7 Doa Meminta Pertolongan Kepada Allah SWT yang Mustajab

Segala ujian dan masalah yang terjadi dalam kehidupan manusia adalah kehendak dari Allah. Sehingga, cara menghadapinya adalah dengan doa meminta pertolongan kepada Allah Swt.

Allah Swt memberikan ujian kepada kita untuk melihat seberapa sabar dan kuat usaha kita dalam melewati ujian tersebut. 

Selain itu, melalui ujian dan permasalahan hidup, Allah menguji iman kita. Apakah kita akan bersabar, berserah diri kepada Allah, dan yakin akan ketetapan Allah. 

Salah satu cara kita untuk meningkatkan keimanan atas ujian hidup adalah dengan berdoa. Dalam Islam, ada banyak doa meminta pertolongan kepada Allah Swt. 

Mau tahu apa saja bacaan doa dan artinya? Mari simak selengkapnya di artikel ini. 

Baca juga: Doa Meminta Perlindungan kepada Allah dari Marabahaya, Baca Ini!

Kumpulan Doa Meminta Pertolongan Kepada Allah SWT

1. Doa Nabi Muhammad Ketika Memohon Pertolongan Allah

Bacaan doa memohon pertolongan Allah SWT yang diamalkan oleh Nabi Muhammad Saw. ini terdapat dalam surah At Taubah ayat 129. Berikut bacaan lengkapnya: 

حَسْبِيَ اللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ۗ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ

Hasbiyallaahu laa ilaaha illaa huw, ‘alaihi tawakkaltu wa huwa rabbul-‘arsyil-‘aẓiim.

Artinya: “Cukuplah Allah bagiku; tidak ada tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal, dan Dia adalah Tuhan yang memiliki ‘Arsy (singgasana) yang agung.”



Selain bacaan di atas, juga ada dzikir hasbunallah wanikmal wakil yang dapat kamu iringi dengan doa di atas.

2. Doa Memohon Pertolongan dari Masalah

Jika kamu sedang punya masalah dan tidak tahu cara menyelesaikannya, maka mari amalkan doa berikut ini:

حَسْبِيَ اللهُ لِلدِّيْنِ , حَسْبِيَ اللهُ لِلدُّنْيَا , حَسْبِيَ اللهُ لِمَا أَهَمَّنِي , حَسْبِيَ اللهُ لِمَنْ بَغَى عَلَيّ , حَسْبِيَ اللهُ لِمَنْ كَادَنِي بِسُوء وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Hasbiyallahu lidiini hasbiyallahu lidun-yaaya, hasbiyallahu limaa ahammanii, hasbiyallahu limam baghaa ‘alayy, hasbi-yallahu liman kaadanii bisuu’, walaa haula walaa quwwata illaa billaah.

Artinya: “Cukuplah Allah (sebagai penolongku) dalam (urusan) agamaku, cukuplah Allah (sebagai penolongku) dalam (urusan) duniaku, cukuplah Allah (sebagai penolongku) dalam kesusahanku, cukuplah Allah (sebagai penolongku) dalam menghadapi orang yang berbuat aniaya kepadaku, cukuplah Allah (sebagai penolongku) dalam (menghadapi) orang yang melakukan tipu daya jahat kepadaku. Tiada daya upaya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah.”

3. Doa Nabi Musa dari Surah Taha Ayat 25 – 28 

Berikut ini adalah doa meminta pertolongan dari Allah yang diamalkan oleh Nabi Musa As. Kamu juga dapat mengamalkannya ketika hendak menghadapi ujian. 

رَبِّ اشۡرَحۡ لِىۡ صَدۡرِىْ, وَيَسِّرۡ لِىۡۤ اَمۡرِىْ, ‏وَاحۡلُلۡ عُقۡدَةً مِّنۡ لِّسَانِیْ, يَفۡقَهُوۡا قَوۡلِیْ

Rabbisyrah li sadri. Wayassir li amri. Wahlul ‘uqdatam millisani yafqahuu qaulii.”

Artinya: “Wahai Tuhanku, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku agar mereka mengerti perkataanku.”

4. Doa Meminta Pertolongan Kepada Allah SWT

doa meminta pertolongan kepada allah swt
Sumber: Dokumentasi Evermos

Doa di atas adalah bacaan dari surah Al Baqarah ayat 285 yang dapat kamu jadikan sebagai doa meminta pertolongan kepada Allah SWT atas segala kesulitan dan ujian dalam hidup.

Baca juga: 5 Doa Meminta Perlindungan Allah dari Musibah dan Penyakit.

5. Doa Nabi Hud dalam Surah Al Mu’minun Ayat 39

Berikutnya juga ada doa memohon pertolongan Allah saat terdesak yang dipanjatkan oleh Nabi Hud As. Doa ini terdapat dalam Al Quran surah Al Mu’minun ayat 39, berikut bacaannya: 

رَبِّ انْصُرْنِيْ بِمَا كَذَّبُوْنِ

Rabbin surnii bimaa kadzabuun.

Artinya: “Ya Tuhanku, tolonglah aku karena mereka telah mendustakanku.”

6. Doa Memohon Pertolongan Allah Surah Al Anbiya Ayat 112

Ketika berada pada kondisi yang sulit tentu kita mengharapkan solusi dan jalan keluar yang adil. Maka dari itu, panjatkanlah doa berikut ini kepada Allah Swt. 

رَبِّ احْكُمْ بِالْحَقِّۗ وَرَبُّنَا الرَّحْمٰنُ الْمُسْتَعَانُ عَلٰى مَا تَصِفُوْنَ

Robbihkum bilhaqqi warobbunarrohmanul musta’anu ‘ala ma tashifun.

Artinya: “Ya Tuhanku, berilah keputusan dengan adil. Tuhan kami adalah Tuhan Yang Maha Pengasih (dan) yang dimintai segala pertolongan atas semua yang kamu katakan.” 

7. Doa Meminta Rahmat dan Pertolongan dari Allah

Dalam kehidupan ini tentu kita mengharapkan perjalanan yang lurus dan baik, namun ada kalanya ujian memang menghampiri. Maka dari itu, amalkan doa meminta pertolongan berikut:

يَاحَيُّيَاقَيُّوْمُبِرَحْمَتِكَأَسْتَغِيْثُ،وَأَصْلِحْلِيْشَأْنِيْكُلَّهُوَلاَتَكِلْنِيْإِلَىنَفْسِيْطَرْفَةَعَيْنٍأَبَدًا

Ya hayyu ya qoyyum bi rahmatika astaghiits, wa ash-lihlii sya’nii kullahu wa laa takilnii ilaa nafsii thirfata ‘ainin abadan.

Artinya: “Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Maha Berdiri Sendiri, tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekalipun mata mendapat pertolongan dari-Mu selamanya.”

Kapan Waktu yang Tepat untuk Memanjatkan Doa Kepada Allah?

Untuk mengamalkan doa-doa di atas, kamu bisa membacanya kapanpun dan dimanapun. Baik itu saat kondisimu sedang terpuruk dengan berbagai masalah maupun saat sedang baik baik saja.

Membaca doa tersebut juga tidak terbatas pada waktu tertentu. Namun, dalam Islam terdapat keyakinan waktu-waktu tertentu yang lebih mustajab untuk Allah kabulkan doa kita.

Berikut ini adalah waktu yang tepat untuk memanjatkan doa kepada Allah:

  • Setelah sholat wajib
  • Setelah sholat malam atau di sepertiga malam
  • Berdoa di hari Jumat
  • Berdoa saat berpuasa
  • Setelah adzan dan sebelum iqomah
  • Saat sujud pada rakaat terakhir sholat
  • Pada malam lailatul qadar
  • Saat turun hujan

Untuk membaca penjelasan dari waktu mustajab berdoa di atas, kamu dapat membacanya disini: Waktu yang Tepat untuk Memanjatkan Doa Kepada Allah.

Itulah bacaan doa-doa meminta pertolongan kepada Allah Swt. Jika ingin membaca artikel informatif dan menarik lainnya, kamu dapat kunjungi blog Evermos. 

Selain itu, jika kamu ingin mendapatkan kesempatan untuk berpenghasilan tambahan tanpa modal, dan tidak perlu keluar rumah, kamu bisa cek di Evermos.

Pada platform tersebut, kamu adalah seorang pebisnis pemula, kamu juga bisa mendapatkan bimbingan yang sangat bermanfaat untuk keberjalanan usaha kamu.

Tertarik? Klik tombol di bawah ini untuk registrasi gratis!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)