9 Doa Anak Sholeh dan Sholehah Dunia Akhirat, Amalkan Setiap Hari!

Setiap orang tua tentu mendambakan anak yang sholeh dan pintar, baik itu anak laki-laki maupun perempuan. Oleh sebab itu, tak jarang kita mendengar “doa anak sholeh” menjadi topik utama dalam diskusi para orang tua. 

Berdoa untuk anak merupakan suatu hal yang sangat penting dan menjadi tugas orang tua. Melalui doa, kita mengharapkan agar Allah SWT memberikan karunia kecerdasan serta kebaikan akhlak kepada anak. 

Selain itu, doa agar anak sholeh pintar dan penurut juga termasuk sunnah yang Rasulullah SAW ajarkan kepada kita umatnya. Ingin tahu doa apa saja agar anak sholeh sesuai sunnah? Yuk simak informasi berikut ini!

Baca juga: Doa Selamat Untuk Keluarga Agar Selalu Sehat dan Bahagia 

Doa Anak Sholeh dan Sholehah dan Artinya

1. Doa Meminta Keturunan yang Sholeh: Ash-Shaffat ayat 100 

doa anak sholeh
Sumber: pexels.com

Meskipun belum dikaruniai anak, kita tetap boleh berdoa kepada Allah agar memberikan kita rezeki berupa anak yang sholeh ataupun sholehah. Doa ini dipanjatkan oleh Nabi Ibrahim AS ketika beliau meminta kepada Allah untuk memberikannya keturunan. 

Kemudian Allah mengabulkan doa Nabi Ibrahim ini, dan memberikan karunia buah hati yaitu Nabi Ismail AS. 

Berikut merupakan doa yang bisa Anda amalkan agar Allah memberikan buah hati yang sholeh, cerdas, dan berakhlak mulia seperti Nabi Ibrahim AS. 

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

“Rabbi habli minassholihin”

Artinya: “Ya Tuhan ku, berikanlah aku (keturunan) yang termasuk orang-orang yang saleh.” (QS. Ash-Shaffat: 100)



2. Doa Anak Sholeh Sesuai Sunnah: Al-Furqon ayat 74

Bagi Anda yang merupakan kepala keluarga dalam rumah tangga, selain bertanggung jawab dalam bentuk tindakan, tentu sebagai suami perlu berikhtiar dan berdoa agar keluarga yang Anda jaga Allah karuniai keberkahan. 

Begitu pula kepada anak yang sholeh dan akan menjadi keturunan berakhlak mulia untuk keluarga khususnya orang tua. Berikut doa yang bisa Anda panjatkan. 

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

“Rabbana hablana min azwajina wa dhurriyatina qurrata a’yunin waj’alna lil muttaqina imama”

Artinya: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istrtri-itsri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al-Furqon:74).

Baca juga: Doa Untuk Kelahiran Anak Agar Menjadi Anak Sholeh & Sholeha 

3. Doa untuk Anak Laki-Laki Agar Sholeh 

doa anak sholeh
Sumber: pexels.com

Berikut adalah contoh doa untuk anak laki-laki agar menjadi sholeh dalam bahasa Arab:

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

“Rabbi-ja’alnee muqeema as-salati wa min dhurriyati, Rabbanaa wa taqabbal du’aa”

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku sebagai orang yang mendirikan sholat. Ya Tuhan kami, terimalah doa permohonan kami.” (QS. Ibrahim: 40)

Doa ini diajarkan dalam Al-Qur’an dan merupakan doa yang sesuai dengan sunnah. Melalui doa ini, Anda bisa memohon kepada Allah SWT agar anak laki-laki dalam keluarga menjadi sholeh dengan menjadikan sholat sebagai bagian penting dalam hidupnya.

4. Apa Doa agar Anak Nurut Perkataan Ibunya? 

Anda ingin sang buah hati menuruti perkataan Anda sebagai Ibu? Sebetulnya dalam Al-Quran ataupun hadist, belum ada secara spesifik doa agar anak mematuhi perkataan ibunya. 

Namun sebagai orang tua, Anda dapat mendoakan anak secara umum agar Anak menjadi penutut dan taat kepada orang tua. Berikut doanya: 

اللَّهُمَّ اجْعَلْ وَلَدِي طَاعَةً لِوَالِدَتِهِ، وَبَارَّاً بِهَا كَمَا رَزَقْتَنِي إِيَّاهُ

“Allahumma-ja’al waladiy thaa’atan li walidatihi, wa barra biha kama razaqtani iyyahu”

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah anakku taat kepada ibunya, dan berbakti kepadanya sebagaimana Engkau telah memberikannya kepada ku.”

Ingatlah bahwa ketaatan dan kepatuhan anak kepada orang tua sangat penting dalam ajaran Islam dan kita harus berdoa agar anak-anak menjadi orang yang taat dan berbakti kepada orang tua mereka.

5. Doa untuk Buah Hati oleh Nabi Zakaria AS: Ali Imran ayat 38

doa anak sholeh
Sumber: pexels.com

Berikut doa yang Nabi Zakaria panjatkan ketika beliau sangat tua dan istrinya belum bisa memberikan mereka keturunan buah hati. 

رَبِّ هَبْ لِي مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

“Rabbi hab li min ladunka dhurriyyatan thayyibatan innaka sami’ud-du’a”

Artinya: “Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku dari sisi Engkau seorang keturunan yang baik; sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa.”

Setelah Nabi Zakaria berdoa dengan doa di atas, Allah SWT Maha Agung kemudian mengabulkan doa beliau dengan memberikan karunia anak sholeh, yang kita kenal sebagai Nabi Yahya AS. 

6. Doa agar Anak Tunduk Pada Agama: Al-Baqarah ayat 128

Selain buah hati yang cerdas dan patuh kepada orang tua, tentu kita berharap agar anak yang kita didik dapat tunduk pada agama Islam. Berikut doanya:

رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِن ذُرِّيَّتِنَا أُمَّةً مُّسْلِمَةً لَّكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا ۖ إِنَّكَ أَنتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

“Rabbana waj’alna muslimayni laka wa min dhurriyyatina ummatan muslimatan laka wa arina manasikana wa tub ‘alayna innaka antat-tawwabur-rahim”

Artinya: “Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) di antara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara ibadah haji kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkau Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.”

Doa di atas juga dipanjatkan oleh Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS ketika keduanya membangun Kabah di Mekkah, dengan tujuan agar Allah bemberikan mereka dan keturunannya menjadi umat muslim yang berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

7. Doa yang Dibacakan Anak Agar Mereka Menjadi Sholeh dan Sholehah

doa anak sholeh
Sumber: pexels.com

Selain orangtua yang memanjatkan doa agar buah hati mereka menjadi anak yang sholeh dan sholehah, Anda juga bisa mengajarkan kepada anak sejak dini doa yang bisa mereka panjatkan untuk diri sendiri. 

Melalui doa tersebut, anak meminta dan memohon agar Allah memberikan karunia kecerdasan dan hati yang lapang untuk mereka. Sehingga menjadikan anak menjadi pribadi yang berakhlak mulia. 

Berikut adalah beberapa doa yang dapat dibacakan oleh anak-anak untuk memohon agar mereka menjadi sholeh dan sholehah:

a. Doa Pertama

اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ الصَّالِحِينَ

“Allahumma ij’alni minassalihin”

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang sholeh.”

b. Penggalan Surat Thaha ayat 114

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَ اجْعَلْنِي مِنَ الصَّالِحِينَ

“Rabbi zidni ‘ilman wa ij’alni minassalihin”

Artinya: “Ya Tuhanku, tambahkanlah aku ilmu dan jadikanlah aku dari orang-orang yang sholeh.”

c. Penggalan Surat Ibrahim ayat 40

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي

“Rabbi-ja’alnee muqeema as-salati wa min dhurriyati”

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku sebagai orang yang mendirikan sholat.”

Itulah beberapa doa anak sholeh dan sholehah dalam Islam yang bisa kita panjatkan. 

Perlu diingat bahwa menjadi sholeh dan sholehah bukan hanya melalui doa, tetapi juga melalui usaha dan perbuatan baik sehari-hari. 

Maka penting untuk menerapkan nilai-nilai kebaikan dalam kehidupan sehari-hari, belajar dengan tekun, serta memperlakukan orang lain dengan sopan dan hormat.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, dan semoga keluarga serta keturunan kita menjadi manusia yang berakhlak mulia, cerdas secara agama dan akademik, serta berbakti kepada orang tua dan agama. 

Cek berbagai informasi lainnya di Blog Evermos mengenai doa-doa dan informasi islami lainnya.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)