Catat! Inilah 8 Cara Cerdas Buka Usaha Sendiri di Rumah

Dalam setiap harinya kita hidup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, ada pula yang sudah berkeluarga harus berikhtiar untuk menambah penghasilan. Setelah Anda bekerja misalnya, bukan berarti tidak mungkin tetap masih merasa kurang untuk memenuhi kebutuhan, mengapa tidak mencoba buka usaha dirumah saja? Artikel berikut akan membahas cara membuka usaha sendiri di rumah.

Setiap orang memiliki cara sukses yang berbeda-beda, ada yang sejak dahulu sudah mendapat bekal untuk menjadi pengusaha. Mungkin karena keluarganya merupakan pengusaha.

Tapi tenyata tidak semua keluarga memiliki nasib yang sama. Ada pula yang lebih memilih untuk mencari pekerjaan sesuai dengan kemampuan diri.

Sehingga tidak setiap orang memiliki wawasan dan pengalaman di bidang bisnis.

Meskipun tidak memiliki pengalaman sebelumnya, bukan berarti Anda tidak mungkin untuk bisa sukses lewat bisnis dari rumah.

Selama Anda memiliki keinginan yang kuat, serta mau belajar dari cara membuka usaha sendiri di rumah berikut Anda pasti bisa.

Inilah cara membuka usaha sendiri di rumah yang akan dijelaskan dalam artikel berikut.

  • Buat perencanaan bisnis,
  • melakukan budgeting,
  • tentukan produk yang dijual,
  • buat strategi marketing,
  • menyiapkan mental,
  • melakukan promosi,
  • bertahan dengan bisnis yang ada,
  • evaluasi secara berkala,

Cara Membuka Usaha Sendiri di Rumah

Cara Membuka Usaha Sendiri di Rumah
Sumber: unsplash.com

1. Buat perencanaan bisnis

Langkah pertama dalam cara membuka usaha sendiri di rumah adalah dengan mengawali perencanaan bisnis. Setiap bisnis baik itu skala kecil maupun skala besar tidak akan terlepas dari business plan itu sendiri.

Buatlah perencanaan bisnis yang rasional, seperti mencari ide peluang usaha yang cocok untuk Anda lakukan di rumah. Cari tahu apa yang sedang masyarakat butuhkan kemudian wujudkan.

Jangan lupa untuk mencari tahu lebih dalam tentang bisnis yang akan Anda jalankan nantinya lalu pertimbangkan dari segala faktor mulai dari finansial, pengelolaan sumber daya manusia, investasi dan sebagainya.

Hal yang termasuk ke dalam daftar perencaan bisnis meliputi target konsumen, target produk atau jasa, pengelolaan modal, metode pemasaran dan kompetitor yang berada di dekat tempat bisnis Anda.

2. Melakukan Budgeting

Tahap berikutnya dalam cara membuka usaha sendiri di rumah yaitu dengan melakukan budgeting atau mengatur keuangan.

Menurut ahli bisnis Guy Sheetrit CEO Over The Top SEO hampir setengah dari usaha yang baru dimulai mengalami kegagalan karena tidak punya dana yang memadai.

Tentu Anda tidak mau bukan hal ini terjadi pada bisnis rumahan Anda? Kemudian apa yang harus dapat kita lakukan guna mengantisipasi keadaan tersebut?

Sebaiknya rencanakan waktu yang lebih lama dari seharusnya untuk menghasilkan profit atau keuntungan.

Pastikan saat ini Anda terlebih dahulu menyiapkan sumber dana cadangan jika sewaktu-waktu terjadi hal yang darurat dan mengalami kegagalan.

Ingat, besar kecilnya modal usaha ini tergantung pada pemilihan bisnis yang dipilih.

Misalnya Anda memilih bisnis makanan di rumah, maka modal yang Anda perlukan lebih sedikit ketimbang Anda membangun bisnis reseller frozen food.

Langkah Tepat Cara Membuka Usaha Sendiri di Rumah

3. Tentukan Produk yang Dijual

Jika Anda tertarik untuk membangun usaha di rumah dengan membuat produk kemudian dijual maka penting untuk menentukan produk apa yang akan Anda jual.

Misalnya, usaha hampers lebaran atau buket hari raya.

Kemudian Anda juga dapat berinovasi dengan menjualkan beberapa item lainnya seperti sourvenir , buket dan aksesoris pembeli dapat menentukan produk lebih leluasa.

Namun pastikan juga bisnis yang akan Anda buat bukanlah untuk sementara waktu, akan tetapi dapat bertahan lebih lama.

Unique selling product atau USP inilah yang akan menjadi daya tarik bagi masyarakat dalam minat membelinya. Jika produk usaha Anda bersifat unik, pastikan pula Anda bisa membuat kreasi yang bervariatif begitu pula dengan pemasarannya.

4. Buat Strategi Marketing

Tentunya supaya jualan Anda auto laris dan banyak pembeli maka langkah selanjutnya dalam cara membuka usaha sendiri di rumah yaitu menentukan strategi pemasaran.

Pakar bisnis David Newman mengatakan bahwa pengusaha harus bisa mengenal pelanggan mereka lebih baik ketimbang mereka mengenal diri mereka sendiri.

Artinya kita perlu berfokus terhadap apa yang pelanggan inginkan, butuhkan ketimbang terlalu fokus dalam penyajian strategi pemasaran semenarik mungkin.

Bisnis yang baik haruslah memiliki nilai, dampak, serta hasil untuk menarik perhatian para pembeli.

Sehingga tidak ada salahnya sebelum memulai usaha Anda melakukan riset terlebih dahulu untuk bertanya kepada audience apa masalah yang mereka hadapi serta harapannya.

Dengan begitu, bisnis Anda lebih mudah untuk mengenali para pelanggan dan tentunya dapat menjadi solusi yang dibutuhkan bagi pelanggan.

Hal ini karena pelanggan lebih banyak yang tertarik untuk membeli karena kebutuhan.

Cara Cerdas Membuka Usaha Sendiri di Rumah

cara membuka usaha sendiri di rumah
Sumber: pexels.com

5. Menyiapkan Mental

Jika Anda ingin menjadi seorang pebisnis yang hebat, maka tidak ada kata terlambat untuk memulai bisnis dan berkembang darinya.

Anda tidak hanya bisa bergantung terhadap teori saja, sebab lebih mudah untuk mengenali suatu permasalahan dan cara menghadapinya secara langsung ketimbang berbicara teori.

Raih pengalaman sebanyak-banyaknya ketika berhadapan dengan konsumen, partner usaha, ketika usaha Anda dikenal oleh orang lain, adanya kompetitor, serta kondisi pasar yang relatif.

Maka dari itu, Anda perlu menyiapkan mental yang kuat seperti baja. Tidak perlu merasa cemas berlebihan atau malu, karena pada akhirnya hanya Anda sendirilah yang dapat diandalkan bagi diri sendiri.

6. Melakukan Promosi

Setelah sebelumnya Anda menyiapkan strategi pemasaran, kini saatnya langsung terjun untuk melakukan promosi.

Cara membuka usaha sendiri di rumah sebenarnya tidak sesulit yang Anda bayangkan, dengan lokasi usaha yaitu rumah sendiri Anda lebih leluasa bergerak dan menentukan kondisi bisnis Anda.

Apabila target pasar Anda sendiri adalah orang-orang sekitar, tetangga, pak RT dan pak RW maka Anda perlu untuk bersosialisasi dengan mereka sebagai langkah awal.

Setelah bertanya kabar dan mendapatkan waktu yang tepat, barulah Anda bisa mengatakannya bahwa Anda kini sedang membuka usaha yang kelak akan membantu permasalahan sekitar wilayah rumah Anda.

Media yang Anda gunakan juga bermacam-macam, sesuai dengan modal yang Anda miliki atau bahkan tanpa modal. Berikut media yang bisa Anda gunakan:

  • mencetak brosur,
  • menyebarkan flyer,
  • melakukan digital marketing dengan promosi ke sosial media.

Tentu saja sebelum melakukan hal ini pastikan Anda memiliki mental yang kuat dengan berani dan percaya diri. Yakinkan pada diri Anda ini akan berjalan baik-baik saja, jangan bersikap ragu yang akan membuat orang-orang sekitar Anda akan kabur.

Strategi Cara Membuka Usaha Sendiri di Rumah 

7. Bertahan dengan Bisnis yang Ada

Salah satu cara ampuh memulai bisnis rumahan agar tidak mengalami kegagalan adalah bertahan dengan bisnis yang ada.

Ketika bisnis yang Anda jalankan kini sedang membuahkan hasil yang manis, maka jangan terburu-buru dulu untuk membuat rencana membuka bisnis yang baru.

Karena dengan membuat bisnis yang baru, belum tentu Anda bisa mengatasi kedua bisnis secara bersamaan sebabnya Anda perlu banyak belajar dari bisnis yang sedang berjalan saat ini.

Sehingga Anda bisa lebih fokus dalam mempelajari bisnis serta dapat mengembangkan bisnis yang sudah ada misalnya meningkatkan skala bisnisnya.

8. Evaluasi secara berkala

Menjalankan bisnis tidak hanya sekadar untuk mencari keuntungan saja. Bukan hanya sekadar ketika barang laku terjual kemudian Anda sudah merasa bebas dan sukses.

Akan tetapi, menurut ahli bisnis Ashley Alderson pemilik dari The Boutique Hub mengatakan bisnis dimulai dengan mengindentifikasi produk yang layak, menerapkannya dan segera mencari umpan balik dari pelanggan.

Ketika bisnis yang dilakukan sudah berjalan mulus, bukan berarti nantinya tidak akan ada hambatan. Sewaktu-waktu akan muncul pesaing yang akan siap menghantam bisnis Anda.

Maka identifikasi produk dengan sungguh-sungguh, terutama pilihlah produk yang benar-benar dibutuhkan oleh pelanggan hingga mereka merasa cocok dengan produk Anda.

Hal tersebut hanya salah satu dari contoh evaluasi, berikutnya Anda akan mengevaluasi seluruh aspek yang terdapat dalam bisnis Anda.

Henry Ford mengatakan, “Saat gagal, Kamu hanya perlu memulai lagi, dengan cara yang lebih cerdas.” 

Nah, itulah cara membuat usaha sendiri di rumah yang efektif, semoga dapat bermanfaat bagi Anda ya!

Bagi Anda yang ingin berbisnis namun tidak memiliki modal yang cukup atau ingin waktu yang lebih fleksibel, Anda bisa mencoba Evermos.

Cuma Modal HP Udah Bisa Buka Usaha, Mau? Evermos Solusinya!

Buat buka usaha, Anda tidak perlu lagi pusing mikirin modal, stok  atau siapa suppliernya, dan kemana buat promosiinnya!

Karena sekarang hanya dengan modal HP saja Anda sudah bisa jualan ribuan produk lokal yang pastinya berkualitas.

Hanya dengan download dan install aplikasi Evermos di HP sekarang juga dan lakukan pendaftaran sebagai reseller Evermos buat langsung ikhtiar dari sekarang juga.

Dapatkan manfaat untuk berikhtiar bersama Evermos hanya dalam satu aplikasi, selain itu ada banyak penawaran dan promo menarik lainnya yang bisa Kamu dapatkan secara cuma-cuma.

Inilah benefit yang akan Anda dapatkan secara GRATIS,

  • Punya toko online sendiri cuma modal HP,
  • Jualan 80.000++ produk lokal berkualitas
  • Akses E-Katalog tanpa batas
  • Belajar bisnis dipandu trainer professional
  • Gratis Ongkir*
  • Packing dan pengiriman semua dari Evermos yang bantu,
  • Bisa banget Jastip (Jasa Titip) untuk teman terdekat
  • Kesempatan Umroh* tanpa diundi

*Syarat dan Ketentuan berlaku

Tertarik untuk mencobanya? Dapatkan akses ke seluruh produk dan siap jual sekarang juga dengan klik button di bawah berikut.

DAFTAR DISINI SEKARANG

Itulah penjelasan mengenai cara membuka usaha sendiri di rumah.

Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin memperdalam wawasan tentang membuka usaha sendiri di rumah.

Sebarkan kebaikan ini kepada orang lain, orang terdekat Anda dengan salin link artikel dan membagikannya.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya kunjungi Blog Evermos.

×