Bacaan Doa Minum Air Zam Zam Lengkap, Membantu Sembuhkan Penyakit!

Air Zam zam adalah air yang berasal dari Masjidil Haram, Mekkah atau tanah suci umat Islam. Ketika meminum air Zam zam, kita disunnahkan untuk membaca doa minum air zam zam.

Meskipun minum air memang ada sunnah untuk berdoa terlebih dahulu, namun ketika meminum air zamzam ada doa tambahan yang secara khusus dapat kita baca. 

Sebab, umat Islam meyakini air zam zam punya banyak khasiat yang beda dengan air mineral pada umumnya. Hal ini juga ada dalam hadits riwayat Ibnu Majah dan Ahmad dari Jabir RA, 

مَاءُ زَمْزَمَ لِمَا شُرِبَ لَهُ

Artinya: “Air zamzam sesuai dengan apa yang diniatkan peminumnya.” 

Sehingga, sebagai Muslim rugi rasanya jika kamu tidak membaca doa ketika hendak meminum air zam zam. Sudah tahu bacaan doa meminum air zamzam? Jika belum, mari simak di artikel ini. 

Baca juga: 46 Doa Sehari-Hari Singkat Mudah Dihafal dan Diamalkan: Bacaan Arab, Latin, Artinya!

Khasiat Air Zam-Zam Menurut Al Qur’an

Sebelum tahu bacaan doa ketika minum air zam zam, kamu perlu tahu khasiat air zam zam. Sebab, sesuai namanya dalam bahasa Arab, air zam zam bermakna melimpah atau banyak. 

Mulai dari munculnya air zam zam pada kisah istri Nabi Ibrahim yaitu Siti Hajar bersama anaknya Nabi Ismail dan hingga kini air zam zam terus melimpah tidak pernah kekeringan. 



Sehingga, pastilah air zam zam memiliki banyak khasiat, berikut ini: 

  1. Air zam zam disebut seperti air surga atau maa’ul jannah yang artinya penuh berkah dan manfaat. 
  2. Nikmat dari Allah kepada jemaah haji yang dapat menikmati air zam zam langsung di tengah padang pasir. 
  3. Sebagai pembasuh hati atau pencuci kalbu. 
  4. Air yang penuh berkah karena Rasulullah sering meminumnya dengan tangannya yang berkah pula. 
  5. Menghilangkan rasa dahaga dan mengenyangkan. 
  6. Dapat menyembuhkan penyakit jiwa maupun jasmani seperti riwayat Rasulullah dalam sebuah hadits. 

Doa Ketika Hendak Minum Air Zam Zam

Terdapat dua doa sebelum dan sesudah minum air zam-zam. Berikut ini adalah doa pertama yang bersumber dari hadits riwayat Syekh Sulaiman Al-Bujairimi: 

اللَّهُمَّ إنَّهُ قَدْ بَلَغَنِي عَنْ نَبِيِّك أَنَّهُ قَالَ مَاءُ زَمْزَمَ لِمَا شُرِبَ لَهُ، وَأَنَا أَشْرَبُهُ لِسَعَادَةِ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ اللَّهُمَّ، فَافْعَلْ 

Allāhumma innahū qad balaghanī ‘an nabiyyika annahū qāla, ‘mā’u zamzama li mā syuriba lah,’ wa anā asyrabuhū li sa‘ādatid duniyā wal ākhirah. Allāhumma faf‘al.

Artinya, “Wahai Tuhanku, sungguh telah sampai padaku hadits dari nabi-Mu, ia bersabda, ‘Air zamzam bermanfaat sesuai tujuan diminumnya,’ (HR Ahmad, Al-Hakim, dan Ad-Daruqutni) dan aku meminumnya untuk kebahagiaan di dunia dan akhirat. Ya Allah, terimalah,”

Sumber doa: Syekh Sulaiman Al-Bujairimi, Hasyiyatul Bujairimi alal Iqna‘, [Beirut, Darul Fikr: 2006 M/1426-1427 H], juz II, halaman 447.

Baca juga: Doa Sebelum dan Sesudah Makan Serta Adab Makan Patut Tahu.

Doa Minum Air Zam Zam untuk Menyembuhkan Penyakit

Doa kedua yaitu dari hadits riwayat Imam Ad-Daruqtuni bahwa sahabat Ibnu Abbas ra. membaca bacaan berikut ini untuk menyembuhkan penyakit dengan minum air zam zam: 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ

Allāhumma innī as’aluka ‘ilman nafi‘an, wa rizqan wasi‘an, wa syifā’an min kulli dā’in. 

Artinya, “Ya Allah, sungguh aku meminta kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas, dan kesembuhan dari segala penyakit.”

Adab Minum Air Zam Zam Sesuai Sunnah

Karena air zam zam adalah air yang diberkahi oleh Allah SWT dengan banyak manfaat, maka tentu juga perlu adab yang baik ketika meminumnya.

Berikut ini adalah adab ketika meminum air zam zam yang sesuai dengan sunnah:

  1. Membaca basmallah dan doa sebelum minum.
  2. Membaca doa khusus ketika meminum air zam zam.
  3. Minum dengan tangan kanan.
  4. Tidak minum dalam satu kali tegukan nama dalam tiga kali tegukan.
  5. Posisi minum bisa dalam keadaan berdiri maupun duduk.
  6. Baca doa setelah minum air zam zam.

Perihal posisi minum di atas memang dalam sebuah hadits riwayat Bukhari dan Muslim menyebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah minum air zamzam dalam posisi berdiri.

Namun, bukan berarti diwajibkan minum dalam kondisi berdiri.

Itulah bacaan doa minum air zam zam lengkap sesuai sunnah yang dapat kamu amalkan. Jika ingin membaca artikel informatif dan menarik lainnya, kamu dapat kunjungi blog Evermos. 

Selain itu, jika kamu ingin mendapatkan kesempatan untuk berpenghasilan tambahan tanpa modal, dan tidak perlu keluar rumah, kamu bisa cek di Evermos.

Pada platform tersebut, kamu adalah seorang pebisnis pemula, kamu juga bisa mendapatkan bimbingan yang sangat bermanfaat untuk keberjalanan usaha kamu.

Tertarik? Klik tombol di bawah ini untuk registrasi gratis!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)