Menemukan Jalan untuk Menyelesaikan Masalah

Saat menghadapi suatu masalah maka dengan mengamalkan doa ini maka Anda akan di mudahkan dalam menghadapi segala masalah tersebut. Allah akan memberikan jalan keluar pada setiap masalah yang sedang Anda hadapi.

Hal ini tentunya akan terjadi jika Anda memohon dengan sungguh-sungguh.

3. Melapangkan Hati

Manfaat lain dengan mengamalkan doa Nabi Musa adalah hatinya akan di lapangkan. Sehingga pada saat Anda menyampaikan suatu hal yang baik di depan umum akan lebih mudah. Rasa grogi yang muncul akan digantikan dengan kemantapan hati.

4. Meluluhkan Hati Lawan Bicara

Saat Anda membaca doa ini untuk bicara dengan orang lain, maka Anda bisa merasakan bahwa Allah akan memberikan kemudahan untuk Anda. Kemudahan apa yang akan dirasakan, kemudahan dalam hal berbicara.

Bahkan jika Anda akan berbicara dengan lawan yang memiliki pengetahuan yang lebih tinggi. dalam hal ini Anda akan dipermudah dimana Anda akan lebih percaya diri dan dapat meluluhkan hati lawan bicara.

Sebagai contoh, misalnya Anda akan melakukan sidang skripsi maupun wawancara pekerjaan. Di sini Anda tentunya sangat grogi.

Namun, dengan Anda membaca doa ini, maka penguji akan merasa terkesima dengan apa yang Anda sampaikan. Tentunya hal ini akan terjadi jika Anda memanjatkan doa ini dengan sungguh-sungguh dan dengan tujuan yang benar pula.

5. Menambah Kepercayaan Diri

Saat Anda harus berbicara di depan umum dan di depan banyak orang, tentunya membutuhkan tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Misalnya saja pada saat berpidato, melakukan orasi, demonstrasi maupun mempresentasikan sesuatu.

Dalam hal ini jika seseorang tidak memiliki rasa percaya diri, maka orang tersebut tidak akan bisa melakukannya. Oleh sebab itu, dengan mengamalkan doa Nabi Musa, maka tingkat percaya diri Anda akan bertambah.

Pada awalnya mungkin Anda merasa cemas dan ragu akan digantikan dengan rasa yakin dan percaya diri. Sehingga Anda dapat menyelesaikan urusan Anda dengan baik tanpa halangan suatu apapun.

Rekomendasi Speker Quran Terbaik yang Tersedia di Evermos

Doa Nabi Musa

Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya kita tak lepas dari membaca doa. Agar Anda dapat lebih mengetahui tentang doa sehari-hari, atau mendengarkan murothal bahkan kajian dari ustadz profesional, Anda dapat menggunakan speaker Quran  yang tersedia di Evermos.

Dengan Anda memiliki produk tersebut, insya Allah wawasan tentang keislaman meningkat dan dapat membantu Anda untuk menghafalkan doa sehari-hari.

Nah, apabila Anda ingin memiliki produk speaker Quran atau ingin menjualnya, Anda dapat menjadi reseller Evermos.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha?

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik di bawah ini!

Demikianlah informasi mengenai doa Nabi Musa yang dapat Anda amalkan pada kehidupan sehari-hari.

Semoga doa yang kita panjatkan dapat Allah kabulkan. Aamiin Ya Rabbal’alamiin.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Yuk, share artikel ini agar yang lain dapat kebermanfaatan.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya pada situs blog Evermos.

×