Cara Penulisan Alamat Surat yang Benar adalah dengan Memperhatikan 6 Aspek, Simak Disini!

Ketika menyelenggarakan suatu kegiatan, biasanya kita akan membuat surat yang ditujukkan kepada pihak tertentu. Adapun aspek penting dalam surat menyurat adalah isinya, namun tahukah kamu bahwa cara penulisan alamat surat yang benar adalah aspek yang tidak kalah penting?

Meski terdengar simpel, alamat surat menjadi penentu keberhasilan pertama apakah surat yang kita kirim sampai ke pihak yang benar atau tidak. Selain itu, pihak penerima juga akan membuka dan membaca surat tersebut apabila alamat yang ditulis benar dan sesuai dengan standarnya.

Apa itu alamat surat? Bagaimana cara penulisan alamat surat yang benar? Simak ulasan lengkapnya di artikel ini ya!

Baca Juga : Contoh Amplop Lamaran Kerja, Begini Tips Cara Menulisnya

Apa itu Alamat Surat?

cara penulisan alamat surat yang benar adalah
Sumber: canva.com

Alamat surat adalah penulisan alamat tujuan surat dari pihak yang akan menerima surat yang ditulis pengirim secara spesifik dan jelas. Adapun alamat surat menjadi salah satu bagian penting dalam sistematika penulisan surat.

Selain agar lebih memperjelas si penerima bahwa surat tersebut memang ditujukkan untuknya, alamat surat juga sangat membantu kurir pos sebagai perantara agar surat sampai ke alamat yang benar.

Itulah sebabnya penulisan surat harus tepat dan tidak boleh terdapat kesalahan sedikitpun termasuk detail lokasinya.

Baca Juga : Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Download Disini!

Cara Penulisan Alamat Surat yang Benar adalah Aspek Penentu Profesionalitas Perusahaan 

cara penulisan alamat surat yang benar adalah
Sumber: pexels.com

Selanjutnya, penulisan alamat surat yang benar juga memiliki kaitan erat dengan komunikasi yang baik dengan relasi. Khususnya pada penulisan surat tertuju kepada instansi perusahaan atau penulisan surat kepada klien.

Dengan kaidah penulisan surat yang benar, maka bisa menggambarkan bagaimana kualitas suatu perusahaan terhadap perusahaan lainnya. Sehingga penulisan alamat surat yang tepat secara resmi penting untuk diperhatikan. 

Sebab, alamat surat juga menjadi hal yang pertama kali akan dibaca oleh si penerima surat. Sehingga, akan menimbulkan kesan dan impresi yang bagus dari penerima surat tersebut.

Cara Penulisan Alamat Surat yang Benar dan Contohnya

cara penulisan alamat surat yang benar adalah
Sumber: pexels.com

Dalam menulis alamat surat baik itu kepada instansi ataupun personal, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini adalah kaidah penulisan alamat penerima surat yang tepat dan contoh alamat surat menyurat. 

Baca juga: Inilah Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit dan Contohnya

1. Penulisan Yth yang Benar Pada Alamat Surat

Saat hendak mengirim surat kepada perusahaan, instansi, ataupun secara personal masih banyak orang yang menganggap penulisan kepada Yth yang benar adalah “Kepada Yth.”.

Sebenarnya penggunaan kata Kepada Yth tersebut tidak dianjurkan di alamat surat yang benar.  Sebab baik kata “Kepada” maupun “Yth” atau Yang Terhormat memiliki arti yang sama. Sehigga, jika menggunakan dua kata tersebut akan berakibat pada pemborosan kata. 

Oleh karena itu, tulisan kepada Yth yang benar adalah dengan menggunakan salah satu kata saja, antara “Yth.” atau “Kepada”. Adapun karena Yth merupakan kata singkatan, maka penulisannya menggunakan tanda baca titik (.).

Berikut ini contoh contoh penulisan kepada yth di amplop ataupun lembar surat yang benar.

a. Contoh Alamat Surat dengan Yth. 
Yth. Rizki Surya
Jalan Cipadung Kulon Nomor 23 RT 04 RW 10
Di Bandung

b. Contoh Alamat Surat dengan Kepada 
Kepada Rizki Surya
Jalan Cipadung Kulon Nomor 23 RT 04 RW 10
Di Bandung

2. Penggunaan Kata Sapaan Kepada Penerima Surat

Selanjutnya, cara penulisan alamat surat yang benar adalah dengan memperhatikan kata sapaan di awal surat.  Pada bagian pembuka, ada dua cara penulisan kata sapaan surat yaitu, menggunakan kata sapaan atau tidak menggunakan kata sapaan surat.

Agar lebih memudahkan dalam memahaminya, mari simak contohnya berikut.

a. Contoh alamat surat yang menggunakan kata sapaan: Yth. Bapak Rizky Surya 

b. Contoh alamat surat yang tidak menggunakan kata sapaan: Yth. Ketua Partai Sahabat Kosan

3. Penulisan Gelar Penerima Surat

Biasanya jika surat ditujukan kepada pihak instansi, perusahaan, atau badan resmi lainnya maka si penerima surat adalah seseorang yang memiliki gelar akademik. Sehingga cara penulisan alamat surat yang benar adalah dengan memperhatikan nama gelar penerima surat.

Untuk menulis gelar akademik penerima surat pastikan tidak disertai dengan kata sapaan terlebih dahulu. Berikut ini adalah contoh penulisan alamat surat yang benar adalah gelar penerima surat.

a. Penulisan penerima dengan gelar akademik di belakang nama: Yth. Rizky Surya, S. Ilkom

b. Penulisan penerima dengan gelar akademik di depan nama: Yth. Dr. Rizky Surya

c. Penulisan penerima surat tanpa gelar akademik: Yth. Bapak Rizky Surya

4. Huruf Kapital yang Terletak Pada RT dan RW

Di dalam penulisan alamat surat, kita pasti akan mencantumkan alamat penerima surat dengan sedetail mungkin. Sehingga, kamu perlu perhatikan penulisan desa kecamatan kebupaten yang benar yaitu dengan menggunakan huruf kapital. 

Penulisan dengan huruf kapital merujuk kepada penulisan singkatan seperti “RT” atau rukun tetangga, “RW” untuk rukun warga, dan nama gelar pendidikan. Berikut ini contoh penggunaan huruf kapital dalam penulisan alamat surat yang benar.

Yth. Rizky Surya, S. Ilkom
Universitas Islam Bandung Timur
Jalan A H Nasution Nomor 16
RT 04 RW 10, Kelurahan Kulon, Kecamatan Kidul
Kota Bandung

5. Penulisan Alamat Surat yang Benar

Penulisan alamat tujuan surat yang benar adalah yang ditulis secara lengkap beserta detail kode pos. Pastikan pada alamat surat terdapat nama jalan, nomor rumah, RT dan RW, kelurahan, kecamatan, hingga nama kota.

Apabila tertuju untuk kabupaten, penulisan alamat harus lebih rinci dengan nama dusun, nama desa, dan kecamatan. Kemudian jangan lupa untuk menulis kode pos sebagai panduan alamat yang dituju.

Kamu bisa cek kode pos di Internet, misalnya pada laman Cek Kode Pos Everpro atau menanyakan langsung kepada penerima surat. Berikut ini contoh alamat surat menyurat yang benar.

Yth. Rizky Surya
Jalan A H Nasution Nomor 16
Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
ID. 45311

6. Pemakaian Tanda Baca yang Tepat

Selanjutnya, cara penulisan alamat surat yang benar adalah dengan memperhatikan tanda baca seperti titik dan koma.  Berikut ini contoh tanda baca pada alamat surat yang benar.

Yth. Rizky Surya, M. Lc., S. Ilkom.
Jalan A H Nasution Nomor 16
Dusun Wetan, Desa Bukan Penari, Kecamatan Purwonegoro
Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
45311

Format Penulisan Alamat Surat yang Benar

cara penulisan alamat surat yang benar adalah
Sumber: canva.com

Setelah memahami secara detail mengenai penulisan alamat surat yang benar, berikut ini beberapa poin penting lainnya yang wajib kamu ketahui ketika menulis alamat surat. 

  • Kata “Jalan” tidak boleh singkat menjadi “Jl.” atau “Jln.”
  • Penyebutan gang apabila ada, nomor rumah tidak singkat menjadi “No.” tetapi jelas “Nomor,” begitu juga dengan RT dan RW tidak perlu pakai titik menjadi “RT.” dan “RW.”
  • Cantumkan nama kota dan provinsi penerima surat beserta kode pos yang berguna untuk memudahkan pengiriman surat ke alamat tujuan.
  • Tulis nama negara yang jelas apabila pengiriman surat ke luar negeri.
  • Singkatan sesuai dengan EYD atau PUEBI seperti Yth dapat menggunakan tanda baca titik, kecuali alamat surat yang bukan merupakan kalimat jadi tidak perlu membubuhi tanda baca.
  • Cantumkan alamat penerima dengan meletakkan tempat yang sesuai pada bagian kiri bawah.
  • Penulisan alamat surat menjadi dua, yaitu bagian luar amplop surat dan kertas pesan. Tuliskan alamat penerima surat pada bagian luar amplop dengan lengkap. Lalu tulis alamat penerima pada kertas surat dengan tidak lengkap, misalnya dengan kata “di tempat”.

Contoh Alamat Surat Menyurat yang Benar 

Yth. Rizky Surya, S. Ilkom
Universitas Islam Bandung Timur
Jalan A H Nasution Nomor 16
RT 04 RW 10, Kelurahan Kulon, Kecamatan Kidul
Kota Bandung
Jawa Barat

Demikian pembahasan cara penulisan alamat surat yang benar adalah memperhatikan beberapa kaidahnya. Sehingga, tidak sulit bukan untuk menuliskan format surat yang benar kepada penerima surat. 

Meskipun saat ini penulisan surat hanya ditujukan untuk keperluan tertentu, namun tetap saja kita akan membutuhkan dan perlu memahami bagaimana penulisan surat yang benar.

Semoga artikel kali ini bermanfaat, sebagai kebaikan sebarkan juga link artikel ini kepada orang-orang terdekat ya. Baca juga artikel menarik, informatif dan terbaru lainnya di Blog Evermos.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)